Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste [Tutorial]

0
2821

Apakah Anda ingin postingan blog di copy paste oleh seseorang? Semua orang pasti akan tidak menyukai jika postingan mereka diambil tanpa izin. Bayangkan saja, Anda sudah menulis dengan memakan waktu berjam-jam dan hasil karya Anda malah diambil orang.

Jika Anda marah tentu saja ini adalah hal wajar dan memang copy paste akan merugikan website Anda dalam performa SEO dan reputasi website menjadi jatuh, hasil kerja keras yang Anda lakukan menjadi hancur dan berantakan.

Maka dari itu perlu pencegahan agar blog tidak bisa di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam artikel ini kami akan membahas secara tuntas tentang cara agar postingan blog tidak bisa di copy paste.

Namun Anda perlu mengetahui terlebih dahulu imbas negatif terhadap blog Anda, Jika postingan di blog Anda di copy paste.

Dampak Buruk Postingan Blog di Copy Paste

Traffic website akan menurun jika melakukan copy paste secara sembarangan.
Traffic website akan menurun jika melakukan copy paste secara sembarangan. (Sumber: Pixabay)

Sebuah blog yang artikel/postingannya di copy paste begitu saja akan memberikan dampak buruk terhadap blog tersebut. Nah berikut adalah dampak buruk bagi sebuah website yang melakukan copy paste secara sembarangan.

Baca juga: Panduan Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Custom Domain

Blog Tidak Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

Salah satu syarat mutlak dari mesin pencari seperti Google agar sebuah website bisa menempati posisi pertama di halaman pertama adalah konten maupun postingan harus original dan unik.

Maka dari itu, jika postingan blog Anda diduplikat oleh orang lain, segera laporkan. Karena jika tidak, akan berdampak buruk terhadap blog Anda dan semua usaha untuk menaikan traffic akan sia-sia saja.

Terdeteksi Plagiat oleh Google

Sekarang mungkin timbul pertanyaan, kenapa google tidak menampilkan unggahan yang telah dicopy di halaman pertama? Mudah saja, karena Google mendeteksi konten yang ada di blog tersebut sebagai plagiat.

Karena cara kerja Google adalah dengan melakukan perayapan menggunakan web crawler dan jika Google menemukan kesamaan satu unggahan di dua blog berbeda, Google akan mendeteksi salah satu dari keduanya adalah plagiat.

Biasanya yang terdeteksi plagiat adalah blog asli dari postingan tersebut atau tidak jarang juga keduanya mendapatkan citra buruk.

Mau yang manapun, tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Meskipun pelaku mendapatkan kerugian juga, Anda tidak mau hasil jerih payah Anda sia-sia begitu saja.

Jumlah Pembaca Blog Menurun

Ketika sebuah blog tidak masuk halaman pertama hasil pencarian Google dan Google juga mendeteksi adanya plagiat di blog tersebut, maka dampak berikutnya yang akan terjadi adalah turunnya pembaca blog itu.

Siapapun pastinya tidak mau pembaca blognya turun, karena akan merugikan blog tersebut. Kerugian bisa bermacam-macam, bisa rugi dalam hal pendapatan, konten tidak memenuhi sasaran dan tentunya sangat merugikan.

Karena pastinya pemilik blog ingin blognya bisa dibaca dan dinikmati semua orang.

Maka dari itu, Anda memerlukan cara agar postingan blog tidak bisa di copy paste. Tenang saja karena di artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melindungi unggahan website dari copy paste orang tak bertanggung jawab.

Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan agar blog tidak bisa di copy paste, cara tersebut nanti bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Menggunakan Kode CSS

Cara pertama agar blog tidak bisa di copy paste adalah dengan menambahkan kode CSS secara khusus ke WordPress. Bagaimana caranya? Cek penjelasannya di bawah ya!

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman admin/dashboard WordPress Anda.

Langkah 2: Klik menu Appearance > Customize.

Klik menu Appearance > Customize.

Langkah 3: Di halaman penyesuaian, cari menu Additional CSS dan klik menu tersebut.

Di halaman penyesuaian, cari menu Additional CSS dan klik menu tersebut.

Langkah 4: Salin dan tempel kode di bawah ini di dalam kotak Additional CSS tersebut.

* {

-webkit-touch-callout: none; /* iOS Safari */

-webkit-user-select: none; /* Safari */

-khtml-user-select: none; /* Konqueror HTML */

-moz-user-select: none; /* Old versions of Firefox */

-ms-user-select: none; /* Internet Explorer/Edge */

user-select: none; /* Non-prefixed version, currently supported by Chrome, Opera and Firefox */

}

Di halaman penyesuaian, cari menu Additional CSS dan klik menu tersebut.

Langkah 5: Setelah di tambahkan, klik tombol Publish untuk menyimpan sekaligus mempublikasikan perubahan.

Setelah di tambahkan, klik tombol Publish untuk menyimpan sekaligus mempublikasikan perubahan.

Selesai, sekarang Anda bisa mencoba untuk menyalin beberapa teks di blog Anda. Jika langkah di atas dilakukan dengan benar, maka teks tersebut tidak bisa di salin.

Menggunakan Bantuan Plugin

Cara kedua ini menggunakan bantuan plugin dan inilah merupakan salah satu kelebihan WordPress, di mana Anda bisa dengan mudah mengatasi setiap masalah yang ada di website hanya dengan sebuah tools yang user friendly.

Cara ini cocok bagi Anda yang belum familiar dengan kode CSS. Plugin yang akan dibahas ini juga selain melindungi teks agar tidak bisa di duplikat, gambar di blog juga akan terlindungi sehingga tidak bisa diunduh dan digunakan sembarangan.

Keren bukan? Yuk langsung saja ke cara penerapannya dengan menggunakan plugin tersebut.

Langkah 1: Anda perlu melakukan instalasi plugin WP Content Copy Protection, cara install plugin WordPress anti copy paste ini sangat mudah yaitu dengan cara klik menu Plugin > Add New.

Anda perlu melakukan instalasi plugin WP Content Copy Protection

Langkah 2: Cari plugin WP Content Copy Protection di kolom pencarian dan instal dengan klik tombol Install Now.

Cari plugin WP Content Copy Protection

Langkah 3: Lakukan aktivasi plugin tersebut dengan cara klik tombol Activate.

Lakukan aktivasi plugin tersebut dengan cara klik tombol Activate.

Selesai, setelah melakukan aktivasi. Plugin akan bekerja secara otomatis dan sekarang postingan blog Anda sudah tidak bisa lagi disalin dari blog Anda.

Oh iya! Perlu Anda ketahui juga bahwa kedua cara agar blog tidak bisa di copy paste tersebut, baik itu menggunakan kode CSS maupun plugin hanya bisa digunakan di postingan yang bersifat dinamis.

Cara-cara di atas dapat Anda terapkan di post dan page. Meskipun perbedaan post dan page dari sisi fungsinya jelas berbeda, namun cara agar konten terlindungi di kedua jenis halaman tersebut tetap dengan cara yang sama.

Plugin Anti Copy Paste Lainnya

Sebenarnya tidak hanya plugin WP Content Copy Protection yang bisa Anda gunakan untuk perlindungan agar blog tidak bisa di copy paste. Tetapi masih ada plugin alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan. Apa saja? Yuk cek pembahasannya di bawah ini!

WP Copy Protect

Plugin ini berfungsi sebagai pelindung konten Anda agar blog tidak bisa di copy paste. Plugin ini juga bisa menonaktifkan klik kanan di blog dan akan menyulitkan bots dalam mengcopy postingan di blog Anda.

Copyright Proof

Copyright Proof memang dibuat secara khusus untuk melindungi postingan dari copy paste, Plugin ini bisa memberikan stempel digital dan waktu sertifikat di setiap postingan blog Anda. 

Sehingga ketika terjadi sengketa terkait kepemilikan konten, Anda memiliki bukti yang kuat bahwa Anda merupakan orang yang pertama kali mengunggah konten tersebut.

Nah itu plugin lain selain WP Content Copy Protection yang bisa Anda gunakan untuk melindungi postingan blog dari tindakan copy paste tanpa izin.

Waktunya Melindungi Postingan dari Tindakan Copy Paste Tanpa Izin!

Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste [Tutorial] - 2024
Lindungi karya Anda dari pencurian tidak bertanggung jawab. (Sumber: Pixabay)

Cara diatas dijamin ampuh untuk melindungi tindakan copy paste tanpa izin di blog Anda sehingga blog tidak bisa di copy paste sembarangan, terutama bagi pengguna WordPress Indonesia sangat cocok untuk diterapkan. Karena cara diatas telah diuji coba di website berbasis WordPress.

Dampak buruk dari postingan blog yang di copy paste tanpa izin tentunya akan memberikan dampak yang sangat serius, seperti blog tidak terindex mesin pencari sehingga mengurangi jumlah pengunjung website Anda dan masih banyak lagi kerugian lainnya.

Jika performa website dan traffic yang turun, tentu ini akan sangat merugikan bisnis yang sedang Anda jalankan bukan?

Jika tidak ingin terjadi hal tersebut, lebih baik melakukan pencegahan sedini mungkin agar blog tidak bisa di copy paste tanpa izin Anda.

Saat Anda mendapatkan ada sebuah website yang melakukan tindakan copy paste, maka Anda bisa melaporkannya ke DMCA atau ke pihak layanan WordPress hosting Indonesia yang digunakan pelaku copy paste.

Karena pada dasarnya penyedia hosting sangat anti terhadap plagiarisme dan tindakan pencurian konten. Namun Anda perlu mempersiapkan bukti yang sangat kuat ya, agar proses klaimnya bisa berjalan dengan lancar.

Dengan melaporkan ke pihak penyedia hosting maupun domain Indonesia yang pelaku gunakan, maka pihak penyedia akan melakukan suspend kepada server yang digunakan pelaku copy paste.

Cara cek penyedia hosting Indonesia yang digunakan pelaku, bisa melalui whois. Disana ada banyak informasi terkait layanan server yang digunakan pelaku copy paste.

Nah itu dia pembahasan tentang cara agar postingan blog tidak bisa di copy paste, tetap ikuti terus blog kami agar Anda bisa mendapatkan tips dan trik berikutnya.

Good luck!

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments