Mengenal Cloud Computing : Definisi, Jenis dan Manfaatnya

1421
Cloud Computing
10 min read

Hi, Exabytes Friends!

Pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih jauh tentang Cloud Computing; definisinya, serta apa saja jenis dan manfaatnya.

Secara mendalam, nanti kita juga akan membahas tentang salah satu teknologi cloud, yaitu virtualisasi, untuk spesifiknya yaitu VMware.

Memahami cloud computing merupakan skill yang perlu kamu pelajari, karena saat ini banyak perusahaan yang mulai berpindah dari server tradisional ke teknologi cloud. Hal ini berarti bahwa peluang kerja untuk seseorang yang ahli dalam bidang cloud computing akan semakin dicari di tahun 2021.

Cloud computing adalah teknologi kekinian dan skill di bidang ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. (Sumber: Adobe Photo Images)
Cloud computing adalah teknologi kekinian dan skill di bidang ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. (Sumber: Adobe Photo Images)

Seseorang dengan skill cloud computing diperlukan untuk mengembangkan solusi untuk perancangan, perencanaan, pengelolaan, pemeliharaan, dan mendukung penggunaan cloud computing.

Sementara itu, definisi lain menurut Microsoft, cloud computing adalah pengiriman layanan komputasi—termasuk server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan kecerdasan—melalui Internet (“cloud”) untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan skala yang ekonomis.

Menurut Amazon, cloud computing adalah pengiriman sumber daya teknologi informasi (TI) berdasarkan permintaan melalui Internet dengan harga bayar sesuai pemakaian. 

Jenis-Jenis Cloud Computing

Secara umum ada 3 jenis cloud computing, yaitu IaaS, SaaS dan PaaS:

Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Cloud computing ‘Infrastruktur sebagai Pelayanan (IaaS)’ melibatkan metode untuk mengirimkan segala sesuatu, mulai dari sistem operasi ke server dan penyimpanan melalui konektivitas berbasis IP, sebagai bagian dari layanan sesuai permintaan.

Klien dapat menghindari pengeluaran untuk membeli perangkat lunak atau server, dan alih-alih mendapatkan sumber daya ini dalam bentuk layanan, yaitu berdasarkan permintaan yang dialihdayakan.

Produk IaaS biasanya berupa Virtual Private Server atau Virtual Machine (VPS/VM), untuk teknologinya salah satunya bisa menggunakan VMware, yang nanti akan kami bahas lebih detail.

Software-as-a-service (SaaS)

Cloud computing ‘Perangkat Lunak sebagai Pelayanan (SaaS) melibatkan lisensi aplikasi perangkat lunak kepada klien. Lisensi biasanya diberikan melalui model berbayar sesuai pemakaian atau sesuai permintaan. Jenis sistem ini dapat ditemukan di Microsoft Office 365.

Platform-as-a-service (PaaS)

Cloud computing ‘Platform sebagai Pelayanan (PaaS)’ dianggap sebagai yang paling kompleks dari ketiganya. PaaS memiliki beberapa kesamaan dengan SaaS, perbedaan utamanya adalah bahwa alih-alih mengirimkan perangkat lunak secara online, PaaS sebenarnya adalah platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui Internet.

Tipe-Tipe Cloud Computing

Sementara itu, berdasarkan penggunaannya ada 3 tipe cloud computing, yaitu: 

Tipe cloud computing berdasarkan penggunaannya. (Sumber: Adobe Photo Images)
Tipe cloud computing berdasarkan penggunaannya. (Sumber: Adobe Photo Images)

Public

Awan publik adalah jenis penyebaran cloud computing yang paling umum. Sumber daya cloud (seperti server dan penyimpanan) dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia layanan cloud pihak ketiga dan dikirimkan melalui internet. Dengan awan publik, semua perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur pendukung lainnya dimiliki dan dikelola oleh penyedia cloud.

Di awan publik, Anda berbagi perangkat keras, penyimpanan, dan perangkat jaringan yang sama dengan organisasi lain atau “penyewa” cloud, dan Anda mengakses layanan serta mengelola akun Anda menggunakan web browser. Penyebaran awan publik sering digunakan untuk menyediakan email berbasis web, aplikasi kantor online, penyimpanan, serta lingkungan pengujian dan pengembangan.

Private

Awan pribadi terdiri dari sumber daya cloud computing yang digunakan secara eksklusif oleh satu bisnis atau organisasi. Awan pribadi dapat secara fisik ditempatkan di pusat data di tempat organisasi Anda, atau dapat di-hosting oleh penyedia layanan pihak ketiga. Tetapi di awan pribadi, layanan dan infrastruktur selalu dipertahankan di jaringan pribadi dan perangkat keras dan perangkat lunak didedikasikan hanya untuk pihak Anda.

Dengan cara ini, awan pribadi dapat memudahkan klien untuk menyesuaikan sumber dayanya untuk memenuhi persyaratan IT tertentu. Awan pribadi sering digunakan oleh lembaga pemerintah, lembaga keuangan, organisasi menengah hingga besar lainnya dengan operasi kritis bisnis yang menargetkan kontrol yang ditingkatkan atas lingkungan mereka. 

Baca Juga  Masa Depan Cloud Computing: Apa Dampaknya Bagi Bisnis?

Hybrid

Awan hybrid adalah jenis cloud computing yang menggabungkan infrastruktur lokal—atau awan pribadi—dengan awan publik. Awan hybrid memungkinkan data dan aplikasi berpindah di antara dua lingkungan tersebut.

Banyak orang memilih pendekatan awan hybrid karena kepentingan bisnis, seperti memenuhi persyaratan peraturan dan kedaulatan data, memanfaatkan sepenuhnya investasi teknologi lokal, atau mengatasi masalah latensi rendah.

Awan hybrid berkembang juga untuk menyertakan ‘beban kerja tepi’. Komputasi tepi membawa kekuatan cloud computing ke perangkat IoT (Internet of Things)—lebih dekat ke tempat data berada. Dengan memindahkan beban kerja ke tepi, perangkat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berkomunikasi dengan cloud, mengurangi kelatenan, dan bahkan dapat beroperasi dengan handal dalam periode offline yang diperpanjang.

Manfaat Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing
Ilustrasi Cloud dengan Laptop (Sumber: Adobe Photo Stock)

Manfaat pasti dari cloud computing akan bervariasi sesuai dengan jenis layanan cloud yang digunakan tetapi, pada dasarnya, menggunakan layanan cloud berarti perusahaan tidak harus membeli atau memelihara infrastruktur komputasi mereka sendiri. Berikut ini, 5 manfaat dari Cloud Computing:

Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Teknologi cloud computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah disediakan oleh cloud computing. Selain itu, dari segi infrastruktur, pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya (seperti pusat data dan media penyimpanan), karena sudah tersedia secara virtual oleh cloud computing.

Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi cloud computing, penyedia telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan standar internasional (ISO). Tentunya dengan cloud computing akan membuat data dan informasi Anda bisa lebih aman terjaga dibandingkan metode konvensional yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

Lebih Murah dan Tahan Lama

Cloud computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server. Karena semua produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian dan setelah masa pemakaian tersebut biasanya akan terjadi beberapa kerusakan dan berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error.

Sebagai Antisipasi Mencegah Kehilangan Data

Kehilangan data merupakan masalah utama bagi semua pihak, selain masalah keamanan data. Menyimpan data Anda di cloud akan menjamin data selalu tersedia, meskipun peralatan Anda seperti laptop atau PC rusak. Layanan berbasis cloud menyediakan pemulihan data yang cepat untuk semua jenis skenario darurat – mulai dari bencana alam hingga pemadaman listrik. Infrastruktur cloud juga dapat membantu Anda mencegah kerugian.

Jika Anda mengandalkan penyimpanan lokal atau tradisional untuk menyimpan data misal di komputer kantor bisa saja hilang. Terlepas dari upaya terbaik Anda, komputer dapat mengalami malfungsi karena berbagai alasan — mulai dari malware dan virus sampai kerusakan perangkat keras terkait usia, hingga kesalahan pengguna. Namun, jika Anda mengunggah data ke cloud, data tersebut tetap dapat diakses oleh komputer manapun dengan koneksi internet, bahkan jika terjadi sesuatu pada komputer kantor Anda.

Disaster Recovery

Memiliki versi perangkat lunak sebelumnya yang disimpan di cloud, dan memiliki contoh produksi yang berjalan di beberapa zona atau wilayah ketersediaan cloud akan memungkinkan pemulihan yang lebih cepat bila terjadi “bencana”: jika aplikasi Anda diterapkan di beberapa lokasi dan karena alasan tertentu satu wilayah turun – lalu lintas dapat secara otomatis failover ke wilayah kerja tanpa gangguan ke pengguna akhir. Dalam kasus lain di mana ada bug utama dalam rilis perangkat lunak, rollback yang cepat dapat dimulai untuk memulihkan versi yang dirilis sebelumnya dan lebih stabil untuk meminimalkan kerusakan.

Kapasitas Penyimpanan Tidak Terbatas

Terkait dengan manfaat skalabilitas di atas, cloud pada dasarnya memiliki kapasitas yang tidak terbatas untuk menyimpan semua jenis data di berbagai jenis penyimpanan data cloud, tergantung pada ketersediaan, kinerja, dan frekuensi data tersebut harus diakses.

Aturan praktisnya adalah bahwa biaya penyimpanan naik sesuai dengan tingkat ketersediaan data, kinerja, dan frekuensi akses. Dengan membuat dan mengoptimalkan kebijakan struktur biaya cloud dapat mengurangi biaya penyimpanan cloud secara signifikan sekaligus mempertahankan tujuan bisnis perusahaan terkait penyimpanan data di cloud.

Alasan Mengapa Beralih Ke Cloud Computing

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, berikut adalah tujuh alasan umum mengapa orang beralih ke layanan cloud computing:

Baca Juga  Masa Depan Cloud Computing: Apa Dampaknya Bagi Bisnis?

Biaya

Cloud computing meniadakan biaya modal untuk membeli perangkat keras dan perangkat lunak serta menyiapkan dan menjalankan pusat data di tempat—rak server, listrik 24 jam untuk daya dan pendinginan, dan pakar IT untuk mengelola infrastruktur.

Kecepatan

Sebagian besar layanan cloud computing disediakan layanan mandiri dan sesuai permintaan, sehingga bahkan sejumlah besar sumber daya komputasi dapat disediakan dalam hitungan menit, biasanya hanya dengan beberapa klik, ini memberikan banyak fleksibilitas bagi bisnis dan mengurangi tekanan dari perencanaan kapasitas.

Skala Global

Manfaat layanan cloud computing termasuk kemampuan untuk menskalakan secara elastis. Di cloud, itu berarti memberikan jumlah sumber daya IT yang tepat—misalnya, daya komputasi, penyimpanan, bandwidth yang lebih besar atau lebih kecil—tepat saat dibutuhkan, dan dari lokasi geografis yang tepat.

Produktivitas

Pusat data di tempat biasanya memerlukan banyak “penyiapan dan penumpukan”—pengaturan perangkat keras, penambalan perangkat lunak, dan tugas manajemen IT lainnya yang memakan waktu. Cloud computing meniadakan kebutuhan akan banyak tugas ini, sehingga tim IT dapat meluangkan waktu untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih penting.

Kinerja

Layanan cloud computing terbesar berjalan di jaringan pusat data aman di seluruh dunia, yang secara teratur ditingkatkan ke perangkat keras komputasi generasi terbaru yang cepat dan efisien. Ini menawarkan beberapa manfaat dibandingkan dengan satu pusat data perusahaan, termasuk pengurangan latensi jaringan untuk aplikasi dan skala ekonomi yang lebih besar. 

Keandalan

Cloud computing membuat pencadangan data, pemulihan bencana, dan kelangsungan bisnis menjadi lebih mudah dan lebih murah, karena data dapat dicerminkan di beberapa situs redundant di jaringan penyedia cloud.

Keamanan

Banyak penyedia cloud menawarkan serangkaian luas kebijakan, teknologi dan kontrol yang memperkuat postur keamanan secara keseluruhan, sekaligus membantu melindungi data, aplikasi dan infrastruktur Anda dari potensi ancaman.

Teknologi dalam Cloud Computing

Salah satu teknologi dalam cloud computing yang akan kita bahas kali ini adalah virtualisasi.

Virtualisasi di cloud computing adalah membuat platform virtual sistem operasi server dan perangkat penyimpanan. Ini akan membantu pengguna dengan menyediakan beberapa mesin pada saat yang sama dan juga memungkinkan berbagi satu contoh fisik sumber daya atau aplikasi ke banyak pengguna. Virtualisasi cloud juga mengelola beban kerja dengan mengubah komputasi tradisional dan membuatnya lebih scalable, ekonomis dan efisien.

Virtualisasi di cloud computing akan dengan cepat mengintegrasikan cara dasar komputasi. Salah satu fitur penting dari virtualisasi adalah memungkinkan berbagi aplikasi ke banyak pelanggan dan perusahaan. Cloud computing juga dapat dikenal sebagai layanan dan aplikasi yang dikirimkan untuk membantu lingkungan virtual. Lingkungan ini dapat bersifat publik atau privat. Dengan bantuan virtualisasi, pelanggan dapat memaksimalkan sumber daya dan mengurangi sistem fisik yang membutuhkan. 

Beberapa investasi di bidang IT menawarkan peluang besar untuk pengurangan biaya, peningkatan produktivitas, dan kesinambungan bisnis yang ditingkatkan. Ini terutama dapat terjadi dengan virtualisasi.

Bukan sekadar tentang pengurangan biaya dan kebutuhan sumber daya; virtualisasi juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih kuat, gesit, dan responsif terhadap perubahan kondisi ekonomi dan peluang bisnis.

VMware

Untuk penjelasan sederhananya, VMware adalah pengembang software virtualisasi, yang bisa Anda gunakan untuk membuat mesin virtual (VM). Dengan virtualisasi server VMware, sebuah hypervisor diinstal di server fisik untuk memungkinkan beberapa VM diaktifkan pada satu server fisik yang sama.

Setiap VM dapat menjalankan sistem operasinya sendiri, yang memungkinkan beberapa sistem operasional (OS) bisa dijalankan di satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya yang sama pula, seperti jaringan dan RAM.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang VMware serta kegunaan dan kelebihannya, Anda bisa simak di artikel Exabytes beberapa minggu lalu.

Mau paham lebih lanjut tentang VMware? Klik link di atas! (Sumber: Exabytes)
Mau paham lebih lanjut tentang VMware? Klik link di atas! (Sumber: Exabytes)

Penutup

VMware adalah salah satu software virtualisasi terbaik yang bisa Anda gunakan. Faktanya, hingga saat ini tidak ada software lain yang mampu membantu membawa cloud computing untuk selangkah lebih maju ke masa depan, selain daripada VMware. Jadi jika kamu ingin metode paling kekinian dan menjadi yang paling futuristik dibanding para pesaing, maka hanya VMware lah satu-satunya pilihanmu.

Exabytes adalah salah satu penyedia Cloud VMware di Indonesia, yang ‘Cepat, Aman & Terpercaya,’ jadi jika kamu berminat, silakan kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments