Apa Itu MikroTik dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

0
230

Perlu router tersendiri untuk kebutuhan jaringan? Kali ini kamu bisa memanfaatkan mikrotik, yaitu sistem operasi software yang memungkinkan komputer menjadi router.

Untuk mempelajari lebih lanjut apa itu mikrotik, pastikan untuk membaca artikel ini ya!

Mengenal Apa Itu Mikrotik

Mengenal Apa Itu Mikrotik

Mikrotik merupakan sistem operasi software yang bisa membantu komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini menggunakan os berbasis Linux dan menjadi dasar router jaringan. Sehingga cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer berskala kecil hingga besar.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah paham dengan pengertian apa itu mikrotik. Mikrotik itu sendiri merupakan sistem operasi open source. Sementara router adalah hardware yang menjadi penghubung antara dua jaringan atau lebih. Dari sini, kamu bisa melihat perbedaan antara mikrotik dan router, bukan?

Sejarah Mikrotik

Mengenal apa itu mikrotik tentu menambah pengetahuan, bukan? Tetapi, tahukah kamu awal mula munculnya istilah satu ini? Sebenarnya, mikrotik adalah nama perusahaan jaringan yang berkantor di Pusat Latvia, yang didirikan oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

Perusahaan tersebut mengembangkan router dan penyedia layanan internet nirkabel sejak tahun 1996. Mikrotik pada saat itu menggunakan sistem operasi Linux dan MS DOS dan digunakan di Moldova dengan teknologi LAN atau WLAN Aeronet dengan kecepatan 2 Mbps.

Seiring berjalannya waktu, mikrotik tidak hanya membuat wireless ISP, tetapi juga membuat program router yang andal. Program tersebut bisa dijalankan di seluruh dunia.

Jenis-jenis Mikrotik

Terdapat dua jenis mikrotik yang harus kamu tahu untuk melengkapi informasi tentang apa itu mikrotik yang sedang kamu cari. Kedua jenis tersebut adalah mikrotik RouterOS dan RouterBoard dengan penjelas berikut:

Mikrotik RouterOS

Salah satu jenis mikrotik adalah mikrotik RouterOS. Mikrotik jenis ini menggunakan sistem operasi berbasis UNIX dan menyediakan berbagai fitur termasuk paket router, firewall, bridge, proxy server, hotspot, dan lainnya.

Pengguna bisa membangun router sendiri hanya dengan mengandalkan sebuah sistem operasi.

RouterBoard

RouterBoard merupakan jenis mikrotik yang tidak mengandalkan sistem operasi software. Jenis mikrotik satu ini merupakan hardware yang berukuran kecil dan praktis. Pengguna bisa melakukan instalasi yang telah terkonfigurasi dengan baik.

Hadir sebagai salah satu jenis mikrotik, routerBoard terdiri dari beberapa komponen, yaitu ROM, RAM, processor, dan flash memory dengan harga yang kompetitif di pasaran.

Fungsi Mikrotik

Sudah tahu kan apa itu mikrotik dan jenis-jenisnya? Bagaimana dengan fungsinya? APakah hanya sebatas menjadi router jaringan saja?

Berikut adalah beberapa fungsi mikrotik:

Menyediakan Sistem Autentikasi Fungsional

Salah satu fungsi mikrotik adalah menyediakan sistem autentikasi fungsional yang dapat membantu memblokir situs web dengan konten yang menyalahi peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Dengan menggunakan mikrotik, pengguna bisa membantu mewujudkan internet positif. Hal tersebut membuktikan bahwa kamu berpartisipasi dalam pengurangan konten yang melanggar peraturan.

Konfigurasi Jaringan LAN

Fungsi kedua dari mikrotik adalah konfigurasi jaringan LAN sehingga akan menjadi lebih mudah. Dengan begitu, pengguna dapat menghubungkan bahkan mengelola arus lalu lintas komputer yang ada pada LAN.

Fungsi ini yang membuat banyak pihak memanfaatkan mikrotik untuk mengelola jaringan di gedung-gedung perkantoran.

Ingin tahu apa itu LAN? Simak penjelasannya di artikel ini!

Berperan Sebagai Hotspot

Apa itu mikrotik juga dapat berperan sebagai hotspot. Sehingga dapat memudahkan saat melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth di masing-masing perangkat.

Oleh karena itu, tidak heran apabila ternyata mikrotik digunakan oleh berbagai pihak, termasuk penyedia layanan internet, warung internet (warnet), dan perkantoran yang menyediakan layanan internet kepada pengguna.

Membantu Mengelola Jaringan Internet

Fungsi lain dari mikrotik adalah membuat jaringan internet menjadi lebih terpusat. Sehingga administrator bisa mengelola serta mengolah data dengan lebih baik. Sehingga memungkinkan jaringan berjalan secara lebih maksimal.

Berperan dalam Pembuatan Server PPPoE

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau mikrotik juga berperan dalam pembuatan server PPPoE, yang berfungsi sebagai perangkat dalam pembuatan server tersebut. Mikrotik router mempunyai dua jaringan layer 2 dan layer 3 yang bekerja secara bersamaan. Layer 2 merupakan alamat MAC sementara layer 3 merupakan alamat IP.

Contoh penggunaannya adalah pada perusahaan yang menyediakan layanan internet dengan banyak pelanggan. Di mana pelanggan terhubung ke server dan menjangkau internet.

Penggunaan mikrotik juga bisa ditemukan di perusahaan IT yang menggunakan banyak komputer. Router mikrotik digunakan untuk membangun komunikasi dengan semua komputer.

Memblokir Situs

Fungsi mikrotik satu ini berkaitan dengan fungsi yang pertama, yaitu membuat sistem autentikasi pada jaringan. Itu artinya, kamu bisa memblokir situs web yang tidak ingin diakses.

Memisahkan Bandwidth

Mikrotik juga memiliki fungsi lain, yaitu memisahkan bandwidth. Dengan mikrotik, pengguna bisa mengatur dan membagikan sumber daya kepada masing-masing komputer yang berada di dalam jaringan.

Fungsi satu ini memungkinkan admin menentukan batasan bandwidth untuk masing-masing komputer, baik bandwidth lokal maupun bandwidth internasional.

Cari tahu apa itu bandwidth dan fungsinya melalui artikel satu ini.

Manfaat Mikrotik

Apa saja manfaat mikrotik? Apa itu mikrotik memiliki banyak fungsi sehingga dapat memberikan manfaat yang beragam bagi pengguna, termasuk:

Menjadi Internet Gateway pada Jaringan Lokal

Manfaat mikrotik yang pertama adalah menjadi internet Gateway di jaringan lokal. Yaitu menghubungkan beberapa jaringan lokal dengan internet.

Tidak hanya itu, router mikrotik juga memiliki peran dalam mengatur arus lalu lintas data. Bahkan, mikrotik bekerja sebagai pengatur konten dari internet agar bisa diakses oleh client.

Penghubung Antar Jaringan

Salah satu fitur utama mikrotik adalah router sehingga sangat bermanfaat untuk menghubungkan antara jaringan. Dengan kata lain, mikrotik menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur yang paling cepat agar sampai ke alamat komputer tujuan.

Sebagai Access Point

Manfaat lain dari penggunaan apa itu mikrotik adalah sebagai access point. Mikrotik memiliki berbagai macam fitur berbasis wireless sehingga mampu memberikan manfaat access point di jaringan wireless fidelity.

Manfaat satu ini banyak ditemukan di jaringan publik lokal seperti sekolah, kantor, kampus, cafe, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

Seperti halnya perangkat lain, mikrotik juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan dari apa itu mikrotik berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan apakah akan menggunakan teknologi ini atau tidak:

Kelebihan Kekurangan
Hadir dengan harga terjangkau Perlu keahlian khusus untuk penggunaan skala besar
Tersedia berbagai fitur canggih Perlu slot ethernet tambahan untuk penggunaan yang lebih
Tampilan ramah pengguna Kurang cocok untuk web proxy interna
Tidak memerlukan banyak tempat sehingga praktis Kerusakan parah tidak bisa diperbaiki
Mendukung banyak model ethernet dan port jaringan
Garansi atas kerusakan routerboard

 

Cara Setting Mikrotik

Agar bisa menggunakan mikrotik, kamu perlu melakukan setting dengan cara berikut:

  • Langkah pertama dalam melakukan setting mikrotik adalah mengkonfigurasi beberapa hal, yaitu alamat IP, default route, NAT Masquerade, DNS server, DHCP server, dan bridging
  • Selanjutnya pastikan melakukan pengaturan tersebut secara berurutan dimulai dari mengatur alamat IP
  • Kemudian, masukkan alamat IP dan lakukan test PING pada gateway atau alamat IP dari penyedia internet melalui mode command line interface pada menu terminal
  • Langkah selanjutnya dalam setting mikrotik adalah melakukan konfigurasi pada default route dengan gateway alamat IP
  • Buka kembali terminal dan uji koneksi, lanjutkan dengan mengatur DNS server dari Google
  • Lanjutkan dengan langkah terakhir, yaitu mengetik alamat IP dan pastikan checkbox bertuliskan allow sudah dicentang, lakukan test PING kembali di semua URL yang tersedia

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu bisa memahami arti dari apa itu mikrotik? 

MikroTik adalah sistem operasi berbasis Linux yang memungkinkan komputer berfungsi sebagai router jaringan, berguna untuk administrasi jaringan dari skala kecil hingga besar. 

Didirikan pada tahun 1996 oleh John Trully dan Arnis Riekstins di Latvia, MikroTik menyediakan dua jenis utama: RouterOS, sebuah software dengan berbagai fitur jaringan, dan RouterBoard, sebuah perangkat keras yang praktis. 

MikroTik memiliki beragam fungsi, termasuk autentikasi web, konfigurasi jaringan LAN, penyediaan hotspot, dan pengelolaan jaringan internet. Manfaatnya meliputi menjadi internet gateway dan access point. 

Meski memiliki berbagai kelebihan seperti harga terjangkau dan fitur canggih, MikroTik memerlukan keahlian khusus untuk skala besar dan tambahan slot ethernet untuk penggunaan lebih luas.

Bagi yang sedang mencari layanan hosting terbaik agar bisa membangun situs web dengan performa terbaik, silahkan hubungi Exabytes sekarang juga!

web hosting terbaik blog banner