6 Teknik Phishing Paling Umum Yang Harus Kamu Waspadai!

0
1650

Phishing adalah salah satu bentuk serangan siber yang paling umum digunakan oleh penjahat siber. Teknik ini melibatkan menipu seseorang untuk mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan mereka melalui email, pesan teks, atau melalui website palsu yang terlihat seperti website asli.

Pada artikel ini, kami akan membahas teknik phishing paling umum yang harus kamu ketahui dan cara melindungi diri dari serangan ini.

Apa Itu Phishing?

Phishing adalah bentuk serangan siber yang berupaya mencuri informasi pribadi atau keuangan seseorang dengan menipu mereka agar memberikannya. Penjahat siber sering mencoba mengelabui korban agar mengira mereka sedang berbicara dengan orang atau organisasi terpercaya, seperti bank atau perusahaan terkenal.

Serangan phishing dapat dilakukan melalui email, pesan teks, atau website palsu yang terlihat seperti aslinya.

Teknik Phishing Paling Umum

teknik phishing paling umum

Ada beberapa teknik phishing yang paling umum digunakan oleh penjahat siber. Beberapa dari mereka adalah:

1. Spear Phishing

Spear phishing adalah teknik phishing online yang lebih canggih dan terarah. Penjahat siber akan mencari korban dan menggunakan informasi ini untuk membuat pesan yang lebih persuasif, seperti mengirim email palsu yang tampaknya berasal dari atasan atau kolega. Teknik ini sering digunakan untuk mencuri informasi bisnis atau keuangan yang sensitif..

2. Whaling

Whaling mirip dengan spear phishing, tetapi menargetkan individu yang lebih penting dalam suatu organisasi, seperti CEO atau CFO. Penjahat siber menggunakan informasi yang diperoleh tentang target mereka untuk membuat pesan yang lebih meyakinkan dan mengelabui target agar memberikan informasi sensitif.

3. Pharming

Teknik pharming memanfaatkan kerentanan dalam Domain Name System (DNS) untuk mengarahkan pengguna ke website palsu. Dalam hal ini, penjahat siber tidak perlu membuat website palsu tetapi mengubah alamat IP website yang ada sehingga pengguna dialihkan ke website yang salah.

4. Smishing

Teknik ini digunakan untuk mengelabui pengguna melalui SMS. Penjahat siber akan mengirim pesan teks yang mengatakan ada masalah dengan akun mereka dan meminta mereka untuk memberikan informasi login dan kata sandi.

5. Vishing

Vishing adalah teknik phishing online yang dilakukan melalui telepon. Penjahat siber berperan sebagai perwakilan dari organisasi terpercaya, seperti bank atau perusahaan telekomunikasi, dan meminta informasi pribadi dari korban.

Teknik ini bisa sangat meyakinkan karena penjahat siber dapat menggunakannya untuk menampilkan nomor telepon palsu atau bahkan merekam suara orang sungguhan yang terlihat seperti perwakilan dari organisasi terpercaya.

6. Email Phishing

Teknik yang satu ini mungkin banyak dan pernah kita jumpai. Email phishing adalah penipuan yang dilakukan dengan cara mengirim email berisi link di mana link tersebut adalah sebuah jebakan yang kalau kita klik maka data kita akan diambil oleh mereka.

Teknik ini sebenarnya mudah di cegah lewat pengamatan kata-kata dari si pengirim email, namun kamu tetap harus hati-hati karena tak jarang phisher menggunakan nama yang sama dengan nama temanmu sehingga terlihat lebih meyakinkan.

 

Cara Melindungi Diri dari Serangan Phishing

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi diri kamu dari serangan phishing:

1. Jangan Membagikan Informasi Pribadi Secara Sembarangan

Jangan berikan informasi pribadi atau keuangan kamu kepada siapa pun yang tidak kamu kenal atau percayai, terutama jika mereka memintanya melalui email, SMS, atau website. Pastikan untuk selalu memverifikasi identitas individu atau organisasi sebelum memberikan informasi sensitif.

2. Periksa Alamat Email atau Website

Pastikan untuk selalu memverifikasi alamat email atau website kamu sebelum memberikan informasi sensitif. Jika alamat email atau website tidak terlihat seperti yang biasa digunakan organisasi, kemungkinan besar itu adalah website palsu.

3. Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak kamu, termasuk antivirus dan sistem operasi kamu. Ini akan membantu mencegah serangan phishing yang mengeksploitasi kerentanan di sistem kamu.

4. Waspadai Pesan Teks atau Panggilan Telepon Tak Terduga

Jika kamu menerima pesan teks atau panggilan telepon yang tidak terduga, terutama jika mereka meminta informasi sensitif, jangan berikan. Pastikan untuk selalu memverifikasi identitas pengirim SMS atau panggilan telepon tersebut.

5. Berhati-hati dengan Lampiran atau Tautan

Jangan buka lampiran atau klik tautan di email atau pesan teks yang tidak diminta atau dari pengirim yang tidak dikenal. Lampiran atau tautan ini mungkin mengandung virus atau malware yang dapat merusak perangkat kamu atau mencuri informasi sensitif kamu.

teknik phishing

Tindakan yang Harus Dilakukan Jika Terkena Serangan Phishing

Jika kamu adalah korban serangan phishing, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

1. Jangan Panik

Jangan panik dan jangan memberikan informasi sensitif apapun kepada penjahat siber. Beri diri kamu waktu untuk memproses situasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi.

2. Laporkan ke Pihak yang Berwenang

Laporkan serangan phishing ke pihak berwenang, seperti bank atau polisi. Mereka dapat membantu kamu memulihkan akun kamu dan mencegah penjahat siber mengambil tindakan lebih lanjut.

3. Ganti Password

Ganti password akun yang terkena serangan phishing. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun kamu.

4. Waspadai Perubahan pada Akun

Periksa akun kamu secara teratur untuk setiap perubahan yang mencurigakan, seperti transaksi yang tidak diketahui atau perubahan informasi pribadi.

Kesimpulan

Phishing adalah teknik penipuan online yang terus berkembang yang mengancam keamanan online kita. Untuk melindungi diri kamu dari teknik ini, penting untuk selalu waspada terhadap email atau pesan teks yang mencurigakan, dan untuk selalu memeriksa tautan sebelum memasukkan informasi pribadi. Juga, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda dan kuat untuk setiap akun online kamu, dan jangan pernah membagikan informasi pribadi tanpa pandang bulu.

Dengan waspada dan berhati-hati, kamu dapat melindungi diri dari teknik phishing dan tetap aman saat online. Ingatlah selalu untuk tidak tertipu oleh tautan atau kiriman yang mencurigakan dan selalu verifikasi sumbernya sebelum memasukkan informasi pribadi apa pun.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments