5 Tips Digitalisasi UMKM – Tingkatkan Keberhasilan Bisnis

0
1244

Pelajari 5 tips penting untuk digitalisasi UMKM Anda dan tingkatkan keberhasilan bisnis Anda di era digital.

Digitalisasi UMKM merupakan langkah penting dari perkembangan bisnis konvensional menjadi online.

Peralihan UMKM ke arah digital ini adalah upaya untuk meningkatkan tingkat efektivitas dan efisiensi dari proses bisnis dan operasional UMKM

Dengan mengadopsi teknologi digital dan memanfaatkannya, pelaku UMKM dapat melakukan praktik bisnis dengan menggunakan teknologi seperti mencari bahan baku secara online, memantau target pasar, dll.

Hal ini tentu saja meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing bisnis UMKM sehingga dapat bersaing di era digital seperti sekarang.

Apa Saja Tips Penting Digitalisasi UMKM?

5 Tips Digitalisasi UMKM - Tingkatkan Keberhasilan Bisnis

Penting bagi para pelaku bisnis UMKM untuk mengetahui tips-tips di bawah ini untuk dapat membantu Anda melakukan digitalisasi UMKM, diantaranya:

Melakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Tips pertama yang harus diketahui para pelaku UMKM dalam melakukan digitalisasi adalah mengetahui data dari pasar dan kompetitor yang telah melakukan digitalisasi dengan riset.

Data dari riset tersebut sangat berguna bagi Anda dalam membangun bisnis secara digital karena dapat menemukan kekurangan dan bisa memberikan value lebih pada bisnis Anda.

Menentukan Model Bisnis

Setelah Anda melakukan riset pasar dan kompetitor dan mendapatkan data yang diinginkan, Anda bisa lanjut menentukan model bisnis seperti apa yang Anda inginkan.

Kegiatan bisnis yang Anda lakukan harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor sehingga bisnis Anda bisa produktif dengan efisien dan efektif.

Menemukan Platform yang Tepat

Model bisnis yang Anda bangun harus didukung dengan platform yang tepat sehingga digitalisasi UMKM Anda bisa dibilang sukses.

Anda bisa memilih berbagai macam platform yang tersedia secara online untuk menjual produk, urusan kepegawaian, pemasaran, dll.

Maksimalkan SEO dan Pemasaran Digital

Banyak dari pelaku bisnis UMKM yang masuk ke ranah digital tidak memaksimalkan potensi penjualannya yang tinggi karena mengabaikan atau menganggap SEO dan pemasaran digital adalah hal yang mahal.

Padahal, jika Anda sebagai pelaku bisnis menjalankan proses tersebut atau bahkan menguasainya, bukan tidak mungkin Anda dapat menguasai pasar dengan mudah dan memiliki segudang pelanggan.

SEO dan pemasaran digital memiliki cakupan yang luas sehingga produk dan brand Anda lebih mudah dikenal dengan budget yang bisa disesuaikan.

Terus Beradaptasi dan Belajar

Dunia era digital merupakan dunia yang berkembang dengan cepat dan tidak mengenal batas.

Trend dan teknologi bertahan tidak pada jangka panjang, sehingga perubahan akan terasa sangat cepat, bahkan mendadak.

Dalam mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda harus terus belajar sehingga bisnis yang Anda bangun bisa beradaptasi di era digital ini. Akan lebih bagus jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa membaca trend di pasar sehingga target yang ingin dicapai bisa diperkirakan dengan baik.

Apa Manfaat Digitalisasi UMKM?

Digitalisasi UMKM ternyata memiliki manfaat yang cukup besar untuk bisnis Anda yang tentunya membuat bisnis Anda lebih berkembang dan dikenal masyarakat. Berikut ini adalah manfaat dari Digitalisasi UMKM:

Memperluas Jejaring Pemasaran dan Kredibilitas

Berbeda dengan bisnis konvensional yang sangat bergantung pada testimoni word-of-mouth atau mulut ke mulut untuk mendapatkan kredibilitas, Digitalisasi UMKM bisa membuat bisnis Anda memiliki jaringan konsumen.

Dengan jejaring konsumen yang berkembang, Anda bisa memiliki target penjualan yang tidak terbatas pada kota, provinsi, bahkan negara dengan melakukan digitalisasi.

Meningkatkan Income pada Perubahan Pola Konsumsi dan Transaksi

Pada saat ini, kita harus membuka mata bahwa pola konsumsi masyarakat telah mulai berubah dari offline ke online.

Masyarakat saat ini lebih suka berselancar di internet untuk mencari kebutuhan mereka daripada harus susah-susah datang langsung ke toko.

Anda harus bisa melihat peluang ini dengan melakukan digitalisasi sehingga Anda menyediakan tempat bagi kebutuhan masyarakat akan pola konsumsi online dan proses transaksi yang mudah.

Dengan berubahnya gaya belanja masyarakat, penting bagi para pelaku UMKM mengikuti hal tersebut agar bisnis bisa tetap berjalan atau bahkan mengambil semua peluang yang belum dilihat oleh kompetitor.

SME DigitalFest 2023

Exabytes Mengadakan SME DigitalFest 2023

SME DigitalFest 2023 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Exabytes Indonesia, bertujuan untuk membantu bisnis UMKM dengan membagikan informasi, pengetahuan, teknik, dan solusi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis UMKM dalam lingkungan pasar yang semakin kompetitif.

Mengangkat tema “Building Resilient SMEs in the Digital Age”,acara yang akan diselenggarakan 2 hari berturut-turut ini ingin mengajak para pelaku UMKM, praktisi ekonomi, dan penggiat teknologi untuk bersama-sama siap membawa sektor UMKM lebih matang dan tangguh dalam mengembangkan usahanya di era kecanggihan digital melalui sharing knowledge dan pengalaman dari para ahli hingga pelaku UMKM di berbagai bidang, product showcase, hingga bertemu dengan calon pelanggan secara langsung di area bazaar.

Mari bertemu di SME DigitalFest 2023!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments