Control Panel Hosting: Semua Hal yang Wajib Anda Ketahui

386
Control Panel Hosting
10 min read

Penasaran dengan pengertian, cara kerja, dan fungsi control panel hosting? Sebagai pemilik website, setidaknya Anda harus tahu semua hal yang berhubungan dengan control panel hosting meski sudah menyerahkan semua kebutuhan pembuatan website pada developer pilihan.

Agar semakin memahami apa itu control panel hosting dan informasi penting lainnya, yuk kita cari tahu bersama melalui artikel satu ini!

Apa Itu Control Panel Hosting

Apa itu control panel hosting
Mengenali apa itu control panel hosting yang penting dalam menjalankan website. (Sumber : flickr – sinchana banakar)

Mencari tahu pengertian control panel hosting adalah hal yang lumrah dilakukan terutama oleh mereka yang baru mengenal istilah control panel hosting

Saat menjalankan bisnis online menggunakan website sebagai media pemasaran dan promosi, maka pebisnis juga mau tidak mau harus mulai familiar dengan penggunaan control panel hosting.

Control panel hosting adalah software atau alat yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting, di mana tujuannya adalah untuk mempermudah dalam mengelola, mengatur, mengoperasikan, serta menjalankan semua kebutuhan situs web.

Control panel hosting memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai pengaturan pada sistem admin website dengan lebih mudah hanya dengan klik pada ikon interface yang sudah mereka pasang. 

Saat ini, terdapat berbagai jenis control panel hosting yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar seperti cPanel, Plesk, dan lain sebagainya. Meskipun cPanel merupakan jenis yang paling populer, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja perbedaan plesk dan cPanel.

Jenis-Jenis Control Panel Hosting

Untuk mampu mengelola perangkat lunak web, Anda membutuhkan control panel hosting yang akan menjadi hosting dari website yang berjalan pada shared hosting. Jika masih bingung dalam memilih control panel hosting yang paling tepat, alangkah lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis control panel hosting.

Berikut adalah beberapa jenis dari control panel hosting yang biasa digunakan:

cPanel

contoh control panel hosting: cPanel

cPanel merupakan jenis control panel yang paling familiar dan populer karena banyak digunakan. cPanel hosting berbasis unit atau linux, di mana grafis antarmukanya akan membantu untuk mengelola situs web serta akun hosting dengan mudah dan cepat.

Dengan menggunakan cPanel, Anda bisa membuat database dan akun email, mengelola file website dan mengatur auto responder. Cari tahu apa itu cPanel sekarang juga dengan membaca artikel ini!

ZPanel

contoh control panel hosting: ZPanel

Saat mempelajari atau mencari tahu informasi seputar macam-macam control panel hosting, Anda juga akan menemukan ZPanel. Jenis control panel satu ini tidak hanya mudah digunakan tetapi juga gratis sehingga siapapun bisa menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang.

Individu atau perusahaan bisa menggunakan ZPanel pada control panel web hosting kelas enterprise seperti Linux, MacOS, UNIX, atau Windows. ZPanel menggunakan bahasa PHP murni dan bisa berjalan dengan sangat baik di PHP, MySQL, dan Apache.

ISPConfig

contoh control panel hosting: ISPConfig

Selanjutnya, ada jenis control panel hosting yang bernama ISPConfig yang berbasis open source. Karena menawarkan berbagai bahasa, maka Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Jenis control panel yang satu ini akan membantu mengelola beberapa server sekaligus hanya dengan satu control panel.

Webmin

contoh control panel hosting: Webmin

Jika membutuhkan control panel hosting yang fungsional serta powerful, maka baik individu maupun perusahaan bisa memilih Webmin. Software ini dirancang untuk platform yang sederhana seperti Linux dan Unix

Meski sederhana, Webmin bisa mengelola berbagai komponen dari lingkungan berbasis web seperti pengaturan web server maintaining FTP. Selain itu, jenis control panel hosting ini juga akan sangat membantu dalam pengelolaan email server.

DTC

DTC adalah singkatan dari domain technology control yang merupakan jenis lain dari control panel hosting. Layanan utamanya adalah untuk admin dan untuk akuntansi layanan hosting GPL. Ada berbagai tugas yang bisa dilakukan saat menggunakan DTC termasuk membuat email, akun FTP, subdomain, dan database

Ajenti

contoh control panel hosting: Ajenti

Dengan adanya macam-macam control panel hosting, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan Ajenti sebagai pilihan tepat. Ajenti merupakan control panel yang kaya akan fitur dan ringan serta kuat saat digunakan.

Ajenti menawarkan interface yang responsif yang memungkinkan Anda mengelola server. Jenis yang satu ini cocok untuk VPS dan dedicated hosting. Apabila Anda sedang membutuhkan hosting Indonesia, maka Anda bisa menghubungi Exabytes.

EHCP

contoh control panel hosting: EHCP

EHCP atau Easy Hosting Control Panel adalah contoh control panel hosting yang mudah digunakan serta gratis terutama untuk menjaga server hosting berbasis web. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti mengatur database MySQL, akun email, akun domain, dan akun FTP.

Plesk

contoh control panel hosting: Plesk

Plesk adalah control panel hosting yang sangat populer, terutama di kalangan penyedia hosting Eropa. Menjadi salah satu contoh control panel hosting, plesk bisa Anda gunakan di Linux dan Windows. Interface dari plesk sangat sederhana namun cukup intuitif. Sehingga Anda tidak perlu mencari atau menggunakan tools lain.

Directadmin

contoh control panel hosting: Directadmin

Directadmin adalah salah satu hosting panel yang termudah dan tercepat namun cukup stabil. Directadmin tersedia di sistem operasi seperti Linux dan mendukung akses multi level, mulai dari administrator hingga reseller.

Para pemula bisa menggunakan panel ini karena tidak adanya pengaturan tingkat lanjut yang kompleks. Tidak perlu kemampuan khusus di bidang IT untuk bisa mengoperasikan hosting panel satu ini. 

Terdapat beberapa fitur dan opsi pengaturan yang tersedia pada directadmin termasuk pembuatan database, backup, akun reseller, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menjadi reseller hosting murah? Menjadi reseller hosting bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang secara online.

Fungsi Control Panel Hosting

Fungsi control panel hosting
Control panel hosting memiliki berbagai fungsi penting yang berkaitan dengan penggunaan website. (Sumber : pixabay – Fotocitizen)

Memiliki peran penting untuk berbagai aktivitas pada website menunjukkan bahwa control panel hosting memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap remeh atau sepele. Untuk mengenalinya, coba perhatikan beberapa fungsi control panel hosting di bawah ini!

Mengelola Domain

Hampir semua hal yang berkaitan dengan berbagai kebutuhan domain bisa Anda lakukan melalui control panel hosting. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pembaruan domain, melakukan pengeditan DNS atau Domain Name Server, mengatur subdomain, mendaftarkan domain baru, dan masih banyak lagi.

Memasang Aplikasi Dengan Mudah

Pemasangan aplikasi dengan mudah sangat mungkin dilakukan melalui control panel hosting mulai dari Joomla hingga WordPress. Alhasil, Anda tidak perlu berurusan dengan hal-hal teknis saat memasang aplikasi tersebut. Hanya perlu satu kali klik dan aplikasi atau layanan akan terpasang.

Coba baca artikel satu ini yang akan sangat membantu Anda apabila ingin membuat website sendiri dengan mudah dan cepat.

Melakukan FTP

FTP merupakan proses transfer file dari komputer ke server situs web yang Anda miliki. FTP juga berfungsi untuk melihat atau mengatur file pada website. Untuk bisa melakukannya, Anda membutuhkan control panel hosting.

Mengelola File

Tidak cukup hanya dengan melihat file atau folder melalui FTP, bukan? Anda bahkan perlu mengelola file-file tersebut melalui control panel. Ada beberapa hosting yang menyediakan fitur ini sehingga akan sangat membantu terutama bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan. 

Mengelola Email

Manfaat control panel hosting lainnya adalah mengelola email. Dengan begitu, Anda bisa mengatur akun email baru, mengatur forward email, mengatur file spam, dan bahkan menghapus akun email yang sudah tidak digunakan lagi.

Mengelola Database

Mengelola database tidak akan menjadi pekerjaan yang merepotkan karena Anda bisa melakukannya secara langsung dari control panel. Hal tersebut dikarenakan control panel hosting terintegrasi dengan MySQL. Hal tersebut sangat membantu sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi atau layanan lain. 

Melakukan Backup Data

Selalu ada risiko atau kemungkinkan data hilang saat mengelola website. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena control panel hosting menyediakan fitur backup yang bisa bekerja secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Control panel memiliki berbagai fungsi serta manfaat yang penting untuk setiap website. Akan tetapi, tidak semua orang tahu seperti apa dan bagaimana cara kerja control panel hosting itu sendiri.

Berikut adalah cara kerja control panel hosting yang harus Anda tahu agar panel bisa berfungsi secara maksimal.

Website Developer Mengembangkan Website

Seorang web developer melakukan pengembangan website secara offline sebelum melakukan akses pada control panel hosting. Ia bisa mendesain website menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML atau PHP.

Control panel hosting memiliki berbagai fitur yang bisa menunjang kebutuhan developer membuat web hosting. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah BIND, PHP, Perl, Phyton, file manager, MySQL, dan lain sebagainya.

Developer Membeli Nama Domain dan Paket Web Hosting

Setelah mengembangkan situs web, developer akan membeli paket hosting dan nama domain. Kedua hal tersebut sangat penting agar website bisa tampil di Internet. Setelah mendapatkan akun hosting, developer akan melakukan login pada control panel dan kemudian melakukan konfigurasi pada situs web.

Pengguna Bisa Masuk ke Akun Control Panel Hosting

Setelah membeli paket hosting, pengguna bisa masuk ke akun control panel yang bisa dilakukan melalui welcome email dari provider atau dengan cara login di member area. 

Selain itu, mereka juga bisa menggunakan cara lain yaitu melalui protokol HTTP dengan cara mengetikkan nama domain ditambah dengan slash (/) cpanel. Kemudian, mereka bisa mengakses akun secara otomatis.

Memasukkan Username dan Password

Cara kerja control panel hosting yang selanjutnya adalah memasukkan username dan password yang didapatkan dari penyedia hosting. Setelah login, pengguna bisa melakukan berbagai kegiatan yang mendukung kebutuhan website seperti pemasangan software atau penambahan subdomain.

Memasang Software Melalui Control Panel Hosting

Apabila sudah melakukan login di akun control panel hosting, pengguna bisa memasang software dengan mudah. Hal tersebut bisa mereka lakukan di softaculous, di mana fiturnya terletak di bagian paling bawah. Pemasangan software terbilang mudah hanya perlu klik dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Kesimpulan

Control panel hosting memiliki peran dan fungsi penting bagi setiap website. Tujuan dari software ini adalah untuk memberikan kemudahan para penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas pada website termasuk memasang software atau tools

Sebagai bagian penting dari penggunaan website, control panel hosting memiliki berbagai fungsi dan manfaat. Jika Anda masih bingung dalam memilih jenis control panel hosting yang tepat, Anda bisa menggunakan cPanel yang merupakan pilihan panel paling populer di antara para pengguna.
Untuk berbagai kebutuhan hosting, Anda bisa menghubungi Exabytes yang dikenal sebagai penyedia hosting terkemuka di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk dapatkan paket hosting terbaik untuk website!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Wevelope
Wevelope
4 months ago

Artikel yang bagus.

Control panel yang pernah kami gunakan adalah Webmin. Webmin selain oke, juga open source. Cocok banget buat yang belum siap untuk mengeluarkan dana lebih untuk control panel berbayar.

Salam
Wevelope