6 Cara Bagaimana Mendapatkan Review Positif dari Pelanggan

46
Cara Mendapatkan Review Positif Dari Pelanggan
3 min read

Loyalitas konsumen itu berasal dari kepercayaan yang tumbuh dari konsumen itu sendiri dan hal tersebut yang harus diperhatikan oleh para usaha online. Rekam jejak adalah hal penting bagi usaha yang memang sudah lama berdiri maupun usaha yang baru berdiri. Bagi usaha yang sudah berdiri sejak lama akan lebih mudah untuk memiliki track record yang baik , berbeda halnya untuk usaha yang baru berdiri. Mendapatkan review dari konsumen mungkin memang hal yang sulit untuk didapatkan. 

Seringkali dijumpai permasalahan awalnya adalah konsumen kesulitan untuk memberikan review dikarenakan fasilitas atau fitur pemberi ulasan menyulitkan dan tidak menarik. Oleh karena hal tersebut, membuat konsumen dari awal sudah malas untuk memberikan review. Maka dari itu , kita harus membuat fitur pemberi ulasan yang memudahkan dan menarik bagi konsumen. 

Berikut adalah beberapa jurus yang dapat diterapkan untuk menarik pelanggan memberikan review kepada kita : 

Membuat fitur yang mudah untuk konsumen memberikan review 

Menyediakan fitur yang friendly untuk konsumen dalam memberikan review dengan memberikan step by step yang mudah diikuti. Fitur rating star terhadap produk atau jasa yang kita berikan bisa diterapkan agar mempermudah konsumen dalam memberikan review atau bisa juga dengan menyediakan kolom komentar untuk penjelasan yang lebih lanjut dari konsumen. 

Menyediakan platform lain sebagai alternatif 

Memberikan alternatif platform dalam memberikan ulasan juga perlu dipikirkan. Jangan hanya mengarahkan konsumen kepada 1 platform saja. Kita bisa juga dengan menawarkan berbagai macam opsi kepada konsumen seperti dengan memberikan email langsung, memberikan arahan untuk review di website ulasan yang tersedia , melalui media sosial atau langsung ke website perusahaan. 

Menawarkan berbagai penawaran menarik untuk konsumen

Banyak konsumen yang juga kurang tertarik dengan memberikan review walaupun sudah diberikan fitur yang mudah untuk diikuti. Hal yang perlu diingat bahwa , jangan sampai konsumen merasa tertekan atau merasa terpaksa untuk memberikan review. Kita harus menyampaikan keinginan ini dengan efektif kepada konsumen. Caranya bisa dengan memberikan penawaran menarik untuk konsumen seperti memberikan voucher belanja di toko bisnis kita , baik berupa voucher discount atau merchandise promo sebagai gift untuk konsumen. 

Terbuka dengan segala review 

Tidak menutup kemungkinan review yang diberikan oleh konsumen bisa berupa review positif atau negatif. Disaat konsumen memberikan review negatif kepada bisnis kita , kita harus terbuka dan mengevaluasi kinerja bisnis kita jangan sampai kita abaikan. Dengan kita menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen , maka hal tersebut dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kita. Jika kita berhasilan dalam menangani review negatif dari konsumen dengan baik dan profesional , hal tersebut akan menarik bagi calon customer bisnis kita. 

Mendapatkan review tepat sasaran 

Untuk generasi milenial sudah terbiasa dengan berbagi review melalui online dan mereka dengan senang hati memberikan honest review tanpa perlu banyak yang dilakukan oleh perusahaan. Maka dari itu , perlu mempertimbangkan demografi target market agar review tepat sasaran. Contohnya seperti kalau target market kita anak remaja dan orang dewasa, mudah untuk kita meminta mereka memberikan review kepada bisnis kita karena mereka sudah familiar dengan teknologi internet di hidup mereka. Beda hal nya kalau target market review kita adalah orang tua , sulit mereka untuk mengerti dan melakukan cara review melalui online.   

Customer menjadi brand ambassador 

Untuk review – review positif dari konsumen bisa juga kita salurkan dengan mengajak para konsumen untuk membuat review positif berupa foto atau video terhadap produk atau jasa kita. Kemudian video atau foto tersebut kita posting di social media bisnis kita atau di website kita sebagai testimoni. Dengan review berupa video atau foto tersebut bisa membuat calon customer yang lain untuk lebih percaya produk atau jasa kita.    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here