Cara Membuat dan Menghapus Database & Tabel di phpMyAdmin Lengkap!

0
51

Dalam dunia pemrograman, memiliki kemampuan pengelolaan database sangatlah penting. Salah satu sistem pengelolaan database yang paling banyak digunakan adalah MySQL.

MySQL merupakan sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) open source yang dikembangkan oleh MySQL AB yang kemudian diakuisisi Oracle.

Dengan menggunakan MySQL ini kita bisa membuat, mengelola dan menghapus database dengan lebih mudah dan efisien. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat dan menghapus database dan table.

Pengertian Database dan Tabel

Cara Membuat dan Menghapus Database & Tabel di phpMyAdmin Lengkap! - 2024

Sebelum kita masuk ke tutorial cara membuat dan menghapus & tabel, Anda harus tahu apa itu database dan table terlebih dahulu. Yang dimaksud database adalah kumpulan data yang disusun secara sistematis dan disimpan dalam komputer.

Sedangkan yang dimaksud table dalam database adalah struktur yang mengorganisir data dalam baris dan kolom. Setiap baris ini mewakili satu entitas, sedangkan setiap kolom mewakili atribut dari entitas tersebut.

Dalam koneksi MySQL, database merupakan sekumpulan tabel yang terhubung satu sama lain. Setiap database ini berisi satu atau lebih tabel yang digunakan untuk menyimpan data dengan format yang terstruktur.

Tabel dalam struktur dasar database terdiri atas baris dan kolom. Setiap baris mewakili entitas dan kolom mewakili atribut entitas tersebut. Contoh, table “users” memiliki kolom id, username, dan email. Dimana setiap baris dalam tabel tersebut mewakili satu pengguna.

Persiapan Sebelum Membuat Database

Cara Backup Database CodeIgniter

Sebelum membuat database di MySQL, pastikan Anda sudah menginstall MySQL di Laptop atau PC Anda. Jika belum, silahkan download dan install terlebih dahulu. Secara singkat, berikut cara instalasi MySQL:

  • Download MySQL: Kunjungi situs web resmi MySQL dan unduh versi MySQL Community Server yang sesuai dengan sistem operasi Anda.
  • Instalasi: Jalankan installer dan ikuti petunjuk untuk menginstal MySQL. Anda akan diminta untuk membuat password root selama proses instalasi.
  • Konfigurasi: Setelah instalasi selesai, Anda bisa mengkonfigurasi MySQL melalui command line atau menggunakan alat seperti phpMyAdmin.

Setelah menginstal MySQL, selanjutnya Anda juga harus download phpMyAdmin. Untuk tutorialnya sendiri Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut:

  • Unduh phpMyAdmin: Kunjungi situs web resmi phpMyAdmin dan unduh versi terbaru.
  • Ekstraksi File: Ekstrak file yang telah diunduh ke direktori web server Anda, seperti htdocs jika Anda menggunakan XAMPP.
  • Konfigurasi: Buka browser dan akses phpMyAdmin melalui URL seperti http://localhost/phpmyadmin. Ikuti instruksi untuk mengkonfigurasi phpMyAdmin dan hubungkan dengan server MySQL Anda.

Cara Membuat Database Baru

cara menambah akun cpanel di whm

Setelah menginstal MySQL dan phpMyAdmin di komputer, sekarang Anda sudah bisa mulai belajar membuat database yang baru. Untuk membuat database ini Anda bisa menggunakan beberapa cara, yaitu lewat command line dan phpMyAdmin.

Lewat Command Line

Berikut langkah-langkah cara membuat database:

Masuk ke MySQL

Buka terminal atau cmd di komputer Anda, kemudian ketikkan perintah cd `cd C:/xampp/mysql/bin` dan tekan Enter. Kemudian ketik `mysql.exe -u root -p`, dan tekan Enter. Masukkan password (jika ada), jika tidak bisa langsung tekan Enter.

Buat Database Baru

Kemudian, buat database baru dengan perintah `CREATE DATABASE nama_database;`. Contoh: `CREATE DATABASE         membuat_database;`. Jika berhasil, akan muncul pesan `Query OK, 1 row affected`.

Periksa Database

Untuk melihat apakah database sudah berhasil dibuat, Anda harus melihat daftar database yang ada. Caranya dengan mengetikkan perintah `SHOW DATABASE`. Database yang baru dibuat tadi harusnya muncul dalam daftar tersebut.

Lewat phpMyAdmin.

Selain lewat cmd, Anda juga bisa membuat database lewat phpMyAdmin, berikut langkah-langkahnya:

Buka phpMyAdmin

Langkah pertama, buka phpMyAdmin lewat browser dengan mengetikkan URL berikut: `http://localhost/phpmyadmin`

Buat Database Baru

Kemudian di halaman utama phpMyAdmin, cari menu “Database” di sebelah atas. Klik Database dan masukkan nama database yang ingin dibuat di kolom “Create database”, jika sudah klik tombol “Create” untuk membuat database yang baru.

Mengecek Database

Setelah membuat database, pastikan untuk melihat database yang baru dibuat tersebut di daftar database phpMyAdmin. Pastikan database tersebut berhasil dibuat sesuai dengan nama yang Anda inputkan sebelumnya.

Cara Mengelola Database di phpMyAdmin

cara membuat dan menghapus database

Setelah berhasil membuat sebuah database, selanjutnya Anda bisa mengelola database tersebut. Disini Anda bisa membuat table, menampilkan tabel, sampai menghapus table yang telah dibuat. Berikut tutorial cara membuat table di database:

Pilih Database

Untuk mulai membuat atau mengelola tabel dalam database, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih database yang ingin dikelola. Untuk memilih database, silahkan ketik perintah `USE nama_database;` untuk memilih database yang akan digunakan, contoh `USE belajar_mysql;`.

Membuat Tabel

Setelah Anda memilih database, Anda bisa membuat table baru di dalamnya. Untuk caranya sendiri, ketika perintah berikut untuk membuat tabel, perintah berikut akan membuat sebuah table “users” dengan kolom “id”, “username”, “dan “email”:

CREATE TABLE users (

id INT AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,

username VARCHAR(50) NOT NULL,

email VARCHAR(50) NOT NULL

);

Menampilkan Tabel

Untuk menampilkan tabel yang ada dalam database terpilih, caranya adalah dengan mengetikan perintah `SHOW TABLES;` Nantinya akan muncul daftar tabel yang ada pada database yang Anda pilih.

Menghapus Tabel

Selain membuat dan menampilkan tabel di database, Anda juga bisa menghapus tabel yang telah dibuat sebelumnya. Untuk menghapus table caranya sangat mudah, yaitu dengan mengetikan perintah `DROP TABLE nama_tabel;`, contoh `DROP TABLE users;`.

Tutorial cara membuat tabel di atas menggunakan command line atau CLI. Selain menggunakan perintah di atas, Anda juga bisa mengelola langsung mulai dari membuat tabel, melihat tabel dan menghapus tabel database secara langsung dengan interface GUI di phpMyAdmin.

Cara Menghapus Database di phpMyAdmin

cara install phpmyadmin di ubuntu

Pada tutorial sebelumnya kami sudah memberikan cara menghapus table di database lewat command line. Selain menggunakan command line, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara lain untuk menghapus database di phpMyAdmin. Berikut caranya:

Lewat Tab Operation

Langkah pertama, buka phpMyAdmin lewat browser di komputer. Kemudian pilih database yang ingin dihapus, daftar database ada di sebelah kiri. Klik tab “Operations” yang ada di bagian atas. Di bagian bawah halaman, silahkan klik “DROP” yang berwarna merah, konfirmasi penghapusan dengan klik “OK.

Lewat Tab SQL

Buka phpMyAdmin dan akses phpMyAdmin melalui browser. Pilih database yang ingin dihapus dari daftar di sebelah kiri. Klik tab “SQL” yang ada di bagian atas. Kemudian ketik perintah `DROP DATABASE nama_database;`, terakhir, klik “Go” untuk menjalankan perintah.

Hapus Database Sekaligus

Dalam kondisi tertentu, Anda diharuskan untuk menghapus database dalam jumlah yang banyak sekaligus. Menghapus database satu per satu tentu membutuhkan lebih banyak waktu, oleh karena itulah Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Buka phpMyAdmin di browser dan login ke database Anda.
  2. Kemudian klik link host yang ada di sebelah atas halaman.
  3. Silahkan centang database yang ingin dihapus.
  4. Jika semua database yang diinginkan sudah tercentang, klik tombol “DROP”.
  5. SIlahkan Tunggu beberapa saat sampai semua database yang dipilih terhapus.

Hapus Data Secara Terpisah

Jika sebelumnya cara sebelumnya untuk menghapus database secara bersamaan, berikut ini adalah cara menghapus database secara terpisah:

Yang pertama, silahkan buka phpMyAdmin dan pilih database yang ingin dihapus. Kemudian klik tombol “Hapus” pada bagian Struktur. Silahkan ulangi langkah tersebut pada setiap data yang ingin Anda hapus, tunggu beberapa saat dan database akan terhapus.

Hapus Database di cPanel

Jika database Anda sudah diupload ke hosting cPanel, cara menghapusnya sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkah cara menghapus database di phpMyAdmin cPanel:

  1. Silahkan login ke cPanel menggunakan username dan password yang Anda miliki.
  2. Kemudian di Dashboard, klik menu “Database – MySQL”.
  3. Setelah itu, pilih database yang ingin dihapus di bagian “Current Database”, klik tombol “Delete”.
  4. Akan muncul konfirmasi penghapusan database, jika sudah yakin klik “OK”.
  5. Tunggu beberapa saat sampai database tersebut terhapus.

Intinya, Menghapus Database Web Perlu Hati-Hati

Menghapus database harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika database tersebut memiliki data yang penting. Pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan. 

Beberapa penyedia hosting mungkin membatasi penghapusan database melalui phpMyAdmin, jadi Anda mungkin harus menggunakan tools tambahan. Dengan tutorial di atas tadi, Anda bisa membuat, menghapus, dan mengelola database & table yang ada di phpMyAdmin.

Oh iya, Jangan lewatkan kesempatan spesial! 

Beli domain dan hosting di Promo Exavaganza sekarang juga dan dapatkan 10x kesempatan lebih besar untuk memenangkan Wuling Air EV. Segera ambil peluang ini untuk mengembangkan website Anda dengan layanan terbaik dan raih kesempatan mendapatkan hadiah menarik. Ayo, beli sekarang!

Cara Membuat dan Menghapus Database & Tabel di phpMyAdmin Lengkap! - 2024