6 SEO Tools Gratis Terbaik Versi Exabytes

0
3836

Hai Exabytes Friends! Kali ini, kita akan membahas tentang Search Engine Optimization atau SEO. Jadi apa itu SEO dan apa gunanya? Sebelum membahas SEO tools, kita ketahui dulu yuk pengertian dan konsep dasar dari SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs web melalui situs pencarian.

Konsep dasar dari SEO ini adalah dengan mendapatkan posisi teratas dalam situs pencarian, maka situs web tersebut akan lebih memiliki peluang yang besar untuk memperoleh pengunjung daripada situs web yang berada di posisi bawah.

Sering kali, para advertiser atau pelaku bisnis online melupakan pentingnya “kata kunci” yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan peluang yang besar dalam memperoleh pelanggan.

Maka dari itu, banyak yang masih bingung dengan konsep dan cara bekerja dari SEO ini. Exabytes Friends sudah paham kan pengertian dan konsep dasar dari SEO? Setelah ini, mimin akan sharing 6 SEO tools gratis terbaik nih. Penasaran kan? Yuk kita simak!

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tool dari Google untuk para pelaku SEO yang bertujuan untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna mesin pencari Google. Google keyword planner adalah tools dari Google Adwords yang merupakan platform periklanan dimana para pebisnis online dapat mengatur iklan bisnis mereka. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Google Keyword Planner seperti :

  • Kata kunci yang tepat dan signifikan
  • Memperoleh traffic forecast

Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google yang bertujuan untuk memantau web, dan memperlihatkan performa dari situs web para webmaster.

Google Search Console juga memiliki fitur dimana kamu dapat menemukan kesalahan di situs web kamu seperti halaman yang tidak ditemukan dan juga memilih halaman yang akan muncul di hasil pencarian.

Enggak cuma itu, Google Search Console juga memiliki fitur untuk  mencari keyword yang populer, membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di situs website dan menunjukkan website mana saja yang memuat link website kamu.

SEO Tools Ubersuggest

Salah satu SEO tools terbaik yang perlu kamu coba adalah Ubersuggest. Ubersuggest menawarkan fitur fitur yang tidak kalah dengan SEO tools lainnya loh seperti laporan efektivitas per halaman SEO, gambaran dari performa domain, rekomendasi kata kunci, dll.

Tidak hanya itu, Ubersuggest juga dapat merekomendasikan kata kunci (keywords) dan ide ide menarik yang akan membuat situs web kamu lebih banyak dikunjungi.

Oh ya, buat kamu yang enggak familiar dengan cara kerja SEO tools, bisa banget untuk mencoba Ubersuggest karna SEO tools ini memiliki user interface yang user friendly sehingga mudah digunakan dan dimengerti.

WordStream

Wordstream adalah tools yang cocok buat kamu yang merupakan seorang marketer. SEO tools ini menyediakan beberapa fitur yang dapat membantu kamu untuk menjalankan online marketing.

Beberapa fitur utama dari WordStream adalah memberi seleksi kata kunci. Wordstream akan memberikan kata kunci yang tepat sehingga online marketing kamu akan berjalan dengan efektif.

alah satu fitur lainnya adalah WordStream akan menyeleksi hasil berdasarkan kategori, seperti kategori entertainment, travel & tour, dll. Fitur ini akan mempermudah kamu untuk menghindari kata kunci yang memiliki banyak makna.

KW Finder

Salah satu SEO tools gratis terbaik adalah KW Finder, dengan KW Finder kamu bisa mereset keyword sebelum membuat konten dan dapat mendapatkan beberapa kata kunci turunan.

Dengan KW Finder, kamu akan memperoleh tampilan trend dari kata kunci dari periode tertenti dan juga data terbaru. Dalam hasil yang ditampilkan, kamu akan mengetahui beberapa kata kunci / keyword yang menduduki peringkat atas mesin pencarian google.

Keywordtool.io

SEO Tools terakhir adalah keywordtool.io. SEO tools ini mudah digunakan dan cepat untuk mencari keywords yang tepat. Keywordtool.io menyediakan platform pencarian kata kunci bukan hanya di Google saja, terdapat beberapa medium lain seperti Youtube, Blog, Ebay, Amazon, Instagram, Twitter dan Playstore.

Selain memiliki beberapa pilihan medium, Keywordtool.io juga menyediakan opsi bahasa dan lokasi. Jadi kamu bisa memilih bahasa yang kau inginkan dengan lokasi kamu.

So Exabytes Friends, segitu aja beberapa SEO tools gratis untuk situs kamu, semoga bermanfaat ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments