Apa Itu Tracert (Traceroute) dan Cara Cek Error Website

0
1113

Pernahkah Anda mengalami kunjungan ke situs web yang memakan waktu loading yang sangat lama? Kemungkinan, kendalanya bukan terletak pada situs web tersebut, melainkan pada koneksi internet Anda.

Bagaimana cara mengidentifikasinya? Tracert adalah solusi yang tepat.

Traceroute atau tracert adalah salah satu metode untuk menyelidiki permasalahan jaringan yang membuat pembukaan situs web menjadi lambat. Dengan mengetahui akar permasalahan, Anda dapat lebih mudah mengatasinya.

Oleh karena itu, tulisan ini akan membimbing Anda untuk memahami apa itu tracert dan bagaimana menggunakannya untuk memeriksa kesalahan saat membuka situs web. Jadi, simak hingga akhir, ya!

Apa itu Tracert (Traceroute)?

apa itu tracert adalah

Traceroute atau tracert adalah alat diagnostik jaringan yang digunakan untuk melacak setiap rute yang dilalui oleh alamat IP secara real-time.

Secara sederhana, ketika Anda mengunjungi suatu situs web, data yang Anda peroleh dari situs tersebut harus melewati berbagai perangkat dan jaringan, terutama router, di sepanjang perjalanan. Traceroute mengikuti jejak bagaimana data di internet bergerak dari sumbernya menuju tujuannya.

Dalam perjalanan melacak jaringan, tracert juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi kesalahan atau kegagalan yang terjadi selama pertukaran data berlangsung. Di sinilah peran tracert sebagai alat diagnostik jaringan muncul. Dengan demikian, ia dapat menunjukkan di mana letak kendala yang menyebabkan masalah koneksi internet Anda.

Cara Kerja Tracert (Traceroute)

Cara kerja Tracert atau Traceroute dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Inisiasi Permintaan Tracert: Ketika Anda menjalankan perintah Tracert melalui Command Prompt, sistem operasi menginisiasi permintaan untuk melacak rute menuju tujuan yang ditentukan, seperti alamat IP atau nama domain.
  2. Pengiriman Paket Data ICMP: Tracert menggunakan protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk mengirim paket data ke tujuan. Paket data ini memiliki header khusus yang memungkinkan identifikasi dan pelacakan perjalanan melalui jaringan.
  3. Penambahan Hop Awal: Tracert menambahkan header dengan nilai TTL (Time-To-Live) awal pada paket data. Nilai TTL ini menentukan jumlah hop maksimum yang dapat dilalui oleh paket sebelum diabaikan atau dihapus.
  4. Pengiriman Paket Melalui Hop-Hop: Setiap hop atau perangkat jaringan dalam rute menerima paket data dan mengurangi nilai TTL-nya sebelum meneruskannya ke hop berikutnya. Proses ini diulang untuk setiap hop dalam rute.
  5. Pencatatan Informasi Setiap Hop: Setiap hop yang dilalui oleh paket data memberikan tanggapan, termasuk alamat IP dan waktu respons. Tracert mencatat informasi ini untuk kemudian ditampilkan kepada pengguna.
  6. Visualisasi Rute dan Waktu Respons: Setelah paket data mencapai tujuan atau mengalami timeout, Tracert menampilkan hasil dalam bentuk daftar hop beserta alamat IP dan waktu respons masing-masing hop. Informasi ini membentuk visualisasi rute yang diambil oleh data.
  7. Analisis Hasil: Pengguna dapat menganalisis hasil Tracert untuk mengidentifikasi hop-ho p yang mungkin menyebabkan masalah, seperti waktu respons tinggi atau timeout. Informasi ini membantu dalam pemecahan masalah koneksi atau optimasi performa.
  8. Penutupan Permintaan: Setelah selesai melacak rute, permintaan Tracert ditutup, dan pengguna diberikan pemahaman yang lebih baik tentang jalur data menuju tujuan, serta potensi masalah yang mungkin timbul selama perjalanan.

Dengan cara kerja ini, Tracert memberikan insight yang berharga dalam pemecahan masalah koneksi dan optimasi performa website atau jaringan secara keseluruhan.

Cara Menggunakan Tracert

Menggunakan Tracert adalah langkah yang berguna untuk memeriksa rute data dan mengidentifikasi masalah koneksi. Berikut adalah cara menggunakan Tracert melalui Command Prompt:

  1. Buka Command Prompt
    Buka Command Prompt pada perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengetik “cmd” pada menu pencarian dan memilih aplikasi Command Prompt.
  2. Ketik Perintah Tracert
    Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut: tracert [nama domain atau alamat IP] dan tekan Enter.
    Contoh: tracert www.contoh.com
  3. Analisis Hasil Tracert
    Setelah menekan Enter, Tracert akan mulai melacak rute menuju tujuan yang Anda tentukan. Hasilnya akan ditampilkan sebagai daftar hop dengan informasi waktu respons dan alamat IP.

Cara Membaca Traceroute

Cara Menggunakan Tracert dan Cara Membaca Traceroute

Saat traceroute berjalan, rute dengan alamat IP akan ditampilkan pada layar perangkat Anda. Rute ini disebut sebagai ‘hop’, yang merupakan titik tahapan yang dilalui oleh data menuju server.

Setiap hop diberi nomor di sisi kiri jendela laporan, seperti “1,” “2,” “3,” dan seterusnya. Nomor pada setiap hop menandakan hal-hal berikut:

  • Hop 1–3: Perangkat Anda.
  • Hop di tengah: ISP (Penyedia Layanan Internet).
  • Hop di akhir: Server tujuan.

Setiap baris dalam laporan tracert juga mencakup nama domain dan alamat IP dari router. Selain itu, terdapat tiga pengukuran waktu yang ditampilkan dalam milidetik, memberikan informasi tentang lama waktu yang diperlukan untuk mengirim paket ICMP dari perangkat Anda ke router dan kembali.

Istilah Kendala dalam Tracert

Selama proses traceroute, mungkin terjadi beberapa kendala yang perlu diidentifikasi:

Tanda Bintang (*)

Terkadang, hop menampilkan tanda bintang (*), yang menunjukkan bahwa server pada hop tersebut tidak merespon permintaan traceroute. Jika muncul sekali, Anda dapat menunggu respon di hop selanjutnya. Namun, jika muncul beberapa bintang, kemungkinan server sedang mengalami masalah.

Request Time Out

Jika traceroute menampilkan “request time out” itu berarti server pada hop tersebut tidak merespon ICMP. Hal ini dapat terjadi karena server sedang sibuk atau mengalami masalah konektivitas.

Destination Net Unreachable

Ini berarti ICMP tidak dapat mencapai rute pertama. Biasanya terjadi karena kesalahan dalam memasukkan URL server tujuan atau pengaturan jaringan yang tidak sesuai.

Memahami istilah-istilah ini akan membantu Anda mengidentifikasi potensi masalah selama traceroute dan meningkatkan pemahaman tentang jalur data menuju server tujuan.

Kesimpulan

Tracert adalah metode yang dapat Anda terapkan untuk menelusuri kesalahan yang muncul saat mengakses suatu situs web. Traceoute sendiri dapat diartikan sebagai alat diagnostik jaringan yang berfungsi untuk melacak setiap rute yang dilalui oleh alamat IP secara real-time.

Anda dapat melakukan traceroute melalui perangkat Anda menggunakan Command Prompt pada Windows atau Terminal pada Mac dan Linux. Selain itu, Anda juga dapat melakukan traceroute secara daring melalui browser.

Setelah memahami esensi tracert, Anda akan dapat menentukan dengan langsung di mana letak masalah ketika perangkat Anda tidak dapat terhubung ke suatu situs web. Selamat mencoba!