Dalam beberapa tahun terakhir, para digital marketer telah secara bertahap memahami pentingnya upaya pemasaran online yang kuat yang mencakup SEO lokal dan Google Maps (atau Google My Business) .

Diketahui sejak 2014, Google sudah mulai menggunakan pembaruan algoritme untuk penelusuran lokal pada Google Maps, dimana ketika kita mencari suatu tempat, Google akan merekomendasikan sebuah tempat berdasarkan lokasi kita sebagai user.

Sebaagai contoh, Ketika Kamu melakukan search “toko roti,” di google, kamu akan mendapatkan 3 list toko roti berdasarkan lokasi atau yang dekat dengan lokasimu dan 4 list organik. Jadi, bahkan ketika kamu memiliki website yang sangat bagus, kamu akan berada pada posisi ke 8 atau 9.

Jumlah orang yang akan mengunjungi website mu pastinya akan lebih sedikit daripada jumlah orang yang melakukan click langsung pada list berdasarkan lokasi dan list organik. Maka dari itu, kamu harus selalu mengoptimasi posisi mu di peta dan direktori.
Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang harus Kamu ikuti untuk menerapkan strategi pemasaran Google Maps dan dan strategi lokal SE

Penting untuk mempertahankan alamat fisik untuk bisnis Kamu

Google menyampaikan ada peningkatan jumlah search dengan kata kunci “near me” atau “dekat saya” , misalnya restoran dekat saya. Maka dari itu, apapun jenis bisnismu, ingatlah bahwa sangat penting untuk mempertahankan alamat lokal perusahaan Kamu untuk menentukan peringkat bisnis di google berdasarkan map/lokasi. Jarak dari lokasi pengguna sangat penting dalam pencarian ini. Inilah sebabnya mengapa menambahkan nama lokasi setelah nama bisnis Kamu dapat membantu dalam menaikkan peringkat pencarian di Google.

Baca Juga  Trend 2018: 5 Produk Toko Online yang Akan Laris Manis di Tahun 2018

Siapkan  Akun Google My Business

Akun Google My Business (GMB) memainkan peran utama dalam Google Maps Marketing dan SEO lokal. Bahkan, GMB Kamu menentukan dan berpengaruh pada keberadaan online Kamu di Google Maps, penlusuruan, dan G+.  Kamu harus memastikan bahwa semua informasi yang tercantum di halaman GMB Kamu akurat dan lengkap. Menambahkan gambar bisnis Kamu bersama dengan video dan tanggal pembukaan bisnis juga dapat membantu bisnis Kamu mendapatkan visibilitas yang lebih besar. Penting juga untuk memilih kategori utama dan sekunder yang paling tepat untuk mencantumkan bisnis Kamu di bawah.

Optimalkan penulisan deskripsi bisnis Kamu

Ada beberapa fitur yang dapat Kamu terapkan pada listing GMB Kamu untuk memastikannya memberikan hasil yang baik. Profil GMB Kamu harus memiliki konten unik yang memiliki semua informasi yang mungkin diperlukan pelanggan Kamu seperti nomer telepon, opsi perpesana, jam operasional bisnis (hari biasa dan hari libur) serta alamat lengkap

Berkonsentrasi pada NAP bisnis Kamu

NAP bisnis kamu yaitu Nama, Alamat, dan Nomor Telepon harus konsisten di laman GMB Kamu maupun di website Kamu. Selain itu, pastikan bahwa NAP bisnis Kamu muncul persis sama di seluruh website, daftar direktori, dan profil media sosial.

Memiliki halaman website terpisah untuk masing-masing produk atau layanan Kamu

Jika kamu menjual lebih dari satu produk, ada baiknya jika kamu memiliki halaman website yang terpisah untuk masing-masing jenis produk yang kamu miliki untuk mengoptimalkan kata kunci pada setiap halaman.  Seperti pada exabytes.co.id, produk domain memiliki halamannya tersendiri, begitu jga dengan produk hosting, VPS, dll. Dengan kata lain, alih-alih mengoptimalkan satu halaman dengan banyak kata kunci, Kamu dapat mengoptimalkan setiap halaman website Kamu dengan kata kunci yang relevan. Ini juga akan mempermudah pelanggan dalam menemukan produk yang ingin mereka beli dari websitemu!

Baca Juga  Exabytes Digital Day: How to Make Your Brand Googleable

Pastikan URL website Kamu mengandung kata kunci

Menambahkan URL website kamu ke daftar Google Maps dapat menjadi cara yang efektif untuk mengarahkan traffic ke halaman website kamu. Namun, menghasilkan traffic yang tinggi saja tidak cukup, kamu juga perlu mencapai target audience yang sesuai dengan bisnis mu. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menambahkan kata kunci pada URL website kamu

Buat markup skema yang efektif

Markup skema membantu mengoptimalkan cantuman Kamu untuk search engine. Ini membantu mesin telusur memahami bisnis Kamu dengan berbicara dalam bahasa mereka. Untungnya, diperlukan upaya minimal untuk menyusun daftar Kamu berdasarkan markup skema. Ada banyak alat seperti Microdata Generator di mana Kamu cukup memasukkan detail Kamu dan mereka akan secara otomatis menghasilkan kode yang dapat Kamu tempelkan di back-end website kamu

Cantumkan Google Maps di website Kamu

Kamu harus mencantumkan Google Maps atau lokasi bisnis Kamu di halaman “hubungi kami” di websitemu. Teknik ini adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan nilai SEO dari website Kamu.  Ini perlu dikombinasikan dengan Skema Lokal untuk memberikan Google visibilitas lengkap tentang bisnis apa yang sedang dijalankan.

Pastikan website & blog Kamu super cepat

Baru-baru ini ada banyak pembicaraan tentang kecepatan dan penerapan website AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk memastikan bahwa pengalaman di mobile dan desktop super cepat.

Baca Juga  10 Cara untuk Mempromosikan Produk Afiliasi Anda

Perbarui posting GMB Kamu secara teratur

Google mengizinkan Kamu untuk menambahkan posting di daftar GMB Kamu yang akan muncul di kolom deskripsi. Post pada Google My Business memiliki tombol call-to-action, maka dari itu GMB dapat menjadi alat yang cukup penting untuk mendirect traffic ke website kamu. Dengan Google My Business, Kamu juga dapat mengiklankan produk, acara, dll. FYI nih Exabytes Friends, postingan GMB akan secara otomatis berakhir dalam waktu 7 hari, maka dari itu, penting bagi kamu untuk terus mengupdate akun GMB mu ya!

Membangun brand

Google dan mesin pencari lainnya tidak hanya menghargai konten yang disesuaikan untuk pengguna (dalam hal ini konten dapat disesuaikan untuk audiens lokal) dan mereka terus menunjukkan preferensi untuk website dan brand yang sudah diketahui oleh pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melacak berapa banyak pengguna yang menelusuri brand kamu  dengan Google Analytics dan Google Search Console. Bukan hanya untuk produk & layanan yang kamu tawarkan, banyak pemilik bisnis telah menemukan Google Maps dan pemasaran SEO lokal menjadi sangat bermanfaat dan bermanfaat bagi bisnis mereka. Sudahkah Kamu mulai menerapkan praktik terbaik ini? Beri tahu kami di komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here