Apa Itu Niche Blog dan Bagaimana Memulainya?

0
1613

Bagi yang sudah terbiasa di dunia blogging, istilah niche blog tentu sudah begitu familiar. Meski demikian, masih banyak orang yang tidak tahu apa itu niche blog meski mereka sering menggunakan mesin pencari untuk mencari dan membaca konten yang sesuai kebutuhan.

Niche blog adalah praktik pembuatan blog yang bertujuan untuk melayani pasar tertentu. Sebagai contoh, blog dengan niche A hanya akan melayani area A saja karena memang difokuskan pada niche tersebut. 

Lantas, mengapa niche blog begitu penting? Dengan adanya niche blog, blogger bisa lebih fokus pada topik yang mereka kuasai atau minati. Jadi, niche bisa diibaratkan seperti benang merah yang membantu blogger mengarahkan konten sehingga sesuai dengan tujuan yang dibuat.

Dengan niche, blog juga akan lebih dipercaya karena dinilai lebih kredibel. Tidak hanya sampai disitu saja, ternyata niche juga dapat menaikkan CTR iklan. Sehingga memungkinkan blogger mendapatkan profit yang lebih besar dari iklan yang pengunjung atau pembaca blog klik.

Sebelum membahas tentang cara memilih niche blog, tentu kamu dan para blogger pemula harus tahu apa saja contoh niche blog. Jadi, akan membantu memberikan gambaran niche mana yang tepat untuk dipilih. Ada banyak pilihan niche yang tersedia, diantaranya adalah teknologi, finansial, kesehatan, edukasi, otomotif, parenting, kecantikan, kuliner, bisnis online, sejarah, entertainment, dan masih banyak lagi.

Memilih Niche Blog

mengenal apa itu niche blog dan memilih yang tepat
Sumber: iStock

Sudah siap untuk segera memilih niche blog? Jika demikian, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar bisa mendapatkan niche blog yang tepat, seperti:

Mengapa Memilih Niche Blog Penting?

Untuk bisa memahami pentingnya niche blog, sebaiknya kenali apa saja fungsi niche blog itu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menarik kesimpulan mengapa hal tersebut penting untuk diperhatikan sebelum menulis konten blog. Dengan niche blog, pengguna internet atau pembaca bisa mencari informasi yang berfokus pada topik yang relevan.

Niche blog juga bisa meningkatkan kepercayaan pembaca karena sumber yang mereka baca dinilai kredibel dan memberikan pembahasan yang mendalam. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap kesetiaan pembaca, dimana mereka akan kembali mencari blog kamu untuk membaca atau mendapatkan lebih banyak informasi yang diperlukan.

Dampak lain dari kondisi tersebut adalah potensi untuk mendapatkan pageviews yang unik sehingga akan menguntungkan apabila dilihat dari segi Google Analytics.

Tidak hanya itu, niche blog juga memengaruhi hasil optimasi yang dilakukan melalui teknik SEO. Adapun pengaruh positif niche blog pada SEO, diantaranya adalah:

  • Pencarian topik tertentu menjadi lebih sempit sehingga bisa mendapatkan pembaca tertarget
  • Ranking blog meningkat karena konten blog dianggap unik
  • Teknik-teknik SEO menjadi lebih maksimal dan lebih mudah karena fokus pada satu topik tertentu

Cara Memilih Niche Blog yang Tepat

Cara memilih niche blog yang tepat
Sumber: iStock

Apa itu niche blog tentu sudah kamu ketahui di awal bahkan jauh sebelum memutuskan untuk membuat blog, bukan? Kini kamu bisa mulai memilih niche yang tepat dengan beberapa cara, seperti:

  • Sesuaikan pilihan niche dengan topik yang disukai atau dikuasai
  • Tentukan jenis blog yang akan dipilih
  • Pertimbangkan tren dalam memilih niche blog
  • Pilih niche yang memberikan peluang bisnis atau cuan
  • Lakukan riset
  • Persempit pilihan niche
  • Manfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan niche
  • Gunakan media sosial untuk mencari lebih banyak pilihan niche

Mengevaluasi Potensi Niche Blog

Setelah mendapatkan beberapa pilihan niche yang dianggap sesuai berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti jenis blog, tren, keahlian, peluang bisnis, dan hal lainnya, sebaiknya lakukan evaluasi potensi niche blog pilihanmu. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin bahwa niche blog pilihanmu adalah yang paling tepat.

Memulai Niche Blog

Dengan mengetahui apa itu niche blog, kamu bisa memulai niche blog dengan baik dan minim kesalahan. Jadi, memiliki potensi yang lebih untuk bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan niche blog.

Untuk memulai niche, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, diantaranya adalah:

Memilih Platform Blog

pilih platform blog yang tepat agar bisa memilih niche terbaik
Sumber: plixabay

Untuk bisa memulai niche blog yang sesuai dengan tujuan dan passion dalam menyediakan konten blog, tentu saja kamu harus memilih platform blog yang tepat. 

Dewasa ini, ada begitu banyak pilihan platform yang bisa kamu pilih untuk mulai menulis dan membagikan blog, seperti WordPress, Joomla!, Medium, Tumblr, Wix, Drupal, WordPress.org, Blogger, dan masih banyak lagi.

Membeli Domain dan Hosting

Setelah memilih platform untuk blog, langkah selanjutnya dalam memulai niche blog adalah membeli domain dan hosting. Domain dan hosting memiliki peran penting untuk bisa menyediakan blog yang nantinya bisa diakses atau dibaca oleh orang banyak yang berpotensi menjadi pembaca setia.

Dengan domain, pengguna internet bisa mengingat dan mencari nama website atau blog dengan lebih mudah dibandingkan dengan mengingat IP address yang berupa deretan angka yang panjang. Sementara hosting akan menyediakan ruang agar pemilik bisa menyimpan dan membagikan beragam konten pendukung blog, seperti gambar, video, dan lain sebagainya.

Baik domain maupung hosting bisa didapatkan dengan harga terjangkau seperti yang disediakan oleh Exabytes.

Memilih Tema dan Desain Blog

Langkah selanjutnya dalam memulai niche blog setelah benar-benar memahami apa itu niche blog adalah memilih tema dan desain blog. Keduanya harus dipertimbangkan dengan baik karena akan berhubungan dengan ketertarikan dan kenyamanan pembaca agar mereka betah berlama-lama membaca blog yang kamu bagikan.

Itulah kenapa kamu harus dengan cermat dan cerdas dalam memilih tema dan desain blog. Bila masih bingung atau khawatir membuat pilihan yang salah, sebaiknya libatkan keahlian dari seorang profesional yang bisa membangun blog kamu agar terlihat menarik.

Membuat Konten yang Berkualitas

pilih niche blog dan buat konten berkualitas
Sumber: flickr

Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik dan turut memengaruhi ketertarikan dan minat pembaca untuk menghabiskan waktu yang lama di blog kamu adalah konten. Ya, setiap konten yang dibagikan harus berkualitas baik untuk pembaca atau manusia maupun untuk mesin pencari seperti Google.

Strategi Pemasaran Niche Blog

Yakin sudah memahami apa itu niche blog? Jika demikian, itu artinya kamu sudah siap untuk membangun blog dengan memanfaatkan strategi pemasaran niche blog. Untuk dapat memasarkan niche blog, kamu bisa menerapkan beberapa strategi, diantaranya:

Mempelajari SEO dan Menentukan Kata Kunci yang Tepat

Salah satu strategi yang bisa kamu implementasikan dalam pemasaran niche blog adalah mempelajari SEO atau Search Engine Optimization serta menentukan kata kunci (keyword) yang tepat.

SEO merupakan upaya mengoptimasi website agar bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari, terutama Google. Sebagai mesin pencari, Google memiliki algoritma dalam menentukan ranking dari website atau blog yang nantinya akan ditampilkan di SERP. Pemilihan kata kunci turut berperan dalam hasil ranking tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi para blogger untuk menentukan kata kunci yang tepat sesuai dengan niche, topik, dan judul artikel blog yang mereka akan terbitkan.

Promosi Blog di Media Sosial

Untuk memasarkan blog menggunakan niche yang sesuai agar lebih dikenal banyak orang, blogger juga bisa melakukan pemasaran dan promosi melalui media sosial. Media sosial dapat memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan blog mengingat banyaknya pengguna aktif.

Pilih platform media sosial tempat target pembaca atau audiens kamu banyak berada. Dengan begitu, pemasaran dan promosi bisa menyasar target yang tepat sehingga bisa mencapai tujuan. Dengan begitu, niche blog kamu akan semakin dikenali oleh target pembaca sehingga dapat memberikan pengaruh dan feedback baik bagi perkembangan blog tersebut. 

Membangun Backlink dan Meningkatkan Visibilitas

Ingin memasarkan niche blog kepada lebih banyak pengguna internet? Itu artinya, sebagai penulis maupun pemilik blog, kamu harus membangun backlink berkualitas yang akan membawa lebih banyak pembaca ke blog kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga harus meningkatkan visibilitas agar blog benar-bener terlihat di mata para pengguna internet yang kamu targetkan sebagai audiens atau pembaca.

Menjaga dan Meningkatkan Pertumbuhan Niche Blog

Sama halnya dengan website, blog tidak cukup hanya dibangun saja. Perlu perlakukan dan tindakan yang tepat agar blog bisa terus meningkat dan terjaga. Untuk tujuan tersebut, kamu perlu melakukan beberapa hal, seperti:

Melacak Kinerja Blog

Untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan niche blog, salah satu hal yang penting yang bisa pengelola blog lakukan adalah melacak kinerja blog itu sendiri. 

Dengan begitu, pengelola blog bisa melihat sejauh mana jangkauan blog terhadap target pembaca, berapa banyak yang membaca, berapa lama rata-rata waktu yang pembaca habiskan di blog tersebut, serta apakah ada interaksi keterlibatan pembaca dengan blog tersebut atau tidak.

Saat seorang pembaca menyukai konten blog, ia juga tidak akan sungkan untuk membagikan konten tersebut kepada pembaca lain melalui berbagai platform media sosial. Namun, hal tersebut hanya bisa terjadi apabila kamu mengizinkan pembaca membagikan konten blog ke beberapa media sosial.

Berinteraksi Dengan Pembaca

Selain melacak dan memantau kinerja blog, agar blog bisa tetap terjaga dan meningkat, penulis atau pengelola blog juga harus berinteraksi dengan pembaca. Misalnya dengan cara membalas komentar atau pertanyaan yang pembaca ajukan. Respon yang cepat dan tepat dapat membangun interaksi antara pengelola blog dan pembaca.

Mempertahankan Kualitas Konten

Agar niche blog bisa terus berkembang dari waktu ke waktu meski memiliki banyak kompetitor yang menggunakan niche serupa, pertahankan kualitas konten. Konten berkualitas akan lebih disukai pembaca karena dinilai bisa memberikan informasi yang pembaca perlukan dengan penyampaian yang menarik dan mudah dipahami.

Konten berkualitas juga biasanya merupakan blog yang unik dan tidak mengandung unsur plagiasi.

Kesimpulan

Setelah memahami dengan benar apa itu niche blog, apakah kamu bisa menyimpulkan mengapa niche blog itu penting? Secara umum, konten berhubungan dengan dua hal, yaitu manusia sebagai pembaca dan mesin sebagai search engine. Konten berupa blog perlu memiliki niche agar konten lebih terarah dan terfokus di satu niche tertentu.

Sehingga mesin pencai bisa menentukan ranking di SERP yang relevan dengan keyword yang pengguna internet ketikan di mesin pencari.

Niche blog memberikan manfaat dan keuntungan tersendiri bagi para blogger termasuk peluang untuk mendapatkan penghasilan atau profit dari konten yang mereka bagikan dan iklan yang ada di konten tersebut. Akan tetapi, blogger juga harus menyadari bahwa mengembangkan blog merupakan sebuah tantangan.

Saat ini, kamu bukanlah satu-satunya orang yang membagikan konten blog dengan niche blog tertentu. Oleh sebab itu, maksimalkan upaya dalam meningkatkan niche blog dengan menyediakan konten baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sehingga Google akan melihat adanya aktivitas pada blog milikmu.

Perlu domain dan hosting? Atau mungkin ingin membangun blog menggunakan jasa profesional dari Exabytes? Exabytes merupakan penyedia hosting terpercaya yang memiliki sertifikat ISO 27001.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments