8+ Alasan Menjadi Reseller Hosting: Mudah & Menguntungkan!

343
Reseller Hosting
7 min read

Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam berbagai sisi kehidupan. Tidak hanya mempermudah keperluan sehari-hari seperti layanan pesan antar dan transportasi online, tapi juga turut merambah urusan pekerjaan dan karir. Berkat kemudahan teknologi, perusahaan dan pelamar kerja kini dapat bertemu secara online dan melakukan proses perekrutan dengan lebih mudah dan efisien.

Sebenarnya, peluang karir yang ditawarkan pada era modern ini tidak hanya sebatas kegiatan apply dan interview online saja. Ada banyak peluang lain yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan menjadi reseller hosting.

Reseller hosting adalah tipe pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan modal minimal dan waktu yang fleksibel. Tapi jangan salah, meski terkesan santai kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi reseller hosting lho. Masih ragu? Yuk, simak 8+ alasan menjadi reseller hosting berikut ini.

Apa Itu Reseller Hosting?

Sebuah website memerlukan domain dan hosting agar dapat berjalan dengan baik. Kedua hal ini kerap kali dianggap sama oleh beberapa orang, padahal domain dan hosting memiliki pengertian yang berbeda. Perbedaan domain dan hosting yang paling mendasar terletak pada fungsinya.

Domain adalah alamat IP yang diperlukan untuk mengakses suatu website, sedangkan hosting adalah media penyimpanan file dan data yang digunakan oleh sebuah website agar dapat berfungsi dengan baik. Keduanya merupakan komponen penting yang secara teknis mendukung jalannya website.

Semua website yang kamu kunjungi pasti memiliki domain dan hosting pada suatu server. Jadi dengan kata lain, apabila kamu ingin membuat website kamu pasti memerlukan hosting. Ada beberapa jenis hosting yang bisa digunakan, dan salah satu di antaranya adalah reseller hosting.

Reseller hosting adalah jenis web hosting di mana pemilik akun dapat menggunakan ruang hard-drive dan bandwidth yang dimiliki untuk keperluan hosting website pihak ketiga. Dalam hal ini pemilik akun dapat mengatur hosting website pihak ketiga melalui control panel dan menetapkan harga atas jasa yang diberikan.

Jadi jangan sampai keliru ya, reseller hosting bukanlah sales yang menjual hosting dari provider melainkan pemilik akun yang menjual kembali ruang hosting miliknya sebagai layanan berbayar kepada klien yang membutuhkan.

Alasan Menjadi Reseller Hosting

Reseller hosting dapat dikategorikan sebagai pekerjaan sampingan karena sifatnya yang tidak mengikat dan fleksibel. Bagi sebagian orang, alasan utama melakukan pekerjaan sampingan adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tapi, sebenarnya dengan menjadi reseller hosting kamu tidak hanya berpotensi mendapatkan tambahan income saja lho. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menjadi reseller hosting adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Baca Juga  Cara Menjadi Reseller Hosting yang Sukses & 8+ Tips Lengkapnya

Memberikan Peluang Karier yang Luas

alasan menjadi reseller hosting: memiliki peluang karier yang luas.
Menjadi reseller hosting memiliki peluang karier yang luas. (sumber: istock)

Alasan menjadi reseller hosting yang pertama adalah adanya peluang karier yang luas. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana reseller hosting yang tidak memiliki ikatan kontrak maupun struktur organisasi dapat memberikan peluang karier yang luas? Jawabannya tentu saja bisa!

Reseller hosting adalah tipe pekerjaan yang memberikan kamu kebebasan penuh untuk menentukan sendiri keuntungan serta perkembangan usahamu. Kamu dapat memberikan layanan tambahan maupun mengatur rencana penjualan tertentu untuk membuat usahamu tampak berbeda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kamu dapat menjadi full-time entrepreneur dengan menjadi reseller hosting.

Tidak Memerlukan Modal Besar

Modal seringkali menjadi hambatan utama dalam memulai sebuah bisnis. Tapi berbeda, dengan reseller hosting. Salah satu alasan menjadi reseller hosting yang utama adalah karena pekerjaan ini tidak memerlukan modal yang besar.

Dengan menjadi reseller hosting kamu tidak hanya mendapatkan harga awal yang lebih rendah, tapi juga berbagai hal yang diperlukan untuk mendukungmu menjual layanan hosting. Bahkan, kamu juga akan diarahkan untuk meningkatkan sales, sebuah benefit yang tidak gratis apabila kamu memulai bisnis start-up sendiri.

Tidak Perlu Mengurus Operasional

Hosting tidak hanya membutuhkan hard drive, bandwidth, CPU agar dapat berfungsi dengan baik, tapi juga memerlukan maintenance atau perawatan. Dengan menjadi reseller hosting Anda tidak perlu memusingkan hal ini, karena provider hosting yang akan melakukan maintenance pada server. Tidak perlu mengurus operasional dan bisa fokus memberikan layanan terbaik merupakan alasan menjadi reseller hosting yang menguntungkan.

Terdapat Dukungan Customer Service 24/7

alasan menjadi reseller hosting: terdapat dukungan customer service 24/7
Alasan menjadi reseller hosting karena adanya dukungan customer service yang sigap. (sumber: istock)

Alasan menjadi reseller hosting yang keempat adalah adanya bantuan customer service. Berbeda dengan pekerja full-time yang mempunyai team dan umumnya dikelilingi banyak partner kerja, pekerja freelance seringkali dituntut memiliki kemampuan problem solving sendiri. Namun dengan memilih provider yang tepat, kamu bisa mendapatkan dukungan customer service 24 jam lho. Dengan begitu apabila menemui masalah, kamu bisa langsung berkonsultasi dan meminta bantuan.

Memiliki Jam Kerja yang Bebas

Waktu merupakan hal yang berharga karena tidak dapat terulang kembali, karena itu banyak orang menyebut waktu adalah uang. Bila kamu termasuk orang yang setuju dengan pernyataan tersebut, berarti memiliki jam kerja bebas merupakan salah satu alasan menjadi reseller hosting yang utama.

Reseller hosting merupakan pekerjaan yang tidak mengikat dan memberikan kamu jam kerja bebas. Dengan begitu kamu bisa melakukan aktivitasmu dengan tenang, bahkan kamu juga bisa sambil melakukan pekerjaan lain juga lho.

Tidak Menguras Energi Berlebihan

Apabila kamu adalah tipe orang yang tidak suka aktivitas melelahkan, poin yang satu ini merupakan alasan menjadi reseller hosting yang tepat untukmu. Reseller hosting tidak mengharuskanmu bepergian atau melakukan banyak pekerjaan fisik yang melelahkan. Kamu bisa bekerja dimanapun dengan tenang dan fokus mengembangkan usahamu.

Peluang Pasar Lokal Masih Terbuka Lebar

Saat ini banyak orang berlomba-lomba membangun online presence untuk mendapatkan keuntungan lewat dunia maya, untuk itu mereka membutuhkan lebih dari sekedar media sosial, mereka juga membutuhkan website. Seperti sudah dibahas sebelumnya, hosting sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website dapat berjalan dengan baik.

alasan menjadi reseller hosting: peluang pasar lokal masih terbuka lebar
Peluang pasar reseller hosting masih cukup luas. (sumber: istock)

Nah, kamu dapat mengambil peluang ini dan mulai membidik banyak pelanggan, terutama bisnis berskala kecil yang tidak membutuhkan space besar. Hal ini akan sangat menguntungkan, karena dengan sistem shared hosting, kamu bisa menjalankan banyak website sekaligus dalam satu server.

Pangsa pasar yang masih luas ini merupakan salah satu alasan menjadi reseller hosting yang menguntungkan. Kamu tidak perlu khawatir karena reseller hosting memiliki prospek masa depan yang baik.

Baca Juga  Cara Menjadi Reseller Hosting yang Sukses & 8+ Tips Lengkapnya

Dapat Menjadi Sumber Passive Income

Alasan menjadi reseller hosting yang satu ini mungkin terkesan klise, sudah pasti orang bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Tapi berapa penghasilan reseller hosting tentu menjadi pertanyaan yang mengusik bukan? Tidak perlu khawatir, menjadi reseller hosting dapat menjadi sumber passive income yang menguntungkan.

Kamu dapat menentukan sendiri tarif layanan yang kamu berikan, pelangganmu tidak akan tahu berapa modal awalmu. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan harga hosting dengan layanan lain untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Namun, pastikan kamu memberikan harga yang bersaing ya, karena tentu pelanggan akan lebih tertarik pada reseller hosting murah.

Keperluan Promosi dan Marketing Sudah Tersedia

Keperluan promosi dan marketing seringkali menjadi pekerjaan yang menguras waktu. Membuat konten, memikirkan strategi serta mengerjakan layanan hosting tidak dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Nah, kabar baiknya beberapa provider hosting juga memberikan materi promosi dan marketing yang dapat kamu gunakan secara cuma-cuma lho.

alasan menjadi reseller hosting: keperluan marketing dan promosi sudah tersedia.
Reseller hosting dapat memanfaatkan social media marketing sebagai bentuk promosinya. (sumber: istock)

Selain itu, untuk menarik lebih banyak pelanggan kamu juga bisa memberikan konten informatif seperti cara memilih hosting terbaik, manfaat hosting, kesalahan dalam memilih hosting, dan sebagainya Kamu dapat melakukan soft selling dan memperkenalkan layanan apa saja yang bisa kamu berikan untuk membantu bisnis mereka.

Proses Reseller Sederhana dan Tidak Rumit

Sama seperti pekerjaan lainnya, untuk menjadi reseller hosting tentu saja kamu perlu mendaftar pada provider hosting. Masing-masing provider memiliki ketentuan dan syarat sendiri yang mungkin berbeda satu dengan yang lain. Pastikan kamu memilih provider yang tepat agar tidak perlu menghadapi proses yang rumit dan berbelit-belit.

Exabytes merupakan provider hosting terbaik yang tidak akan mempersulit kamu sama sekali. Cara menjadi reseller hosting yang sederhana serta syarat dan ketentuan yang simple merupakan salah satu alasan menjadi reseller hosting yang menguntungkan. Kamu tidak hanya akan mendapatkan keuntungan tapi juga dukungan penuh dari Exabytes.

Penutup

Setiap pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain keuntungan, mungkin kamu akan menghadapi beberapa kesulitan saat menjalankan usahamu. Tapi jangan khawatir, dengan adanya dukungan dari customer service yang sigap, provider hosting yang supportif, serta semangat yang penuh kamu pasti berhasil menjadi reseller hosting yang sukses.

Nah, sekian artikel 8+ alasan menjadi reseller hosting: mudah & menguntungkan! Semoga bisa membantu ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments