Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware?

174
6 min read

Di era digital seperti saat ini dapat dipastikan hampir semua orang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet. Dengan banyaknya pengguna yang berselancar dan melakukan aktivitas di internet, maka saat itu juga banyak serangan yang dilakukan oleh oknum dan pihak yang nggak bertanggung jawab. Hal ini perlu kita waspadai dan berhati-hati ketika mengaksesnya, terlebih lagi jika kamu website sendiri.

Salah satu serangan yang saat ini sedang marak terjadi dan menyerang banyak pengguna adalah ransomware. Beberapa diantara kamu mungkin sudah ada yang paham dan mengerti apa itu ransomware. 

Ilustrasi terkena serangan Ransomware

Namun kemungkinan besar juga ada yang sama sekali nggak tahu apa itu ransomware dan gimana sih cara mengatasinya jika secara tiba-tiba situs atau jaringan yang dimiliki diserang ransomware. Kamu nggak perlu khawatir, dibawah ini mimin akan kasih tahu secara jelas apa itu ransomware dan bagaimana cara mencegahnya. Check it out! 

Apa itu Ransomware?

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Ransomware adalah jenis malware yang pada awalnya akan menginfeksi dan menyerang pengguna komputer. Setelah menginfeksi komputer, serangan ini akan melacak dan mengenkripsi data penggunanya dengan kode rahasia unik yang hanya diketahui oleh pembuat serangan ansomware atau bisa juga disebut hacker

Dan sesuai dengan namanya, serangan ini akan menyandera data pengguna komputer dan meminta uang tebusan alias ransom jika korbannya ingin mengembalikan atau melakukan dekripsi datanya agar kembali seperti semula. Serem nggak sih guys? Hanya dengan teknologi kamu dapat diperas oleh oknum yang nggak dikenal.

Nah, yang kemungkinan terkena serangan ransomware ini bukan hanya perorangan. Instansi besar seperti perusahaan yang bergerak di berbagai macam dan jenis bidang juga sangat memiliki kemungkinan besar terkena serangan ini.

Baca Juga  Cara Mengidentifikasi Email Penipuan

6 Cara Mencegah Ransomware

Dibawah ini ada beberapa langkah pertahanan untuk mencegah infeksi dan serangan ransomware yang bisa kamu terapkan agar meningkatkan pertahanan dari segala jenis infeksi dan serangan!

Backup Data

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Sebagai pengguna komputer sekaligus internet aktif, mimin setuju kalau hal yang paling penting untuk dilindungi adalah data. Pasalnya jika seorang hacker berhasil menyerangmu dengan infeksi ransomware, hal pertama yang akan dilakukan adalah mengakses dan menyandera datamu yang kemudian akan memerasmu untuk menebusnya. 

Oleh karena itu, untuk tetap berjaga dan berhati-hati dari bahaya serangan ransomware ini adalah melakukan backup data. Lakukan backup data tanpa terkoneksi dengan internet jika kamu sudah terserang ransomware untuk menyelamatkan data yang lain. Biasakan juga untuk rutin backup setelah melakukan sesuatu dan bisa cadangkan datamu di drive, cloud, dropbox dan perangkat lainnya.

Lakukan Update Sistem Operasi dan Aplikasi Secara Otomatis

FYI, Microsoft melakukan update sekuriti setiap hari selasa minggu kedua setiap bulan. Pastikan kamu memperhatikan jadwal tersebut karena pada umumnya komputer akan restart jika terjadi update pada sistem operasi. 

Sama halnya seperti update pada sistem operasi, update pada semua program yang terinstal di komputer juga menjadi salah satu hal penting dalam upaya pencegahan serangan ransomware yang sedang marak terjadi. 

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Aplikasi atau program populer yang sering diserang adalah aplikasi seperti Firefox, Chrome, Safari, Opera, Internet Explore, Adobe Flash Player, Java, dan freeware populer seperti download manager dan sejenisnya. 

Untuk itu, tetap perbarui sistem operasi dan aplikasi yang kamu miliki agar memiliki sedikit kerentanan untuk diserang dan dieksploitasi. 

Instal Perangkat Lunak Antivirus

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Pada langkah ini, cobalah untuk menginstal antivirus yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi ransomware tanpa tergantung pada pembaruan atau update sistem operasi. Juga memasukkan perangkat lunak ke dalam whitelist yang secara otomatis akan mencegah aplikasi yang tidak sah dijalankan sejak awal. Jika kamu sudah memiliki antivirus, lakukan perbaruan secara berkala agar terhindar dari serangan ini.

Baca Juga  8 Kesalahan Landing Page yang Menyebabkan Tingkat Konversi Rendah

Namun sekali lagi, jangan terlalu bergantung pada antivirus ya guys~ tetap lakukan backup data di poin pertama tadi sebagai perlindungan utama.   

Hati-hati Saat Download

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Poin yang satu ini sangat penting nih guys untuk kamu terapkan guna mencegah serangan ransomware! Tetaplah berhati-hati dengan apapun yang kamu buka di internet mulai dari website sampai mengunduh sesuatu. 

Jangan sembarangan menjalankan unduhan, lampiran, atau file yang tidak kamu ketahui keamanannya. Jika dirasa file tersebut memang nggak reliable, lebih baik jangan mengunduhnya. Terlebih lagi jika kamu ingin menginstal suatu perangkat lunak dan diminta untuk memberi hak administratif, jangan pernah menjalankan perintah tersebut jika kamu nggak paham betul apa fungsinya. 

Hindari Klik Email Sembarangan

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Salah satu cara penyerangan utama ransomware adalah melalui klik yang dilakukan oleh pengguna internet. Bisa dari website atau email. Nah sebaiknya kamu hindari untuk mengklik email yang tercantum link yang kamu nggak kenal siapa pengirimnya atau link yang tidak kamu ketahui. Bisa jadi itu dari email dari oknum yang ingin menyerangmu dan meminta tebusan uang. Jadi hindari hal itu ya, jangan sampai juga mengunduh attachment dari email itu.

Nonaktifkan File Sharing

Apa itu Ransomware dan Bagaimana Cara Mencegah Ransomware? - 2020

Terakhir, pastikan kamu sudah menonaktifkan file sharing atau fitur SMB File Sharing bila tidak digunakan. Pasalnya ransomware ini menyebar lewat jaringan jadi sebagai antisipasi sebaiknya dimatikan saja. Dengan ini kamu telah menghindari semaksimal mungkin memberikan hak full sharing ke jaringan. 

Itulah penjelasan dan beberapa cara untuk mencegah serangan ransomware yang saat ini sedang marak terjadi dan menimpa beberapa orang disekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat ya guys dan jangan lupa terapkan langkah-langkah yang telah mimin kasih tahu diatas! 

Credits : Aisya Damayanti Sumarno