7+ Rekomendasi DNS Tercepat 2022 [Terlengkap]

390
blog exabytes indonesia
8 min read

Selama masa pandemi, terjadi pergeseran aktivitas masyarakat yang lebih banyak dilakukan secara daring. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan jika semenjak tahun 2020 terjadi peningkatan pengguna internet sebesar 5.7%. 

Semakin meningkatnya penetrasi internet di Indonesia selaras dengan pembatasan aktivitas masyarakat yang hanya boleh di rumah saja semasa pandemi. Banyak kegiatan yang dialihkan menjadi online, mulai dari bekerja, bersosialisasi, belajar, hingga berbelanja.

Dengan fakta tersebut, tentu saja masyarakat semakin membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Nah, salah satu cara jitu guna memperoleh kecepatan internet maksimal adalah dengan menggunakan DNS. Melalui tampilan website user friendly dan akses DNS yang cepat, aktivitas sehari-hari melalui internet akan terasa semakin mudah. 

Mengenal DNS (Domain Name Server)

Bagi Exabytes Friends yang masih bingung dan menerka-nerka tentang apa itu DNS dan fungsinya, jangan khawatir karena pada artikel kali ini akan dibahas tuntas mulai dari pengertian DNS hingga rekomendasi DNS tercepat untuk digunakan sehari-hari. Sudah penasaran? Yuk langsung simak saja pembahasannya berikut! 

Apa Itu DNS?

DNS semakin dibutuhkan saat ini seiring banyaknya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara online (sumber: ShutterStock)
DNS semakin dibutuhkan saat ini seiring banyaknya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara online (sumber: ShutterStock)

DNS (Domain Name Server) adalah sebuah sistem untuk mempermudah proses dalam berinternet. Dengan menghubungkan URL (Uniform Resource Locator) dengan IP Address, DNS mampu meningkatkan kecepatan internet serta menyingkat URL website. Sehingga pengunjung internet tidak perlu menuliskan alamat IP dari website tersebut pada browser.

Dengan kata lain, DNS berfungsi sebagai penerjemah nama domain ke dalam IP Address. Apabila Exabytes Friends masih belum memahami dengan sempurna kedudukan dari DNS, berikut akan disajikan contoh sederhananya.

Semisal kalian ingin mengunjungi YouTube, alih-alih menuliskan alamat IP 199.223.232.0, kalian hanya perlu mengetikkan nama domain YouTube yaitu www.youtube.com. Jadi, DNS bekerja dengan menerjemahkan nama domain pada address bar browser ke alamat IP Address yang dikenali oleh sistem komputer. 

Dalam internet, biasanya tugas dari DNS juga beririsan dengan CDN (Content Delivery Network). CDN yang memiliki fungsi untuk menyampaikan konten pada internet secara lebih cepat tentu membutuhkan DNS untuk mengenali nama domain.

Fungsi DNS

Setelah membaca dan memahami tentang pengertian DNS, mungkin Exabytes Friends sudah bisa mengira-ngira cara kerja dan fungsi DNS. Pada intinya, DNS memiliki tiga fungsi utama yaitu menerjemahkan IP Address suatu website berdasarkan nama domain yang dimiliki, menemukan informasi URL website dari IP Address yang telah terbaca, dan menemukan server internet yang tepat untuk mengirim email. 

Dengan ketiga fungsi tersebut, DNS mampu mempermudah aktivitas berinternet masyarakat serta meningkatkan kecepatan koneksi.

Rekomendasi DNS Tercepat

Nah, setelah belajar mengenai pengertian dan fungsi DNS, kini saatnya masuk ke pembahasan utama yaitu rekomendasi DNS tercepat. Yuk simak selengkapnya!

1. Cloudflare

Cloudflare merupakan salah satu DNS tercepat yang dapat kamu gunakan

DNS Primer: 1.1.1.1

DNS Sekunder: 1.0.0.1

Response Time: 13.9 ms

Kelebihan utama:

Alasan mengapa Cloudflare menjadi DNS tercepat adalah karena memiliki keamanan data yang sangat tinggi sehingga privasi pengguna terjamin. Selain itu, Cloudflare juga menyediakan community forum untuk menjembatani para pengguna yang ingin berdiskusi dan sharing mengenai penggunaan DNS. Kelebihan yang terakhir yaitu Cloudflare memiliki user interface dan performa yang cepat dan mengagumkan.

Untuk meyakinkan Exabytes Friends lebih dalam mengenai keunggulan Cloudflare, berikut akan dipaparkan beberapa brand ternama yang telah berlangganan Cloudflare. Brand tersebut adalah Garmin, Shopify, L’Oreal, Udemy, Tinder, Medium.com, Stack, dan masih banyak lagi.

