10 Cara Membangun Strategi Digital Marketing yang Efektif

3208
Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing yang efektif harus diketahui oleh semua pebisnis baik di bidang barang atau jasa. Terutama jika kamu yang bekerja di bidang marketing atau pemasaran. Karena teknik inilah yang sejatinya membuat pekerjaan kamu lebih mudah dan sukses. 

Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Maketing (Sumber: Adobe Photo Stock)

Apa itu strategi digital marketing?

Strategi Digital Marketing adalah rencana atau tindakan untuk mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan. Sasaran ditentukan oleh apa tujuan bisnis kamu dan urutan prioritasnya. Setelah tujuan ini ditetapkan, kampanye pemasaran digital akan dikembangkan dan dijalankan untuk mencapainya.

Strategi digital marketing berbeda dari kampanye pemasaran digital. Saat berbicara tentang strategi pemasaran digital, kita mengacu pada rencana induk atau cetak biru untuk mencapai tujuan jangka panjang atau makro. Kampanye di sisi lain adalah taktik khusus yang digunakan untuk mencapai tujuan mikro jangka pendek dalam strategi pemasaran digital.

Mengapa Strategi Digital Marketing penting?

Memiliki strategi sama pentingnya dengan memiliki rencana untuk mencapai tujuan apa pun. Ini sepenuhnya mengoptimalkan implementasi alur kerja, memungkinkan keefektifan tinggi sambil mengabaikan berbagai area untuk meninjau analitik data dan menindaklanjutinya.

Hal ini membuka jalan bagi peningkatan berkelanjutan dalam berbagai strategi pemasaran digital mulai dari pemasaran pencarian (SEO / SEM), pengoptimalan tingkat konversi (pengalaman pengguna situs web), pemasaran email & pemasaran media sosial untuk membangun tujuan bisnis kamu, mendapatkan pelanggan baru, dan membangun lebih dalam hubungan dengan yang sudah ada.

Bisnis kamu juga membutuhkan strategi pemasaran konten yang kompetitif dan berkelanjutan untuk menjangkau dan mengonversi lebih banyak pelanggan melalui memanfaatkan kekuatan konten online, sambil mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran digital dengan media tradisional.

Seiring bisnis terus mengadopsi transformasi digital dalam operasi inti mereka dan dalam saluran baru untuk menjangkau pelanggan, memiliki strategi pemasaran digital yang baik sangat penting untuk kesuksesan ini.

Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing

Komponen Utama dari Digital Marketing

Beberapa komponen utama dari strategi pemasaran digital meliputi:

Menentukan merek

Gunakan pedoman merek untuk mendefinisikan merek serta pertimbangkan Unique Selling Point (USP) bisnis kamu.

Mengembangkan persona pelanggan

Pahami informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, lokasi, serta motivasi yang mendorong orang untuk memilih produk dan layanan. Gunakan Google Analytics untuk membantu dalam menciptakan persona pembeli dan menyegmentasikannya sesuai dengan kata kunci dalam lalu lintas organik.

Mendefinisikan S.M.A.R.T. 

S.M.A.R.T merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound goals. Sasaran S.M.A.R.T akan membantu kamu membuat target yang lebih baik untuk rencana tindakan pemasaran digital kamu. Kamu akan melihat hasil yang lebih sukses dengan kampanye kamu ketika kamu menetapkan tujuan yang dapat kamu ukur dan singkirkan.

Sasaran S.M.A.R.T juga akan membantu untuk menetapkan Key Performance Indicator (KPI) untuk kampanye kamu.

Mengidentifikasi pasar sasaran

Gunakan alat penelitian pasar seperti Google Perencana Kata Kunci, Google Trends, dan Wawasan Pemirsa Facebook untuk melakukan penelitian pasar dan mengidentifikasi pasar sasaran potensial.

Melakukan analisis kompetitif

Gunakan alat analisis web dan sosial seperti web serupa, Semrush, dan SocialBakers untuk menganalisis pesaing bisnis kamu dan melakukan analisis SWOT.

SWOT singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). SWOT merupakan proses perencanaan yang membantu bisnis kamu mengatasi tantangan dan menentukan apa yang harus dituju secara keseluruhan.

Mengelola dan mengalokasikan sumber daya dengan tepat 

Sumber daya mencakup tenaga kerja (tim internal atau outsourcing, agen pemasaran eksternal) dan anggaran.

Meninjau dan mengoptimalkan kinerja kampanye

Gunakan alat analisis pemasaran digital seperti Google Analytics untuk melacak, mengukur, dan melaporkan kinerja kampanye pemasaran digital kamu.

Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing

10 cara membangun strategi digital marketing yang efektif

Berikut adalah 10 cara membangun strategi digital marketing yang efektif:

Tentukan tujuan bisnis 

Langkah pertama dalam membuat strategi pemasaran digital adalah menentukan tujuan bisnis kamu. Dengan kata lain, untuk menentukan apa yang ingin kamu capai dengan pemasaran digital.

Setiap tujuan yang kamu tetapkan harus dapat diukur dan ditentukan dengan baik. Segala sesuatu dalam kampanye pemasaran digital dapat diukur (dari awal hingga akhir) dan kamu perlu memanfaatkan ini dan membentuk rencana pemasaran digital yang memiliki pencapaian dan target tertentu.

Kumpulkan data tentang audiens kamu 

Langkah kedua adalah mengidentifikasi audiens target kamu. Dengan kata lain untuk menentukan secara rinci siapa yang ingin kamu targetkan dengan kampanye kamu.

Beberapa pemasar, menempatkan ini sebagai langkah pertama dalam proses dan ini tidak salah. Yang pasti ini adalah latihan yang perlu kamu lakukan di tahap awal dan sebelum menyelesaikan langkah selanjutnya dari strategi pemasaran kamu.

Pahami kebutuhan pelanggan

Setelah kamu mengetahui profil pelanggan target kamu, langkah selanjutnya adalah menggunakan teknik yang berbeda dan mencoba memahami kebutuhan mereka dan bagaimana mereka mengungkapkannya saat mencari informasi menggunakan mesin pencari atau jejaring sosial.

Ada dua cara untuk mendekati proses ini. Metode pertama adalah mengambil corong penjualan digital yang khas dan mengidentifikasi apa yang mungkin dibutuhkan pelanggan kamu di setiap tahap. Metode kedua adalah mengambil profil pelanggan berbeda yang dibuat di atas, dan menghasilkan corong penjualan terpisah untuk masing-masing profil.

Buat perpustakaan pemasaran konten

Langkah strategis berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat pustaka aset konten. Kamu perlu mengetahui audiens dan kebutuhan mereka, sekarang saatnya membuat berbagai jenis aset untuk digunakan dalam kampanye kamu.

Aset digital dapat berupa posting blog, infografis, gambar, video, podcast, gambar sampul, logo, dan apapun yang dapat kamu terbitkan di situs web atau jejaring sosial kamu.

Di dunia pemasaran digital, inilah inti dari pemasaran konten. Pemasaran konten penting karena ini adalah proses yang digunakan untuk memutuskan jenis konten apa yang akan dibuat, kapan, dan dimana mempublikasikannya.

Mulailah dengan SEO sedini mungkin

Keputusan strategis untuk dibuat yang dapat berdampak positif pada upaya pemasaran digital kamu adalah memulai dengan SEO sedini mungkin. SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif tetapi memiliki peringatan. Butuh waktu untuk bekerja.

Tidak seperti strategi pemasaran digital lainnya, saat kamu memulai kampanye SEO, mungkin diperlukan waktu 4 hingga 6 bulan untuk mendapatkan hasil apa pun. Ini adalah waktu yang lama untuk menunggu sehingga sebagian besar pemasar cenderung fokus pada saluran digital lain terlebih dahulu (seperti Iklan Facebook, Iklan Google) yang lebih langsung.

Evaluasi dan revisi strategi bisnis

Pemasaran digital adalah industri yang sangat dinamis. ‘Aturan’ berubah sepanjang waktu dan sangat penting bagi kamu untuk mengevaluasi dan merevisi strategi pemasaran digital agar tetap terkini dan relevan. 

Cara terbaik untuk mengevaluasi kampanye kamu adalah melakukannya berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) dan metrik lainnya. Metrik terpenting untuk semua jenis kampanye pemasaran digital adalah:

  • Jumlah kunjungan situs web
  • Biaya per kunjungan
  • Biaya per konversi
  • Rasio Klik-Tayang
  • Jumlah Konversi
  • Jumlah konversi mikro
  • Waktu di situs
  • Rasio pentalan
  • Jumlah saham sosial
  • Jumlah komentar

Jika kamu memiliki sistem analitik yang baik dan dapat melacaknya untuk setiap kampanye yang merupakan bagian dari strategi kamu, maka akan lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat.

Jangan lupa bahwa bagian dari evaluasi kamu adalah untuk mencari saluran baru yang dapat ditambahkan ke strategi bisnis.

Hal ini merupakan ide yang baik untuk melihat strategi kompetitor mu dan mengidentifikasi strategi mereka yang dapat kamu sertakan dalam bauran pemasaran bisnis.

Gunakan segmentasi dan otomatisasi pemasaran email

Tujuan akhir dari kampanye pemasaran digital adalah menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk bisnis. Tetapi untuk mencapai tujuan akhirmu, kamu harus terlebih dahulu mempertimbangkan konversi mikro.

Konversi mikro adalah tindakan yang diambil oleh pengguna yang merupakan bagian dari corong yang mengarah ke penjualan.

Manfaatkan sumber lalu lintas baru

Strategi pemasaran digital yang lengkap seharusnya tidak hanya memperhitungkan saluran pemasaran online tradisional tetapi juga harus memenuhi strategi pemasaran digital baru yang muncul ke permukaan. 

Ada beberapa channel baru yang bisa kamu jelajahi seperti: Google Shopping Ads, Tik-Tok, Google Keen, Optimizing your content for voice search, dan sebagainya. Saluran ini baru dan kemungkinan besar kurang kompetitif dibandingkan saluran yang sudah mapan. Ini berarti kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan biaya lebih rendah.

Gunakan penargetan ulang dan personalisasi

Sejauh ini, semua strategi di atas terkait dengan bagaimana kamu dapat menjangkau lebih banyak orang, tetapi sama pentingnya untuk menindaklanjuti pengguna yang sudah mengetahui merek kamu , tetapi belum menjadi pelanggan.

Hal ini dikenal sebagai “penargetan ulang” atau ”pemasaran ulang”. Dengan penargetan ulang, kamu dapat menampilkan iklan tertentu kepada pengguna yang mengunjungi situs web kamu (atau halaman jejaring sosial) tetapi tidak berkonversi.

Bekerja pada pengoptimalan konversi

Apa itu pengoptimalan konversi? Secara sederhana, pengoptimalan konversi adalah proses yang harus diikuti untuk mengoptimalkan situs web kamu sehingga persentase pengunjung yang lebih tinggi akan melakukan tindakan yang diinginkan.

Singkatnya, strategi digital marketing dapat melakukan banyak hal untuk bisnis kamu. Ada banyak saluran online untuk dipilih. Semuanya bervariasi dalam harga, potensi jangkauan, kegunaan, dan tujuan. Yang kamu butuhkan adalah kombinasi saluran yang solid yang paling sesuai dengan bisnis kamu.

Jika kamu membutuhkan layanan digital marketing dengan Google Ads, Facebook Ads atau Layanan SEO, kamu bisa menggunakan layanan dari Exabytes Indonesia untuk memaksimalkan pemasaran bisnismu.

Semoga artikel mengenai membangun strategi digital marketing ini dapat memberikan wawasan mengenai digital marketing lebih dalam lagi. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang digital marketing dapat mengikuti event-event dari Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments