Apa Itu VPN? Panduan Lengkap untuk Pemula

0
247

Yuk cari tahu apa itu VPN melalui artikel satu ini agar kamu tidak lagi ragu untuk menggunakan jaringan tersebut dalam melakukan berbagai aktivitas online.

Sekilas Tentang Apa Itu VPN

Sekilas Tentang Apa Itu VPN

Seringkali mendengar istilah VPN tetapi tidak tahu apa itu VPN? VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu sebuah metode yang banyak digunakan agar bisa menambah keamanan serta privasi ke jaringan pribadi maupun publik, seperti Wifi hotspot dan internet.

Dengan VPN, pengguna bisa mendapatkan akses ke situs web secara aman dan pribadi dengan mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Melalui jaringan yang aman dan terenkripsi, pengguna bisa melakukan berbagai hal, termasuk:

  • Membuka blokir situs web di wilayah tertentu
  • Memungkinkan mengakses konten terbatas di jaringan publik
  • Mendapatkan akses ke server perusahaan dari jarak jauh

Kenali perbedaan proxy dan VPN agar bisa semakin memahami apa itu VPN.

Jenis-jenis VPN

Apa itu VPN memiliki beberapa jenis yang berbeda. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan pemilihan jenis tersebut dengan tujuan dan kebutuhan masing-masing.

Nah, berikut adalah beberapa jenis virtual private network (VPN):

Personal VPN

Salah satu jenis VPN adalah personal VPN, yaitu VPN yang menghubungkan pengguna ke internet publik dengan koneksi terenkripsi melalui server VPN. Penggunaan VPN jenis ini bertujuan untuk melindungi privasi online serta melewati batas wilayah (geo blocking).

Personal VPN juga dikenal dengan istilah lain, yaitu VPN konsumen atau komersial. Pengaturan VPN ini juga tergolong mudah di berbagai perangkat, termasuk komputer, laptop, smartphone, bahkan konsol game.

Remote Access VPN

Sudah tahu kan apa itu VPN? VPN hadir dengan tiga jenis. Selain Personal VPN, ada juga remote access VPN yang bisa pengguna gunakan agar terhubung ke jaringan pribadi atau lokal.

Dengan jenis satu ini, pengguna seperti karyawan kantor bisa terhubung ke jaringan dengan aman sehingga bisa mengakses data dan file perusahaan yang mereka butuhkan selama bekerja secara remote atau jarak jauh.

Mobile VPN

Jenis VPN yang selanjutnya adalah mobile VPN yang hampir mirip dengan remote access VPN. Namun, jenis VPN satu ini memungkinkan pengguna tetap terhubung bahkan saat mereka mengubah koneksi internet atau tidak terhubung ke internet.

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, mobile VPN dirasa sangat cocok. Terlebih jika sering mengalami koneksi tidak stabil.

Site-to-site VPN

Site-to-site VPN turut melengkapi keberadaan ketiga jenis VPN di atas. VPN satu ini menggabungkan dua jaringan di lokasi berbeda. Misalnya, apabila perusahaan mempunyai 2 kantor di dua benua berbeda, Asia dan Eropa, VPN jenis ini bisa menggabungkan kedua jaringan tersebut.

web hosting murah terbaik blog banner

Fungsi VPN

Mengetahui apa itu VPN memungkinkan kamu memahami bagaimana jaringan tersebut bekerja beserta fungsinya. Akan tetapi, apa saja fungsi dari virtual private network (VPN)?

Apabila ingin mengutamakan privasi, keamanan, sekaligus kebebasan dalam mengakses suatu situs web, VPN adalah pilihan tepat karena menawarkan beberapa fungsi berikut:

Menjaga Privasi

Salah satu fungsi VPN adalah menjaga privasi pengguna melalui enkripsi traffic jaringan. VPN juga merutekan koneksi internet melalui remote server. Dengan begitu, pengguna dapat menyembunyikan data online termasuk alamat IP, lokasi, riwayat pencarian, dan aktivitas download.

Dengan VPN, tidak ada pihak luar yang dapat membaca data online pengguna, termasuk internet service provider dan situs yang sedang diakses sekalipun.

Bagi yang ingin mengetahui detail IP Address, tentu bisa membaca artikel ini.

Meningkatkan Keamanan

Berbicara tentang privasi, itu artinya pengguna ingin mendapatkan keamanan, bukan? Apa itu VPN memungkinkan kamu merasakan fungsi tersebut, di mana keamanan semakin meningkat.

Bukankah penggunaan internet dewasa ini berisiko dan penuh ancaman keamanan baik bagi situs web maupun pengunjung?

VPN menggunakan enkripsi dan penyamaran alamat IP. Sehingga sangat mungkin bagi pengguna untuk mendapatkan keamanan yang lebih saat melakukan aktivitas online.

Bebas dalam Menggunakan Internet

Jika berbicara tentang apa itu VPN dan fungsinya, apakah kamu belum tahu bahwa VPN dapat memberikan kebebasan dalam penggunaan internet? Di mana, pengguna dapat mengubah lokasi virtual sehingga mereka bisa membuka konten yang tidak tersedia di wilayah atau negara tempat mereka mengakses konten.

Cara Kerja VPN

Memahami apa itu VPN rasanya kurang lengkap apabila kamu tidak mengetahui bagaimana cara kerjanya, bukan?

VPN (Virtual Private Network) bekerja dengan menciptakan “terowongan” aman antara perangkat pengguna dan internet. Hal tersebut melibatkan beberapa proses teknis untuk melindungi privasi dan data. Berikut adalah cara kerja VPN secara detail:

Enkripsi Data

Saat pengguna mengaktifkan VPN, data yang dikirimkan dari perangkat akan dienkripsi. Enkripsi ini mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca oleh siapa pun yang mungkin mencoba mengaksesnya, seperti peretas atau penyedia layanan internet.

Pembuatan Terowongan  yang Aman

VPN membuat “terowongan” aman melalui internet:

  • Protokol Tunneling: VPN menggunakan berbagai protokol tunneling seperti OpenVPN, IKEv2, atau L2TP/IPsec untuk memastikan data aman saat melewati jaringan publik.
  • Terowongan Enkripsi: Data dienkripsi di perangkat dan tetap terenkripsi sampai mencapai server VPN.

Masking IP Address

VPN akan mengganti alamat IP asli dengan alamat IP dari server VPN yang dipilih. Lokasi pengguna akan disembunyikan dan membuatnya terlihat seolah-olah pengguna mengakses internet dari lokasi server VPN tersebut.

Pengiriman Data Melalui Server VPN

Data yang telah dienkripsi dan diteruskan melalui terowongan aman akan melewati server VPN sebelum mencapai internet publik:

  • Permintaan Data: Saat mengakses situs web atau layanan online, permintaan tersebut dikirim dari perangkat ke server VPN.
  • Penerusan Data: Server VPN kemudian meneruskan permintaan ke situs atau layanan yang ingin pengguna akses.
  • Respon Data: Data yang dikirim balik oleh situs atau layanan tersebut akan melewati server VPN lagi sebelum dikirim ke perangkat dalam bentuk terenkripsi.

Dekripsi Data

Setelah data mencapai perangkat melalui terowongan aman, VPN akan mendekripsi data tersebut sehingga pengguna dapat membacanya atau menggunakannya secara normal.

Cara Menggunakan VPN

Menggunakan VPN (Virtual Private Network) bisa membantu menjaga privasi online, mengakses konten yang dibatasi geografis, dan meningkatkan keamanan saat browsing internet. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan VPN:

Memilih Penyedia VPN

Dalam memilih penyedia VPN terpercaya, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Lakukan riset: Pilih penyedia VPN yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Membaca Ulasan: Baca ulasan dan perbandingan antara penyedia VPN untuk menemukan yang terbaik.
  • Harga: Perhatikan paket harga yang ditawarkan dan pilih yang sesuai dengan budget.

Mendaftar dan Mengunduh

Saat menemukan penyedia VPN yang tepat, lakukan pendaftaran dengan cara berikut:

  • Mendaftar: Kunjungi situs web penyedia VPN dan mendaftar untuk mendapatkan akun.
  • Unduh Aplikasi: Setelah mendaftar, unduh aplikasi VPN yang sesuai dengan perangkat (Windows, Mac, Android, iOS, dll.).

Menginstal VPN

Untuk bisa menggunakan virtual private network (VPN), pengguna harus menginstal VPN dengan beberapa langkah mudah berikut:

  • Instal Aplikasi: Ikuti petunjuk instalasi untuk menginstal aplikasi VPN pada perangkat.
  • Masuk: Buka aplikasi dan masuk dengan menggunakan akun yang telah dibuat.

Mengonfigurasi VPN

Untuk konfigurasi VPN, pastikan untuk melakukan beberapa langkah berikut:

  • Pilih Server: Di dalam aplikasi VPN, pilih server yang akan digunakan. Server di negara tertentu memungkinkan pengguna mengakses konten yang dibatasi geografis di negara tersebut.
  • Pengaturan Tambahan: Sesuaikan pengaturan tambahan jika diperlukan, seperti protokol VPN yang akan digunakan (OpenVPN, IKEv2, dll.) dan fitur keamanan tambahan seperti kill switch.

Menghubungkan ke VPN

Agar bisa menggunakan VPN, pastikan kamu terhubung ke jaringan tersebut dengan beberapa langkah berikut:

  • Hubungkan: Klik tombol “Connect” atau “Hubungkan” untuk mulai menggunakan VPN. Aplikasi akan menghubungkan pengguna ke server yang telah dipilih.
  • Verifikasi: Pastikan koneksi VPN telah berhasil dengan mengecek status di aplikasi atau alamat IP melalui layanan cek IP online untuk melihat apakah sudah berubah.

Menggunakan Internet dengan VPN

Untuk bisa menggunakan internet menggunakan VPN, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Browsing: Gunakan internet seperti biasa. Semua lalu lintas data akan dienkripsi dan dilindungi oleh VPN.
  • Akses Konten Terblokir: Pengguna bisa mengakses situs atau layanan yang sebelumnya dibatasi berdasarkan lokasi geografis.

Memutuskan Koneksi VPN

Berikut adalah beberapa langkah dari cara penggunaan VPN, yaitu memutuskan koneksi saat sudah tidak digunakan:

  • Putuskan Koneksi: Setelah selesai menggunakan VPN, kamu bisa memutuskan koneksi melalui aplikasi VPN dengan menekan tombol “Disconnect” atau “Putuskan”.
  • Keluar dari Aplikasi: Jika kamu tidak lagi membutuhkan VPN, keluar dari aplikasi atau tutup aplikasi VPN

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan VPN

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan VPN

Hadir sebagai cara untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat menggunakan jaringan internet, VPN atau private virtual network hadir dengan berbagai kekurangan dan kelebihan, yaitu:

Kelebihan Penggunaan VPN Kekurangan Penggunaan VPN
Data menjadi lebih aman dan bersifat rahasia Kemungkinan koneksi internet yang lambat dan tidak stabil
Orang lain tidak bisa mengetahui secara langsung identitas alamat IP yang asli Konfigurasi manual dan cukup rumit
Memungkinkan pengguna mengakses konten dari berbagai lokasi berbeda
Bisa mengakses situs yang diblokir Terdapat batasan penggunaan

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan VPN?

Apakah dari penjelasan tentang apa itu VPN kamu masih belum tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan jaringan tersebut? Virtual Private Network (VPN) sebaiknya digunakan dalam beberapa situasi dan kondisi tertentu, termasuk:

  • Saat menggunakan Wifi yang tidak aman
  • Sedang bepergian
  • Menggunakan layanan streaming
  • Bermain game online
  • Mengunduh file
  • Berbelanja online

Kesimpulan

Jadi, apakah kamu benar-benar sudah memahami apa itu VPN? Virtual Private Network (VPN) adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet melalui jalur aman dan terenkripsi, melindungi data pribadi dari akses yang tidak sah. 

Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat menyembunyikan alamat IP asli mereka, mengakses konten yang dibatasi secara geografis, serta meningkatkan privasi dan keamanan saat browsing. 

VPN juga sering digunakan untuk menghindari sensor internet dan melindungi informasi sensitif saat menggunakan jaringan Wifi publik. Dalam dunia yang semakin terhubung, VPN menjadi alat penting untuk menjaga kebebasan digital dan keamanan online.

Apa Itu VPN? Panduan Lengkap untuk Pemula - 2024