6 Cara Mempercepat Loading Website 

1
3062

Hello Exabytes Friends!

Kecepatan loading website adalah hal yang perlu diperhatikan loh. Ketika ada pengunjung internet yang mengunjungi website mu, pasti mereka berharap agar website tersebut memiliki kecepatan loading yang baik. Sehingga bisa membaca konten di website dengan lancar.

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Lambatnya loading website dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu banyak data yang disimpan, traffic yang terlalu tinggi, penggunaan tema yang terlalu berat untuk website, dll. Sehingga cara untuk mempercepat loading website sangat diperlukan.

Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!

Cek Kecepatan Website

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Kamu bisa mengecek kecepatan website melalui beberapa laman seperti Google Page Speed Insights, GT Metrix, Web Page Test, dll. Kamu dapat membuka Google Page Speed Insight melalui Google Search Engine. Kemudian masukkan link website yang akan kamu cek ke kolom Enter a web page URL dan klik enter. 

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Performa kecepatan website dapat dilihat dari warna seperti yang ada pada gambar di atas. Merah artinya lambat, Oren berarti tepat di rata-rata, dan Hijau artinya cepat. Cek kecepatan website ini juga sangat penting untuk mengetahui tingkat kecepatan website mu. Sehingga jika hasilnya rendah, kamu dapat langsung mencari cara untuk mempercepat loading website mu.

Gunakan Tema Website yang Ringan

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Selanjutnya, kamu juga bisa mengubah tema yang sebelumnya dipakai menjadi tema yang lebih ringan agar dapat mempercepat loading website mu. Biasanya, tema website yang menggunakan banyak animasi akan lebih berat dibanding tema yang tidak menggunakan animasi, sehingga akan memperlambat kecepatan loading website.

Melakukan Optimasi Gambar

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Hal penting yang perlu dilakukan untuk mempercepat loading website yaitu dengan optimasi file yang ada di website. Contohnya mengkompres gambar-gambar yang ada di website. Beberapa tools yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar yaitu iloveimg.com, compressjpeg.com, dll. Selain kedua tools tersebut, kamu juga bisa menggunakan plugin WordPress yaitu Smush. Dengan mengkompres gambar, maka ukuran gambar tersebut akan berkurang dan tidak memenuhi penyimpanan di website.

Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN), data-data statis mu seperti gambar, Java Script, dll akan disimpan di data center yang berdekatan dengan klien. Sehingga tidak akan membebankan server utama dan akan mengurangi total request yang harus ditangani dan diurus oleh server utama. Hal ini juga dapat mempercepat loading website mu loh, Friends.

Pilih Layanan Hosting yang Baik

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Jangan salah Friends, layanan hosting juga akan berpengaruh pada kecepatan loading website mu loh. Dengan memilih layanan hosting yang baik, tentunya kinerja website mu juga akan baik. Kamu bisa coba layanan hosting murah dari Exabytes ya Friends!

Menginstall Plugin Caching

6 Cara Mempercepat Loading Website  - 2024

Terakhir, kamu dapat mengaktifkan fitur caching agar dapat mempercepat loading website mu. Cache ini merupakan proses penyimpanan sementara untuk data-data yang ada di website sehingga dapat mengurangi loading server yang memperlambat membuka halaman website.

Inilah keenam cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading website mu. Kamu harus tetap menstabilkan kecepatan loading website mu ya Friends, agar pengunjung website mu nyaman saat mengunjungi website.

Sampai jumpa di artikel berikutnya Friends!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Magister Psikologi UMA
Magister Psikologi UMA
3 years ago

terimakasih infonya ya kak