Cloudflare digadang-gadang sebagai DNS tercepat hingga saat ini. Nah, ternyata selain direkomendasikan sebagai DNS tercepat, Cloudflare juga menduduki posisi teratas sebagai DNS dengan harga terjangkau. Hanya dengan menyiapkan $20 per bulan, Exabytes Friends sudah dapat menikmati DNS dengan uptime 99.9%.

Baca Juga  Mengenal DNS: 5 Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Google Public DNS

Rekomendasi DNS Tercepat: Google Public DNS

DNS Primer: 8.8.8.8

DNS Sekunder: 8.8.4.4

Response Time: 28.8 ms 

Kelebihan utama:

Sebagai perusahaan raksasa yang mendominasi setiap jengkal lini website, Google dengan sigap meluncurkan DNS bernama “Google Public Domain Name System” pada tahun 2009. Mendapat klaim sebagai DNS tercepat dengan uptime hingga 99.98%, tak heran jika produk Google satu ini berhasil mendominasi pasar DNS dengan total pengguna 13.2% dari seluruh dunia. Kelebihan lain dari Google Public DNS yaitu tersedia secara gratis.

Kalau bicara soal keamanan data, DNS satu ini juga tak mau kalah. Google Public DNS terbukti sangat menjaga privasi data pelanggan bahkan aktivitas yang mereka lakukan akan terhapus otomatis setiap 48 jam sekali. 

Perlu diketahui pula bahwa target pasar dari Google Public DNS adalah masyarakat yang sudah mahir tentang DNS. Oleh karena itu, panduan penggunaan yang mereka berikan sangat basic dan tidak begitu rinci.

Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Google Public DNS. Meskipun diciptakan oleh perusahaan teknologi dunia, DNS satu ini tetap memiliki kekurangan yaitu belum mampu menangani serangan seperti Spoofing dan DDoS dengan sempurna.

3. Quad9 DNS

Rekomendasi DNS Tercepat: Quad9 DNS

DNS Primer: 9.9.9.9

DNS Sekunder: 149.112.112.112

Response Time: 40.6 ms 

Kelebihan utama:

Meskipun tergolong DNS yang masih baru karena diciptakan pada Agustus 2016, tetapi Quad9 telah memiliki beberapa keunggulan utama, loh! Diklaim sebagai DNS tercepat dengan response time 40ms dan uptime hingga 99.91%. Selain itu, Quad9 juga dapat dengan sempurna memblokir akses malicious domains seperti phishing, spyware, malware, dan lainnya.

Dengan performa yang memukau dan keamanan data yang menjamin, Exabytes memberi rating pada Quad9 yaitu 8.5 dari 10. Karena tentu saja DNS satu ini masih memiliki kekurangan yaitu keterbatasan dalam perincian proses set-up. Quad9 hanya menyediakan tutorial pemakaian bagi pengguna versi terbaru Windows dan macOS saja. 

Namun hal yang patut diacungi jempol dari Quad9 adalah DNS ini telah memiliki server di Indonesia. Sehingga pengguna dari Indonesia tidak perlu risau terhadap kecepatan akses dan juga keamanan data.

4. OpenDNS

Rekomendasi DNS Tercepat: OpenDNS

DNS Primer: 208.67.222.222

DNS Sekunder: 208.67.220.220

Response Time: 22.7 ms 

Kelebihan utama:

Rekomendasi DNS tercepat berikutnya yaitu OpenDNS. OpenDNS merupakan DNS server besutan dari Cisco dan telah berdiri sejak tahun 2006. Versi gratis dari OpenDNS sudah dilengkapi dengan berbagai fitur profesional seperti 100% uptime, kecepatan waktu respon 22.7 ms, dan kemampuan melakukan blokir terhadap domain dan URL berbahaya.

Interface dari OpenDNS pun sangat mudah dipahami karena dilengkapi dengan panduan, dokumentasi, dan forum komunitas. Beberapa perusahaan terkemuka yang menggunakan OpenDNS yaitu Netflix, Evernote, dan Ford. 

Apabila Exabytes Friends menginginkan layanan OpenDNS yang lebih lengkap dan premium, maka dapat mengeluarkan biaya mulai dari $20 per tahun untuk berlangganan.

5. SafeDNS

Rekomendasi DNS Tercepat: SafeDNS

DNS Primer: 195.46.39.39

DNS Sekunder: 195.46.39.40

Response Time: 40.5 ms 

Kelebihan utama:

Selain diklaim sebagai DNS tercepat, ternyata SafeDNS juga memiliki kelebihan lain seperti menyediakan server berbasis cloud dan machine learning. Sedangkan fitur utama yang ditawarkan oleh SafeDNS adalah website filtering (memblokir berbagai serangan malware dan virus menggunakan teknologi AI) dan parental control (memfilter DNS berdasarkan kategori, ketepatan, dan pengawasan kualitas).

Beberapa perusahaan terkemuka yang menggunakan SafeDNS yaitu AERO IT, Impact Technology Management Group, dan AVC Digital.

Meskipun memiliki fitur dan layanan yang tergolong sangat lengkap, namun SafeDNS masih memiliki kekurangan yaitu dari segi biaya. SafeDNS tidak tersedia dalam versi gratis, sehingga kalian harus menyediakan anggaran sebesar $19.95 per tahun untuk menikmati layanannya.

Baca Juga  Mengenal DNS: 5 Fungsi dan Cara Kerjanya

6. DNSFilter

Rekomendasi DNS Tercepat: DNS Filter

DNS Primer: 103.247.36.36

DNS Sekunder: 103.247.37.37

Response Time: 14.3 ms

Kelebihan utama:

Membahas kelebihan utama dari DNSFilter tentu tak lepas dari kemajuan teknologi yang digunakannya. DNSFilter merupakan layanan DNS server yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) pertama kali. Dengan response time yang tergolong cepat dan uptime hingga 99.91%, tak heran jika DNSFilter dinobatkan sebagai salah satu DNS tercepat.

Kelebihan lainnya dari DNSFilter yaitu memiliki layanan analisis domain secara real time sehingga mampu menangkal segala jenis serangan cyber seperti malware dan ransomware. Selain itu, DNSFilter juga sangat menjaga privasi data penggunanya dan memiliki fitur content filtering. 

Beberapa perusahaan terkemuka yang menggunakan SafeDNS yaitu NVIDIA, Lenovo, Oetker Collection, dan De Beer. Sebagai perusahaan DNS terkemuka, SafeDNS hanya menyediakan layanan versi premium dengan biaya berlangganan mulai dari $20 per bulan. 

7. Next DNS

Rekomendasi DNS Tercepat: Next DNS

DNS Primer: 45.90.28.231

DNS Sekunder: 45.90.30.231

Response Time: 29.7 ms

Kelebihan utama:

Meskipun baru diluncurkan pada tahun 2019 dan masih tergolong baru, tetapi reputasi dari Next DNS tidak dapat dianggap remeh. Memiliki uptime hingga mencapai 99.96% dan dilengkapi pula dengan fitur keamanan yang sangat terpercaya. Lapisan perlindungan data yang diterapkan oleh Next DNS pun tidak main-main. Mulai dari DNS Rebinding, IDN Homographs, Intelligence Feeds, dan lainnya.

Dengan tingkat keamanan berlapis yang dimiliki Next DNS tersebut, kalian tidak perlu khawatir akan serangan malware, ransomware, hijacking, phishing, maupun cryptojacking.

Next DNS pun sangat melindungi penggunanya dari berbagai konten berbahaya seperti pornografi dan kekerasan melalui fitur Parental Control. Tak heran apabila Mozilla menggandeng Next DNS secara resmi untuk produk mereka yaitu Firefox.

Dari segi biaya, Next DNS terbagi menjadi tiga kelompok berbeda yaitu Pro, Bisnis, dan Education. Harga yang ditawarkan mulai dari SGD 2.9 untuk per bulannya.

8. Comodo Secure DNS

Rekomendasi DNS Tercepat: Comodo Secur DNS

DNS Primer: 8.26.56.26

DNS Sekunder: 8.20.247.20

Response Time: 72 ms 

Kelebihan utama:

Comodo Secure DNS merupakan produk DNS server besutan Comodo Group yang sudah terkenal sebagai perusahaan penyedia layanan security ternama. Keunggulan utama yang dimiliki selain memblokir phishing, juga memberikan peringatan apabila penggunanya akan masuk pada situs dengan malware, spyware, dan ransomware.

Manakah DNS Pilihan Kamu?

Semakin dibutuhkannya internet semenjak masa pandemi hingga sekarang menjadikan DNS sebagai produk teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini. Berbagai kelebihan yang dimiliki DNS yaitu menerjemahkan IP Address suatu website berdasarkan nama domain yang dimiliki, menemukan informasi URL website dari IP Address yang telah terbaca, dan menemukan server internet yang tepat untuk mengirim email. 

Sebenarnya selain menggunakan DNS, pemilik website juga memerlukan control panel hosting guna memudahkan dalam proses mengunggah file dan data penting website. Bagi Exabytes Friends yang masih bingung memilih jasa cpanel hosting, jangan khawatir karena saat ini Exabytes sedang menawarkan promo hosting besar-besaran, loh!

Untuk rekomendasi DNS tercepat pilihan dari Exabytes adalah Cloudflare, Google Public DNS, Quad9, OpenDNS, SafeDNS, DNSFilter, Next DNS, dan Comodo Secure DNS. Saat ini predikat DNS tercepat dipegang oleh Clouflare dengan total waktu respon hanya 13.9 ms. 

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi DNS tercepat 2022. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments