Panduan Cara Melihat Kapasitas Hosting Anda

0
151

Salah satu bagian penting yang mendukung website supaya bisa online dan bisa diakses secara lewat internet adalah hosting. Ketika memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kapasitas hosting yang disediakan oleh provider hosting.

Kapasitas hosting menjadi salah satu kunci penting website dalam menentukan kinerja serta ketersediaan website Anda untuk pengunjung. Sebagai pemilik website, Anda harus secara rutin memeriksa dan mengelola kapasitas hosting dengan baik.

Banyak pemilik website yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek kapasitas hosting, mereka hanya fokus mengupload konten di website. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara mengecek kapasitas hosting di cPanel di Plesk.

Pengertian Hosting Lengkap

Panduan Cara Melihat Kapasitas Hosting Anda - 2024

Secara singkat, hosting adalah layanan penyimpanan yang memungkinkan sebuah website bisa diakses secara online oleh pengguna lewat internet. Ketika Anda membuat atau mengembangkan website, semua file yang ada membutuhkan tempat untuk menyimpan.

Nah, hosting inilah tempat untuk menyimpan semua file terkait website tersebut, mulai dari halaman web, gambar, teks, video, dan berbagai dokumen lain yang ada pada website. Hosting ini diibaratkan sebagai rumah untuk menyimpan barang-barang kita di internet.

Hosting terdiri atas tiga komponen penting, yaitu server yang merupakan komputer khusus untuk mengelola semua file website. Yang kedua adalah penyimpanan atau kapasitas disk untuk menyimpan file termasuk halaman web, gambar, video dan data.

Yang terakhir adalah bandwith, yaitu jumlah data yang bisa ditransfer antar server hosting dengan pengguna website dalam satu periode waktu tertentu. Bandwith ini menentukan seberapa cepat website bisa diakses oleh pengguna.

Selain ketiga komponen utama tersebut, ada juga komponen lain berupa fitur tambahan. Fitur tambahan ini bisa berupa tools manajemen website, tools analisis, layanan keamanan dan dukungan teknis.

Cara Melihat Kapasitas Hosting di cPanel

cara melihat kapasitas hosting

Setelah tahu dan paham tentang apa itu hosting, selanjutnya kita masuk ke tutorial cara melihat kapasitas hosting website. Untuk melihat kapasitas hosting, Anda bisa menggunakan cPanel maupun Plesk. Berikut cara mengecek kapasitas hosting lewat cPanel Hosting:

1. Login ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengecek penyimpanan hosting adalah login ke cPanel hosting. cPanel ini sendiri merupakan sebuah panel control web yang biasanya digunakan penyedia hosting untuk mengelola website.

Anda bisa mengakses cPanel dengan menggunakan url yang diberikan penyedia hosting, atau bisa juga lewat panel member yang disediakan oleh penyedia hosting. Jika login menggunakan URL, silahkan masukkan username dan password yang diberikan ketika mendaftar.

2. Pilih Disk Usage

Setelah berhasil masuk ke cPanel, langkah berikutnya adalah mencari opsi “Disk Usage” yang ada di Dashboard cPanel Anda. Tools atau menu ini digunakan untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan yang sudah terpakai dan berapa banyak ruang penyimpanan yang masih tersedia.

3. Melihat Kapasitas Hosting

Di menu Disk Usage ini Anda bisa melihat grafik dan daftar folder yang ada serta berapa banyak ruang penyimpanan yang sudah digunakan oleh setiap folder yang ada. Anda juga bisa mengurutkan daftar folder tersebut berdasarkan penggunaan terbanyak.

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui folder mana saja yang menghabiskan penyimpanan hosting Anda. Untuk selanjutnya, Anda bisa menghapus file-file yang mungkin tidak berguna supaya kapasitas hosting menjadi lebih lega.

4. Memeriksa Folder di File Manager

Jika Anda ingin melihat detail apa saja yang ada di dalam sebuah folder, silahkan buka folder tersebut lewat File Manager. Silahkan cari menu File Manager di dashboard cPanel, kemudian buka menu tersebut.

Setelah itu, cari folder yang tadinya menghabiskan banyak ruang di hosting. Lihat apa saja yang ada di dalam folder tersebut, jika terdapat file tidak penting bisa hapus saja karena membuat kapasitas penyimpanan hosting menjadi penuh.

Cara Melihat Kapasitas Hosting di Plesk Panel

Selain lewat cPanel hosting, Anda juga bisa mengecek kapasitas hosting lewat Plesk Panel. Plesk panel merupakan panel control hosting selain cPanel yang cukup populer untuk mengelola server dan website. Berikut adalah langkah-langkah melihat kapasitas hosting lewat Plesk Panel:

Langkah 1: Login ke Plesk Panel Anda, caranya bisa lewat URL Plesk Panel dan memasukan username serta password yang telah dibuat sebelumnya.

halaman login plesk

Langkah 2: Setelah berhasil login, buka File manager di Plesk Panel. Tools ini digunakan untuk mengelola file dan folder di hosting Anda, opsi File Manager bisa dilihat pada dashboard Plesk.

Tampilan File Manager

Langkah 3: Setelah masuk ke menu File Manager, Anda bisa melihat daftar file beserta folder yang ada di hosting. Untuk melihat kapasitas penyimpanan hosting, ikuti langkah-langkah berikut:

Pilih file atau folder yang ingin Anda periksa kapasitasnya dengan mencentang kotak di sampingnya.

Setelah memilih file atau folder yang relevan, cari opsi “More” atau “Lebih” di bagian atas antarmuka File Manager.

Dari menu drop-down yang muncul, pilih opsi “Calculate Size” atau “Hitung Ukuran”.

Langkah 4: Setelah klik “Calculate Size”, nantinya Plesk Panel akan menghitung ukuran dari file atau folder tersebut. Setelah proses selesai, akan muncul informasi ukurang disk yang digunakan file atau folder tersebut.

Faktor-Faktor Kapasitas Hosting

cara melihat kapasitas hosting

Selain mengetahui cara mengecek kapasitas web hosting, Anda juga harus tahu faktor-faktor apa saja yang bisa membuat kapasitas hosting menjadi penuh. Berikut ini sudah kami rangkum beberapa hal yang membuat hosting penuh:

1. Ukuran dan Jenis Konten

Faktor utama yang membuat kapasitas hosting bisa penuh adalah ukuran dan jenis konten yang ada di website Anda. Konten seperti video dan gambar biasanya memakan banyak ruang di penyimpanan. Karena itulah, semakin besar dan rumit konten Anda, semakin besar pula kapasitas hosting yang diperlukan.

Contohnya website yang menampilkan banyak gambar berkualitas tinggi atau bahkan video HD akan membutuhkan lebih banyak ruang dibandingkan website sederhana yang berisi teks dan gambar berukuran kecil.

2. Jumlah Pengunjung Web

Selain konten, jumlah pengunjung yang mengakses website juga berpengaruh pada kapasitas hosting. Semakin banyak pengunjung website Anda, maka semakin banyak pula sumber daya hosting yang dibutuhkan.

Hal ini terutama berlaku untuk sumber daya bandwith hosting, dimana bandwith bertanggung jawab mengatasi lalu lintas pengunjung. Website dengan lalu lintas tinggi membutuhkan kapasitas hosting lebih besar untuk mengatasi jumlah pengunjung tersebut.

3. Database Website

Database adalah komponen penting dari banyak situs web, terutama website yang memiliki fitur interaktif atau dinamis. Database digunakan untuk menyimpan dan mengelola informasi seperti konten pengguna, informasi produk, atau data transaksi.

Ukuran dan kompleksitas database bisa mempengaruhi penggunaan ruang penyimpanan hosting Anda. Website dengan database yang besar akan membutuhkan kapasitas hosting besar pula untuk menyimpan data tersebut dengan efisien.

4. Email

Selain ketiga hal diatas, email juga cukup berpengaruh terhadap kapasitas disk hosting. Jika Anda menggunakan layanan email domain, seperti [email protected], maka hal ini bisa berpengaruh pada penggunaan penyimpanan hosting.

Setiap email yang diterima atau dikirim lewat email domain akan memakan ruang penyimpanan yang kecil. Namun jika jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu dan bukan cuma dari satu email saja, maka lama kelamaan bisa membuat penyimpanan menjadi penuh.

Cara Memperkirakan Kebutuhan Hosting

Panduan Cara Melihat Kapasitas Hosting Anda - 2024

Memperkirakan kebutuhan hosting saat membangun website sangatlah penting. Hal ini bisa mencegah pembelian hosting dengan spesifikasi yang tidak diperlukan. Berikut faktor-faktor untuk mempertimbangkan kebutuhan hosting:

  • Trafik Situs Web: Perkirakan jumlah pengunjung yang Anda harapkan setiap bulan. Semakin banyak pengunjung, semakin besar kapasitas hosting yang Anda butuhkan.
  • Ukuran Konten: Hitung ukuran total konten situs web Anda, termasuk gambar, video, dan file lainnya. Semakin besar konten Anda, semakin besar kapasitas hosting yang Anda perlukan.
  • Skalabilitas: Pertimbangkan kemungkinan pertumbuhan situs web Anda di masa depan. Pilihlah paket hosting yang dapat dengan mudah di upgrade jika Anda memerlukan lebih banyak ruang disk atau sumber daya lainnya di kemudian hari.
  • Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda bisa membuat perkiraan yang lebih akurat tentang berapa banyak ruang disk yang Anda perlukan untuk hosting situs web Anda.

Cek Kapasitas Disk Secara Berkala

Supaya website Anda bisa tetap berjalan dengan baik dan tidak down, sebaiknya lakukan pengecekan disk atau penyimpanan hosting secara berkala. Anda bisa cek kapasitas hosting dengan cara yang sudah kami bagikan di atas, baik itu lewat cPanel maupun Plesk. 

Jika dirasa penyimpanan hampir penuh, Anda bisa menghapus file-file yang tidak penting. Namun jika semua file tersebut penting untuk website, maka sudah waktunya Anda untuk upgrade atau meningkatkan paket hosting dengan kapasitas lebih besar.

Selain memastikan performa website tetap optimal, ada kabar baik untuk Anda! Dengan pembelian domain dan hosting, Anda berkesempatan memenangkan Wuling AirEV di promo Exavaganza. Tingkatkan kapasitas hosting Anda sekarang dan nikmati peluang untuk mendapatkan hadiah menarik ini. Segera lakukan pembelian dan jangan lewatkan kesempatan emas ini!

Panduan Cara Melihat Kapasitas Hosting Anda - 2024