5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

1042
Consumer Behavior
Free Credit Exabytes
10 min read

Konsumen merupakan orang yang sangat penting bagi seorang pengusaha karena mereka yang mampu mengembangkan sebuah bisnis. Memahami perilaku konsumen (consumer behavior) tentunya merupakan hal krusial bagi perusahaan manapun sebelum menjual atau menawarkan suatu produk. Jika suatu perusahaan gagal dalam menganalisis bagaimana pelanggan akan merespons produk tertentu, perusahaan ini pasti akan menghadapi kerugian. 

Perilaku konsumen atau consumer behavior ini juga sangat kompleks karena setiap konsumen memiliki pikiran dan sikap yang berbeda terhadap pembelian dan konsumsi suatu produk. Jadi, jika perusahaan kamu bisa memahami teori dan konsep consumer behavior dengan baik, hal ini dapat membantu memasarkan produk atau layanan kamu dengan sukses loh. Selain itu, mempelajari consumer behavior juga akan membantu dalam berbagai aspek.  

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Memahami faktor-faktor ini memanglah berguna karena pemasaran produk sangat tergantung pada faktor-faktor ini. Dengan demikian, perilaku konsumen berfungsi sebagai alat yang berhasil bagi pemasar dalam memenuhi tujuan penjualan mereka.

Sebelum berlanjut kepada perubahan di consumer behavior, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa sih consumer behavior itu dengan lebih jelas dan juga seberapa penting dan manfaat apa yang bisa kita gali dari memahami consumer behavior, yuk!

Apa Itu Consumer Behavior?

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Consumer Behavior ini adalah studi tentang konsumen, bagaimana konsumen berperilaku saat memutuskan untuk membeli, menggunakan, dan juga membuang suatu produk untuk memuaskan kebutuhan mereka. 

Studi tentang consumer behavior ini sangat membantu untuk memahami bagaimana keputusan pembelian dibuat dan bagaimana mereka mencari suatu produk. Selain itu, pemahaman perilaku ini membantu pemasar untuk mengetahui apa, di mana, kapan, bagaimana dan mengapa konsumsi konsumsi produk. 

Hal ini dilakukan oleh perusahaan untuk membantu marketer atau perusahaan untuk mengetahui alasan di balik pembelian produk oleh konsumen dan bagaimana hal itu memuaskan mereka. 

Faktor yang Mempengaruhi Consumer Behavior

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Banyak banget faktor yang mempengaruhi consumer behavior ini, dari konsumen sendiri maupun pengaruh dari luar. Nah, berikut adalah beberapa faktor yang dipercaya mempengaruhi consumer behavior yakni :

Faktor Psikologi

Faktor ini merupakan faktor dari dalam diri konsumen sendiri untuk menentukan tindakan apa yang akan ia lakukan. Faktor ini susah untuk di measure, namun ini adalah faktor terkuat yang memutuskan pembelian seseorang, berikut beberapa faktor psikologi:

  • Motivasi

Yang pertama adalah motivasi. Motivasi ini adalah keadaan diri seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai satu tujuan. Ketika seseorang cukup termotivasi, ini tentunya akan mempengaruhi perilaku pembelian orang tersebut. 

  • Persepsi

Persepsi konsumen adalah faktor utama dan pengaruhnya kuat untuk mempengaruhi consumer behavior. Persepsi pelanggan adalah proses dimana konsumen mengumpulkan informasi tentang suatu produk dan menginterpretasikan informasi tersebut dan membuat gambaran sendiri di dalam pikiran si konsumen tentang produk tertentu. Ketika seorang konsumen melihat iklan, promosi, review, di sosial media, mereka akan mengembangkan kesan dan persepsi sendiri tentang produk atau brand tersebut. Karenanya persepsi konsumen menjadi pengaruh besar keputusan pembelian konsumen.

  • Sikap dan Keyakinan

Konsumen memiliki sikap dan keyakinan tertentu yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan sikap ini, konsumen berperilaku dengan cara tertentu terhadap suatu produk. Sikap ini memainkan peran penting dalam mendefinisikan citra merek suatu produk, bagaimana sikap seseorang terhadap produk atau merek mempengaruhi tindakan membeli atau menggunakan produk atau merek tersebut. Oleh karena itu, perusahaan akan berusaha keras untuk memahami sikap konsumen untuk merancang kampanye pemasaran mereka.

Baca Juga  Tips Membangun Usaha Bagi Pemula (Via Online)

Faktor Sosial

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Manusia adalah makhluk sosial dan mereka hidup di sekitar banyak orang yang mempengaruhi consumer behavior mereka. Makhluk sosial ini pastinya akan berusaha meniru perilaku manusia lain dan juga ingin diterima secara sosial di masyarakat. Karenanya perilaku pembelian mereka ini akan sangat dipengaruhi oleh orang lain di sekitar mereka. Faktor-faktor ini dianggap dengan istilah faktor sosial. Nah, beberapa faktor sosial adalah:

  • Keluarga

Keluarga memainkan peran dalam membentuk perilaku seseorang, termasuk dalam pembelian. Seseorang mengembangkan preferensi dari masa kecilnya dengan melihat anggota keluarga membeli produk dan terus membeli produk yang sama bahkan ketika mereka tumbuh dewasa dikarenakan keluarga mereka. 

  • Grup 

Selain keluarga, hal yang membentuk pola pikir pembelian seseorang adalah sebuah grup. Grup ini bisa berupa grup dengan hobi yang sama ataupun grup pertemanan teman sekelas. Secara umum, semua orang dalam kelompok akan memiliki consumer behavior yang sama dan saling mempengaruhi keputusan pembelian satu sama lain dikarenakan mudahnya bertukar informasi dalam lingkup kecil.

  • Peran dan status

Perilaku seseorang juga dipengaruhi oleh peran yang dipegangnya dalam masyarakat. Jika seseorang berada dalam posisi tinggi, perilaku pembeliannya akan sangat dipengaruhi oleh status tingginya. Seseorang yang merupakan Chief Executive Officer di suatu perusahaan akan membeli sesuai dengan statusnya sementara seorang staf atau karyawan dari perusahaan yang sama akan memiliki pola pembelian yang berbeda meskipun dalam lingkungan perusahaan yang sama.

Faktor Budaya

Kebudayaan adalah simbol dan fakta kompleks yang diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur perilaku manusia dalam masyarakat yang ada. Faktor-faktor budaya ini juga merupakan pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap consumer behavior karena ketika seseorang berasal dari budaya tertentu, perilakunya sangat dipengaruhi oleh budaya yang berkaitan dengan komunitas ini. 

Faktor Personal

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Faktor-faktor yang bersifat personal ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam consumer behavior mereka. Faktor-faktor pribadi ini berbeda dari orang ke orang, sehingga menghasilkan persepsi dan consumer behavior yang berbeda. 

Berikut adalah contoh dari beberapa faktor personal:

  • Usia

Usia adalah faktor utama yang mempengaruhi consumer behavior. Pilihan membeli generasi muda akan berbeda dengan orang yang sudah paruh baya. Sebagai contoh, para remaja akan lebih tertarik untuk membeli pakaian berwarna-warni dan hobi mereka, seperti games. Sedangkan, usia orang dewasa akan lebih fokus pada rumah, properti, dan kendaraan untuk keluarga.

  • Pekerjaan

Seseorang cenderung akan membeli hal-hal yang sesuai dengan profesinya. Sebagai contoh, seorang dokter akan membeli pakaian dokter yang sesuai dengan profesinya, sementara seorang businessman akan memiliki pola pembelian yang berbeda.

  • Gaya hidup

Gaya hidup adalah suatu sikap, dan cara dimana seorang individu tinggal di masyarakat. Ambil contoh mudahnya, jika seseorang memiliki gaya hidup yang sehat, maka produk yang ia beli akan berhubungan dengan makanan sehat dan juga berbagai pakaian olahraga dan orang ini pastinya akan menghindari mengonsumsi junk food.

Faktor Ekonomi

Setiap orang memiliki ekonomi yang berbeda dan keadaan ekonomi seseorang sangat berpengaruh dan erat kaitannya dalam pengambilan keputusan. Jika konsumen memiliki uang yang pas-pasan maka ia akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan primernya terlebih dahulu.

Selain ekonomi individu, ekonomi negara juga sama penting dan besar pengaruhnya terhadap consumer behavior. Ketika suatu negara makmur, perekonomiannya kuat, pasokan uangnya lebih besar di pasar dan juga daya belinya tinggi. Ini akan membantu konsumen untuk melakukan dan memutuskan pembelian dengan mudah. Karena ketika konsumen mengalami lingkungan ekonomi yang positif, mereka lebih percaya diri untuk membeli produk.

5 Alasan Pentingnya Mempelajari Consumer Behavior

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Setelah mengenal apa itu consumer behavior dengan baik dan juga faktor yang mendasari perilaku mereka terhadap pembelian produk, perusahaan juga harus memahami seberapa penting mempelajari perilaku konsumen bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu, di bawah ada beberapa alasan dan penjelasan lebih lengkapnya mengapa sih penting untuk sebuah perusahaan mempelajari dan meneliti perilaku konsumennya? Mari simak dan cari tahu jawabannya sama sama di bawah ini, yuk!

Mitigasi Risiko Perusahaan 

Salah satu alasan utama untuk mempelajari perilaku konsumen adalah untuk melihat beberapa risiko yang akan timbul untuk bisnis kamu dan membantu perusahaan kamu agar bisa meminimalisir risiko. Untuk bisnis apapun, pelanggan adalah aspek terpenting. 

Baca Juga  8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Ketika bisnis meluangkan waktu untuk mempelajari consumer behavior, mereka bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang mengapa konsumen berperilaku seperti itu. Perilaku konsumen ini dapat membantu kita untuk merencanakan produk dan layanan dengan lebih baik. 

Dengan wawasan konsumen bisnis di tangan kita, maka akan semakin mudah membuat penyesuaian yang diperlukan untuk produk dan materi pemasaran perusahaan sebelum bisnis kita merilis produk ke pasar yang lebih besar. Dengan memahami ini, perusahaan dapat mengurangi kerugian ekonomi dan menyelamatkan reputasi perusahaan.

Sebagai Bahan Feedback

Memahami consumer behavior sangat fundamental bagi perusahaan untuk menemukan kesuksesan untuk produk saat ini serta peluncuran produk baru. Jika suatu perusahaan gagal memahami reaksi konsumen terhadap suatu produk, ada kemungkinan besar kegagalan produk.

Penting untuk menilai jenis produk yang disukai konsumen sehingga mereka dapat merilisnya ke pasar. Pemasar dapat memahami suka dan tidak suka konsumen dan merancang basis upaya pemasaran mereka berdasarkan temuan.

Dari sini, perusahaan bisa jelas mengetahui apa sih yang konsumen sukai dari produk atau jasa yang perusahaan tawarkan dari penelitian ini. Hal ini bisa banget kita gunakan untuk acuan agar lebih baik kedepannya. Dari mengetahui perilaku konsumen ini, kita bisa memakai banyak cara seperti:

  • Survey Online
  • Sampel produk gratis dengan imbalan feedback
  • Interview pribadi dengan konsumen

Penggunaan Sumber Daya Produktif Secara Efektif

Studi tentang consumer behavior membantu perusahaan untuk membuat upaya organisasi yang berorientasi konsumen. Dengan memahami apa yang konsumen inginkan, perusahaan akan lebih mudah untuk memilah sumber daya mana yang dibutuhkan atau tidak dibutuhkan. Hal ini dapat memastikan penggunaan sumber daya yang tepat agar bisa terjadi efisiensi sumber daya maksimum. 

5 Alasan Kenapa Consumer Behavior Itu Penting Untuk Bisnis

Membuat Strategi yang Sesuai

Salah satu manfaat utama mempelajari consumer behavior adalah membantu bisnis untuk membangun strategi pemasaran yang sukses. Melalui penelitian perilaku ini, sebuah bisnis dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang siapa yang akan dilayani. Dengan mengenal audiens kita, kita akan lebih memahami apa yang dibutuhkan konsumen, mengapa mereka membutuhkannya dan apa yang tidak mereka cari. 

Penting juga untuk menganalisis informasi dan menerapkannya pada bisnis kamu. Menyempurnakan strategi bisnis ini dapat membantu bisnis kamu dalam membuat produk dan kampanye yang menarik langsung ke pasar target dan juga mengurangi risiko untuk bisnis sambil meningkatkan peluang agar bisa meningkatkan pembelian repeat order.

Memprediksi Tren di Pasaran

Consumer behavior juga dapat membantu perusahaan dalam memproyeksikan tren pasar di masa depan. Tim pemasaran akan dengan mudah menemukan waktu yang cukup untuk bersiap untuk mengeksploitasi peluang yang muncul, atau menghadapi tantangan dan ancaman dengan memahami consumer behavior bisnis itu sendiri.

Nah, diatas sudah kami rangkum mulai dari apa itu consumer behavior, faktor-faktor yang mempengaruhi dan juga pentingnya untuk mempelajari consumer behavior ini. Semoga hal ini berguna untuk kamu yang sedang merintis bisnis baru agar dapat menjangkau market yang luas ya, teman teman Exabytes! Mengenal consumer behavior juga akan membawa segudang manfaat untuk bisnis kamu pastinya!

Credit : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here