10 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

153
Membuat Website E-Commerce
9 min read

Berkat adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis. E-commerce adalah salah satunya. Namun, tahukah Anda apa itu e-commerce? Hal apa aja sih yang perlu Anda perhatikan ketika membuat website e-commerce? Yuk, simak artikel berikut ini.

Website E-commerce
Ilustrasi Orang Membuka Website E-commerce (Source: Adobe Stock)

Apa itu E-Commerce?

Electronic commerce atau e-commerce adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce juga merupakan suatu proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. e-commerce sendiri semakin berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahan menggantikan toko tradisional (offline).

Jenis-jenis E-Commerce

Terdapat setidaknya 6 jenis e-commerce yang dibagi sesuai dengan objek dalam transaksinya, antara lain:

Business to Business (B2B)

Jenis e-commerce terjadi di mana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen seperti, Electronic City, Ralali, Mbiz, dan lain sebagainya. 

Business to Consumer (B2C)

Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam ecommerce B2C hanya mengecer. Jika anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk dalam golongan ini. Beberapa contoh B2C seperti, Lazada, Shopee, Blibli dan lain sebagainya.

Consumer to Consumer (C2C) 

Jenis e-commerce C2C diartikan ketika seorang konsumen menjual barang atau jasa ke konsumen lain. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua individu. Contohnya seperti OLX, Tokopedia, Kaskus.

Consumer to Business (C2B) 

Berkebalikan dengan B2C, jenis e-commerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang freelancer, misalnya, menawarkan keahlian pada bisnis yang membutuhkan.

Business to Public Administration (B2A) 

Model ecommerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah bisnis dan lembaga pemerintah. Salah satu contoh B2A adalah Qlue yaitu menyediakan perangkat lunak untuk membantu kinerja perusahaan dan lembaga pemerintah, termasuk sistem administrasi kendaraan dan aplikasi analitik

Consumer to Public Administration (C2A)

Jenis ecommerce ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Jenis e-commerce C2A jarang sekali ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa.

Tujuan Website E-Commerce

Berikut adalah Tujuan dari pembuatan website e-commerce:

  • Untuk mempermudah proses perkenalan produk, promosi produk, dan juga penjualan.
  • Konsumen bisa melihat bahwa bisnis Anda jauh lebih profesional dan lebih bisa dipercaya. Hal ini lebih baik jika sebuah bisnis mampu memiliki website e-commerce sendiri, tanpa harus bergantung dengan website e-commerce besar lainnya. 

Website E-commerce
Website E-commerce (Source: Adobe Stock)

Manfaat Membuat Website E-Commerce

Berikut beberapa manfaat alasan mengapa perlu membuat website e-commerce merupakan pilihan yang menarik bagi para pengusaha:

Menjangkau Bisnis yang Lebih Besar

Sebagai pemilik toko konvensional, Anda hanya dapat menjangkau pembeli dari daerah yang sama. Lain halnya jika Anda memiliki sebuah website e-commerce. Dengan demikian, pembeli dari berbagai penjuru negeri dapat melakukan transaksi di toko Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tentunya memiliki website sendiri dapat meningkatkan profesionalisme bisnis Anda di mata konsumen jika dibandingkan dengan menggunakan layanan gratis marketplace. Kepemilikan website e-commerce mencerminkan komitmen Anda terhadap bisnis, sehingga kepercayaan konsumen pun bisa Anda dapatkan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Cek Kecepatan Website Dengan Mudah? Simak 7 Cara Ini!

Kemudahan Akses

Manfaat dari membuat website e-commerce adalah kemudahan akses sampai 24 jam. Tidak seperti ketika Anda berjualan melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram yang pembeliannya harus dikonfirmasi melalui chat. Konsumen pun tidak perlu menunggu jam kerja untuk memesan produk dan melakukan check out. Dengan begitu, mereka dapat membayar produk yang diinginkan tanpa menunggu. Transaksi pun akan jauh lebih cepat.

Lebih Mudah Ditemukan

Para Konsumen cenderung tidak merujuk pada platform media sosial atau marketplace secara langsung, namun akan melakukan pencarian melalui Google terlebih dahulu. Berbeda jika Anda berjualan melalui media sosial atau marketplace, website e-commerce lebih mudah dioptimalkan agar dapat muncul dalam hasil pencarian Google. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan mudah ditemukan oleh konsumen.

Mengawasi Kebiasaan Berbelanja Konsumen

Dengan menggunakan website e-commerce, Anda bisa mendapatkan laporan penjualan hingga kebiasaan berbelanja konsumen. Kebiasaan ini sendiri bisa dalam wujud bagaimana mereka menjelajahi website dalam memilih-milih produk. Dengan kata lain, Anda bisa meningkatkan performa website yang juga dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. 

Website E-commerce
Website E-commerce (Source: Adobe Stock)

10 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

Berikut ini kami berikan informasi mengenai 10 hal yang perlu diperhatikan ketika membuat website e-commerce:

Keamanan Website

Website yang aman merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membuat website e-commerce. Tentunya Anda tidak mau tersandung kasus pencurian data pelanggan atau kecolongan masuknya virus dari spam yang masuk ke website.

Maka dari itu, keamanan menjadi hal yang utama dalam fitur yang harus diperhatikan dalam website perusahaan Anda. Berikut adalah cara efektif untuk meningkatkan keamanan website:

Menginstall SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer merupakan protokol keamanan yang berguna untuk membuat tautan dalam bentuk enkripsi antara server web dengan web browser yang menggunakan komunikasi online. Enkripsi tersebut akan bekerja dengan membentuk jalinan komunikasi antara Titik A dengan Titik B yaitu web server dengan web browser.

Kehadiran SSL sangatlah penting apalagi untuk website e-commerce, karena informasi pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data hingga data login bisa dilakukan dan terjaga dengan baik. Jika Anda belum memiliki SSL, Exabytes Indonesia menyediakan SSL yang akan membuat website lebih aman.

Update Terus Website Anda

Kebanyakan website perusahaan yang menampilkan profil, fitur, dan info-info lainnya, terkadang tidak di-update secara berkala. Dengan Anda melakukan hal itu, maka keamanan website pun akan tidak terjamin. Maka dari itu, sangatlah penting untuk update website karena sistem CMS yang Anda pakai biasanya akan memberikan update terbaru dalam beberapa waktu tertentu sehingga keamanan website juga akan diperkuat.

Gunakan Password yang Kuat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan website Anda adalah dengan mengganti password yang kuat. Usahakan password yang Anda gunakan unik dan aman sehingga menyusahkan para peretas untuk membobol website Anda. Jangan lupa gunakan kombinasi angka, simbol, sampai huruf besar dan kecil pada password website Anda. 

Ganti Protokol HTTP ke HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah kode protokol yang mengatur bagaimana sebuah pesan di format dan ditransmisikan dan apa yang harus dilakukan sebuah server dan browser untuk merespon atau menanggapi perintah-perintah yang diberikan. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan kode protokol yang lebih aman dibandingkan HTTP.

HTTPS menggunakan protokol kriptografi yang bernama SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security). Kode protokol HTTPS cocok untuk digunakan pada website e-commerce Anda karena bisa menjaga 3 hal, yaitu autentikasi server, kerahasiaan data, sampai integritas data.

Pakai jasa hosting yang terpercaya

Dengan memakai jasa penyedia jasa hosting yang terpercaya, Anda tidak perlu takut akan kualitas website sekaligus keamanannya karena dipastikan jasa hosting akan memberikan yang terbaik untuk website bisnis Anda.

Exabytes Indonesia dapat menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan hosting terbaik. Kunjungi laman Exabytes Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga  Jangan Sampai Ketinggalan eCommerceFest : Get Ready for The New eCommerce Normal

Ramah Pengguna

Banyak pengguna website yang mengeluh karena website e-commerce tidak ramah pengguna atau mobile friendly, padahal seperti yang kita ketahui orang saat ini lebih banyak mengakses internet melalui smartphone daripada laptop. Smartphone yang mudah dibawa kemana-mana hingga tingkat efektifitasnya yang tinggi merupakan alasan lain dari banyaknya orang yang menggunakan smartphone. Oleh karena itu, fitur mobile friendly jadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan.

Optimisasi Mesin Pencari

Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung ke website Anda jika peringkat website lebih tinggi dalam hasil pencarian, maka dari itu, SEO adalah sesuatu strategi yang jangan sampai diabaikan. Hal ini dapat membantu dalam banyak cara. Selama entri data produk, tag judul, deskripsi meta dan deskripsi produk ditulis untuk mendapatkan manfaat SEO yang maksimal.

Nama Domain

Sebagai sebuah tempat orang mencari berbagai informasi, website memerlukan sebuah nama domain sebagai petunjuk untuk orang – orang yang ingin mencari informasi. Nama domain sendiri tergantung dari kita yang ingin memilikinya. Anda harus berebut dengan jutaan orang untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan karena nama domain di dunia ini hanya ada satu dan tidak bisa diduplikat.

Jadi, krusial banget nih buat memilih nama domain yang tepat buat bisnis kamu sebelum membuat website e-commerce!

Gambar Menarik dan Deskripsi Jelas

Salah satu kelemahan utama dari sebuah toko online adalah bahwa pelanggan tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk langsung mencoba, merasakan atau memverifikasi produk sebelum sampai ke mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk menambahkan gambar produk yang menarik dan deskripsi produk harus lebih jelas dan fokus pada manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. 

Search Option dan Shopping Cart

Search option atau bantuan pencarian merupakan hal yang wajib dimiliki oleh website e-commerce Anda. Fitur ini dapat membantu para pelanggan Anda mencari produk yang mereka inginkan. Begitu juga dengan shopping cart atau keranjang belanja yang membantu para langganan Anda melihat dan juga memeriksa produk apa saja yang telah mereka pesan di website Anda.

Penawaran atau Promosi

Penawaran atau promosi pada website e-commerce Anda dapat membuat orang tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya memberikan promosi-promosi atau penawaran-penawaran yang menguntungkan Anda maupun para pelanggan atau customer website Anda.

Metode Pembayaran

Metode pembayaran pada website e-commerce membantu para pengunjung website untuk mengetahui bagaimana cara membayar barang atau produk yang mereka beli kepada Anda. Contohnya bisa melalui transfer, kredit atau COD (Cash on Delivery).

Metode pembayaran pun sudah beragam dan Anda bisa menggunakan payment gateway ketika membuat website e-commerce. Ibaratnya payment gateway ini merupakan gerbang untuk memudahkan proses transaksi jual beli. Sudah beragam lho payment gateway yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia, cek informasinya di artikel berikut mengenai payment gateway terbaik.

Contact Person

Setiap website e-commerce harus mempunyai contact person atau nomor yang dapat dihubungi oleh para pelanggan atau pengunjung website Anda. Hal ini berguna bagi pelanggan karena kalau mereka mendapatkan kesulitan atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk yang ada di website Anda, mereka dapat menghubungi Anda melalui CP yang telah dipasang di website.

Ikon Media Sosial

Yang terakhir adalah ikon atau link media sosial. Ikon media sosial penting di setiap tampilan produk Anda. Para pelanggan yang merasa suka atau tertarik dengan produk anda dapat men-share kepada teman terdekat mereka melewati ikon sosial media tersebut. Hal ini juga berarti promosi untuk website Anda dan dapat juga meningkatkan traffic web pada website.

Nah, kira-kira seperti inilah 10 hal yang diperlukan saat membuat website e-commerce Anda. Dengan adanya 10 hal ini website e-commerce akan terlihat lebih profesional dalam melayani para pelanggan dan berharap kedepannya bisnis yang dijalankan saat ini bisa meraih kesuksesan seperti apa yang Anda bayangkan selama ini.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments