SEO dan Nama Domain, Apakah Saling Mempengaruhi? Cek 4 Fakta Berikut

0
3989

Domain seperti .com, .id, .blog, .info, .net dapat mempermudah para visitor untuk mengetahui apa yang mungkin ditawarkan oleh website tersebut. Dengan hal ini, visitor tentunya akan lebih mudah mengingat website kamu.

Nama domain dan URL akan memainkan peran yang cukup besar dalam persaingan di SERP. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menang dalam persaingan SEO dengan kompetitor dengan muncul di halaman pertama Search Engine dan menempati rank teratas.

Dengan keunggulan SEO, website yang Anda buat akan mempunyai banyak pengunjung dan Anda bisa mendulang uang dengan menaruh google adsense di website Anda.

Namun, Ada trik yang bisa Anda lakukan agar persaingan SEO bisa Anda menangkan dengan mudah dan Anda berada 1 langkah di depan kompetitor Anda.

Anda perlu memaksimalkan potensi website yang akan Anda buat dengan target market sehingga website Anda bisa digunakan dengan baik.

Membuat Website Dengan Domain Ramah SEO

Berikut adalah hal hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin membeli domain agar website Anda bisa unggul secara SEO.

1. Gunakan Domain yang Mengandung Keyword Sesuai Target

Para advertiser sering kali lupa pentingnya “keywords” untuk membantu mereka dalam memperoleh pelanggan. Memperoleh kata kunci yang tepat merupakan hal yang krusial, karena jika keywords kamu tidak tepat, makan proses SEO tidak akan bekerja secara maksimal.

2. Sisipkan Keyword Sebagai Kata Pertama Agar SEO Unggul

Jika domain dimulai dengan kata kunci target, tentunya akan lebih unggul dibanding dengan situs web yang domainnya tidak dimulai dengan kata kunci target. Dengan kata lain, para visitor akan lebih mudah mengingat website kamu karena sudah tertera kata kunci ya.

3. Perhatikan Masa Berlaku Domain

Pada dasarnya, domain yang memiliki masa yang lama, akan lebih valuable. Karena jika domain tersebut memang memiliki nilai yang baik, maka domain tersebut akan digunakan dalam waktu yang panjang.

4. Hindari Penggunaan Tanda Hubung dan Angka

Penggunaan kata hubung dan angka memang bisa membuat domain Anda mudah diingat, namun perlu diketahui, bahwa nama domain dengan menggunakan kata hubung dan angka dinilai lebih merepotkan pada saat dicari. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini menjadi penghambat website Anda untuk dikenal banyak orang dan berada di Rank atas SERP.

Fakta yang terjadi jika Anda berselancar di google, website dengan nama domain yang singkat dan ringkas dengan tidak memiliki tanda hubung atau angka sering menjadi posisi pertama pada SERP karena lebih ramah SEO.

5. Gunakanlah Eksistensi .com

Eksistensi .com seringkali dilupakan pada saat membuat website karena Indonesia memiliki eksistensi khusus .co.id yang memang untuk area Indonesia. Namun, jika Anda hendak menambah kualitas dari website, ada baiknya untuk menggunakan eksistensi domain .com.

Walaupun Anda menggunakan redirect 301 untuk mengarahkan traffic ke .net atau .org bisa dibilang baik, Namun memiliki .com atau TLD setara .co.id atau .com sangatlah penting karena sangat sesuai dengan target pasar negara yang Anda tuju.

Banyak alasan mengapa hal ini menjadi begitu penting, mesti ada ribuan TLD yang tersedia di registrar yang bisa dipilih, .com masih menjadi yang terdepan dan paling bisa dipercaya oleh banyak pengguna internet karena ketidaktahuan pengguna internet bahwa ada banyak TLD lain sehingga mereka merasa ragu untuk mengklik pada website tersebut.

Hal ini menjadi salah satu keunggulan .com. Dengan menggunakan .com, Anda bisa mengambil kepercayaan lebih dari pengguna internet sehingga website Anda tidak ragu untuk mereka kunjungi,

Baca juga: 7+ Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website

Sejarah Domain

Sejarah dari pemilik domain juga memiliki pengaruh terhadap peringkat pencarian. Domain yang sering kali bergqanti pemilik atau pun expired menunjukkan bahwa Google telah menghapus data dan index.

Umur Domain

Jika domain yang kamu miliki sudah cukup lama, maka akan lebih sulit untuk ditelusuri. Artinya, usia domain yang semakin tua akan mempengaruhi kemudahan dalam pencarian domain.

Domain Spammer

Domain yang dibanned atau terkena penalti oleh google akibat “spam”. Jika seseorang terbukti merupakan spammer, maka domain domain yang dimiliki oleh individu tersebut berkemungkinan besar akan terkena penalti.

Nah, kalian udah pada ngerti kan tentang SEO dan Domain? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu para advertiser, ataupun buat kamu yang penasaran dengan SEO dan domain! Segera daftarkan domain kamu! Domain .COM di Exabytes hanya Rp. 97.700,- 1 tahun pertama dan tetap murah untuk tahun selanjutnya.

Kesimpulan

Dalam upaya optimalisasi usaha di era digital ini, marketing tentunya menjadi hal yang harus dikuasai dan orang-orang harus beradaptasi untuk menguasainya. Mempelajari hal berbau digital memang memerlukan banyak wawasan serta latihan agar cepat untuk menyesuaikan diri.

SEO dan konsep digital marketing menjadi contoh dari perkembangan nyata ini, jika seseorang tidak bisa dengan cepat beradaptasi, maka mereka akan tertinggal sangat jauh.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments