Apa Itu Shadowban? Cara Menghindari Dengan Mudah!

0
185

Yuk kenalan dengan apa itu shadowban yang banyak dikeluhkan pengguna media sosial! Dengan begitu, kamu bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan dan membagikan konten di platform media sosial manapun.

Sekilas Tentang Apa Itu Shadowban

Sekilas Tentang Apa Itu Shadowban

Apa itu shadowban? Apakah ini kali pertama mendengar istilah satu ini meski kamu adalah pengguna media sosial?

Shadowban adalah tindakan yang dilakukan oleh platform media sosial untuk membatasi visibilitas atau aksesibilitas akun tanpa memberi tahu pengguna secara langsung. 

Itu artinya, konten yang diposting oleh akun yang terkena shadowban mungkin tidak akan muncul di hasil pencarian atau feed pengikut. Shadowban biasanya diberlakukan sebagai sanksi atas pelanggaran aturan atau kebijakan platform, seperti perilaku spamming atau konten yang melanggar hak cipta.

Shadowban bertujuan untuk mengurangi penyebaran konten yang dapat merugikan. Juga diharapkan pengguna bisa mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku di platform yang mereka gunakan.

Penyebab Akun Sosial Media Mengalami Shadowban

Melalui pengertian tentang apa itu shadowban, kamu mungkin semakin bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi pada pengguna media sosial di platform tertentu.

Shadowban biasanya terjadi ketika platform media sosial mengidentifikasi perilaku yang dianggap melanggar aturan atau kebijakan komunitas mereka. 

Beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan akun mengalami shadowban meliputi:

Pelanggaran Aturan

Jika akun melanggar aturan atau kebijakan platform, seperti spamming, penyalahgunaan tautan, atau pelanggaran hak cipta, platform media sosial mungkin memberlakukan sanksi seperti shadowban.

Praktik Tidak Etis

Penggunaan taktik tidak etis untuk menumbuhkan pengikut, seperti penggunaan bot atau pembelian pengikut, dapat menyebabkan platform mencurigai akun dan memberlakukan shadowban.

Aktivitas Berlebihan

Melakukan tindakan tertentu dalam jumlah besar dalam waktu singkat, seperti melakukan banyak komentar atau menyukai secara berlebihan, dapat membuat platform curiga dan menganggapnya sebagai tindakan spam.

Keluhan Pengguna

Jika pengguna lain melaporkan akun karena perilaku yang merugikan atau melanggar aturan, platform dapat menyelidiki dan menerapkan shadowban jika diperlukan.

Perubahan Algoritma

Kadang-kadang, perubahan algoritma sebuah platform media sosial dapat secara tidak sengaja menyebabkan akun tertentu terkena shadowban, meskipun tidak ada pelanggaran yang jelas.

Cara Cek Shadowban

Cara Cek Shadowban

Apakah kamu semakin khawatir akun tidak bisa berkembang karena risiko terjadinya apa itu shadowban? Terdapat beberapa alasan mengapa akun terkena shadowban. Dari beberapa alasan tersebut, kamu bisa kembali memastikan apakah konten yang kamu bagikan sesuai standar dan kebijakan komunitas atau tidak.

Bagi yang ingin memeriksa apakah akun di platform tertentu terkena shadowban atau tidak, bisa melakukan beberapa langkah berikut sesuai dengan platform media sosial yang digunakan:

Instagram

Apa itu shadowban mungkin menjadi salah satu kegelisahan pengguna Instagram. Namun, apakah kamu melakukan pelanggaran setiap kali membagikan postingan? Meski selalu mengikuti standar komunitas dan kebijakan, tidak ada salahnya mengecek apakah akun terkena shadowban atau tidak dengan dua cara berikut:

Gunakan Akun Lain

Cara termudah adalah memeriksa apakah konten yang kamu bagikan muncul di hasil pencarian saat kamu masuk dengan akun yang berbeda. Jika konten tidak muncul, ini bisa menjadi indikasi shadowban.

Hashtag Test

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan hastag test.

Posting dengan hashtag yang jarang digunakan dan kemudian mencoba mencari hashtag tersebut dari akun lain. Jika postingan tidak muncul, itu bisa menjadi tanda shadowban.

Twitter

Twitter merupakan platform media sosial yang banyak digunakan untuk berbagai hal dan tujuan. Misalnya mencari informasi terkini, membagikan cuitan, bahkan memasarkan produk.

Namun, apabila kamu khawatir akun kamu mengalami shadowban, sebaiknya lakukan pengecekan dengan cara-cara berikut:

Periksa Pencarian

Terlepas dari apakah akun benar-benar mengalami shadowban atau tidak, kamu bisa menghilangkan kekhawatiran dengan memeriksa pencarian.

Caranya adalah lakukan pencarian tweet di Twitter menggunakan kata kunci unik dari tweet kamu. Jika tweet tidak muncul, bisa jadi tweet tersebut mengalami shadowban, namun tidak selalu.

Cek Aktivitas Akun

Selanjutnya, untuk mengecek apakah akun Twitter terkena shadowban atau tidak, coba cara satu ini. Periksa metrik seperti jumlah interaksi atau jumlah tampilan. Jika secara signifikan lebih rendah dari biasanya, kamu mungkin mengalami shadowban.

Facebook

Apakah kamu merupakan pengguna aktif Facebook? Terlepas dari apakah penggunaan tersebut untuk tujuan pribadi atau untuk kebutuhan pemasaran produk dan jasa, sebaiknya kamu harus berhati-hati terhadap apa itu shadowban.

Apabila ingin melakukan pengecekan terhadap efek shadowban pada akun Facebook, coba beberapa cara berikut:

Periksa Jangkauan Postingan

Lihat statistik postingan kamu. Jika jangkauannya tiba-tiba menurun secara signifikan, itu bisa menjadi tanda shadowban.

Periksa Pengaturan Privasi

Nah, kali ini kamu harus memastikan bahwa akun kamu tidak memiliki pengaturan privasi yang membatasi jangkauan postingan kamu.

Cara Mengatasi Shadowban

Mengatasi shadowban bisa menjadi proses yang memakan waktu, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu dapat memperbaiki situasi tersebut. Sehingga akun media sosial bisa kembali digunakan seperti biasanya.

Adapun cara mengatasi apa itu shadowban yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

Hindari dan Hentikan Penggunaan Tool atau Aplikasi Automasi

Sudah tahu kan apa itu shadowban dan mengapa akun harus terhindar dari hal tersebut? Sebagai salah satu cara mengatasi shadowban yang sudah terjadi pada akun media sosial kamu, sebaiknya mulailah untuk menghindari atau bahkan menghentikan penggunaan tool atau aplikasi automasi.

Penggunaan alat atau aplikasi otomatisasi dapat berdampak negatif pada akun media sosial, meningkatkan risiko terkena shadowban. Menggunakan bot untuk pertumbuhan akun dapat melanggar kebijakan platform, meningkatkan risiko spam, dan menurunkan kualitas interaksi dengan audiens. 

Lebih baik fokus pada pembuatan konten berkualitas, interaksi langsung dengan pengikut, dan mematuhi aturan platform.

Kamu bisa mengikuti tips dan cara agar konten diklik banyak orang melalui artikel satu ini. 

Hapus Hastag yang Diblokir Platform Media Sosial atau yang Tidak Relevan dengan Isi Konten

Hastag yang diblokir atau tidak relevan dapat menjadi pemicu shadowban di platform media sosial. Menghapus hashtag yang tidak relevan dengan konten atau yang mungkin diblokir oleh platform adalah langkah yang cerdas untuk mencegah masalah ini. 

Pilihlah hashtag yang sesuai dengan konten kamu dan hindari penggunaan hashtag yang terlalu umum atau berpotensi melanggar kebijakan platform. Dengan demikian, kamu dapat memastikan konten kamu tetap terlihat oleh audiens tanpa terkena shadowban.

Hapus Konten yang Terdeteksi Melanggar Hak Cipta

Konten yang melanggar hak cipta menjadi salah satu alasan mengapa akun terkena shadowban di platform media sosial. Menghapus konten yang terdeteksi melanggar hak cipta adalah langkah penting untuk mencegah masalah ini. 

Pastikan konten yang kamu bagikan adalah buatan sendiri atau memiliki izin yang sah untuk digunakan. Sehingga, kamu juga berpotensi mendapatkan visibilitas yang baik sehingga akun media sosial akan bisa semakin berkembang dan mampu menjangkau lebih banyak target audiens.

Buat Laporan ke Customer Support

Jika mengalami shadowban di platform media sosial, langkah terbaik adalah menghubungi customer support. Jelaskan situasi yang kamu hadapi dengan jelas dan detail. Juga berikan bukti yang relevan. Customer support biasanya dapat membantu menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

Selain membantu membantu pengguna dalam mengatasi shadowban, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan platform. Jangan ragu untuk mencari bantuan ketika menghadapi masalah ini semacam ini.

Hentikan Penggunaan Media Sosial Sementara Waktu

Jika khawatir tentang shadowban di media sosial, menghentikan penggunaan platform sementara bisa menjadi langkah bijak. Dengan istirahat sejenak, kamu memberi waktu untuk mengevaluasi strategi konten dan aktivitas akun. 

Gunakan waktu ini untuk memperbaiki pelanggaran yang mungkin telah terjadi dan memastikan kepatuhan terhadap aturan platform. Selama beristirahat dari penggunaan media sosial, refleksikan juga kebiasaan penggunaan media sosial.

Bagi yang menggunakan media sosial untuk kebutuhan pemasaran dan promosi bisnis, bisa menyimak panduan strategi social media marketing ini.

Shadowban di Berbagai Platform Media Sosial

Sebagai pemilik akun dengan banyak pengikut di media sosial, tentu kamu ingin memastikan bahwa akun kamu bisa terhindar dari apa itu shadowban, bukan?

Platform media sosial melakukan shadowban pada akun yang seringkali melakukan spam, melanggar peraturan hak cipta, maupun berlaku kasar terhadap pengguna lain. 

Shadowban bisa terjadi karena alasan yang berbeda, tergantung dari ketentuan masing-masing media sosial. Berikut terdapat beberapa alasan dibalik terjadinya shadowban:

Shadowban di Twitter

Shadowban di Twitter tidak jauh berbeda dengan shadowban di media sosial lain. Saat mengalami hal tersebut, pengikut maupun akun lain tidak bisa melihat tweet yang dibagikan.

Shadowban terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  • Tidak melakukan konfirmasi email
  • Tidak menggunakan foto profil
  • Pengguna lain sering memblok atau melakukan mute pada akun kamu
  • Memiliki pengikut berupa akun bot, bukan manusia
  • Membagikan tweet yang berlebihan dalam satu waktu

Shadowban di Instagram

Selain Twitter, Instagram juga merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Tahukah kamu? Instagram ternyata merupakan salah satu platform media sosial yang sering mendapatkan keluhan perihal shadowban dari para pengguna.

Meski demikian, kamu juga harus memahami bahwa postingan tersembunyi mungkin dikarenakan banyak hal, termasuk algoritma yang kompleks dan semakin canggih. Oleh sebab itu, pengguna Instagram lain tidak bisa melihat postingan yang baru kamu bagikan.

Untuk memastikan tidak terkena shadowban, selalu perhatikan isi konten yang akan kamu bagikan. Pastikan konten tidak mengandung kekerasan, aktivitas ilegal, dan lainnya.

Kamu bisa menghindari shadowban dengan membagikan postingan yang cocok untuk semua usia dan dinilai pantas.

Shadowban di Facebook

Menjadi salah satu media sosial yang mampu menarik banyak pengguna aktif, Facebook juga tidak lepas dari kemungkinan terjadinya apa itu shadowban. Pengguna harus mengikuti standar komunitas apabila tidak ingin terkena shadowban.

Pelanggaran keras mengakibatkan akun terkena shadowban, atau bahkan langsung diblok. Jadi, saat menggunakan Facebook, hindari membagikan atau menyebarkan informasi hoax tentang sebuah berita.

Shadowban di TikTok

Apakah pengguna TikTok sudah familiar dengan apa itu shadowban? Dalam Community Guidelines TikTok, tidak ada istilah shadowban. Namun, platform satu ini mempunyai algoritma yang akan terus memastikan bahwa konten yang dibagikan merupakan konten yang aman. Sehingga nantinya akan ditampilkan kepada para pengguna melalui halaman FYP.

Untuk menghindari shadowban dan risiko lain, hindari membagikan konten berupa barang ilegal, ujaran kebencian, spam, dan kekerasan di TikTok.

Kesimpulan

Media sosial sangat membantu dalam pemasaran produk di masa kini. Akan tetapi, apabila terdapat konten yang dinilai melanggar peraturan dan kebijakan yang berlaku, bukan tidak mungkin akun kamu akan mengalami shadowban. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa itu shadowban, penyebab, serta cara mengatasinya.

Dengan begitu, kamu tetap bisa beriklan dan memasarkan produk tanpa hambatan sehingga bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Selain memasarkan produk melalui media sosial, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis digital marketing lain.

Dapatkan jasa digital marketing dari para profesional hanya dengan menghubungi Exabytes.

web hosting murah terbaik blog banner