8 Cara Cek Traffic Website Ini Memberikan Banyak Manfaat

0
3685

Sebagai pemilik atau pengelola website, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan salah satunya adalah traffic. Sudah tahu cara cek traffic website? Jika belum, maka kita bisa mencari tahu caranya bersama-sama di sini.

Traffic yang tinggi dan juga tertarget bisa membuat websit kamu memiliki nilai lebih dan bisa meningkatkan konversi bisnis. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan berbagai hal termasuk mengaplikasikan strategi Search Engine Optimization (SEO), memasang iklan, atau menggunakan jasa menaikkan traffic untuk website.

Tidak sabar ingin tahu cara tepat untuk mengecek traffic yang website kamu dapatkan? Yuk simak artikel ini agar kamu bisa segera mengimplementasikan cara-cara tersebut yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi website kamu.

Sekilas Tentang Traffic Website

Sekilas tentang traffic website
Sekilas tentang Traffic Website (sumber: Flickr – Michael Hanscom)

Kamu mungkin sering mendengar bahwa traffic berperan penting untuk sebuah website. Untuk mengetahui seberapa penting hal tersebut, kamu harus terlebih dahulu tahu pengertian, sumber, manfaat, dan cara mengecek traffic.

Traffic atau lalu lintas website adalah jumlah kunjungan pada website toko online, portal berita, forum, atau lainnya. Kamu bisa mengukurnya dari kunjungan yang disebut dengan session, yaitu cara umum untuk mengukur efektifitas bisnis online dalam menarik audiens.

Lalu dari mana traffic datang? Pertanyaan ini memang banyak ditanyakan oleh mereka yang hendak mencari tahu cara tepat untuk mengecek traffic website dan mengapa traffic adalah hal yang penting. Umumnya, traffic sebuah website bisa datang dari berbagai sumber, termasuk:

  • Content marketing
  • Search engine atau mesin pencari
  • Grup Facebook
  • Aktivitas Online
  • Pinterest
  • Forum
  • Menjadi penulis tamu

Mengapa Traffic Website Itu Penting

Mengapa traffic website penting adalah hal yang banyak orang ingin tahu. Memiliki website tidaklah cukup karena kamu harus melakukan pengukuran untuk memastikan apakah target sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kamu juga harus mengecek traffic website.

Strategi pemasaran yang baik adalah untuk mengetahui traffic website sebuah bisnis. Traffic itu penting untuk berbagai alasan. Semakin banyak orang melihat website kamu, semakin banyak calon pelanggan yang bisa kamu dapatkan.

Jumlah pengunjung website adalah jumlah kesempatan yang bisnis kamu dapatkan dalam memberikan impresi, mendapatkan leads, membagikan brand, serta membangun hubungan. Dengan membangun hubungan dan kepercayaan yang baik, kamu memiliki kesempatan untuk menjual produk atau jasa serta mendapatkan klien baru atau pelanggan yang akan berdampak pada pertumbuhan bisnis.

Traffic yang lebih tidak hanya melulu soal uang. Faktanya, traffic yang lebih banyak akan mampu membangun serta mengembangkan bisnis. Selain itu, kamu juga bisa membuka lebih banyak toko di berbagai lokasi.

Manfaat Cek Traffic Website

Manfaat cek traffice website
Manfaat Cek Traffic Website (sumber: Flickr – Medicalhealthplus)

Sekarang ini kamu dan pemilik website lain bisa menggunakan berbagai tools seperti Google Analytics yang bisa membantu pengecekan traffic website. Lalu, apa saja manfaat cek traffic website?

Manfaat utama melakukan analisis aktivitas website adalah untuk mendapatkan dukungan dalam membuat setiap keputusan. Data yang kamu dapat akan sangat untuk keperluan marketing. Dengan melacak traffic pada sebuah website dan hasil penjualan, kamu bisa menghitung return dan biaya dengan lebih akurat pada sebuah campaign iklan.

Dengan adanya analytical tools, kamu bisa melihat level ketertarikan dari sebuah konten yang disajikan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi akurat para pengunjung blog dan kemudian memungkinkan kamu untuk menentukan grup target, orang-orang yang memang tertarik pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dari tools tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seperti usia, lokasi, atau perangkat yang orang-orang gunakan untuk mengunjungi website kamu. Adapun beberapa keuntungan dari melakukan pengecekan traffic website adalah sebagai berikut.

  • Bisa mengetahui grup target dengan lebih detail
  • Mengerti kebiasaan pengunjung website
  • Penilaian aktivitas pelanggan yang sebenarnya
  • Membuat perkiraan yang berdasarkan pada tren dan pola pengunjung atau pengguna
  • Mengontrol pengeluaran untuk kampanye iklan
  • Tingkat konversi dan ROI yang lebih tinggi

Tools Untuk Cek Traffic Website

Dengan semua informasi tentang traffic website, pertanyaan lain yang pasti muncul di benak banyak orang adalah bagaimana cara cek traffic website. Tidak jauh berbeda dengan mereka, kamu juga mungkin memiliki pertanyaan yang sama.

Untuk melakukan pengecekan, kamu bisa memanfaatkan berbagai tools yang tersedia. Pernahkah kamu memikirkan hal tersebut? Orang-orang terdekat yang sudah lebih dulu terjun ke bisnis online mungkin merekomendasikan tools tertentu yang akan sangat membantu dalam mengecek traffic.

Sebenarnya, kamu juga bisa mengecek traffic website para kompetitor agar kamu tahu sejauh mana aktivitas di website mereka. Sehingga kamu juga bisa mencari strategi lain untuk menarik lebih banyak calon pembeli atau klien.

Mengecek traffic memungkinkan kamu melihat seberapa baik performa website kamu. Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan website para pesaing. Kamu bisa menggunakan tools gratis atau berbayar yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Masing-masing tools memiliki fitur yang unik dan menawarkan kelebihannya masing-masing. Berikut adalah daftar tools yang bisa kamu manfaatkan kapan pun kamu hendak melakukan analisis atau pengecekan traffic pada website yang sedang kamu jalankan.

SEMRush

SEMRush adalah solusi marketing untuk bisnis online. Platform satu ini menawarkan seperangkat alat yang kuat untuk berbagai keperluan mulai dari analisis backlink, perencanaan konten, hingga audit SEO.

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan dari SEMRush adalah solusi untuk menganalisis traffic yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecek traffic dari website kompetitor. Kamu bisa memilih versi gratis maupun berbayar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sayangnya, versi gratis memberikan batasan dalam melihat laporan setiap harinya. Dimana kamu hanya bisa melihat maksimal 10 traffic overview per hari. Akan tetapi, kamu bisa melihat beberapa metrik penting termasuk jumlah kunjungan, halaman per kunjungan, rerata durasi kunjungan, dll.

SimilarWeb

Similarweb
Similarweb

Platform satu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar lalu lintas atau traffic sebuah website. Ini karena SimilarWeb merupakan website traffic checker yang akan memberikanmu gambaran dari traffic pesaing bisnis dan juga channel yang sangat bernilai.

Tidak hanya menyediakan traffic dari pencarian, tetapi juga laporan rinci dari keseluruhan strategi traffic website. Saat menggunakan tool ini, kamu akan mendapatkan rincian dari keseluruhan traffic.

Beberapa metrik dari engagement yang bisa kamu dapatkan adalah jumlah halaman yang dilihat per kunjungan, rerata lama kunjungan, dan sumber traffic paling atas untuk website.

Alexa

Alexa hadir sebagai solusi SEO dan analisis kompetitif yang akan membantu bisnis lebih memahami target audiens. Juga membantu dalam merencanakan strategi pemasaran yang akan digunakan berikutnya. Siapapun bisa menggunakan website checker bahkan tanpa harus memiliki akun.

Kamu bisa mendapatkan insight yang berharga yang berhubungan dengan kinerja website. Adapun laporan berguna yang bisa kamu lihat adalah:

  • Analisis kompetitif
  • Kesempatan keyword
  • Statistik traffic
  • Insight audiens

Google Search Console

Google search console
Google search console

Siapa yang tidak tahu Google? Google memang memiliki popularitas, namun bukan berarti penggunanya hafal apa saja produk Google. Jika kamu hendak mengecek traffic website, kamu bisa menggunakan Google Search Console, sebuah tool gratis dari Google yang memungkinkan kamu menganalisa traffic mesin pencari.

Kamu akan mendapatkan gambaran lengkap bagaimana website kamu dilihat oleh mesin pencari atau search engine. Tool satu ini akan menampilkan jumlah impression, klik, CTR (Click-Through Rate), dan posisi rata-rata kata kunci yang ada pada website kamu di search engine. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan traffic website milikmu.

Ubersuggest

Pernah mendengar tools ini sebelumnya? Sama seperti tool lain, Ubersuggest menawarkan begitu banyak data website traffic yang sangat berguna. Untuk bisa menggunakan fitur yang lebih banyak dan membuka akses, kamu bisa memilih versi premium.

Akan tetapi, jika hanya sekedar ingin mencoba, kamu bisa memilih tool satu ini dalam versi gratis. Meskipun sebelumnya kamu belum pernah melakukan analisis traffic, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan karena tool ini bisa kamu gunakan dengan mudah.

Fitur traffic analyzer akan memberikan kamu rincian traffic kompetitor serta keyword yang mampu membawa lebih banyak traffic ke website mereka. Selain itu, kamu juga bisa melihat halaman website yang paling popular.

SerpStat

Serpstat
Serpstat

Platform satu ini mungkin terdengar asing di telinga kamu tapi bisa membantu melakukan pengecekan traffic. Meskipun awalnya Serpstat adalah tool pencarian keyword, tapi saat ini kamu bisa menikmati banyak fitur yang akan sangat membantu. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk mengecek traffic dari website para pesaing bisnis.

Akan tetapi kamu harus terlebih dahulu membuat akun untuk bisa menggunakan tools versi gratisan. Setelah berhasil membuat akun, mulai gunakan kolom pencarian di homepage, dimana kamu bisa menginput website untuk kamu analisa traffic nya.

Hasil dari analisa kamu akan memberikan beberapa insight berharga seperti keyword, visibilitas, tren traffic, tren keyword, dan halaman teratas.

Ahrefs

Sebagai salah satu tools SEO yang paling populer, Ahrefs bisa kamu andalkan. Banyak brand yang menggunakan tools ini termasuk Facebook dan Netflix. Tool ini akan membantu kamu melihat berapa banyak traffic yang diperoleh oleh kompetitor dan mengapa mereka mendapatkan ranking yang tinggi.

Dengan interface yang simpel dan juga ramah pengguna, kamu bisa dengan mudah menggunakan Ahrefs tanpa perlu keahlian khusus. Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan URL website di kolom pencarian dan tools tersebut akan memberikan informasi website yang kamu harapkan.

MonsterInsights

MonsterInsights
MonsterInsights

Untuk kamu yang ingin menganalisa traffic website sendiri, satu-satunya tools yang bisa kamu gunakan adalah Google Analytics. Namun, mengatur tool tersebut dan menganalisa website kamu sendiri agak sulit dilakukan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan MonsterInsights yang dikenal sebagai plugins Google Analytics terbaik. Kamu bisa memasang plugins ini di WordPress. Ada lebih dari 3 juta website yang menggunakan tool ini termasuk Microsoft dan Yelp.

Dengan tool ini, kamu bisa mengatur Google Analytics di WordPress dengan mudah. Alhasil, kamu bisa melihat data traffic website secara langsung di dashboard WordPress.

Kesimpulan

Itulah informasi seputar cek traffic website di pembahasan kali ini. Setelah mengetahui pentingnya melakukan pengecekan traffic baik website milik sendiri ataupun milik kompetitor, kamu bisa segera menemukan tools yang tepat yang akan sangat membantu.

Hosting menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan di awal membuat website agar website bisa berjalan dengan baik. Sebelum membuat website dan mencari cara tepat untuk melakukan analisis website traffic, pastikan kamu memilih Web Hosting dari penyedia terpercaya di Indonesia.

Semoga informasi yang kamu bagikan bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang mencari cara mengumpulkan informasi dan data pengunjung website dan cara meningkatkan traffic website.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments