11 Cara Memanfaatkan SEO Lokal dan Google Maps Untuk Bisnis Kamu

0
8340

menjual sesuatu, biasanya orang-orang akan mencarinya di Google Maps untuk mengecek apakah ada toko atau tempat penjual terdekat. Contohnya jika Anda mencari “Toko Roti” di Google Maps, nantiya akan muncul banyak toko roti terdekat.

Setelah muncul, tentunya Anda akan memilih salah satu diantara toko roti yang muncul. Nah, ternyata, ada beberapa hal yang mempengaruhi kemunculan bisnis Anda di Google Maps. Apa saja itu? Simak artikel berikut sampai selesai.

Apa itu SEO Lokal?

Cara Memanfaatkan SEO Lokal

SEO Local adalah suatu cara yang memungkinkan Google untuk merekomendasikan bisnis Anda berdasarkan dari lokasi pengguna ketika mereka melakukan pencarian di Google Search. Contohnya seperti yang sudah kami sebutkan di atas tadi.

Ketika Anda mencari “Toko Roti” di Google, nantinya akan muncul daftar toko roti yang ada di dekat Lokasi Anda beserta dengan beberapa hasil organic lain. Meskipun website Anda bagus, namun jika tidak mengoptimasi SEO di Google Maps, Anda mungkin hanya akan muncul di posisi ke-8 atau ke-9.

Oleh karena itulah sangat penting untuk melakukan optimasi SEO Lokal dengan Google Maps untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

Pencarian local ini sangat penting untuk menargetkan pelanggan di sekitar Lokasi Anda, kota atau lingkungan tertentu. Dengan SEO local ini Anda bisa meningkatkan peringkat serta visibilitas di hasil pencarian local seperti Google maps.

Dengan menampilkan bisnis di Google Maps, orang-orang akan mengetahui tempat Anda dan otomatis akan meningkatkan traffic dan mendatangkan pelanggan di tempat Anda. Karena itulah penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara mengoptimasi akun Google My Business Anda.

Cara Mendaftar Google My Business

Cara Memanfaatkan SEO Lokal

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara mendaftar Google My Business supaya bisnis Anda bisa tampil di Google Maps. Bagi Anda yang belum mendaftarkan bisnis di Google My Business, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Halaman Google Bisnisku

Langkah pertama, silahkan buka halaman Google My Business. Silahkan klik tombol biru bertuliskan “Kelola Sekarang”, pastikan disini sudah login atau masuk di akun Google Anda.

Langkah 2: Buat Profil Bisnis Anda

Langkah berikutnya, silahkan beri nama untuk profil bisnis baru Anda. Pastikan nama tersebut sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Note: Sebelum membuat profil Google My Business ini, pastikan Anda sudah memahami pedoman dari Google. Seperti hindari pembuatan spam atau daftar palsu karena bisa memberikan pengalaman buruk untuk pengguna dan bisa terkena suspense atau pinalti.

Langkah 3: Tambahkan Informasi

Setelah membuat profil bisnis, Anda juga harus menambahkan informasi yang relevan tentang bisnis Anda supaya pengguna tahu tentang bisnis tersebut. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Masukkan semua jenis informasi yang relevan dan penting untuk bisnis Anda.
  • Gunakan platform gratis ini untuk menambahkan sebanyak mungkin informasi yang relevan.
  • HIndari menambahkan kategori yang tidak berhubungan dengan bisnis Anda.
  • Pastikan semua kontak akurat dan sesuai dengan apa yang ada di website Anda.

Langkah 4: Verifikasi Profil Bisnis

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan set up Google My Business adalah melakukan verifikasi. Untuk caranya sendiri sangat mudah, jika akun baru Anda harus melakukan verifikasi alamat fisik dengan kartu pos yang dikirimkan Google.

Namun jika Anda mengklaim daftar yang sudah ada tetapi belum diverifikasi, maka Anda mungkin bisa melakukan verifikasi profil lewat alamat email atau nomor telepon. Jika sudah, maka Anda berhasil membuat akun bisnis di Google My Business.

Cara Optimasi Bisnis di Google Maps 

11 Cara Memanfaatkan SEO Lokal dan Google Maps Untuk Bisnis Kamu - 2024

Selain mengetahui bagaimana cara mendaftarkan bisnis di Google Maps, Anda juga harus tahu bagaimana cara optimasi akun Google Maps supaya meningkatkan SEO lokal. Untuk Anda yang belum tahu caranya, berikut beberapa tips optimasi bisnis di Google Maps:

Halaman Google My Business

Prioritas utama SEO adalah membuat Google My Business (GMB). Cara ini akan memberitahukan Google dan Google Maps Lokasi bisnis Anda dan informasi penting lainnya. Dengan mengisi profil GMB ini akan membantu bisnis Anda muncul di pencarian lokal Google dan juga Google Maps.

UNtuk cara membuat akun Google My Business sendiri sudah kami jelaskan sebelumnya. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas untuk cara membuat Google My Business. Anda juga bisa menambahkan foto, video, jam operasional, supaya bisnis Anda semakin jelas.

NAP yang Konsisten

NAP merupakan singkatan (Name, Address dan Phone) atau Nama, Alamat dan Nomor Telepon yang mengacu pada bisnis Anda. Selain NAP yang Anda cantumkan di Google My Business, penting untuk mencantumkan NAP ini di channel Anda yang lain seperti website.

Kenapa? Karena hasil pencarian lokal Google ini menggunakan informasi NAP dari berbagai website. Konsistensi NAP di semua website sangat penting supaya mesin pencarian bisa dipercaya. Silahkan cek kembali apakah NAP sudah konsisten di GMB dan direktori lain serta website Anda sendiri.

Cek nama bisnis Anda di daerah sekitar dan pastika semua daftar tersebut menggunakan NAP yang sama dan URL yang benar.

Gunakan Schema Markup

Dengan schema.org markup, Anda dapat memberi tahu mesin pencari lebih banyak tentang bisnis lokal Anda untuk mendukung informasi yang telah ditambahkan ke akun GMB. Gunakan panduan Google Developer untuk markup bisnis lokal dan tambahkan markup ini ke website Anda.

Optimasi On-Page

Pastikan informasi local mengenai Lokasi bisnis Anda sudah tercantum di halaman website. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat Google My Business Anda di hasil pencarian lokal dan Google Maps. Berikut beberapa optimasi yang bisa Anda lakukan:

  • Title Tag: Mengandung kata kunci terkait merek, produk, layanan, dan lokasi Anda.
  • Meta Description: Sertakan kata kunci yang akan menonjolkan hasil pencarian.
  • URL: Mengandung nama merek, lokasi, dan kata kunci produk atau layanan Anda.
  • Landing Pages: Pastikan halaman landing mencakup ulasan pengguna, testimoni, dan bukti sosial lainnya.
  • Schema.org: Gunakan markup schema.org pada ulasan pengguna untuk mendapatkan bintang rating di hasil pencarian.

Bangun Link Lokal

Link lokal merupakan proses mendapatkan tautan atau backlink dari bisnis dan organisasi yang terkait dengan Lokasi bisnis Anda. Hal ini akan membantu bisnis muncul dalam pencarian lokal.

Anda bisa mencari daftar website atau bisnis yang berhubungan dengan Lokasi Anda. Bisa juga dengan mencari sponsor, asosiasi bisnis dan event lokal untuk mendapatkan backlink.

Review di Google Maps

Tips meningkatkan peringkat SEO lokal yang berikutnya adalah dengan meminta pelanggan untuk memberikan ulasan atau review yang baik di GMB sesuai pedoman Google. Ulasan ini akan membantu meningkatkan peringkat SEO lokal bisnis Anda

Website Mobile-Friendly

Optimasi lain yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat website Anda mobile-friendly. Pastikan website mudah diakses oleh pengguna HP, karena kebanyakan pencarian lokal dilakukan lewat ponsel.

Gunakan tema yang responsive dan cepat, untuk mengecek kecepatan website Anda bisa menggunakan tools seperti Google PageSpeed Insight atau tools sejenis lain. Jika website Anda dirasa lambat, segera perbaiki supaya pelanggan tidak perlu menunggu lama ketika membukanya.

Traffic Blog Lokal

Untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, Anda bisa Kerjasama dengan blog lokal yang mungkin bisa berhubungan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa memanfaatkan blog lokal untuk mengumumkan event atau diskon di bisnis Anda.

Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru, namun Anda juga harus memastikan blog yang dipilih itu relevan dan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda “Toko Roti” silahkan kerjasama dengan blog yang berhubungan dengan tema “Roti”, jangan blog dengan tema “Otomotif”.

Google My Business Bermanfaat untuk Dikenal Secara Lokal

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftarkan dan mengoptimalkan Google My Business. Dengan optimasi GMB ini bisnis Anda akan lebih dikenal secara lokal dan bisa mendatangkan pelanggan baru yang berasal dari daerah sekitar.

Jadi ketika seseorang ingin membeli sesuatu, mereka akan mengetikan keyword tersebut di Google. Jika GMB Anda dioptimasi dengan baik, maka bisnis Anda kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama Google dan Google Maps.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments