Hii Exabytes Friends,

Jika kamu sedang menjalankan sebuah bisnis e-commerce, email marketing adalah salah satu tool paling efektif yang dapat kamu gunakan untuk mempertahankan pelangganmu.
Poin penting yang harus kamu ingat adalah jangan terlalu sering melakukan hard selling menggunakan email marketing. Ketika kamu terlalu banyak melakukan email marketing, pelangganmu akan menganggap emailmu sebagai spam, dan tidak akan ada yang membacanya.
Meskipun belakangan ini banyak website e-commerce baru bermunculan setiap harinya, sebagian besar dari toko online tersebut masih belum sepenuhnya memanfaatkan email klien mereka.

1. WELCOME EMAIL

Kesan pertama adalah yang paling penting, maka dari itu, welcome email sangatlah penting. Tidak ada format yang sempurna untuk welcome email, yang terpenting welcome emailmu harus profesional, singkat dan jelas.
Karena ini email pertamamu, Kamu juga bisa menambahkan informasi tambahan mengenai bisnis/ perusahaanmu. Sertakan juga link ke toko onlinemu, kategori produk, kontak dan halaman penting lainnya.
Tips lainnya, Kamu juga bisa menyertakan spesial voucher sebagai hadiah sambutan untuk yang membaca emailmu. Taktik ini biasanya ampuh.

2. EMAIL TUTORIALS AND TIP & TRICK

Daripada kamu melakukan hard selling atau meng upsell pelanggan yang sudah ada dengan menggunakan email secara terus menerus, cobalah untuk mengirimkan sesuatu yang memberikan value untuk mereka yang membaca.

Baca Juga  Cara Mencegah Virus Ransomware (WannaCry)

Kamu bisa men-share beberapa artikel tutorial atau tips& trick tentang produk mu, jangan lupakan FAQ, dan artikel yang  mengandung informasi ilmu pengetahuan.

3. ABANDON CART EMAIL

Saya sadar ada banyak sekali toko online yang masih belum mengirimkan email abandon cart. Tergantung pada provider email marketing yang kamu subscribe,  jika sistem website ecommerce mu dapat di integrasikan dengan software email, sistem akan menghandle semuanya untuk kamu.

Kunci kesuksessan di tahap ini adalah menggunakan sebuah platform untuk meminta pelanggan untuk menyelesaikan pembelian.

Metode yang biasanya dilakukan adalah dengan mengirim satu atau dua email automasi setelah pelanggan di tambahkan di cart, kemudian email yang berisi kode kupon akan dikirim untuk mendorong pelanggan untuk segera membeli.

Beberapa software email marketing yang populer seperti MailChimp dan Drip bahkan memiliki

Populer email marketing software like MailChimp and Drip even have more kustomisasi yang lebih canggih.

Kamu harus memberikan pelangganmu apa yang mereka butuhkan. Kamu dapat menggunakan YouTube, sesi live di Facebook, webinar untu melakukan demo produk sebagai salah satu strategi.

4. PERSONALISASI MAILS

Kamu baru saja memulai toko onlinemu dan tidak tahu mau mau mengirimkan email apa? Jangan khawatir, Kami bisa mengsetup beberapa email automasi yang di personalisasi.

Sebagai contoh, kamu bisa mengirimkan email happy anniversary, ulang tahun (jika kamu memiliki data ulang tahun pelangganmu, dan email2 ucapan sesuai dengan perayaan hari tertentu.

Baca Juga  Melihat Peluang Bisnis Untung BESAR di Bulan Ramadhan

5. EMAIL REVIEW AND FEEDBACK

Ini adalah cara lain yang berguna yang diabaikan oleh banyak bisnis e-commerce.Di dunia online, review atau ulasan adalah aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan.Setelah pengiriman berhasil, kirim email ke klien Kamu untuk meminta review.Bahkan, dengan menampilkan review di Google Business atau Halaman Facebook sudah cukup.Tergantung pada industri mana. Daftarkan akun dengan website ini, calon pelanggan kamu di masa mendatang mungkin membaca review positif tersebut dan melakukan pembelian lagi.

KETERANGAN AKHIR

Email Marketing tidak akan pernah mati, tetapi strategi email marketing yang digunakan perlu diperbarui.Ingat, membangun database pelanggan adalah salah satu faktor paling penting untuk mengembangkan bisnis online Kamu.Perlu diingat bahwa Kamu  dapan mengupload email list kamu sebagai ” Custom Audience” di Facebook Ads, dan terus menargetkan kelompok audiens yang sama berdasarkan database pelanggan kamu saat ini.

Sources: https://www.exabytes.digital/blog/types-ecommerce-email-marketing-use-now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here