Gutenberg, Editor Baru di WordPress 5.0, Kamu Yes or No?

0
2722

Seperti yang  telah dibahas dalam artikel sebelumnya, Mari Kita Sambut Kehadiran WordPress 5.0 Bebo! akhirnya pada (7/12)  yang lalu WordPress merilis WordPress 5.0 Bebo. Momen ini menjadi babak baru untuk WordPress, yang dikenal sebagai CMS terbaik di Dunia ini.

Btw Exabytes Friends, Kamu sudah baca review-review mengenai Gutenberg, editor page & post versi baru dari WordPress 5.0?

Kalo sudah, mungkin kamu tau ada banyak sekali pro dan kontra di kalangan pengembang wordpress mengenai fitur terbaru mereka Gutenberg editor. Berikut beberapa informasi mengenai Gutenberg.

WordPress dalam artikelnya telah melakukan beberapa peningkatan besar pada tool editor WordPress, dimana WordPress 5.0 menggunakan editor baru berbasis blok bernama Gutenberg.

Dengan Gutenberg kamu akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengatur bagaimana kontenmu akan ditampilkan.

Gutenberg  mempunyai fitur untuk membuat tampilan website yang kompleks dengan pengetahuan yang minim. Jadi, kamu tidak perlu memiliki kemampuan teknis untuk membuat  tampilan website yang mantul (Mantap Getul).

Disisi lain, kamu  akan jatuh cinta dengan HTML dan CSS, karena  blok tidak akan menghalangi Kamu. WordPress menghadirkan Gutenberg untuk menyederhanakan proses, bukan mengubah hasilnya.

Kelebihan:

1.Banyak Fitur Blok

WordPress 5.0 memiliki dua Puluh Sembilan belas fitur gaya khusus untuk blok tersedia secara default di 5.0.

2. Layout yang simpel

Gutenberg menampilkan format ruang kosong yang luas, dengan judul bergaya sans-serif modern dengan body text serif klasik.

3. Membantu memvisualisasikan konten dalam bentuk blok

4. Memampukan kamu untuk membuat layout yang kompleks dengan pengetahuan yg minim

5. Clean design, hanya menampilkan tool yang relevan dengan kebutuhan kamu

6. Dapat melakukan embed dengan cepaf dari berbagai website

Kekurangan:

1.Software beta yang masih  belum siap untuk beberaepa website

2.Review yang kurang bagus

3.Masih terdapat Bugs

4.Integrasi terhadap plugin untuk mendesain tampilan seperti WP bakery daa lain-lain.

Sekian beberapa info mengenai tool editor yang baru dari WordPress 5.0 bernama  Gutenberg! Kamu Yes or No nih, Exabytes Friends?! Kalo kamu sudah coba yuk share di kolom komentar mengenai pendapatmu! kalo belum, buruan dicobain!!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments