Cara Membuat Website Gratis, Mudah, dan Cepat [Lengkap]

0
3250

Ingin memiliki website sendiri tapi terkendala minimnya pengetahuan teknis tentang cara membuat website. Apakah ada cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula?

Jawabannya tentu ada! Apalagi sekarang ada teknologi Content Management System (CMS), dengan teknologi tersebut Anda bisa membuat website gratis dengan mudah, sekalipun Anda adalah orang awam yang tidak mengerti teknis pembuatan website dari nol.

Dengan Anda memiliki website maka bisnis Anda akan menjadi terlihat lebih profesional dan calon pembeli pun akan semakin percaya dengan bisnis yang Anda tawarkan. Terlebih jika Anda ingin meningkatkan branding bisnis Anda, maka website wajib hukumnya.

Artikel ini akan membahas cara membuat website gratis yang bisa Anda coba sekarang juga sehingga Anda bisa menyiapkan website bisnis Anda sendiri.

Tentukan Jenis Website Pilihan

Sebelum membuat website, menentukan terlebih dahulu jenis website yang akan dibuat sangat penting agar lebih efisien dan bisa selesai dengan tepat waktu. 

Selama membangun website, akan ada banyak pilihan yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan website yang baik dan optimal. Pilihan tersebut bisa mengenai yang berhubungan dengan hal-hal teknis seperti pemilihan domain hosting, misalnya apakah web hosting nanti menggunakan hosting Indonesia atau luar negeri dan lain sebagainya. Hal itu bisa Anda tentukan dengan mudah jika tahu jenis website apa yang akan dibuat.

Tidak hanya itu dari sisi desain maupun keamanan nantinya harus diperhatikan. Misalnya dalam hal desain akan menggunakan tema, plugin, kolom, dan widget yang seperti apa. Bahkan Anda harus mulai mencari cara meningkatkan keamanan website.

Intinya beberapa opsi diatas jangan sampai terlewatkan dan mungkin saja hal tersebut bisa membingungkan untuk sebagian orang. Terutama jika Anda belum mendapatkan gambaran yang jelas jenis website apa yang akan dibuat nantinya.

Beberapa website yang umum dan bisa Anda temui dengan mudah adalah sebagai berikut:

Blog Pribadi

Blog adalah salah satu bagian dari website dan blog pribadi adalah salah satu jenis website yang biasanya digunakan untuk keperluan pribadi dan memuat konten yang bersifat pribadi. Seperti opini, sharing pengalaman maupun tutorial.

Toko Online

Website jenis ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis dan jualan produk secara online. Anda bisa dengan mudah membuat website toko online dengan menggunakan CMS WordPress. Dengan website toko online, barang jualan yang dijual secara online akan berpeluang meningkatkan profit dan pendapatan

Website Berita

Website dengan jenis berita biasanya memuat konten berita yang aktual dan terpercaya. Jika jenis website ini yang akan Anda buat, maka keamanan dan kecepatan perlu Anda perhatikan. Anda bisa cek kecepatan website dengan tools-tools yang ada saat ini.

Website Komunitas/Forum

Jenis website berikutnya adalah website forum untuk suatu komunitas, website ini biasanya digunakan oleh komunitas untuk bertukar dan saling memberikan informasi. Website jenis ini juga bisa Anda bangun menggunakan CMS WordPress.

Website Pemerintah

Website ini bertujuan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, isi di dalamnya tidak hanya yang berkaitan dengan kegiatan tertentu saja, melainkan juga berkaitan dengan keterbukaan dan transparansi anggaran.

Salah satu website pemerintahan adalah KPU dan Kominfo.

Nah itu beberapa jenis website secara umum yang mudah Anda temukan saat ini. Dengan banyaknya jenis website tersebut sangat penting untuk menentukan terlebih dahulu website apa yang akan Anda buat nantinya berdasarkan beberapa contoh website di atas.

Tapi sebelum ke pembahasan teknis tentang cara membuat website gratis, mungkin Anda bertanya-tanya: Apakah ada website yang benar-benar gratis? Simak sedikit pembahasannya di bawah ini ya!

Apakah Ada Cara Membuat Website Gratis dan Tanpa Biaya?

Jika ada sebuah pertanyaan terkait apakah ada website yang bisa dibuat secara gratis? Jawabannya tentu saja ada! Bahkan tidak hanya proses pembuatannya saja yang gratis, hosting dan domainnya bisa Anda dapatkan secara gratis.

Cara membuat website gratis tersebut bisa Anda lakukan melalui situs WordPress.com, disana Anda tinggal membuat akun dengan email aktif Anda dan mengisi beberapa informasi terkait website yang akan Anda bangun.

Tapi, jika Anda memerlukan website untuk bisnis dan jangka panjang. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan WordPress.com.

Kenapa? Karena di WordPress.com Anda tidak bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan, bahkan pilihan tema juga sangat terbatas. Website Anda juga nantinya akan terdapat iklan yang tidak bisa Anda hilangkan.

Maka dari itu kami menawarkan solusi lain yaitu menggunakan WordPress.org. Melalui cara yang direkomendasikan ini Anda tetap bisa membuat website secara gratis. Karena WordPress.org ini sifatnya terbuka dan gratis.

Anda bebas memodifikasi website WordPress tersebut dengan bebas untuk Anda gunakan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan beberapa tema dan plugin yang ada secara gratis. Sehingga WordPress.org juga adalah salah satu cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula yang banyak dipilih saat ini.

Namun agar Anda bisa menggunakan cara membuat website gratis dari WordPress.org ini, Anda hanya perlu menginvestasikan beberapa dana saja untuk berlangganan website hosting sebagai tempat menyimpan data website.

Tenang saja! Proses pembuatan website full gratis karena Anda sendiri yang membuat websitenya. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk sewa server domain hosting saja.

Anda juga bisa membaca artikel perbedaan WordPress.com dan WordPress.org berikut untuk informasi selengkapnya.

Agar Anda bisa membuat website sendiri, yuk simak pembahasan cara membuat website gratis dengan menggunakan WordPress.org.

Baca juga: Tips Membuat Tampilan Website yang Menarik dan Responsif

Cara Membuat Website Gratis Menggunakan WordPress.org

Setelah Anda menentukan jenis website apa yang akan Anda buat, sekarang waktunya membuat website Anda sendiri secara gratis dengan melalui beberapa langkah dibawah ini.

Download dan Upload file WordPress

Langkah 1: Download CMS WordPress di WordPress.org, caranya kunjungi situs https://wordpress.org/ > Klik Get WordPress.

langkah pertama dalam cara membuat website gratis adalah download CMS WordPress di WordPress.org

Langkah 2: Scroll kebawah dan klik tombol Download WordPress 5.8.1 (versi WordPress terbaru saat artikel ini dibuat).

Scroll kebawah dan klik tombol Download WordPress 5.8.1

Langkah 3: Tunggu sampai proses download selesai.

Langkah 4: Login ke akun web hosting Anda, disini kami menggunakan hosting Exabytes Indonesia.

Login ke akun web hosting Anda

Langkah 5: Klik produk/layanan, misal WP 12 Beginner.

Klik produk/layanan, misal WP 12 Beginner.

Langkah 6: Scroll ke bawah dan cari tombol Manage My Hosting dan klik menu tersebut.

Scroll ke bawah dan cari tombol Manage My Hosting dan klik menu tersebut.

Langkah 7: Di halaman Control Panel, klik Files > folder httpdocs (umumnya Public_html).

di halaman control panel, klik Files > folder httpdocs

Langkah 8: Klik tombol dengan lambang plus > Upload File.

Klik tombol dengan lambang plus > Upload File.
Klik tombol dengan lambang plus > Upload File.

Langkah 9: Cari file WordPress yang sudah di download sebelumnya, sebagai contoh lokasi file WordPress ada di halaman Download, pilih dan klik Open.

Langkah 10: Tunggu sampai proses Uploading Files selesai.

Buat Database

Agar website Anda bisa menyimpan setiap postingan yang Anda buat dan dapat mengumpulkan data calon konsumen, maka Anda harus mempersiapkan database terlebih dahulu. Caranya cukup mudah ikut saja langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Login ke akun Exabytes Indonesia.

Login ke akun Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Klik produk/layanan, misal WP 12 Beginner.

Klik produk/layanan, misal WP 12 Beginner.

Langkah 3: Scroll ke bawah dan cari tombol Manage My Hosting dan klik menu tersebut.

Scroll ke bawah dan cari tombol Manage My Hosting dan klik menu tersebut.

Langkah 4: Di halaman control panel Plesk Exabytes, klik menu Databases > Add Database.

Di halaman control panel Plesk Exabytes, klik menu Databases > Add Database.

Langkah 5: Isi data yang diminta.

isi dengan informasi yang diminta

Database Name: Isi dengan nama database yang Anda inginkan.

Database Username: Isi dengan username yang Anda inginkan.

Password: Isikan password yang Anda inginkan.

Confirm Password: Lakukan konfirmasi password yang telah Anda masukan di kolom password.

Selesai database Anda telah selesai dibuat.

Install WordPress

Setelah Anda download dan upload file ke web hosting serta telah membuat databasenya, langkah selanjutnya adalah menginstall file WordPress tersebut. Proses instalasi WordPress cukup mudah, berikut caranya:

Langkah 1: Extract File WordPress, dengan cara klik file tersebut dan Ok.

Extract File WordPress

Langkah 2: Setelah di extract akan muncul folder default WordPress, klik folder tersebut nanti akan muncul file-file WordPress.

setelah di extract akan muncul folder default WordPress, klik folder tersebut nanti akan muncul file-file WordPress.
setelah di extract akan muncul folder default WordPress, klik folder tersebut nanti akan muncul file-file WordPress.

Langkah 3: Pindahkan file tersebut ke folder utama domain Anda di Public_html atau httpdocs. Sehingga untuk instalasinya cukup akses url domain Anda misal www.domain-Anda.com bukan www.domain-Anda.com/wordpress/

Cara memindahnya mudah, buka folder WordPress > Select All dengan cara klik combobox > klik Move.

Pindahkan file tersebut ke folder utama domain Anda di Public_html atau httpdocs

Langkah 4: Muncul page notification Move Files, cari folder Public_html atau httpdocs.

Muncul page notification Move Files, cari folder Public_html atau httpdocs.

Tunggu sampai proses pemindahan selesai.

Langkah 5: Lakukan instalasi dengan cara akses url domain anda, Misal www.domain-anda.com dan nanti akan muncul halaman setup WordPress lalu pilih bahasa Indonesia, Klik Lanjutkan.

akan muncul halaman setup WordPress lalu pilih bahasa Indonesia, Klik Lanjutkan.

Catatan: Sebelum melanjutkan Anda harus mengetahui beberapa item berikut. Item ini berdasarkan yang sudah Anda buat pada langkah pembuatan database.

  • Nama basis data
  • Nama pengguna basis data
  • Sandi database

Langkah 6: Klik Ayo!

Klik Ayo!

Langkah 7: Isi keterangan koneksi basis data, Prefix Tabel Anda di bawah ini (Sesuai dengan yang sudah Anda buat di pembuatan database) dan klik Kirim.

Isi keterangan koneksi basis data, Prefix Tabel

Langkah 9: Anda telah berhasil melewati bagian instalasi ini. WordPress sudah terhubung dengan database. Klik Jalankan Pemasangan.

Langkah 10: Isi informasi yang dibutuhkan dan klik Install WordPress.

Sip, Anda telah berhasil melakukan instalasi WordPress.

Install Tema WordPress

Setelah Anda berhasil instal WordPress, saatnya untuk memilih tema WordPress yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Langkah 1: Buka url www.domain-Anda.com/wp-admin.

Langkah 2: Isi pada halaman yang ditampilkan berupa username dan password.

Langkah 3: Di halaman dashboard klik Appearance > Themes > Add New.

install tema wordpress

Langkah 4: Di kolom pencarian, Anda cari tema yang diinginkan dan pilih salah satu, selanjutnya klik Install.

cari tema yang diinginkan

Langkah 5: Setelah proses instalasi selesai, klik Active untuk mengaktifkan tema tersebut.

Catatan: Anda juga bisa menambahkan tema lainnya dengan menggunakan fitur Upload Theme.

Install Plugin

Plugin ada banyak jenis dan fungsinya, namun Anda perlu install beberapa plugin di bawah ini.

  • Plugin SEO : Rank Math, Yoast SEO atau SEO Internal link (Pilih salah satu).
  • Plugin Back Up.
  • Plugin Google Analytics.

Cara instal plugin adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik menu plugin > Add new.

install plugin wordpress

Langkah 2: Cari nama plugin yang ingin Anda install di bagian kolom pencarian.

Cari nama plugin yang ingin Anda install di bagian kolom pencarian.

Langkah 3: Klik tombol instal pada plugin pilihan Anda.

Klik tombol instal pada plugin pilihan Anda.

Langkah 4: Setelah berhasil di install, klik activate.

setelah berhasil di install, klik activate.

Lakukan langkah-langkah di atas jika Anda ingin melakukan instalasi plugin yang lainnya.

Kimi Proses pembuatan website telah selesai, Anda sudah bisa menggunakan website tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dalam membuat website.

Sudah Berhasil Membuat Website, Apa Langkah Selanjutnya?

Cara membuat website gratis di atas sudah Anda terapkan dan berhasil membuat website. Apa langkah berikutnya? Selanjutnya lakukan hal ini saat membuat website, dengan beberapa pembahasan di antaranya:

  • Optimasi website yang terdiri dari perawatan seperti cek rutin home page website Anda apakah sudah berjalan optimal atau belum. Tidak lupa untuk cek kecepatan website dan lain sebagainya yang berkaitan dengan optimasi website.
  • Optimasi SEO dari mulai konten, halaman, plugin dan tema. Periksa apakah sudah SEO Friendly atau belum. Jika belum usahakan untuk mengoptimasinya agar website Anda semakin berkualitas.

Oh iya! sebagai bentuk perawatan juga jangan lupa untuk melakukan spring cleaning website. Spring cleaning website adalah memastikan apakah website Anda sudah up-to-date atau belum. Cek artikel cara spring cleaning website berikut untuk mengetahui apa saja yang perlu Anda lakukan di dalamnya.

Penutup

Nah itu adalah cara membuat website gratis dengan mudah dan lengkap untuk pemula. Bagaimana sudah yakin untuk membuat website berbasis WordPress di web hosting Exabytes Indonesia? Hubungi kami sekarang.

Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service kami perihal website hosting, cpanel hosting, maupun tentang hosting Indonesia. Customer service kami tentu saja siap untuk menjawab setiap pertanyaan yang Anda berikan kapan saja dan di mana saja.

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments