Tertarik Menjadi Mompreneur? Ini Dia Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

167
Peluang Bisnis
4 min read

Hallo Exabytes Friends, Selamat Berakhir pekan ya.

Di weekend kali ini Exabytes akan membahas tentang sosok perempuan atau lebih tepatnya tentang seorang ibu. Sosok Ibu selalu digambarkan dengan kepribadian yang lemah lembut dan penuh kasih sayang, ternyata sosok perempuan memiliki andil dan kontribusi yang sama dengan seorang laki-laki pada segala bidang.

Meskipun saat ini pemerintah sudah mengedepankan kesetaraan gender terutama tentang peran seorang perempuan, tidak sedikit perempuan yang lebih memilih menjadi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) dan rela meninggalkan karir terbaiknya yang mungkin dulu mereka impikan. Biasanya keputusan tersebut mereka ambil salah satu faktor utamanya adalah ketika mereka sudah menikah dan memiliki anak.

Namun setelah keputusan untuk menjadi IRT mereka ambil, tidak sedikit lho yang merasa bosan, tidak terbiasa, tidak percaya diri dan merasa ada yang kurang dari segi keuangan. Meskipun suaminya sudah bisa menutupi kekurangan finansial dalam rumah tangganya, namun ada saja keinginan untuk menghasilkan uang sendiri dan ingin mandiri. 

Kalau sudah seperti ini sebenarnya banyak yang bisa kamu lakukan Exabytes Friends, salah satunya adalah menjadi seorang Mompreneur. Dengan menjadi seorang Mompreneur atau wirausaha, kamu masih tetap bisa menjalankan peran kamu sebagai Ibu Rumah Tangga tanpa harus meninggalkannya. Bisa diibaratkan, kamu menjalankan dua tugas yaitu menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus menjadi wirausaha yang keduanya sama-sama memiliki porsi yang seimbang.

Namun berwirausaha seperti apa saja yang memberikan peluang menjanjikan untuk seorang Mompreneur? Berikut Exabytes sajikan beberapa peluang bisnis seorang mompreneur yang bisa dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga. Simak baik-baik ya.

Menjadi Seorang Freelancer

Kamu memiliki keterampilan seperti menulis, menerjemah, membuat website, pandai menggunakan sosial media atau keterampilan lainnya, kamu bisa menggunakan keterampilan kamu tersebut untuk menjadi seorang freelancer. Freelancer atau biasa dikenal dengan sebutan pekerja lepas merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang secara mandiri, fleksibel, dan tidak terikat kontrak atau perjanjian dalam jangka waktu panjang dengan salah satu perusahaan atau instansi.

Jadikan setiap keterampilan kamu tersebut sebagai peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan Exabytes Friends. Banyak berkumpul dengan sebuah komunitas yang memang menunjang keterampilan kamu. Misalnya kamu memiliki keterampilan menulis, bergabunglah dengan komunitas menulis atau semacamnya di berbagai sosial media yang pastinya dapat menunjang ketertarikan dan mengasah pengetahuan kamu tentang menulis lebih dalam lagi.

Menjadi Seorang Makeup Artist

Menjadi seorang makeup artist memang harus memiliki keterampilan tersendiri. Biasanya seorang perempuan sudah familiar dengan yang namanya alat makeup dan lain sebagainya. Memiliki keterampilan dalam merias diri sendiri adalah salah satu bonusnya. Apalagi dapat mengaplikasikan keterampilan kamu tersebut kepada orang lain, pastinya hal ini menjadi peluang untuk kamu jadikan sebagai ladang bisnis. 

Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan ini dirumah dengan membuka salon kecil-kecilan. Tekuni setiap prosesnya, karena hal ini bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan yang lumayan besar jika dilakukan secara serius.

Berbisnis Makanan Kemasan

Untuk poin ini tentunya dapat dilakukan oleh semua orang dengan sangat mudah apalagi oleh seorang ibu rumah tangga yang memang merupakan pekerjaannya sehari-hari. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal sedikit untuk membeli beberapa bahan makanan untuk kamu buat dirumah dan nantinya bisa kamu jual. Apalagi jika kamu memiliki beberapa akun sosial media, kamu bisa menggunakan sosial media sebagai media jualan kamu secara online.

Menjadi Reseller Pakaian

Bisnis yang sedang diminati oleh sebagian besar perempuan adalah menjadi seorang reseller pakaian. Kenapa hal ini paling digemari?Karena menjadi reseller pakaian tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Cukup bermodalkan handphone atau laptop dan koneksi internet untuk berjualan pakaian tersebut. Stok pakaian bisa kamu dapatkan dari pemasok, yang bisa kamu ambil atau kirim ketika pelanggan kamu setuju untuk membelinya.

Kamu pun tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama kamu dirumah. Karena semua bisa dilakukan kapan dan dimana saja sesuai dengan yang kamu inginkan.

Membuat Kerajinan Tangan

Sebagai seorang mompreneur yang cerdas, pastinya dapat memanfaatkan suatu keahlian atau hobi yang dimilikinya menjadi hal yang bernilai. Salah satunya hobi seorang IRT pada umumnya adalah membuat kerajinan tangan, meskipun tidak semua menyukai atau tidak pandai dalam membuat kerajinan tangan. 

Namun jika kamu menyukai hobi tersebut, kamu bisa menyalurkan ide-ide kreatif kamu yang bisa kamu tuangkan kedalam kerajinan tangan tersebut. Alhasil jika dijalani dengan serius, akan menjadi bisnis yang paling menguntungkan.

Bagaimana Exabytes Friends, sekarang sudah tahu bagaimana caranya menjadi seorang Mompreneur sukses bukan? Dan apa saja peluang bisnis yang bisa kamu lakukan agar menghasilkan sesuatu yang menjanjikan. Jika sudah paham dan tertarik untuk menjadi seorang Mompreneur, ini saatnya kamu buktikan!

Sekian artikel yang bisa Exabytes sampaikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu khususnya untuk semua perempuan yang ada di muka bumi ini yang ingin berwirausaha dan semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here