Web Crawler: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

199
panduan lengkap web crawlers
7 min read

Hi Exabytes Friends!

Siapa dari kamu di sini yang sedang mengelola bisnis? Apakah bisnismu sudah berkembang menjadi bisnis online? Nyatanya, kini bisnis online menjadi salah satu upaya terbaik agar bisnis kamu menjadi lebih berkembang, loh! Terlebih lagi jika kamu belum memiliki website, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak leads.

Namun jika kamu sudah meng-online-kan bisnismu dan memiliki website, sudahkah kamu tahu bahwa di balik website, ada dunia “tak terlihat oleh mata manusia” di mana web crawlers memainkan peran penting. Apa itu web crawlers? Yuk, simak selengkapnya di bawah!

Apa itu Web Crawler dan Kaitannya dengan Indexing?

Web Crawler: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya - 2021
Web crawler menjadi salah satu bagian penting dalam proses pengindeksan (Sumber: Adobe Photo Stock)

Web crawler atau yang juga dikenal web spider, spider bot, web bot, crawler, adalah sebuah program software komputer yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengindeks halaman web dan konten yang dimiliki setiap website.

Indexing adalah proses yang terbilang cukup penting karena akan membantu pengguna menemukan kueri yang relevan dengan cepat. Indexing ini sendiri dapat kamu bandingkan dengan pengindeksan sebuah buku, di mana kamu akan menemukan indeks dengan daftar pertanyaan dalam urutan abjad dan halaman yang menyebutkannya dalam buku teks. Hal sama juga diterapkan dalam search index, namun alih-alih melakukan penomoran halaman, mesin pencari akan menampilkan beberapa link di mana kamu bisa mendapatkan atau mencari jawaban atas pertanyaan kamu.

Cara Kerja Mesin Pencari

Sebelum menelisik lebih dalam terkait bagaimana robot crawler bekerja, mari kita kenali terlebih dahulu bagaimana proses pencarian di mesin pencari dilakukan hingga seorang pengguna mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mereka cari.

Sebagai contoh, jika kamu mencari “Apa itu Black Hat SEO vs White Hat SEOdan menekan tombol enter, mesin pencari akan menampilkan daftar halaman terkait. Biasanya mesin pencari akan melakukan beberapa langkah berikut sebelum menampilkan informasi pada pengguna:

  • Web spider akan merayapi konten yang terdapat di website.
  • Setelahnya halaman akan diindeks di mesin pencari.
  • Algoritma pencarian memberi peringkat halaman yang paling relevan.

Cara Kerja Web Crawler

Terdapat banyak sekali mesin pencari yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa membaca artikel browser terbaik dan tercepat berikut untuk mengetahui beberapa di antaranya. Setiap mesin pencari tersebut nyatanya menggunakan web crawler yang berfungsi untuk mengindeks halaman.

Biasanya, mereka akan memulai proses crawling atau perayapan mulai dari website populer terlebih dahulu. Tujuan web bot ini sendiri adalah untuk menyampaikan inti dari setiap konten halaman. Sehingga web spider tersebut mencari kata-kata di halaman ini dan kemudian membuat suatu daftar yang nantinya akan digunakan oleh mesin pencari di lain waktu ketika pengguna ingin mencari informasi tentang kueri website tersebut.

Semua halaman di internet dihubungkan oleh hyperlink, sehingga spider website dapat menemukan link tersebut dan mengikutinya ke halaman berikutnya. Itulah mengapa internal link bagi suatu website sangatlah penting untuk memudahkan bot spider mengindeks tiap halaman website.

Kemudian, spider web akan mengirim informasi yang sudah mereka tangkap sebagai indeks pencarian, yang disimpan di server di seluruh dunia. 

Crawling tersebut tidak berhenti setelah halaman diindeks. Mesin pencari secara berkala menggunakan web spiders untuk melihat apakah ada perubahan yang dilakukan pada halaman. Jika terdapat perubahan, indeks mesin pencari akan memperbaruinya.

Jenis-Jenis Web Crawler

Web Crawler: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya - 2021
Web Crawlers memiliki beragam jenis sesuai dengan kegunaannya. (Sumber: Adobe Photo Stock)

Sekarang kamu sudah mulai mengenal apa itu web crawlers. Web Crawlers ini sebenarnya tidak hanya sebatas spider bot mesin pencari saja. Terdapat beberapa jenis web crawling yang juga patut kamu ketahui, di antaranya:

1. Social Media Crawling

Tidak semua media sosial memungkinkan untuk dirayapi, karena beberapa jenis crawling bisa saja ilegal dan melanggar privasi data. Namun, terdapat beberapa penyedia platform media sosial yang terbuka terhadap hal ini, misalnya Twitter dan Pinterest. Mereka mengizinkan spider bot untuk memindai halaman jika tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun.

2. News Crawling

Dengan munculnya internet, berita-berita dari berbagai belahan dunia dapat diakses dengan cepat. Untuk mengambil data tersebut dari berbagai website tentu dapat tak terkendali. 

Terdapat banyak web crawlers yang dapat mengatasi hal ini. Perayap tersebut mengambil data dari konten berita baru, lama, dan yang diarsipkan, hingga membaca RSS feeds. Crawlers ini memindai informasi seperti tanggal penerbitan, nama penulis, paragraf utama, judul utama, dan bahasa dari konten berita tersebut.

3. Video Crawling

Menonton sebuah video terbilang jauh lebih mudah daripada membaca banyak konten sekaligus. Jika kamu menyematkan video YouTube, Soundcloud, atau konten video lainnya di website kamu, konten tersebut dapat diindeks juga oleh beberapa web crawlers

4. Email Crawling

Email crawling sangat berguna untuk mendapatkan leads karena jenis perayapan ini membantu memindai alamat email. Namun perlu dicatat bahwa crawling jenis ini bisa saja ilegal karena melanggar privasi serta tidak dapat digunakan tanpa izin dari pengguna.

5. Image Crawling

Jenis crawling ini diterapkan pada gambar. Internet dipenuhi dengan representasi visual. Karenanya, jenis bot ini membantu pengguna menemukan gambar yang relevan dari jutaan gambar yang terdapat di mesin pencari.

Contoh Web Crawlers

Banyak sekali mesin pencari yang menggunakan spider bots mereka sendiri. Berikut adalah beberapa contoh web crawlers, di antaranya:

1. DuckDuck Bot

DuckDuckGo mungkin adalah salah satu mesin pencari paling populer yang tidak melacak riwayat penggunanya dan mengikuti mereka di situs apa pun yang dikunjungi. DuckDuck Bot  web crawler membantu menemukan hasil yang paling relevan dan terbaik yang akan memenuhi kebutuhan pengguna.

2. Baiduspider

Crawler ini dioperasikan oleh mesin mencari Cina bernama Baidu. Seperti bot lainnya, Baiduspider merayap melalui berbagai halaman untuk mengindeks konten di mesin pencari.

3. Alexabot

Web crawler Amazon, Alexabot digunakan untuk identifikasi konten di website serta backlink. Jika kamu tidak ingin bot ini mengetahui beberapa informasi pribadi, kamu dapat mengecualikan Alexabot dari merayapi website kamu. 

4. Exabot

Mesin pencari Prancis, Exalead, menggunakan Exabot untuk pengindeksan konten agar dapat dimasukkan ke dalam mesin pencari.

5. Yahoo! Slurp Bot

Crawler milik Yahoo, Yahoo! Slurp Bot, digunakan untuk mengindeks halaman web guna meningkatkan konten yang dibuat khusus bagi pengguna.

6. Yandex Bot

Yandex Bot dimiliki oleh mesin pencari terbesar asal Rusia. Kamu pun juga dapat mengecualikan crawler ini dari pengindeksan konten jika kamu tidak berencana untuk memperbesar nama website kamu di negara tersebut.

7. Bingbot

Bingbot adalah salah satu web spiders paling populer yang didukung oleh Microsoft. Bingbot membantu mesin pencari, Bing, untuk membuat indeks yang paling relevan bagi penggunanya.

8. Facebook External Hit

Facebook juga memiliki perayap khusus. Sebagai contoh, ketika pengguna Facebook ingin berbagi link ke halaman konten eksternal dengan pengguna lainnya, crawler akan melakukan scraping pada kode HTML halaman dan memberikan kedua pengguna tersebut dengan judul, tag, hingga gambar pada konten.

Pengertian Googlebot

Web Crawler: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya - 2021
Bot milik salah satu mesin pencari terbesar di dunia. (Sumber: Google Search Central)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hampir semua mesin pencari memiliki spider bots mereka sendiri, tak terkecuali Google. Googlebot adalah crawler khusus mesin pencari paling populer di dunia, Google. Googlebot digunakan untuk mengindeks konten di Google.

Jenis dan Cara Kerja Google Bot

Googlebot memiliki dua tipe utama, yaitu desktop bot dan mobile app crawlers. Googlebot menggunakan prinsip perayapan yang sama seperti web spiders lainnya, seperti mengikuti link dan memindai konten yang tersedia di website. Prosesnya juga sepenuhnya otomatis dan dapat berulang, artinya dapat mengunjungi halaman yang sama beberapa kali pada jangka waktu yang tidak teratur.

Misalkan, ketika kamu sudah siap untuk mempublikasikan konten, perayap Google akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengindeksnya. Namun, kamu dapat mempercepat proses indexing secara manual dengan mengirimkan permintaan pengindeksan melalui Google Search Console. Jika website kamu belum terhubung dengan Google Search Console, kamu bisa membaca Panduan Daftar Website di Google Search Console berikut.

Kamu dapat menggunakan robots.txt untuk “memberikan instruksi” kepada web spiders, termasuk Googlebot. Di sana kamu bisa mengizinkan atau melarang perayap untuk mengunjungi halaman tertentu di website. Namun, perlu diingat bahwa file ini dapat dengan mudah diakses oleh pihak ketiga. Mereka akan melihat bagian mana dari situs yang kamu batasi dari pengindeksan.

Kesimpulan

Website crawlers merupakan salah satu bagian penting dari mesin pencari yang digunakan untuk mengindeks dan menemukan konten. Banyak perusahaan mesin pencari yang memiliki bot mereka sendiri, seperti Googlebot yang didukung oleh Google, dan Bingbot oleh Microsoft.

Selain itu, ada beberapa jenis crawling yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, seperti crawling dalam bentuk video, gambar, hingga media sosial. 

Mempunyai website yang baik dengan kecepatan optimal jelas menjadi salah satu faktor crawlers dapat lebih mudah memindai konten di dalamnya. Kamu bisa menggunakan layanan Web Hosting serta Domain dari Exabytes. Tak hanya menawarkan peningkatan kecepatan, namun juga bantuan teknis profesional 24 jam yang bisa membantu mengatasi kendala yang kamu alami.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments