Hindari 10 Kesalahan Memilih Web Hosting

0
152

Memilih hosting untuk website merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan dan pengelolaan website. Web hosting yang tidak tepat bisa mengakibatkan dampak buruk yang signifikan untuk performa dari website Anda.

Oleh karena itulah Anda harus benar-benar memilih hosting dengan baik, hindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika memilih web hosting. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa kesalahan memilih web hosting yang sering dilakukan pemula.

Pengertian dan Fungsi Hosting

kesalahan memilih web hosting

Untuk Anda yang belum tahu, Hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai jenis data yang muncul di website. Data tersebut bisa berupa teks, gambar, video, dan file-file lain. Oleh karena itulah penting memilih web hosting yang tepat untuk situs Anda.

Selain sebagai tempat penyimpanan data, fungsi lain dari hosting adalah sebagai redirection dari DNS atau Domain Name Server. Jadi, website yang telah terdaftar di DNS namun tidak dimasukan dalam web hosting, maka orang-orang di internet tidak bisa mengakses website tersebut.

Web hosting juga berfungsi untuk menjaga website Anda tetap online selama 24 jam. Hal ini memungkinkan pengguna di internet mengakses website Anda kapanpun dan dimanapun asalkan mereka terkoneksi ke internet.

Kesalahan Memilih Web Hosting

Setelah mengetahui betapa pentingnya sebuah web hosting, sekarang kami akan menjelaskan beberapa kesalahan dalam memilih web hosting yang sering dilakukan. Ketika membangun sebuah website, sebisa mungkin hindari kesalahan memilih hosting berikut ini:

1. Tergiur dengan Janji “Unlimited”

kesalahan memilih web hosting

Banyak penyedia hosting yang menawarkan paket hosting dengan bandwidth dan storage “unlimited”. Namun, janji ini seringkali cuma click bait dan strategi pemasaran mereka saja. Pada kenyataannya, penyedia hosting menerapkan batasan tertentu pada paket unlimited tersebut.

Jadi, ketika pengguna website Anda melewati batas tertentu, performa dari website tersebut akan menurun, bahkan kecepatan aksesnya bisa menjadi sangat lambat. Bukan cuma itu saja, beberapa software juga kadang tidak bisa diinstal dan tidak adanya sertifikasi SSH yang bisa menjadi masalah keamanan.

2. Tipe Web Hosting Tidak Sesuai

pengaruh hosting bagi seo

Ada berbagai jenis web hosting, seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated server hosting. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memilih jenis hosting yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda bisa mengakibatkan performa situs yang tidak optimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebutuhan hosting untuk website Anda dan memilih tipe hosting yang paling cocok. Melakukan riset sebelum memutuskan sangat disarankan untuk menghindari kesalahan ini.

3. Tidak Mengetahui Batasan

Hindari 10 Kesalahan Memilih Web Hosting - 2024

Setiap paket hosting yang ditawarkan penyedia memiliki Batasan tertentu, mulai dari jenis file yang bisa diunggah sampai dengan batasan pengunjung. Apabila website Anda melebihi batasan yang telah ditentukan, maka performa website bisa turun drastis.

Bahkan ada risiko website Anda dimatikan oleh penyedia hosting atau dikenakan biaya tambahan. Jadi, Anda harus memahami dengan baik paket yang dipilih, pilih paket yang sesuai kebutuhan untuk memastikan operasional website Anda bisa berjalan dengan lancar.

4. Mengabaikan Aspek Keamanan

Keamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam hosting situs web. Tanpa fitur keamanan yang memadai, website Anda bisa rentan terhadap serangan cyber. Pastikan penyedia hosting menawarkan fitur keamanan yang komprehensif, seperti SSL, proteksi DDoS, dan firewall.

Mengabaikan aspek keamanan bisa mengakibatkan kerugian besar, termasuk pencurian data dan kerusakan reputasi bisnis. Banyak pemilik website yang baru memulai mengabaikan keamanan dari website mereka, yang mana ini merupakan tindakan salah.

5. Tidak Mencatat Detail Kontak

kesalahan memilih web hosting

Kesalahan memilih web hosting berikutnya yang sering dilakukan adalah tidak mencatat detail kontak dari penyedia hosting. Pastikan Anda mencatat alamat email atau nomor telepon customer service mereka.

Hal ini sangat berguna jika suatu saat website Anda mengalami masalah dan Anda membutuhkan bantuan secepatnya. Karena, dukungan pelanggan terbaik pun tidak akan berguna jika Anda tidak mengetahui cara untuk menghubungi mereka.

6. Tidak Mengecek Kualitas Customer Service

Hindari 10 Kesalahan Memilih Web Hosting - 2024
Dukungan customer service 24/7 (sumber: istock)

Customer service yang responsif dan berkualitas adalah kunci untuk mengatasi masalah teknis dengan cepat. Memilih penyedia hosting tanpa mengecek kualitas dukungan pelanggan mereka bisa membuat Anda kesulitan ketika menghadapi masalah.

Cari tahu tentang opsi dukungan yang mereka tawarkan, seperti telepon, email, atau live chat, dan pastikan mereka tersedia 24/7. Anda juga bisa mengecek ulasan dari pengguna lain untuk mengetahui gambaran dari customer service mereka.

7. Tidak Mencoba Layanan

Sebelum Anda memutuskan untuk terus menggunakan layanan satu penyedia hosting, sebaiknya Anda mencoba layanan mereka terlebih dahulu. Ada beberapa penyedia hosting yang menawarkan masa percobaan secara gratis untuk para calon pelanggannya.

Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk mengevaluasi performa serta fitur yang mereka miliki. Silahkan manfaatkan masa percobaan tersebut untuk membantu Anda terhindar dari layanan yang tidak memenuhi kebutuhan atau tidak sesuai standar Anda.

8. Tergiur Paket Termurah

Memilih paket hosting termurah bisa menjadi godaan besar. Namun, paket termurah biasanya memiliki fitur yang terbatas. Sedangkan paket hosting yang lebih mahal biasanya menawarkan fitur yang lebih lengkap dan premium untuk membangun website yang baik.

Oleh karena itulah, penting untuk membaca detail setiap fitur dari paket hosting yang ditawarkan sebelum membuat keputusan membeli suatu paket hosting. Jangan tergiur dengan paket hosting murah, lebih baik mahal sedikit namun fitur yang ditawarkan memuaskan.

9. Tidak Mengecek Kebijakan Refund

Memilih provider hosting yang tidak memberikan garansi uang kembali merupakan salah satu kesalahan memilih web hosting yang harus Anda hindari. Anda mungkin mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket hosting, oleh karena itulah Anda harus mengecek apakah ada garansi atau tidak.

Jika provider hosting tidak menyediakan garansi dan layanan mereka tidak sesuai harapan, Anda akan dirugikan karena tidak bisa mendapat pengembalian dana. Oleh karena itulah, pastikan untuk memilih penyedia yang memiliki kebijakan garansi refund supaya Anda bisa mencoba layanan mereka tanpa resiko.

10. Menggunakan Provider Web Hosting Gratis

Tips memilih penyedia layanan email hosting
Pilih penyedia layanan email hosting yang terpercaya. (Sumber: freestock)

Pilihan web hosting gratis mungkin tampak menarik dari segi biaya. Namun, layanan gratis ini sering kali datang dengan sejumlah keterbatasan. Masalah utama yang sering muncul adalah lambatnya uptime karena keterbatasan bandwidth. Hal ini dapat menyebabkan situs Anda sering tidak bisa diakses, yang tentunya merugikan bisnis Anda.

Selain itu, penyedia hosting gratis seringkali menampilkan iklan pihak ketiga tanpa persetujuan Anda, yang bisa mengganggu pengalaman pengguna. Layanan gratis ini juga biasanya tidak mendukung fitur canggih seperti penambahan skrip atau sertifikasi keamanan yang memadai.

Tips Memilih Hosting yang Tepat

Sekarang Anda sudah tahu beberapa hal yang harus dihindari ketika memilih hosting. Nah, jika masih bingung bagaimana cara memilih hosting yang tepat, berikut ini adalah beberapa tips memilih hosting yang bisa Anda lakukan:

  • Tentukan kebutuhan: Pahami terlebih dahulu kebutuhan website Anda, termasuk penyimpanan, bandwidth, dan fitur yang dibutuhkan.
  • Uptime Hosting: Pilih penyedia hosting dengan uptime atau operasional yang tinggi serta kecepatan akses yang cepat supaya website Anda tetap online dan responsive.
  • Periksa Fitur: Pastikan penyedia hosting memberikan fitur yang Anda butuhkan, seperti panel yang mudah digunakan, dukungan bahasa pemrograman dan lai-lain.
  • Bandingkan Harga: Bandingkan juga harga dari satu penyedia hosting dengan penyedia-penyedia yang lain untuk mendapatkan pilihan terbaik sesuai budget Anda.
  • Baca Ulasan: Sebelum membeli, baca ulasan dari pengguna lain yang sudah pernah menggunakan layanan dari penyedia hosting tersebut.
  • Uji Layanan: Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, pada beberapa provider Anda bisa mencoba layanan secara gratis sebelum membelinya, jadi manfaatkan kesempatan tersebut.

Rekomendasi Penyedia Web Hosting

Memilih web hosting yang tepat sangatlah penting dalam mengelola dan membangun sebuah website. Hindari kesalahan-kesalahan saat memilih hosting yang bisa merugikan Anda nantinya setelah website sudah mulai dibuat.

Memahami kebutuhan bisnis Anda dan menyesuaikan pilihan hosting dengan kebutuhan tersebut sangat penting. Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan fleksibilitas, performa, dan dukungan pelanggan yang baik.

Anda bisa menerapkan beberapa tips dalam memilih penyedia hosting di atas ketika ingin membeli hosting untuk website. Dengan cara di atas, Anda bisa terhindar dari kesalahan ketika memilih hosting sehingga tidak menyesal setelah membelinya.

Sebagai tambahan, kami punya kejutan menarik untuk Anda! Dengan pembelian domain dan hosting, Anda berkesempatan memenangkan Wuling AirEV di Exavaganza

Jadi, selain mendapatkan layanan hosting murah, Anda juga bisa membawa pulang hadiah istimewa. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis online Anda sekaligus memenangkan mobil impian.

Hindari 10 Kesalahan Memilih Web Hosting - 2024