Apa Itu Dropbox dan Kenapa Harus Menggunakannya?

97
Apa itu Dropbox?
8 min read

Hi, Exabytes Friends!

Tentu Anda sudah tahu dengan penyimpanan data virtual atau berbasis online yang disebut cloud storage bukan? Cloud storage saat ini sangat diminati oleh siapa saja karena hanya dengan bermodalkan akses internet, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menyimpan file, upload dan download dimana saja dan kapan saja. Salah satu jenis cloud storage adalah Dropbox, yang akan Kami bahas kali ini.

Dropbox adalah cloud storage kekinian yang sedang populer. (Sumber: Adobe Photo Images)
Dropbox adalah cloud storage kekinian yang sedang populer. (Sumber: Adobe Photo Stock)

Sebagai cloud storage yang sangat populer saat ini, Dropbox memberikan berbagai fitur-fitur menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Dropbox adalah tempat penyimpanan media dalam awan (cloud) dan sarana untuk sinkronisasi antar perangkat. Data -data yang dapat disimpan biasanya adalah gambar, video, audio, dokumen, program dan juga aplikasi.

Apa itu Dropbox?

Dropbox adalah layanan penyimpanan awan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server awan jarak jauh dan kemampuan untuk berbagi file dalam format yang disinkronkan.

Dropbox menyediakan solusi penyimpanan online yang didukung oleh model layanan komputasi awan ‘infrastruktur sebagai layanan’ (Infrastructure as a Service / IaaS). Pengguna Dropbox disediakan ruang penyimpanan online yang dihosting di Dropbox yang dapat diakses di mana saja melalui internet. Ruang penyimpanan menyediakan penyimpanan untuk hampir semua jenis file mulai dari dokumen, gambar, video, dll.

Menurut situs Techopedia, Dropbox bekerja dengan menginstal aplikasi di sistem klien, yang segera mengunggah data ke server penyimpanan cloud mereka sendiri. Data yang diunggah dapat diakses dari aplikasi yang diinstal atau melalui panel kontrol daring.

Berbagi file Dropbox bekerja dalam kohesi dengan sinkronisasi file yang membuat file terus diperbarui secara rutin di semua node bersama meskipun dibagikan di antara banyak orang, oleh karena itu setiap penerima akan selalu menerima versi file terbaru. Layanan Dropbox adalah contoh model bisnis penyimpanan sebagai layanan.

Manfaat Dropbox

Dropbox adalah tempat penyimpanan media dalam awan/cloud dan sarana untuk sinkronisasi antar perangkat. Dropbox juga dimanfaatkan untuk kegiatan berbagi file. Dropbox menjamin data-data Anda aman sekalipun perangkat Anda hilang atau rusak.

Berikut detail dari beberapa kegunaan dan manfaat Dropbox:

Menyimpan dan Mengamankan File

Dengan dropbox Anda bisa menyimpan data yang penting dan menjaga keamanan file Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi mengandalkan flashdisk atau hardisk untuk menyimpan file dimana bisa saja hilang sewaktu-waktu. Karena sebagian dari pengguna dropbox memanfaatkannya untuk menyimpan file supaya beberapa perangkat keras tidak lamban dalam pengoperasiannya.

Anda juga bisa mengamankan data Anda dengan layanan online ini. Anda bisa menyimpan data kerjaan yang penting dengan layanan ini. Jadi jika nanti hilang di PC atau hardisk, Anda bisa mengunduhnya secara online lagi di dropbox.

Berbagi File

Berbagi file jadi praktis dengan menggunakan Dropbox. (Sumber: Adobe Photo Images)
Berbagi file jadi praktis dengan menggunakan Dropbox. (Sumber: Adobe Photo Images)

Layanan ini juga akan mempermudah Anda dalam berbagi file dan mengirim file. File tersebut bisa dokumen, foto hingga video. Namun untuk video tetapi layanan ini bukan seperti Youtube yang bisa dishare secara publik. 

Anda bisa berbagi dengan teman, tim kerja atau orang yang Anda sukai atau inginkan saja. Upload file yang diinginkan dan bagikan kepada orang yang ingin diberikan. Anda bisa membagikannya ke banyak orang maupun hanya beberapa orang saja, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Bisa Mengakses Data Kapan Saja

Anda bisa mengakses data dari mana saja dan kapan saja jika mempunyai layanan online penyimpanan media seperti ini. Hanya dengan menggunakan koneksi internet yang tersedia  Anda bisa mengupload file yang baru, menyimpan data yang Anda inginkan. Anda hanya perlu mengisi username dan password Anda.

Memudahkan Pekerjaan Bersama

Jika Anda memakai layanan untuk menyimpan data, Anda lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan bersama dengan temanmu tanpa adanya tabrakan data. Fitur yang terdapat di dropbox tidak hanya sebagai alat penyimpan data file saja melainkan menghubungkan file Anda dengan teman Anda atau beberapa pekerja lainnya.

Adanya Jaminan Keamanan

Anda tidak perlu khawatir tentang data Anda yang sudah tersimpan di layanan penyimpanan online yang ada di dropbox. Layanan ini memiliki program khusus bagi penggunanya yang mampu menjaga keamanan data dan semua file yang tersimpan disana dan selalu menjaga keamanan saat mengakses. Anda  juga tidak perlu khawatir dengan virus yang akan menyerang penyimpanan Anda disini

Fungsi lain dropbox bisa saja sebagai media mengamankan segala kenangan hidup kita dengan seseorang. Mengingat tiap pengguna memiliki akun beserta password yang sulit diketahui oleh orang lain. Jadi sangat aman menyimpan data di dropbox.

Mengapa Harus Menggunakan Dropbox?

Lalu, mengapa harus menggunakan Dropbox? Seperti yang diketahui bahwa Dropbox  merupakan media layanan yang  berfungsi sebagai penyimpan data secara online. Semua sistem dan layanan pasti mempunyai keunggulan. Berikut kelebihan utama dari Dropbox:

Integrasi dengan Produk Google

Dengan Dropbox, pengguna juga dapat menggunakan beberapa produk Google seperti Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slides. Integrasi tersebut memudahkan pengguna dalam membuat dokumen baru bersama rekan atau tim.

Dropbox memungkinkan integrasi yang mulus dengan berbagai produk., termasuk Google & Microsoft. (Sumber: Adobe Photo Images)
Dropbox memungkinkan integrasi yang mulus dengan berbagai produk., termasuk Google & Microsoft. (Sumber: Adobe Photo Images)

Integrasi dengan Produk Microsoft.

Selain produk Google, Dropbox juga terintegrasi dengan produk office Microsoft yakni Word, Excel, dan PowerPoint. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan yang menggunakan Microsoft dalam sehari-hari.

Dapat Membuat Dokumen Berekstensi .paper

Menariknya pengguna juga dapat membuat dokumen berekstensi .paper. Tampilan halaman editing Dropbox paper mirip dengan Medium (platform blog).

Mudah Diakses dari Beragam Platform

Pengguna dapat mengakses Dropbox dari beragam perangkat (device) dan platform mulai dari situs web, smartphone Android/ iOS, Windows, Mac, dan lainnya. Alhasil mudah diakses oleh siapa saja meskipun platform atau perangkat yang digunakan berbeda.

Berbagi Dokumen dalam URL

Pengguna juga dimungkinkan untuk berbagi dokumen melalui URL dan dapat diunduh oleh pengguna lain di internet. Hanya tinggal beberapa klik jari, dokumen bisa dibagikan ke orang banyak tanpa perlu ribet.

Dropbox Exabytes

Dropbox Exabytes adalah rumah untuk semua files Anda yang berharga. Untuk menjaga files Anda tetap aman, Dropbox dirancang dengan perlindungan berlapis, didistribusikan dengan terukur dan memiliki infrastruktur terbaik.

Dropbox Bisnis Exabytes
Dropbox Bisnis Exabytes

Perlindungan berlapis tersebut di antaranya adalah:

  • Files Dropbox dienkripsi menggunakan 256 bit Advanced Encryption Standard (AES)
  • Dropbox menggunakan Secure Sockets Layer (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk melindungi data yang transit antara Dropbox apps dan server Kami
  • SSL/TSL membuat tunnel pelindung yang aman dengan 128 bit atau AES enkripsi tinggi
  • Aplikasi Dropbox dan infrastruktur diuji secara teratur untuk kerentanan keamanan dan diperkuat untuk meningkatkan keamanan dan melindungi dari serangan
  • 2 langkah verifikasi tersedia untuk perlindungan ekstra saat login
  • Jika Anda menggunakan 2 langkah verifikasi, Anda dapat memilih untuk menerima security codes via SMS atau dari authenticator app
  • File publik hanya dapat dilihat oleh orang yang memiliki tautan file

Dropbox Bisnis

Exabytes juga menyediakan Dropbox Bisnis yang bisa membantu tim Anda untuk bekerja dimana saja, menyinkronkan data penting di dalam perangkat. Tools powerful dari admin membantu Anda untuk tetap berada di akun Anda dan mengontrol informasi organisasi Anda. Folder dan tautan bersama membantu semua orang selalu up to date dengan usaha yang minim. Dengan Dropbox, anggota tim dapat bekerja bersama layaknya seperti mereka duduk berdampingan meskipun mereka berada di negara yang berbeda.

Dropbox Bisnis lebih dari sekedar penyimpanan file yang aman, berikut kelebihan yang Kami maksud:

Semuanya dalam satu tempat

Menciptakan, menyimpan dan membagikan konten cloud dari Google Docs, Sheets dan slides, file Microsoft Office, dan Dropbox Paper bersama file-file lain di Dropbox.

Sinkronisasi file di seluruh perangkat dan platforms

Versi terbaru dari semua files dan folder akan di sinkronisasi secara otomatis dan tersedia di komputer, handphone, atau tablet. Jadi Anda tidak perlu mengirimkan email versi terbaru kepada tim Anda. Anda bahkan bisa memulihkan (recover) file ke versi sebelumnya dalam waktu 30 hari.

Mempersingkat waktu kerja

Dropbox Spaces akan mentransformasi folder Anda menjadi ruang kerja (workspaces) yang terkoneksi tools lainnya. Dari PowerPoints ke Google Docs, Trello boards, dan lainnya. Dengan begitu, tim Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk bekerja pada hal yang benar-benar penting.

Akses Offline di seluruh perangkat

Meskipun Anda sedang tidak terkoneksi internet, folder sinkronisasi lokal dan files tetap tersedia di desktop app sehingga Anda akan tetap bisa bekerja sampai Anda online kembali. Saat Anda terkoneksi kembali, Dropbox akan mensinkronisasi folder dan file Anda secara otomatis dengan perubahan yang telah Anda buat.

Temukan apa yang Anda butuhkan dengan cepat

Files dan folders yang disarankan membuat tim Anda bisa satu langkah lebih maju dengan memberikan konten yang dibutuhkan. Anda dapat melihat saran konten terlebih dahulu, cari kata kunci teks dalam files, dan menemukan gambar dengan cepat.

Gunakan kolaborasi tools favorit Anda

Dengan mengintegrasikan tools favorit seperti Zoom dan Slack, Anda dan tim dapat bekerja bersama dengan integrasi yang mulus dalam ruang kerja Dropbox daripada berdiskusi di banyak channel lain dan berisiko kehilangan dokumen penting.

Kesimpulan dan Penutup

Mempunyai akun Dropbox akan membawa keuntungan tersendiri bagi Anda. Dropbox bisa menjadi penyelamat jika komputer Anda mati, tetapi juga memiliki lebih banyak fitur daripada sekadar mencadangkan atau berbagi file saja sebagai layanan dasar yang diketahui banyak orang.

Para pengguna internet di zaman ini juga akan mencari aplikasi – aplikasi penyimpanan yang lebih praktis dengan kemampuan akses masuk tak terbatas yang juga mempermudah banyak pekerjaan. Walau banyak kompetitor lain yang juga menyediakan jasa penyimpanan online yang sama tetapi dalam segi performa dan keunggulan, banyak pengguna menjatuhkan pilihan mereka kepada Dropbox yang unggul dengan fitur dan opsi menarik.

Apakah Anda senang dengan paket Dropbox gratis atau Anda memutuskan untuk berlangganan salah satu tingkat berbayarnya? Anda bisa menyesuaikannya, tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkab layanan Dropbox Bisnis terbaik, kunjungi Exabytes Indonesia sekarang juga.

Semoga panduan ini membantu Anda memahami Dropbox dan fitur-fiturnya dengan lebih baik dan mengajarkan Anda cara menggunakannya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments