Pengertian dan Manfaat Array: Konsep Dasar untuk Pemula

0
218

Perlu menyimpan data dalam jumlah besar dengan cara yang efisien? Jika demikian, itu artinya kamu perlu menggunakan array. 

Kali pertama mendengar istilah tersebut? Di artikel satu ini, kita akan bersama-sama mencari tahu apa itu array bagi pemula.

Mengenal Apa Itu Array

Mengenal Apa Itu Array

Array adalah struktur data yang memungkinkan pengguna menyimpan sekumpulan elemen data dengan tipe yang sama dalam satu variabel. Jadi, array juga bisa diartikan sebagai kumpulan nilai atau variabel yang terstruktur dalam suatu indeks tertentu. Di mana indeks tersebut bisa digunak untuk mengakses setiap elemen di dalam array.

Untuk bisa memahami apa itu array, kamu bisa membayangkan kotak berukuran besar. Kotak tersebut bisa menampung beberapa kotak kecil di dalamnya, yang masing-masing kotak berisi nilai tertentu.

Mengapa array penting? Bagi yang perlu menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar dengan cara yang terstruktur dan efisien, array sangat bisa diandalkan.

Di dalam array, masing-masing elemen mempunyai indeks, mulai dari 0 dan terus bertambah. Sebagai contoh, dalam array X, elemen pertama berindeks 0, elemen kedua berindeks 1, elemen ketiga berindeks 2, hingga seterusnya.

Sehingga array memungkinkan pengguna menyimpan data dengan urutan tertentu agar bisa diakses dengan mudah. Tidak hanya itu, mereka juga dapat memanipulasi elemen data sesuai kebutuhan.

Jenis-jenis Array

Jenis-jenis Array

Array memiliki berbagai jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan spesifik dalam pemrograman. Berikut adalah beberapa jenis utama array:

Array Satu Dimensi

Array satu dimensi adalah bentuk paling dasar dari array, yang terdiri dari satu baris elemen. Array jenis ini juga sering disebut sebagai vektor. Adapun contoh dalam Python: arr = [1, 2, 3, 4, 5]

Array Dua Dimensi

Array dua dimensi adalah array yang memiliki dua indeks, yang sering kali direpresentasikan sebagai tabel atau matriks. Artinya, setiap elemen dalam array dua dimensi dapat diakses menggunakan dua indeks: satu untuk baris dan satu untuk kolom. 

Array dua dimensi sangat berguna dalam berbagai aplikasi seperti pemrosesan citra, data tabel, dan matriks matematika. Contoh array dua dimensi dalam Python: arr = [[1, 2, 3], [4, 5, 6], [7, 8, 9]].

Array Multi Dimensi

Dilihat dari namanya, dapat disimpulkan bahwa array multi dimensi merupakan jenis array dengan dimensi yang banyak, yaitu lebih dari dua. Contohnya adalah array tiga dimensi. Contoh dalam Python adalah arr = [[[1, 2], [3, 4]], [[5, 6], [7, 8]]].

Karakteristik Array

Berbicara tentang array, ada sejumlah karakteristik yang dimilikinya, di antaranya adalah:

  • Menggunakan struktur data berbasis indeks untuk dapat mengidentifikasi elemen dalam array dengan mudah
  • Dapat digunakan secara efisien untuk dapat menyimpan beberapa nilai dari tipe data yang sama
  • Mampu menangani struktur data yang kompleks dengan menyimpan data dalam array dua dimensi
  • Digunakan untuk mengimplementasikan struktur data seperti queue, hash table, heap, dan lainnya
  • Proses pencarian dalam array bia dilakukan dengan mudah

Algoritma Array

Seperti apa algoritma array? Algoritma array merupakan langkah-langkah tertentu yang diterapkan agar bisa mengolah data. Dengan pemilihan algoritma yang tepat, akan berdampak pada kinerja program, terutama saat berurusan dengan database yang besar.

Berikut adalah beberapa algoritma dasar yang berhubungan dengan array

Linear Search

Linear search merupakan algoritma yang mencari elemen dalam array dengan memeriksa setiap elemen satu per satu hingga menemukan elemen yang dicari atau mencapai akhir array.

def linear_search(arr, x):

    for i in range(len(arr)):

        if arr[i] == x:

            return i

    return -1

arr = [2, 4, 0, 1, 9]

x = 1

result = linear_search(arr, x)

if result != -1:

    print(f”Elemen ditemukan pada indeks {result}”)

else:

    print(“Elemen tidak ditemukan dalam array”)

Binary Search

Binary search merupakan algoritma yang mencari elemen dalam array yang sudah diurutkan dengan membagi array menjadi dua bagian dan menentukan bagian mana yang mungkin berisi elemen yang dicari. Proses ini diulang hingga elemen ditemukan atau sub-array yang tersisa kosong.

def binary_search(arr, x):

    low = 0

    high = len(arr) – 1

    mid = 0

    while low <= high:

        mid = (high + low) // 2

        if arr[mid] < x:

            low = mid + 1

        elif arr[mid] > x:

            high = mid – 1

        else:

            return mid

    return -1

arr = [1, 2, 3, 4, 5]

x = 4

result = binary_search(arr, x)

if result != -1:

    print(f”Elemen ditemukan pada indeks {result}”)

else:

    print(“Elemen tidak ditemukan dalam array”)

Selection Sort

Selection sort bekerja dengan menemukan elemen terkecil dalam array dan menukarnya dengan elemen pertama, kemudian mengulang proses untuk elemen berikutnya.

def selection_sort(arr):

    for i in range(len(arr)):

        min_idx = i

        for j in range(i+1, len(arr)):

            if arr[j] < arr[min_idx]:

                min_idx = j

        arr[i], arr[min_idx] = arr[min_idx], arr[i]

arr = [64, 25, 12, 22, 11]

selection_sort(arr)

print(f”Array yang diurutkan: {arr}”)

Manfaat Array

Array adalah struktur data yang penting dalam pemrograman yang memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan data secara efisien. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan array:

Mengelola Data Terstruktur

Array memungkinkan penyimpanan sejumlah elemen dengan tipe data yang sama dalam satu variabel, yang membantu dalam mengorganisasi dan mengelola data dengan lebih terstruktur.

Akses yang Cepat dan Efisien

Elemen dalam array dapat diakses secara langsung menggunakan indeks, yang memungkinkan akses data yang cepat dan efisien.

Penggunaan Memori yang Efisien

Array menyimpan elemen secara kontigu di memori, yang meminimalkan overhead memori dibandingkan dengan struktur data lainnya seperti linked list.

Implementasi Algoritma

Banyak algoritma yang dirancang untuk bekerja dengan array, seperti algoritma pengurutan (sorting) dan pencarian (searching), yang penting dalam pemrosesan data.

Dukungan Multi Dimensi

Array dapat berupa multi- dimensi (misalnya, array 2D atau 3D), yang berguna dalam aplikasi yang memerlukan representasi data matriks, seperti pemrosesan citra, simulasi fisika, dan grafik komputer.

Bisa Digunakan di Berbagai Bahasa Pemrograman

Array adalah fitur standar di hampir semua bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Java, Python, dan lainnya, yang membuatnya menjadi alat yang universal dalam pengembangan software.

Di artikel satu ini, kamu bisa mengenali 13 bahasa pemrograman yang wajib dikuasai.

Operasi Matematis dan Statistik

Dalam bidang seperti pemrosesan sinyal, analisis data, dan pembelajaran mesin, array digunakan untuk menyimpan vektor dan matriks, yang penting untuk operasi matematis dan statistik.

Mendukung Operasi Batch

Dengan array, operasi batch pada kumpulan data dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya, penambahan nilai ke semua elemen array atau pemfilteran elemen berdasarkan kondisi tertentu.

Skalabilitas

Array dapat dengan mudah diskalakan sesuai dengan kebutuhan aplikasi, baik dengan menginisialisasi array dengan ukuran tertentu atau dengan mengubah ukuran array meskipun dalam beberapa bahasa akan membutuhkan operasi tambahan.

Kelebihan dan Kekurangan Array

Array hadir dengan sejumlah manfaat yang signifikan di dunia nyata. Sehingga tidak heran apabila kamu bisa merasakan berbagai kelebihannya. Meski demikian, terdapat kekurangan dalam penggunaannya yang harus kamu sadari keberadaannya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan array yang harus kamu tahu:

Kelebihan Kekurangan
Bisa mengakses elemen secara acak Tidak dapat menambah atau menghapus elemen
Mempunyai cache locality yang baik Keterbatasan pada fungsi
Mewakili sejumlah item menggunakan satu nama Biaya hapus item yang tergolong mahal
Tidak ada penambahan alokasi memori Kerumitan dalam menambah item
Waktu akses yang lebih konstan

Array pada Python

Array pada Python bisa mengumpulkan beberapa data tunggal dalam satu kesatuan. Sebagai contoh, apabila ada beberapa array berupa array bilagan ganjil dan bilangan prima, maka setiap array berisi data yang serupa. 

Array bilangan ganjil berisi data berbagai bilangan ganjil. Begitu pula array bilangan prima, di mana datanya berupa bilangan-bilangan prima. Kedua array dikumpulkan dalam satu kesatuan meski seharusnya keduanya berada di penyimpanan yang berbeda. 

Dengan begitu, akan lebih untuk mengelompokan data serta meminimalisir adanya syntax.

Fungsi Array pada PHP

Selain pada Python, array juga digunakan dalam bahasa pemrograman lain, termasuk PHP. Di PHP, array memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Menggabungkan Value Menjadi String

Pada PHP, array berfungsi untuk menggabungkan value. Fungsi join bisa digunakan sehingga pengguna bisa melakukan penggabungan untuk berbagai keperluan termasuk insert data ke dalam database.

Menghitung Jumlah Array

Fungsi lain dari array dalam PHP adalah menghitung elemen yang ada pada array. Perhitungan tersebut biasanya menggunakan fungsi count (hitung).

Mengecek Value

Array pada PHP juga berfungsi untuk mengecek apakah array mengandung value tertentu atau tidak. Gunakan fungsi in-array untuk melakukan pengecekan.

Mengubah Semua Value

Fungsi array yang selanjutnya adalah mengubah semua value. Untuk mendapatkan fungsi ini pada PHP, kamu bisa menggunakan fungsi array_map untuk memanggil fungsi lain yang nantinya bisa digunakan untuk memanipulasi value array.

Mengurutkan Value

Fungsi mengurutkan value biasanya dilakukan menggunakan assort dan digunakan untuk mengurutkan secara ascending (dari kecil ke terbesar).

Menggabungkan Array

Di PHP, array juga bisa kamu gunakan untuk menggabungkan array. Yaitu dengan menggunakan operator plus (+). Atau bisa juga menggunakan array_merge.

Kenalan yuk dengan apa itu PHP, bahasa pemrograman yang mendunia.

Kesimpulan

Array adalah struktur data penting yang memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan data secara efisien. Dengan menggunakan indeks, array menyimpan sekumpulan elemen dengan tipe yang sama, memudahkan akses dan manipulasi data. Array satu dimensi, dua dimensi, dan multi-dimensi memiliki berbagai aplikasi, seperti pengolahan citra dan data tabel. 

Algoritma pencarian dan pengurutan, seperti pencarian linier dan biner serta pengurutan seleksi, sering diterapkan pada array. Manfaat array termasuk pengelolaan data terstruktur, akses cepat, efisiensi memori, iterasi mudah, dan dukungan multi-dimensi, menjadikannya esensial dalam pemrograman dan berbagai aplikasi komputasi.

web hosting murah terbaik blog banner