Content Marketing: Taktik Mengembangkan Brand Secara Online

529
content marketing
10 min read

Bisnis online memang bisa memberikan hasil yang menjanjikan. Akan tetapi, semua bergantung pada strategi yang kamu gunakan. Di era digital seperti sekarang ini, content marketing menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan. Banyak orang yang percaya bahwa cara ini sangat efektif untuk menarik pelanggan potensial.

Jika kamu pernah mendengar istilah content marketing namun tidak tahu seperti apa jenis pemasarannya sekarang kita bisa mencari tahu bersama-sama.

Sekilas Tentang Content Marketing

Sekilas tentang content marketing, strategi pemasaran menggunakan konten
Sekilas tentang content marketing, strategi pemasaran menggunakan konten (Sumber: flickr – Sara Zidan)

Content marketing adalah istilah yang erat kaitannya dengan bisnis online, digital marketing, penulisan konten, internet marketing, dan Search Engine Optimization (SEO). Lalu apa sebenarnya content marketing itu?

Content marketing adalah strategi pemasaran dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan dan berharga. Konten tersebut biasanya konsisten dan bisa menarik perhatian target audiens. Kamu bisa menyimak artikel cara membangun strategi digital marketing ini untuk informasi selengkapnya.

Fokus dari strategi marketing yang satu ini adalah informasi manfaat produk namun tidak secara langsung. Saat hendak menggunakan strategi ini, pastikan bahwa konten kamu memiliki tujuan promosi atau memasarkan produk maupun jasa dari website.

Bentuk Content Marketing

Jika kamu tertarik dengan strategi digital marketing ini, ada beberapa bentuk content marketing yang patut kamu coba karena sudah banyak bisnis yang menggunakannya. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah!

Infografik

Infografik memungkinkan audiens lebih mudah dalam memahami informasi
Infografik memungkinkan audiens lebih mudah dalam memahami informasi (Sumber: pixabay – Almariel1)

Tren infografik bisa menjadi solusi dalam menyampaikan informasi. Dengan cara ini, informasi yang rumit sekalipun bisa kamu sampaikan dengan mudah sehingga audiens bisa dengan mudah memahaminya. Kelebihan dari infografik adalah memadukan gambar dan tulis namun informasi tetap to the point.

Website atau Blog

Masih belum tahu harus memulai content marketing dari mana? Coba buat blog atau website. Biasanya, mereka yang terjun ke bisnis online memiliki website. Selain informasi penting seputar bisnis termasuk produk dan layanan yang disediakan, biasanya pengelola website juga rajin mengunggah artikel blog.

Tujuannya adalah untuk memberitahu mesin pencari bahwa website tersebut aktif dan selalu melakukan kegiatan termasuk membagikan unggahan melalui blog. Artikel blog harus sesuai dengan target audiens yang sudah kamu tetapkan. 

Podcast

Podcast adalah rekaman audio percakapan yang bisa menjadi opsi konten untuk tujuan pemasaran. Topik yang menarik biasanya dibawakan secara santai dan ringan. Secara tidak langsung, audiens akan mulai mengenali brand tersebut.

Seiring meningkatnya popularitas podcast, semakin banyak orang yang membuatnya. Siapapun bisa mendengarkan podcast kapanpun dan dimanapun melalui internet. Jadi, tidak ada salahnya mempertimbangkan konten yang satu ini.

Video

Dalam content marketing, video masih menjadi cara yang paling efektif. Kamu bisa membagikan video lewat kanal YouTube. Saat ini, TikTok menjadi media sosial yang tengah populer. Nah, ini kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan membuat video pendek dan membagikannya di platform ini. 

Ada juga bentuk konten marketing lain yang juga bisa memaksimalkan hasil dari strategi pemasaran secara online. Ya, kamu bisa mencoba konten dalam bentuk ebook, template, atau webinar. 

Mengapa Content Marketing Itu Penting?

Pentingnya content marketing dalam mengembangkan sebuah brand
Pentingnya content marketing dalam mengembangkan sebuah brand (Sumber: flickr – Nishant Pandey)

Sebelum menerapkan sebuah strategi pemasaran baik konvensional maupun online, para pebisnis harus terlebih dahulu mengetahui mengapa mereka harus menerapkan strategi tersebut. Jika kamu belum memiliki alasan dan tujuan yang jelas dari penerapan content marketing, coba pertimbangkan beberapa alasan ini.

Strategi Jangka Panjang yang Terukur

Seorang pebisnis online yang berfokus dalam pembuatan konten yang bermanfaat dan bisa membantu orang-orang yang sedang melakukan pencarian, ia memiliki potensi untuk membuat konten yang memiliki ranking tinggi di Google. Konten semacam ini biasanya bisa menghasilkan pertumbuhan traffic yang konsisten.

Peningkatan Brand Awareness

Meningkatkan brand awareness dari para pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Namun bukan tidak mungkin kamu bisa melakukannya terlebih jika memilih strategi yang tepat. 

Membantu Meningkatkan Upaya SEO

Alasan lain dibalik pentingnya content marketing adalah menjadi parameter untuk bisa mengoptimasi dan meningkatkan traffic website. Seperti yang kita tahu jika SEO (Search Engine Optimization) merupakan bagian penting dalam meningkatkan visibilitas bisnis online. 

Untuk bisa meningkatkan hasil optimasi mesin pencari, sudah pasti kamu harus membuat konten yang optimal. Semakin banyak konten yang kamu bagikan, semakin banyak pula halaman website yang akan di index oleh mesin pencari. Sehingga konten kamu akan berada di puncak hasil pencarian mesin pencari.

Meningkatkan Reputasi Brand

Salah satu keuntungan yang paling besar yang menunjukkan pentingnya content marketing adalah membangun kualitas brand melalui konten yang menarik. Di dunia digital saat ini, membangun kepercayaan sangat penting untuk sebuah bisnis. Dengan demikian, bisnis kamu memiliki kesempatan untuk membangung reputasi yang positif.

Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Membangun hubungan dengan pelanggan  merupakan hal yang penting bagi sebuah brand
Membangun hubungan dengan pelanggan merupakan hal yang penting bagi sebuah brand (Sumber: unsplash – John Scnobrich)

Jika masih penasaran kenapa content marketing begitu penting, pertimbangkan hubungan dengan pelanggan. Konten yang bagus membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Cara ini membantu mengembangkan audiens dan mendapatkan leads yang lebih banyak.

Fungsi Content Marketing

Karena content marketing ini merupakan promosi namun tidak dilakukan secara langsung, maka fungsinya sama dengan fungsi promosi atau iklan pada umumnya. Beberapa fungsi dari content marketing di antaranya:

  • Menarik perhatian konsumen atau pembeli
  • Memperkenalkan brand produk atau jasa
  • Memperluas jaringan konsumen
  • Meningkatkan penjualan online
  • Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness)
  • Melibatkan komunitas pengguna produk secara online

Contoh Content Marketing

Beberapa contoh content marketing yang dapat diimplementasikan pada brand
Beberapa contoh content marketing yang dapat diimplementasikan pada brand (Sumber: flickr – Martin Lois)

Terkadang kita agak sulit menangkap dan memahami informasi jika tidak disertakan dengan contoh. Hal ini juga mungkin saja terjadi saat kita membicarakan tentang content marketing namun tidak ada contohnya.

Untuk kamu yang hendak mencoba peruntungan dari pemasaran digital yang melibatkan berbagai jenis konten bermanfaat serta berkualitas, tidak ada salahnya mencoba beberapa contoh content marketing di bawah ini.

Berbagi Tips dan Tutorial Melalui Blog

Artikel blog yang kamu bagikan sebenarnya merupakan salah satu contoh penerapan content marketing. Dalam hal ini, kamu bisa membagikan informasi apapun yang memang bermanfaat dan menarik untuk dibaca misalnya seputar tips atau tutorial yang akan sangat membantu pengguna internet.

Memanfaatkan Media Sosial

Untuk mengimplementasikan strategi marketing melalui konten, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial. Ada banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan termasuk Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok. Untuk membantu kamu dalam penggunaan media sosial untuk tujuan content marketing, kamu juga bisa mulai belajar Facebook Ads.

Membuat Akun YouTube

Strategi konten marketing lain yang patut untuk kamu coba adalah membagikan konten melalui akun YouTube. Ini bisa menambah cara dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Konten yang dibuat adalah berbentuk video.

Sama seperti membuat konten dalam bentuk lain misalnya artikel blog, konten berupa video yang akan kamu unggah di kanal YouTube juga harus menarik. Hal ini tidak mudah, terlebih jika kamu bukan seorang content creator. Hal yang harus selalu kamu perhatikan adalah pastikan konten tersebut berhubungan dengan produk dan jasa yang bisnis kamu tawarkan. 

Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Membuat konten menarik memang tidak mudah tapi bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika kamu ingin terjun secara langsung di dunia content marketing dengan membuat konten tanpa melibatkan orang lain, ada beberapa skill yang harus kamu asah. Berikut beberapa di antaranya:

Penulisan Konten

Meski penting tetapi tidak banyak content marketer yang bisa membuat konten dengan hasil yang baik. Padahal penulisan konten sangat penting terutama untuk halaman website dan blog.

Dalam hal ini, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai termasuk content dan copy writing, komunikasi, dan bercerita. Selain itu, kamu juga harus sudah terbiasa menggunakan grammar yang baik. Untuk membuat copy writing yang menarik, kamu bisa membaca panduan belajar copy writing.

Kemampuan Menyunting

Membuat konten untuk keperluan marketing tidak cukup hanya dengan membuat konten. Untuk setiap tulisan atau pun video yang akan kamu bagikan, ada proses penyuntingan yang harus kamu lalui. Jadi setiap content marketer harus memiliki kemampuan mengedit sebelum melakukan publikasi konten kepada target audiens

Kemampuan SEO

Untuk setiap jenis konten yang kamu buat, SEO memiliki peran penting. Kamu harus tahu bagaimana caranya meningkatkan ranking di mesin pencari terutama Google. Peran kamu bukan hanya sebatas membuat konten berkualitas tetapi juga membuat konten yang bisa mengkonversi pembaca, pendengar, atau penonton menjadi calon pembeli atau pelanggan.

Ada beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai termasuk riset keyword, penempatan keyword pada konten, SEO on-page, dan analisa kompetitor.

Pemahaman tentang Sales Funnels

Sama seperti channel marketing lainnya, tujuan dari content marketing adalah mengubah pengunjung website menjadi leads dan leads menjadi pelanggan. Untuk tujuan ini, kamu harus menggunakan sales funnels yang terdiri dari berbagai tahap perjalanan pembeli. Tahap ini bermula dari kesadaran, ketertarikan, keputusan, hingga aksi. 

Promosi Konten

Tidak peduli sebagus apa konten yang kamu buat, semua tidak akan berarti jika tidak ada yang membaca, menonton, atau mendengarkan konten tersebut. Itulah kenapa promosi konten penting. Ada beberapa cara dalam melakukan promosi seperti melalui media sosial, komunitas blog, dan email. Dengan cara tersebut kamu bisa meningkatkan traffic konten. 

Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

Agar hasil yang kamu dapatkan dari penerapan content marketing sesuai dengan harapan dan tujuan, ada beberapa hal yang harus selalu kamu perhatikan. Ya, itu semua bisa menjadi strategi kapanpun kamu menggunakan content marketing untuk bisnis. Beberapa strategi yang harus kamu terapkan adalah:

  • Tentukan tujuan
  • Buat konten yang berkualitas dan menarik
  • Miliki target audiens
  • Lakukan promosi yang tepat
  • Evaluasi konten

Kesalahan Content Marketing yang Harus Dihindari

Kamu mungkin sudah yakin jika content marketing bisa menjadi jembatan untuk meraih sukses dalam bisnis online. Sayangnya, terkadang kamu sendiri yang menghancurkan tujuan dan mimpi tersebut dengan melakukan kesalahan yang tidak kamu sadari.

Saat memulai content marketing, pastikan kamu tidak akan melakukan beberapa kesalahan berikut ini:

  • Tidak mencari tahu konten apa yang audiens inginkan
  • Berfokus hanya pada satu bentuk konten
  • Menulis untuk mesin pencari, bukan demi menjawab kebutuhan audiens
  • Terlalu fokus pada penjualan dan melupakan nilai serta kualitas
  • Konten tidak relevan
  • Tidak memiliki Call to Action (CTA) yang cukup

Karena content marketing memiliki peran penting dan bisa memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang sedang menjalankan pemasaran digital tanpa melakukan kesalahan digital marketing, maka pastikan kamu mengerti setiap poin dengan baik. Pahami dengan baik apa yang harus dilakukan dan dihindari agar strategi pemasaran bisa mencapai target yang sudah kamu buat dengan susah payah.

Kesimpulan

Content marketing bisa menjadi strategi pemasaran secara digital yang memiliki peran penting dalam mengembangkan sebuah brand. Untuk mengoptimalkan hasil dari strategi pemasaran ini, kamu juga bisa memanfaatkan Google Ads dengan mulai mempelajari apa itu Google Ads.

Jika butuh jasa untuk mempromosikan konten, mulai dari Google Ads Indonesia hingga Facebook Ads, jangan pernah ragu untuk menghubungi Exabytes. Dengan menggunakan kedua layanan tersebut, kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih untuk mendapatkan penjualan dan leads yang lebih banyak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba peruntungan di dunia digital dengan menerapkan content marketing.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments