7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

2
27666

[Promo] Mulai toko online dengan Domain .COM murah Rp 76.000 (1 tahun) sekarang!

Sudah sempat baca berita mengenai sepinya pembeli di pasar Glodok? Miris sekali rasanya, karena dulu buat orang-orang yang tinggal di Jabodetabek, kalau mau beli elektronik, ya ke Glodok. Sayangnya, kondisi sepinya Glodok ini sudah dialami sejak beberapa tahun belakangan disebabkan karena berjamurnya toko online, disisi lain, penjual diberatkan dengan uang sewa toko.

Trend bisnis Indonesia saat ini

Trend sepinya pembeli di pasar tradisional (offline) yang akhir-akhir ini terjadi diramalkan akan terus berlanjut.

Proses penjualan modern, yaitu perpindahan pembelian dari proses tradisional (offline) dimana pembeli bertemu dengan penjual di suatu tempat (seperti toko), kemudian berpindah ke pembelian secara online, dimana pembeli tidak lagi harus bertemu bahkan berinteraksi dengan penjual. Seperti yg saat ini sedang marak di Indonesia, yaitu trend penjualan di Instagram.

Perubahan trend ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi telah terjadi juga di belahan dunia lain dan akan terus terjadi mengikuti perilaku manusia modern yang mudah dan efisien. Akibatnya, beberapa industri dan bisnis terpaksa atau dipaksa untuk beradaptasi.

Berikut 7 industri yang terpuruk karena perkembangan dunia digital (online):

Baca juga: Hosting Website Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

1. Supermarket

Belum lama ini, kita dikejutkan dengan berita kebangkrutan salah satu pioneer supermarket yang mengusung konsep supermarket dan coffee shop, yaitu Seven Eleven. Hal ini menjadi salah satu bukti akan ketatnya persaingan bisnis di area tersebut. Belum lagi gebrakan yang dilakukan Amazon melalui AmazonGo (supermarket yang terintegrasi dengan aplikasi smartphone) yang bisa jadi akan masuk ke pasar Indonesia. Dengan mengusung konsep “No lines, No checkout” atau “Tanpa antri, Tanpa bayar dikasir”, AmazonGo bisa jadi akan menjadi saingan berat untuk brand-brand supermarket ternama seperti Carrefour, Hypermart dan lain-lain.

Seven Eleven bangkrut
Penutupan gerai Seven Eleven (sumber: google.co.id)

2. Elektronik

Pasar elektronik Glodok menjadi salah satu pusat perdagangan elektronik terbesar di Indonesia pada tahun 1990-an yang berlokasi di Jakarta Barat. Sejak 2-3 tahun belakangan, Glodok menjadi sepi pembeli salah satu penyebabnya karena berkembangnya toko online. Kebanyakan pedagang yang masih bertahan di Glodok karena memiliki toko online, sedangkan pedagang yang tidak menjual online, sudah bisa dipastikan tidak dapat bertahan di Glodok.

gasar glodok sepi
Pasar Glodok mulai ditinggalkan pembeli (sumber: detik.com)

Buat Website Murah

3. Handphone

Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar telpon genggam. Roxy Square menjadi salah satu saksi bisu geliat di tahun 2000an di Jakarta.
Pembangunan fly over dilakukan sebagai solusi untuk mengurai kemacetan di daerah Roxy Square dan maraknya penjualan melalui online di sinyalir menjadi 2 alasan terbesar sepinya pembeli di Roxy Square saat ini. Belum lagi biaya sewa ruko 20jt/tahun.

roxy square sepi
Pusat penjualan handphone, Roxy Square sepi pembeli (sumber: detik.com)

4. Transportasi

Siapa yang tidak kenal GoJek, Grab atau Uber? 3 brand transportasi terbesar yang saat ini ada di Indonesia. Anehnya, meski berpenghasilan ratusan juta setiap harinya, perusahaan-perusahaan ini tidak memiliki aset transportasi sebagaimana yang layaknya bisnis transportasi sebelumnya, atau lebih dikenal sebagai “share economy” atau “peer economy”. Model bisnis tersebut, berdampak sangat besar bahkan hingga menimbulkan gejolak sosial yang sebelumnya menggantungkan hidupnya pada jasa transportasi seperti ojek pangkalan dan taxi.

dominasi transportasi online
Dominasi transportasi online (sumber: bintang.com)

5. Hotel

Hampir serupa dengan nasib transportasi offline, industri perhotelan terus berusaha keras bertahan agar tingkat hunian (occupancy) tetap di angka yang menguntungkan. Salah satu faktor penyebab menurunnya pendapatan pada industri ini yaitu online marketplace (seperti: AirBnB) atau aplikasi budget hotel (seperti: Reddoorz dan Airy Room), perusahaan website/aplikasi yang memungkinkan pemilih rumah, villa, apartement bahkan kamar kos, agar dapat menyewakan propertinya kepada orang lain. Tingkat hunian (occupancy) beberapa hotel dan villa di Bali kurang dari 50% bahkan 0% occupancy selama berhari-hari, sesuatu yang jarang sekali terjadi di beberapa tahun sebelumnya.

airbnb inovasi di sektor perhotelan
AirBnB, salah satu inovasi di sektor perhotelan (sumber: google.co.id)

6. Koran

Sinar Harapan, Harian Bola, Koran Tempo Minggu dan Jakarta Globe adalah hanya sebagian dari banyak media cetak yang terpaksa harus menutup bisnisnya karena tingginya biaya cetak koran dan tidak mampu bersaing dengan media online (seperti detik.com, okezone, dan ruanglaptop.com), meskipun sebagian media offline sudah beralih ke online. Kejadian serupa juga terjadi di media-media cetak di Amerika, sebut saja The Washington Post dan The New York Times.

7. Tekstil

Pasar Tanah Abang atau dulunya bernama Pasar Sabtu, telah ada sejak tahun 1735 yang menjadi salah satu pusat penjualan tekstil terbesar se-Asia Tenggara yang berlokasi di Jakarta Pusat. Menurut beberapa sumber, penurunan penjualan hingga mencapai lebih dari 50% dirasakan oleh penjual jika dibandingkan dengan tahun lalu hal ini dikarenakan berkurangnya daya beli masyarakat dan persaingan dengan eCommerce (toko online) besar yang semakin digandrungi masyarakat.
Untungnya, sebagian pemilik toko di Tanah Abang masih terbantu dengan adanya pembeli reseller yang menjual kembali barang dagangan mereka melalui online.

Pasar Tanah Abang sepi
Megahnya Pasar Tanah Abang, di Jakarta Pusat (sumber: google.co.id)

Ringkasan:

Ekspansi bisnis ke dunia digital atau online bukan lagi menjadi pilihan tetapi sudah menjadi keharusan yang harus disegerakan. Mudahnya menjalankan bisnis online mengakibatkan ledakan jumlah toko online di seluruh dunia. Modal kecil, tanpa resiko kerugian, membuat toko online dalam beberapa menit dan peluang keuntungan besar, menjadi beberapa alasan banyak orang untuk terjun ke bisnis online dengan menggunakan hosting murah yang banyak ditawarkan di Indonesia. Pilihannya hanya Beradaptasi atau Tergerus zaman.

Buat Website Murah

[Update]

8. Industri Ritel

Ramayana Tutup

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) mengakui penutupan 8 toko (baca: gerai) dilakukan untuk menyesuaikan penurunan pendapatan yang telah terjadi yang disebabkan salah satunya karena maraknya marketplace (seperti tokopedia, bukalapak) sehingga renovasi dilakukan untuk menyesuaikan trend yang ada saat ini dengan mengubah layout dan format supermarketnya.

Surat Pemberitahuan Penutupan Ramayana
Surat Pemberitahuan Penutupan Ramayana (sumber: Detik.com)

Hypermart PHK Karyawan & Terlilit Hutang

Sekretaris PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), Danny Kojongian mengatakan bahwa perusahaan yang di bawah naungan Lippo tersebut, melakukan penutupan 2 gerai Hypermart adalah hal biasa dalam bisnis retail untuk mencapai prinsip productivity, performance, efficiency yang berfokus kepada pencapaian tingkat maksimal. Penutupan ini berdampak pada PHK terhadap karyawan.

Beberapa bulan setelah pernyataan tersebut, sekitar 30 supplier Hypermart melakukan mediasi dengan perwakilan MPPA yang diwadahi Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan. Mereka mengeluh karena masih ada tunggakan yang belum dibayarkan oleh manajemen Hypermart.

Menanggapi isu yang beredar, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan saat ini penjualan ritel mengalami penurunan karena daya beli masyarakat yang melemah. Penjualan retail di luar belanja lewat online, hanya naik 5-6% dibandingkan bulan lainnya. Padahal pada momen yang sama tahun lalu, naik hingga 16,3%. (Dikutip dari: Katadata.co.id).

Hypermart
Hypermart (sumber: Google.co.id)

Matahari Departement Store

Penutupan Matahari Department Store
Penutupan Matahari Department Store

Susul-menyusul dalam hal penutupan gerai oleh ritel terus terjadi, akhir-akhir ini dilakukan oleh Matahari Department store. Pada awalnya, 2 gerai di Pasaraya Manggarai dan Blok M ditutup pada bulan September, kemudian baru-baru ini disusul penutupan gerai Matahari di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta, yaitu Mall Taman Anggrek dan selanjutnya penutupan di Lombok City Center, Nusa Tenggara Barat. Pihak Matahari menargetkan untuk membuka gerai-gerai baru di kota-kota lain di luar Jawa.

Hal ini cukup mengejutkan karena Mall Taman Anggrek termasuk salah satu mall dengan pengunjung yang cukup ramai, selain lokasi yang strategis di pusat Kota, mall ini juga berlokasi dengan beberapa mall-mall ramai pengunjung seperti Central Park dan Neo Soho.

Tutupnya Matahari Department store di Mall Taman Anggrek ini, cukup menghawatirkan banyak kalangan di industri ritel, terutama di Jakarta.

Kita berharap, semoga tahun 2018 bukan menjadi tahun keruntuhan industri ritel di Indonesia. Segera online-kan bisnis kamu dengan domain murah dan hosting murah dari Exabytes!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ibas
Ibas
4 years ago

FYI aja. Sevel (Seven Eleven) tutup bukan karena pengaruh maraknya jual-beli online, tapi emang karena manajemennya gak bayar pajak.

Agung Sukariman
Agung Sukariman
4 years ago
Reply to  Ibas

Baik Pak Ibas. Terima kasih atas komentarnya