Panduan Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console

0
36

Google Search Console merupakan salah satu tools yang sangat penting bagi pemilik website untuk memantau kinerja dari website mereka di mesin pencarian Google. Namun sebelum bisa menggunakan fitur yang ada di alat ini, Anda harus melakukan verifikasi domain terlebih dahulu.

Proses verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa hanya Anda yang mempunyai akses ke data penting dalam website tersebut dan bisa melakukan perubahan yang bisa mempengaruhi tampilan website di hasil mesin pencarian Google.

Terus, bagaimana cara verifikasi domain ke Google Search Console? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tutorial lengkap bagaimana cara verifikasi website ke google search console menggunakan beberapa cara. Bagi yang penasaran bagaimana caranya, simak artikel berikut ini!

Fungsi Google Search Console

cara verifikasi domain ke google search console

Google Search Console sangat berguna untuk pemilik website dalam mengelola dan memantau perkembangan website. Selain itu, masih ada beberapa fungsi google search console yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

Melihat Jumlah Pengunjung Website

Google Search Console bisa Anda manfaatkan untuk menampilkan jumlah pengunjung harian website menggunakan empat parameter utama. Anda bisa melihat jumlah rata-rata pengunjung dan impresi yang didapatkan pada setiap halaman.

Dengan informasi ini, Anda bisa mengetahui halaman mana yang memberikan jumlah pengunjung terbesar dan sebaliknya. Dari informasi tersebut, Anda bisa mengembangkan website menjadi lebih baik lagi dan mendapat lebih banyak pengunjung.

Menentukan Top Keyword Website

cara verifikasi domain ke google search console

Fungsi google search console yang berikutnya adalah menampilkan informasi mengenai keyword atau query yang digunakan oleh pengguna di internet ketika membuka website Anda.

Dengan fungsi Anda bisa mengetahui kata kunci atau keyword mana yang sering digunakan oleh pengunjung, sehingga Anda bisa mengoptimalkan konten untuk keyword tersebut. Anda bisa melihat artikel atau halaman mana yang paling banyak di klik oleh pengunjung dari mesin pencarian.

Mengetahui Halaman Terbaik Website

Google Search Console bisa menampilkan informasi tentang halaman mana yang mempunyai pengunjung terbanyak setiap bulannya. Dengan data ini, Anda bisa memantau halaman mana saja yang populer dan banyak pengunjungnya.

Anda bisa mengoptimalkan konten di halaman tersebut dan mengupdatenya supaya tetap relevan dan menarik untuk pengunjung. Dengan mengupdate konten secara bertahap, pengunjung merasa nyaman dan relate dengan informasi yang diberikan sehingga tidak keluar website sebelum selesai membaca.

Memeriksa Kompatibilitas Website

Dengan tren yang semakin mengarah ke penggunaan perangkat mobile, Google menuntut setiap website untuk responsive (mobile friendly) supaya bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Nah, GSC disini akan membantu Anda mengaudit setiap halaman untuk memastikan bahwa situs Anda mobile-friendly. Jika ada halaman yang tidak mobile-friendly, Anda harus segera mengecek dan memperbaikinya.

Memeriksa Backlink dan Audit Broken Link

Fungsi GSC yang berikutnya adalah membantu dalam mengelola aktivitas backlink, yaitu domain website lain yang menautkan URL website Anda. Backlink ini penting dan bisa meningkatkan performa website.

Selain itu, google search console juga memungkinkan Anda untuk memeriksa jika terdapat link yang rusak atau mengalami error 404, sehingga Anda bisa segera memperbaikinya. Hal ini karena link yang rusak juga berpengaruh pada SEO website Anda.

Update Sitemap Website

Terakhir, GSC digunakan untuk meng-update sitemap yang berfungsi untuk memetakan URL situs Anda dalam format .XML. Sitemap ini mempermudah Google dalam mengindeks website Anda, memastikan setiap halaman bisa ditemukan dan diakses oleh mesin pencari.

Sitemap ini wajib adanya, terlebih lagi untuk sebuah blog atau website yang baru dibuat. Dengan adanya sitemap, mesin pencarian seperti Google akan lebih mudah dalam memetakan setiap halaman yang ada di website Anda.

Cara Verifikasi Domain di Google Search Console

cara ganti localhost dengan domain

Setelah Anda mengetahui apa itu google search console beserta fungsi-fungsinya untuk website, selanjutnya kita masuk ke tutorial cara verifikasi website di google search console. Untuk melakukan verifikasi domain di GSC, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu:

File Verifikasi HTMl

Cara yang pertama adalah dengan mengupload file HTML ke direktori root website Anda. Cara ini sangat mudah namun Anda membutuhkan akses ke server untuk mengupload file HTML, Anda bisa menggunakan FTP atau cPanel di File Manager. Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langka 1: Unduh File HTML

Langkah pertama untuk menambahkan website ke Google Search Console adalah dengan download file verifikasi HTML yang ada di tab Metode yang disarankan. Jadi, silahkan Anda download HTML verification file terlebih dahulu.

Langkah 2: Upload ke Direktori Root

Berikutnya, pastikan Anda sudah terhubung dan login ke hosting website Anda, baik itu lewat cPanel atau FTP. Namun sebaiknya login saja lewat cPanel karena lebih mudah dan tidak perlu mendownload software tambahan.

Setelah login, upload file yang telah Anda download ke folder root website Anda. Anda bisa mencari folder tersebut di “File Manager – public_html”, folder ini biasanya berisi wp-content, wp-config.php, dan lain-lain.

Langkah 3: Klik Verifikasi di GSC

Setelah Anda melakukan dua langkah di atas, dan file verifikasi sudah berhasil terunggah di hosting website Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Jadi, silahkan pergi kembali ke Google Search Console dan klik tombol “Verifikasi”.

Tag HTML

Cara kedua adalah dengan menggunakan tag HTML, disini Anda bisa menambahkan tag meta ke bagian website. Untuk pengguna WordPress, Anda bisa menambahkan tag ke file header.php atau menggunakan plugin untuk memasukkannya ke header. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

Langkah 1: Salin Tag Meta

Untuk melihat tag meta yang harus disalin, silahkan buka tab Metode alternatif pada antarmuka GSC. Anda juga bisa menambahkan website lewat link berikut:

https://www.google.com/webmasters/verification

Silahkan pilih tambahkan property, kemudian pilih opsi. Silahkan klik “Tag HTML” dan salin code yang muncul.

Langkah 2: Tambahkan Tag Meta

Sebenarnya Anda bisa menambahkan tag meta tersebut langsung di bagian header.php dalam website Anda. Namun jika bingung, Anda juga bisa menggunakan plugin tambahan bernama “Insert Headers and Footers”.

Caranya, buka “Pengaturan -> Insert Header dan Footers”. Kemudian silahkan tempel tag meta di kotak “Script” di Header. Terakhir, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

TXT DNS Record

Pada dua metode sebelumnya kita cuma menambahkan beberapa baris kode saja, namun pada cara verifikasi website di google search console yang satu ini sedikit berbeda dan cukup kompleks. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Dapatkan Data TXT

Pertama, Anda harus mendapatkan TXT DNS di tab “Metode alternatif” di GSC, kemudian pilih penyedia nama domain. Anda bisa memilih penyedia domain dari drop-down (jika ada). Namun jika Anda tidak melihat penyedia domain Anda, Anda bisa memilih cara lainnya.

Langkah 2: Tambahkan TXT

Langkah berikutnya, Anda harus menambahkan data TXT tadi di tempat penyedia DNS Anda. Disini Anda harus mencari instruksi khusus dari penyedia DNS, setiap penyedia layanan mempunyai tampilan fitur yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, langkah atau tampilannya relative sama. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Klik ops DNS.
  • Kemudian klik “Manage” pada website yang ingin Anda verifikasi dengan GSC.
  • Klik “Add DNS Record” dan pastikan memilih TXT lewat drop-down yang ada.

Langkah 3: Klik Verifikasi di GSC

Setelah menyelesaikan beberapa langkah di atas, selanjutnya adalah melakukan verifikasi di Google Search Console. Silahkan buka kembali halaman GSC dan klik tombol “Verifikasi” yang ada. Dengan begitu, proses verifikasi domain berhasil dilakukan.

Google Analytics

Integrasikan website dengan Google analytics
Mengintegrasikan website dengan Google Analytics akan membantu memantau performa website untuk mendapatkan peluang muncul di halaman pertama Google. (Sumber: pixabay)

Cara verifikasi domain ke Google Search Console berikutnya adalah memakai Google Analytics. Jika Anda sudah memasang kode pelacakan asinkron dari GA di website, maka Anda bisa dengan mudah melakukan verifikasi domain menggunakan Google Analytics.

  • Untuk detail caranya sendiri sangat mudah, ikuti langkah berikut ini:
  • Buka tab “Metode alternatif” di Google Search Console.
  • Kemudian klik radio button “Google Analytics”.
  • Klik Verifikasi.

Google Tag Manager

cara verifikasi domain ke google search console

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan Google Tag Manager, untuk caranya sendiri mirip dengan Google Analytics. Disini Anda bisa memverifikasi domain atau website hanya dengan satu klik saja. Hal ini berlaku selama Anda mempunyai cuplikan penampung Google Tag Manager yang aktif di website.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka tab “Metode alternatif” di Google Search Console.
  • Kemudian klik radio button “Google Tag Manager”.
  • Klik Verifikasi.

Verifikasi Website Penting untuk Memastikan Kepemilikan Sah Website

Verifikasi website di Google Search Console merupakan langkah penting yang sangat penting dan harus harus dilakukan oleh setiap pemilik website. Proses ini memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah dari website tersebut dan memberi Anda akses ke berbagai tools di GSC yang bisa membantu perkembangan website.

Untuk mendukung kesuksesan website Anda, Exabytes Indonesia mengadakan Promo Exavaganza! Dengan membeli domain dan hosting sekarang, Anda tidak hanya mendapatkan layanan terbaik untuk website Anda, tetapi juga berkesempatan memenangkan 10x Kesempatan Lebih Besar Mendapatkan Wuling Air EV. Tingkatkan kehadiran online Anda dan nikmati peluang menarik ini. 

Jangan lewatkan kesempatan emas ini!

Panduan Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console - 2024