Mengetahui Definisi dan Perbedaan Blog, Blogging, Blogger dan Blogspot

42
blog exabytes
4 min read

Bagi kamu yang ingin memulai sebuah website dan tidak tahu bagaimana memulai sebuah blog atau blogspot. Nah, sama bukan? Nah, meskipun terdengar mirip, kedua istilah tersebut sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Belum lagi kamu yang masih baru, bahkan yang sudah familiar dengan dunia web pasti merasa bingung dengan beberapa istilah yang hampir mirip seperti blog, blogger, blogging, dan blogspot.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan antara blog, blogger, blogging dan blogspot agar anda bisa menjelajah dunia digital khususnya website. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Dari Blog Blogger Blogging dan Blogspot

Perbedaan Blog Blogging Blogger

Sebelum membahas perbedaannya, ada baiknya mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu akan dapat dengan mudah memahami perbedaan antara empat kategori, sebagai berikut:

Pengertian Blog

Mari kita mulai dengan membahas apa itu blog.

Blog adalah sebuah website yang berisi konten berupa informasi, opini, pengalaman atau apapun yang diposting oleh penulis/pemilik blog sebagai postingan pada sebuah website.

Menurut HubSpot, kata blog adalah singkatan dari weblog. Web itu sendiri mengacu pada halaman web sedangkan log adalah catatannya. Istilah blog pertama kali digunakan pada tahun 1997 oleh Jorn Barger, yang pada saat itu menggambarkan aktivitasnya di internet sebagai “web logging”. Pada tahun 1999, istilah weblog dipersingkat menjadi blog Peter Merholz, seorang programmer.

Blog adalah tempat di mana penulis dapat berbagi pandangan dan pekerjaan mereka. Berbeda dengan website, blog lebih dinamis karena blogger biasanya mengupdate artikelnya secara berkala. Konten tidak terbatas pada teks, tetapi juga dapat berupa gambar, video, foto, atau apa pun yang ingin diunggah oleh penulis.

Di masa lalu, blog lebih bersifat pribadi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi internet, blog kini juga diminati dalam skala yang lebih besar. Banyak kalangan yang lebih luas, seperti organisasi dan bisnis, menggunakan blog sebagai sarana promosi, transmisi informasi, dan banyak lagi.

Jenis-Jenis Blog

Jika diklasifikasikan menurut tujuan dan fungsinya, ada dua jenis blog: blog pribadi dan blog bisnis.

  • Blog Pribadi – Jenis blog ini dimaksudkan untuk melayani kepentingan pribadi penulis. Biasanya untuk berbagi cerita, pengalaman, opini, portfolio dan sejenisnya. Sebuah blog pribadi sering disebut sebagai buku harian pemilik blog dalam bentuk digital, tersedia untuk siapa saja secara online.
  • Blog Bisnis – Memulai sebuah blog bukan hanya karena minat pribadi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, blog juga dapat digunakan untuk mempromosikan media/penelitian pasar secara online. Peran blog bisnis adalah untuk dapat menghasilkan lalu lintas untuk toko online atau situs web perusahaan. Karena sifatnya yang lebih dinamis, blog bisnis dapat memberikan pembaruan konten secara teratur. Berbeda dengan website yang sifatnya lebih statis yang hanya menampikan informasi produk. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan memilih untuk membuat blog untuk menglengkapi situs web mereka sambil juga mendatangkan lalu lintas ke sana.

Struktur Blog

Saat ini banyak sekali perkembangan blog dengan segala penambahan fitur dan add-ons. Namun secara umum, blog biasanya memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Ada header di bagian atas blog dengan menu dan bilah navigasi.
  2. Area utama di tengah dengan konten terbaru atau bookmarked.
  3. Terdapat sidebar di sisi kanan atau kiri yang berisi profil pemilik blog, undangan berbagi sosial (Call to Action).
  4. Footer berisi penafian atau informasi kontak blog.

Apa Itu Blogging?

Blogging adalah istilah yang mengacu pada aktivitas menjalankan dan mengelola blognya sendiri. Ini termasuk proses menulis, memposting,menautkan, dan berbagi konten di blog. Hingga saat ini blogging menjadi salah satu kegiatan berbagai informasi, menuangkan iden dan karya hingga bisa menghasilkan rupiah melalui internet.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, kamu perlu meningkatkan kualitas blog kamu. Misalnya, kamu dapat membuat konten yang menonjol dari blog lain yang masih berada di feed yang sama dengan blog kamu. Temukan ide yang belum diambil oleh pesaing kamu dan ubah menjadi aset blog kamu.

Definisi Dari Blogger

Blogger adalah istilah yang mengacu pada orang yang melakukan aktivitas blogging. Seorang blogger secara teratur mengisi blognya dengan konten terbaru dan juga mengoptimalkan blog agar lebih berkembang.

Banyak blogger yang sudah bisa menghasilkan uang, meski tentu saja ini harus dilakukan dengan ketekunan yang tinggi. Blog tidak dapat membuat apa pun sendiri, juga tidak dapat menghasilkan uang tanpa pengunjung. Jadi hal terpenting selain konten adalah pemasaran blog sehingga kamu bisa menghasilkan uang dari blog.

Blogspot

Seperti yang kami sebutkan di bagian sebelumnya, blogspot adalah subdomain dari blogger.com milik Google. Jika kamu berkunjung, alamatnya adalah blogspot.co.id karena berada di wilayah Indonesia.

Ini adalah empat arti dari istilah yang hampir sama, meskipun terdengar mirip, keempatnya memiliki fungsi atau aktivitas yang sangat berbeda.

perbedaan blog blogging blogger blogspot

Sudah Mengerti Perbedaan Blog Blogging Blogger dan Blogspot?

Berikut beberapa penjelasan mengenai perbedaan blog, blogger, blogging, dan blogspot, yaitu:

  • Blog adalah halaman pribadi atau halaman pribadi dengan konten berupa artikel, gambar, video hingga audio.
  • Blogger adalah orang yang membuat blog. Padahal blogger.com adalah website milik Google yang bisa digunakan secara gratis.
  • Blogging adalah kegiatan mengelola blog.
  • Blogspot adalah subdomain dari situs web yang disebut blogging.com.

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang kamu tahu perbedaan blog, blogging, blogger dan blogspot. Jika kamu ingin memulai sebuah blog, pastikan untuk mengisi blog dengan hal-hal yang kamu sukai untuk membuat blogging lebih menyenangkan. Siapa tahu nanti blognya bisa menghasilkan uang!

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi kamu! Oh ya, pastikan untuk menggunakan server VPS dan cloud hosting terbaik dari Exabytes untuk blogging yang cepat, aman, dan andal. Selamat atas kesuksesan online!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments