Dengan WWW atau Tanpa WWW – Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya?

3
7407

Topik ini adalah salah satu pertanyaan favorit sepanjang masa di antara pemilik website baru. Meskipun banyak yang telah meneliti dan memutuskan untuk membeli nama domain baru untuk website mereka, sebagian besar dari mereka masih belum memutuskan apakah “dengan www” atau “tanpa menggunakan www”?

Jawaban cepatnya? Mesin pencari seperti Google TIDAK memberi keuntungan pada SEO dengan kamu menggunakan www ataupun tidak. Bahkan, Google telah mengatakan bahwa semuanya tergantung pada preferensi kamu sendiri.

Apa Cara Terbaiknya?

Cara yang benar untuk memberi tahu Google preferensi Kamu adalah dengan masuk ke Google Search Console Kamu. Google Search Console,  adalah alat gratis dari Google untuk melacak kinerja pencarian website Kamu, yang mengindeks dan mengoptimalkan visibilitas website kamu. Exabytes menyarankan kamu untuk mempelajari tool gratis dari Google yang lainnya untuk website.

Jika Kamu telah memverifikasi website kamu di Google Search Console, itu berarti kamu sudah resmi menjadi pemilik wenbsite- selamat! Berikut langkah-langkah untuk mengonfigurasi website baru Kamu:

1. Klik Pengaturan Situs.

Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya? - 2024

2. Pilih preferensi yang kamu inginkan.

Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya? - 2024

3. Kamu mungkin perlu memverifikasi kepemilikan versi www dan non-www dari domain kamu.

Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya? - 2024

Jika kamu menggunakan WordPress sebagai sistem manajemen konten (CMS) dari website kamu, akan jauh lebih mudah untuk menetapkan URL kanonis di header website kamu.

Kamu dapat memasukkan URL untuk halaman versi kanonik di plugin kamu.

Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya? - 2024

INFO UNTUK SEO: HTTPS

Ketika Kamu sudah selesai mengatur nama domain yang disukai, jangan lupa untuk menyelesaikan implementasi HTTPS.

Beberapa webmaster baru belum menyadari perbedaan besar antara HTTP dan HTTPS ketika menyangkut pengoptimalan search engine.

Bahkan, Google telah memberi peringatan bahwa browser Chrome akan menampilkan ikon merah “Not Secure” untuk situs non-HTTPS mulai Oktober 2018 dan seterusnya.

Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya? - 2024

301 hanya akan mengredirect ke 1 format URL

Untuk membuat hidup Kamu lebih mudah, Exabytes menyarankan Kamu untuk mengarahkan ulang URL Kamu ke dalam satu format.

Misalnya, ketika pengguna mengklik dari:
https://www.domainanda.co.id
http://domainanda.co.id
https://domainanda.co.id

Semuanya akan dialihkan ke https://www.domainanda.co.id. Sekali lagi, www atau non-www tidak benar-benar penting terlepas dari masalah preferensi!

.HTACCESS REDIRECTION SCRIPT

Jika Kamu memutuskan untuk memilih versi format web tertentu, Kamu dapat menerapkan skrip berikut ke dalam file .htaccess Kamu. Skrip akan melakukan 2 hal: Pertama, paksa HTTPS. Selanjutnya, redirect non-www ke versi www.

RewriteEngine On
RewriteCond% {HTTPS} off [OR]
RewriteCond% {HTTP_HOST}! ^ Www \. NamamuAnda \ .com $ [NC]
RewriteRule ^ (. *) $ Https://www.yourdomainname.com/$1 [L, R = 301]

* Catatan: Harap cadangkan asli .htaccess Kamu sebelum melakukan pembaruan. Skrip mungkin tidak berfungsi karena website yang berbeda memiliki konfigurasi yang berbeda. Jika Kamu tidak yakin, silakan berkonsultasi dengan web developer Kamu dan membuat cadangan semuanya terlebih dahulu.

Jika website kamu ada di lingkungan Windows Server, metode di atas mungkin tidak berfungsi. Silakan berkonsultasi dengan pengembang web atau penyedia hosting website kamu untuk membantu kamu mengkonfigurasi.

Masih ingin tahu perbedaan antara WWW dan NON-WWW?

Singkatnya, perbedaannya benar-benar hanya masalah teknis. ‘Www’ bertindak sebagai nama host yang membantu fleksibilitas DNS (Domain Name System). Ini memungkinkan penggunaan beberapa subdomain dan membatasi cookie.

Nama domain non-www atau hanya menggunakan domain saja  tidak memiliki keunggulan teknis seperti itu.

Kesimpulan

Menurut Saya sendiri, saya akan memilih untuk tidak memiliki www. Mengapa? Ini karena meningkatnya dominasi penggunaan ponsel di masa depan. Dengan tidak menggunakan extenstion www, nama domain Kamu  tidak akan terpotong jika dibuka melalui ponsel. Ini mempermudah target audiens kamu untuk mengingat nama domain toko online kamuuntuk tujuan branding.

Semoga artikel ini akan menjawab pertanyaan kalian mengenai perbedaan menggunakan extention www atau non-www. Keduanya akan baik-baik saja untuk SEO.

Jika kamu memiliki pertanyaan dan ingin mengonsultasikan SEO websitemu, kamu bisa menggunakan layanan SEO Exabytes, lho! Yakin enggak mau muncul di halaman pertama Google? Yuk, konsultasi sekarang!

Cheers!

Sources: https://www.exabytes.digital/blog/www-or-not-which-works-better-website-seo

3 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bambang
Bambang
4 years ago

kalo lebih suka non www
mengapa exabytes pake www

Agung Sukariman
Agung Sukariman
4 years ago
Reply to  Bambang

Exabytes menggunakan keduanya. Untuk idexing kami lebih menyarankan untuk non-www karena akan mempersingkat url yang tampil di pencarian google.

Henu
Henu
3 years ago

itu artinya exabytes menggunakan satu bukan keduanya karena non www diredirect ke www

kalau menggunakan keduanya berarti bisa diakses dari keduanya, bisa diakses dengan www atau non www karena tanpa diredirect

piye to mas
ngunu kok ra mudeng