21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Keren 2021

0
30222

Hi, Exabytes Friends! Adakah dari kamu yang merupakan seorang blogger dan sedang mencari rekomendasi template Blogger gratis dan juga keren?

Blogger atau Blogspot merupakan platform untuk menulis dan membuat konten yang mudah digunakan, terlebih layanan ini gratis. Gak heran, kalau banyak juga orang yang membuat website menggunakan blogspot. Baik itu digunakan untuk nge-blog ataupun bisnis online.

Nah, dalam membuat blog gratis mulai dari membuat akun, membuat postingan, memilih nama, hingga kustomisasi desain, salah satu yang gak boleh banget ketinggalan yaitu memilih tema atau template Blogger free dan juga keren untuk tampilan desain blogmu.

Ada begitu banyak rekomendasi template Blogger gratis yang bisa kamu download dan gunakan di blog kamu. Simak pilihannya ya!

Kriteria Dalam Memilih Template Blogger

Tidak semua template Blogger gratis yang tersedia cocok untukmu. Jika kamu ingin blog kamu sukses, maka kamu harus memperhatikan betul aspek-aspek saat memilih template Blogger.

SEO Friendly

Yang pertama, template Blogger kamu harus SEO friendly. Ya, benar, SEO tidak hanya kamu optimalkan pada konten atau tulisan yang kamu buat di blog tetapi juga pada desain Blogger kamu. 

Template Blogger haruslah dirancang dan dibuat secara profesional untuk pengoptimalan SEO, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk bisa mendapatkan ranking di Search Engine Page Result. 

Di dalam template Blogger, kamu harus memperhatikan skema, metadata, code yang terorganisir dengan baik, parameter heading dan subheading yang seimbang, opsi penyisipan alt text image, fitur widget post, tata letak yang benar, navigasi menu yang jelas, agar bot dapat dengan mudah merayapi website blog kamu. 

Perhatikan juga apakah template ini sudah update algoritma Google yang paling terbaru atau belum. Jika kesemuanya All Good, maka dengan template Blogger yang SEO friendly, kamu bisa mendapatkan banyak traffic ke Blogger kamu 

Responsive Design

Template Blogger haruslah mempunyai desain yang responsif. Desain responsif memungkinkan untuk memuat blog kamu sesuai dengan ukuran layar dari perangkat yang dipakai oleh orang yang mengunjungi blog kamu. Baik dari PC/Tablet dan Smartphone. Template secara otomatis menyesuaikan lebar serta ukuran elemennya.

Dengan template Blogger responsif, blog kamu akan terlihat profesional karena menawarkan pengalaman konsistensi ke pengunjung blog ketika mereka mengunjunginya baik dari smartphone maupun komputer.

Template Blogger dengan desain yang responsif juga dapat membantu menarik traffic ke blog kamu. Keterbacaan blog kamu meningkat, navigasi menu yang jelas baik untuk di komputer maupun smartphone, sehingga pengunjung mudah berinteraksi dan mau berselancar lebih jauh di blog kamu.

Selain blog yang mempunyai template Blogger SEO friendly, blog yang mempunyai desain responsif juga disukai Google sehingga kamu bisa mempunyai kesempatan untuk berada di halaman hasil pencarian Google.

Fast Load

Selain template Blogger yang SEO friendly dan desain responsif, template yang fast load juga merupakan kriteria template Blogger yang baik. Denga memuat lebih cepat website blog, maka pengunjung blog kamu tidak akan kabur karena kelamaan menunggu blog memuat sempurna.

Template Blogger yang fast load memiliki desain yang sederhana dan sedikit elemen serta widget yang akan ditampilkan, hanya yang paling berguna dan relevan dengan kebutuhanmu. Dengan begini, website blog kamu tidak ’berat’, dan mendapatkan kesempatan untuk ranking juga di halaman hasil pencarian Google karena traffic dari pengunjung blog yang tinggi.

Terdapat Pilihan Menyisipkan Widget

Widget ialah fitur-fitur tambahan yang biasanya berada di area sidebar atau footer website blog kamu. Mungkin kamu pernah melihat slideshow foto, ikon media sosial Instagram/Facebook/Twitter, tombol subscribe lewat e-mail, postingan paling populer, kalender, bahkan iklan. Nah, itu semua adalah widget.

Fitur widget dapat mempermudah pengunjung blog dan memberikan pengalaman baik ke mereka karena mudah dipahami dan diakses. Pastikan template Blogger kamu bisa disisipkan widget yang sesuai dengan kebutuhan ngeblog kamu.

Baca juga: Joomla vs WordPress Mana CMS Yang Terbaik Untuk Blog

Mempunyai Support Baik

Support di sini berarti pembuat template Blogger dapat dihubungi jika kamu mempunyai kendala dalam menginstall dan mengaplikasikan template Blogger kamu. Support tidak hanya harus terdapat di template yang premium atau berbayar, di template Blogger gratis, pembuat template biasanya juga memaparkan jelas cara download, install lalu mengkustomisasi desain template di blog kamu. 

Bahkan dari mereka bisa memberikan video atau screenshot pada setiap langkah-langkahnya. Hal inilah yang membuat template Blogger gratis mudah digunakan.

21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Keren 2021

Setelah kamu tahu bagaimana template Blogger yang mempunyai kriteria baik dan dapat membantu kesuksesan blog kamu, maka saatnya kamu memilih template Blogger dari berbagai rekomendasi template Blogger gratis dan keren dari mimin nih Exabytes Friends.

Template Blogger Untuk Personal Blog

Personal Blog biasanya berisikan cerita keseharian penulis, pengalaman travelling, resep memasak hingga kisah bersama pasangan lho guys. Karena di Blogger, kamu bisa menceritakan apapun yang ingin kamu tuliskan. 

Daisy

Rekomendasi template Blogger gratis untuk personal blog: Daisy
Template personal blog: Daisy. (Source: Beauty Templates)

Daisy merupakan template Blogger dengan desain sederhana, clean, modern menyesuaikan trend dan juga masih terlihat profesional jika kamu gunakan sebagai blog untuk personal membagikan cerita keseharianmu. 

Template Blogger ini sudah SEO friendly, desain yang responsif sehingga terlihat sempurna di semua perangkat, kamu bisa menyisipkan banyak pilihan widget sesuai kebutuhan di sidebar dan juga footer, bisa mengkustomisasi warna dan jenis font sesuai selera.

Live Preview | Download 

Sophia

Rekomendasi template blogger gratis untuk personal blog: Sophia
Template personal blog: Sophia (Source: Beauty Templates)

Sophia juga merupakan template Blogger sederhana lainnya, memiliki desain simple, clean, dan terdapat banyak widget. Salah satunya featured post slideshow di bagian atas. Pada bagian ini kamu bisa menampilkan postingan pilihan kamu yang terbaik untuk menarik perhatian pengunjung saat pertama kali melihat blog kamu.

Template Blogger Sophia tentu saja sudah SEO friendly, desain responsif, banyak pilihan widget. Template Blogger ini juga cocok untuk personal blog menceritakan keseharian, travel blog hingga fashion dan lifestyle blog.

Live Preview | Download 

Heather

Rekomendasi template blogger gratis untuk personal blog: Heather
Template Blogger untuk personal blog: Heather (Source: Copythemes)

Heather ialah template Blogger yang cocok untuk personal blog yang bisa juga menceritakan tentang fashion, lifestyle, travel atau makanan. Uniknya, Heather mempunyai full width blok yang sekaligus merupakan featured post kamu atau postingan terkini maupun terbaik dari blog kamu.

Heather mempunyai desain postingan yang grid tetapi tetap disertai foto, judul dan deskripsi sehingga kamu bisa menarik minat membaca pengunjung lewat itu. Disertai banyak pilihan penyisipan widget, Heather juga desain yang responsif sehingga tetap enak dilihat di berbagai perangkat.

Live Preview | Download

Backpack

Rekomendasi template blogger gratis untuk personal blog: Backpack
Template Blogger untuk personal blog: Bakpack (Source: Copythemes)

Template Blogger Backpack cocok untuk kamu travel Blogger atau personal + profesional travel guide. Di template ini banyak pilihan widget terutama ikon-ikon cantik seperti berapa banyak negara yang sudah dijelajahi, pilihan restoran atau tempat camping terbaik.

Live Preview | Download

Recipes

Rekomendasi template blogger gratis untuk personal blog: Recipes
Template Blogger untuk personal blog: Recipes (Source: Gooyabittemplates)

Sekarang template Blogger untuk kamu yang menjalankan food blog atau cooking blog. Dengan template yang menonjolkan foto, kamu bisa menampilkan foto makanan terbaik yang kamu ambil sehingga menarik minat pembaca ketika berkunjung ke blog kamu.

Di template Blogger ini kamu juga bisa menyisipkan widget seperti resep popular, tag resep dan lain-lain. Sehingga pengunjung blog bisa langsung mencari resep apa yang mereka ingin ketahui dan juga postingan blog kamu terorganisir dengan baik.

Live Preview | Download

Deep Blog

Rekomendasi template blogger gratis untuk personal blog: Deep Blog
Template Blogger untuk personal blog: Deep Blog (Source: Copybloggerthemes)

Untuk kamu yang personal blognya tidak hanya berfokus pada satu topik namun juga senang membahas isu atau berita terkini, template Blogger Deep Blog bisa menjadi pilihan. Deep blog menyajikan fitur postingan berdasarkan kategori di halaman depan sehingga pengunjung website blog kamu senang dihadapkan dengan beragam topik dan bisa langsung memilih topik apa yang ingin mereka baca.

Template Blogger Deep Blog SEO friendly dan juga tentunya desain responsif, minimalis sehingga website blog termuat dengan cepat.

Live Preview | Download

Template Blogger Untuk Magazine/News

Selain personal blog, Blogger juga bisa digunakan sebagai online news media atau online magazine untuk orang-orang mendapatkan informasi atau berita terkini. Berikut rekomendasi template Blogger gratis diperuntukkan untuk kamu yang website blognya magazine/news!

Mono

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: Mono
Template Blogger untuk Magazine/News: Mono (Source: Sora Templates)

Kamu bosan dengan menu yang berada di atas? Nah di Template Blogger Gratis Mono terdapat menu di samping kiri namun di samping kanan masih terdapat sidebar untuk meletakkan widget dan juga di tengah untuk postingan blog dengan beragam kategori topik yang ditulis.

Namun desain responsif dari template Blogger membuat penyesuain navigasi menu di samping kiri tetap berada di atas, namun kesemuanya masih sama kok! Kamu bisa mencoba desain minimalis, SEO friendly dan fast load ini secara gratis.

Live Preview | Download 

Kovid

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: Kovid
Template Blogger untuk Magazine/News: Kovid (Source: Sora Templates)

Dengan pandemi Covid-19 yang menyerang tahun lalu dan masih bertahan sampai sekarang, orang-orang tentunya membutuhkan informasi akurat tentang pandemi covid-19 setiap harinya. Jika kamu ingin membuat website blog untuk menaikan awareness keselamatan Covid-19 maka template Blogger Kovid bisa dipakai. Terdapat ikon-ikon, fitur animasi, postingan blog ditampilkan di halaman depan. 

Template Blogger ini responsif menyesuaikan dengan perangkat pengunjung blog. Dan juga tidak hanya dikhususkan untuk kampanye keselamatan Covid-19, bisa juga untuk meningkatkan kesadaran sosial dan memberitakan informasi soal virus, kesehatan dan lain-lain.

Live Preview | Download

Newcon

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: Newcon
Template Blogger untuk Magazine/News: Newcon (Source: Theme Expose)

Newcon cocok untuk kamu yang menginginkan template Blogger seperti online media atau magazine. Tulisan kamu yang mempunyai kategori masing-masing semisal tentang breaking news, sport, bisnis makanan, teknologi, kecantikan, fashion dapat tampil di halaman depan di area yang telah dipersiapkan. Jadi pengunjung blog kamu dapat segera memilih kategori tulisan apa yang ingin mereka baca.

Rekomendasi template Blogger gratis dari mimin ini tentu saja sudah SEO friendly, responsif design enak dilihat di komputer dan smartphone dan banyak pilihan menyisipkan widget di sidebar dan footer. Desain juga simple and clean sehingga blog akan fast load.

Live Preview | Download 

Sora Times

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: Sora Times

 

Template Blogger untuk Magazine/News: Sora Times (Source: Sora Templates)

Terdapat pilihan lain selain Newcon untuk mendapatkan tampilan online news media/online magazine. Kamu bisa mencoba template Blogger Sora Times. Sama seperti template Blogger Magazine/News lainnya, di Sora Times, postingan blog dengan berbagai kategori dari news, bisnis, teknologi, fashion, lifestyle dan masih banyak lagi bisa tampil di halaman depan.

Dengan fitur featured post di bagian atas halaman blog kamu bisa menampilkan tulisan terbaik atau terkini kamu di sana sehingga dengan cepat menarik minat baca pengunjung. Dengan template SEO friendly, desain responsif, kamu bisa mendatangkan traffic ke blog kamu.

Live Preview | Download 

ChicMag

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: ChicMag

 

Template Blogger untuk Magazine/News: ChicMag (Source: Copybloggerthemes)

Template Blogger ChicMag juga cocok digunakan untuk blog yang suka menuliskan berita dengan berbagai topik terutamanya tentang fashion, lifestyle, entertainment atau travelling. Didesain dengan multi-option layout, ke semua postingan dengan beragam kategori topik bisa tampil di halaman depan. Tentunya Template Blogger ini SEO friendly dan keterbacaan baik.

Live Preview | Download

SportsMag

Rekomendasi template blogger gratis untuk magazine/news: SportsMag

 

Template Blogger untuk Magazine/News: SportsMag (Source: Copybloggerthemes)

Template Blogger kali ini bisa digunakan untuk kamu yang tulisannya berkisar seputar olahraga. Karena cabang olahraga banyak, pada halaman depan juga bisa menyajikan tulisan dengan berbagai kategori cabang olahraga. 

Live Preview | Download 

Template Blogger Untuk Portfolio

Blogger sebagai website bisa juga digunakan untuk portfolio personal atau portfolio bisnis kamu. Dalam blog kamu bisa memaparkan siapa kamu dan apa-apa saja yang telah kamu kerjakan serta testimoni dan beberapa contoh pekerjaan.

Director

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Director

 

Template Blogger untuk portfolio: Director (Source: Sora Templates)

Template Blogger Director cocok untuk menunjukkan karya-karya profesional kamu. Dengan template desain responsif, calon klienmu bisa melihat riwayat hidup dan proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan melalui perangkat apa saja.

Live Preview | Download

Folio

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Folio

 

Template Blogger untuk portfolio: Folio (Source: Copythemes)

Template Blogger Folio juga bisa dijadikan pilihan untuk memaparkan portfolio personal kamu di blog. Fitur-fitur yang ada masih sama dengan template Blogger Director sebelumnya. Desain template ini responsif walaupun memiliki animasi di ikon dan teks.

Live Preview | Download

Studio Press

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Studio Press

 

Template Blogger untuk portfolio: Studio Press (Source: Copybloggerthemes)

Template Blogger Studio Press masih berkisar digunakan untuk portfolio professional kamu. Uniknya, terdapat navigasi menu di samping kanan dan header image yang lebar untuk banner namamu misalnya. Template Blogger Studio Press juga memiliki fitur drag and drop sehingga kamu tidak perlu susah-susah coding untuk mengkustomisasinya.

Live Preview | Download

Photonic

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Photonic

 

Template Blogger untuk portfolio: Photonic (Source: Copythemes)

Template Blogger Photonic dikhususkan untuk kamu fotografer dalam menampilkan portfolio kamu yang berbentuk foto. Foto-foto kamu ditampilkan dengan desain minimalis, clean dan juga elegan ditambah dengan jenis huruf yang mendukung estetika tampilan desain blog. Template ini juga desain responsif, lho.

Live Preview | Download

Basil

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Basil

 

Template Blogger untuk portfolio: Basil (Source: Copybloggerthemes)

Website blog kamu digunakan sekalian untuk portfolio profesional bisnis kamu bersama tim kecil? Basil adalah template Blogger gratis yang ciamik buat kamu. Dengan adanya full width homepage, konten teks atau foto bisa muncul dengan animasi dan memberikan pengalaman unik ke pengunjung, navigasi menu yang jelas, tunggu apalagi?

Template Blogger Basil cocok untuk kamu memaparkan portfolio sebagai digital marketer, web designer hingga illustrator dan photographer. Kamu dan tim akan terlihat lebih profesional dan keren memakai template Blogger ini, yang tentunya responsif design dan fast load meski memiliki fitur animasi.

Live Preview | Download

Freebify

Rekomendasi template blogger gratis untuk portfolio: Freebify

 

Template Blogger untuk portfolio: Freebify (Source: Copybloggerthemes)

Rekomendasi template Blogger gratis selanjutnya terutama yang dikhususkan untuk portfolio ialah Freebify. Dengan template Blogger Freebify, kamu dapat menampilkan karya-karya yang pernah kamu kerjakan, layanan jasa apa yang bisa kamu handle sebagai web designer, illustrator, digital marketer, website developer dan banyak contoh profesi lainnya

Live Preview | Download

Template Blogger Untuk Toko Online

Dengan ngeblog kamu bisa mendapatkan penghasilan. Kamu bisa mengubah blog kamu menjadi toko online dengan menggunakan rekomendasi template Blogger gratis dari mimin yang dikhususkan dan mempunyai fitur-fitur layaknya website toko online!

Books Cart

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Books Cart

 

Template Blogger untuk toko online: Books Cart (Source: Copybloggerthemes)

Rekomendasi template Blogger gratis pertama untuk toko online ialah template Books Cart. template ini dikhususkan untuk menjual satu macam produk semisal buku yang terdiri dari berbagai macam genre seperti genre buku komik, misteri, novel, akademik dan lain-lain. 

Pada homepage disambut dengan kolom search yang memudahkan kamu untuk mencari nama produk yang kamu inginkan dan juga ada menu navigasi ke masing-masing genre. Atau kamu juga bisa mencari melalui nama pengarang buku.

Di template Blogger ini juga terdapat fitur add to cart untuk pembelian dan pada foto sudah ditampilkan harga buku/diskon, berguna untuk menarik minat pembeli ketika baru memasuki toko online kamu.

Live Preview | Download

Boutique

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Boutique

 

Template Blogger untuk toko online: Boutique (Source: Sora Templates)

Rekomendasi template Blogger free selanjutnya ialah template Boutique. Template Blogger ini sekilas sangat simple, clean, minimalis namun ada ornamen-ornamen yang soft dan autentik seperti tag diskon pada produk yang berbentuk seperti kain. Terdapet slideshow featured post untuk menampilkan highlight produk terbaik atau terlaris kamu.

Template Blogger ini cocok untuk menjual barang-barang kebutuhan seperti handuk, tas-tas bermotif, hasil rajutan karena nuansa templatenya yang soft.

Live Preview | Download

Souq Store

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Souq Store

 

Template Blogger untuk toko online: Souq Store (Source: Copythemes)

Template Blogger Souq Store cocok untuk kamu pebisnis online menampilkan produk jualan kamu dengan tampilan terbaik. Terdapat fitur add to cart, kini pembeli dan kamu bisa bertransaksi hanya dengan satu kali klik. Kamu dapat melayani pembelian dari manapun dan kapanpun.

Template Blogger gratis dengan desain responsif ini bisa kamu gunakan untuk menampilkan produk jualan kamu berupa gadget, fashion lelaki dan wanita, alat elektronik dan masih banyak lagi.

Live Preview | Download

SoraCart

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Sora Cart

 

Template Blogger untuk toko online: SoraCart (Source: Copythemes)

SoraCart menjadi rekomendasi template Blogger gratis selanjutnya dari mimin. Di bagian atas template, terdapat banyak navigasi menu yang jelas sehingga calon pembeli bisa langsung masuk ke kategori produk yang mereka cari. 

SoraCart juga mempunyai banner besar untuk kamu menampilkan produk terbaru atau terlaris kamu. Di halaman depan, masing-masing produk dari beragam kategori muncul sehingga pengunjung blog bisa melihat keberagaman produk yang kamu jual.

Live Preview | Download

Sora Shop

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Sora Shop

 

Template Blogger untuk toko online: Sora Shop (Source: Sora Templates)

Sama seperti SoraCart, template Blogger gratis Sora Shop juga mempunyai navigasi menu di topbar, banner image untuk menampilkan produk terbaru, terlaris yang sedang diskon. Yang unik, di bagian atas langsung ditampilkan di kolom paling kanan dan kiri, masing-masing kategori produk dan nama produk, sehingga calon pembeli bisa langsung klik untuk menemukannya.

Live Preview | Download

Sora Store

Rekomendasi template blogger gratis untuk toko online: Sora Store

 

Template Blogger untuk toko online: Sora Store (Source: Gooyabittemplates)

Sora Store juga merupakan template Blogger gratis yang cocok untuk kamu terlebih yang ingin menonjolkan foto produk. Di halaman depan calon pembeli akan disambut dengan foto-foto produk beserta nama produk dan kategorinya. Jika ingin melihat keterangan lebih lanjut, pengunjung blog bisa mengkliknya. 

Uniknya, ada widget shopping cart yang terpampang di sidebar sebelah kanan. Jadi calon pembeli bisa langsung tahu jumlah harga semua produk yang mereka ingin beli.

Live Preview | Download

Penutup

Nah, Exabytes Friends, itulah rekomendasi template Blogger gratis dan keren yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan blogmu di tahun 2021 ini. Pilihlah template Blogger yang sesuai dengan kebutuhan dan juga seleramu.

Eits, buat kamu yang websitenya menggunakan WordPress hosting, juga bisa tampil keren kok! Banyak rekomendasi template WordPress dari Exabytes yang tentunya SEO friendly, desain responsif dan fast load. Jadi, selamat mengutak-atik blog dengan pilihan template keren kamu, ya!