6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya

588
Cara Mengatur Keuangan
Berkah Ramadhan
11 min read

Kalau mendengar kata uang, banyak orang yang berbondong-bondong dan rela bekerja sekeras mungkin demi mendapatkan hal ini. Pasti sih, soalnya kita hidup membutuhkan uang, uang ini sudah berperan penting dalam kehidupan manusia. Nggak punya uang yang cukup itu merupakan salah satu hal terseram, ya nggak sih guys? Bayangin aja kalau kamu gak punya uang, pasti segala aktivitas terhambat, bahkan kamu sampe gak bisa memenuhi kebutuhan primer, loh. Nah, pernah juga nggak sih kamu udah bekerja sekeras mungkin, tapi kok uang yang kamu dapatkan itu cepet habis ya? 

Sekeras apapun kamu berusaha untuk mengumpulkan uang, kalau kamu nggak ngerti caranya buat mengatur keuangan, bisa dibilang itu cukup percuma, guys. Jadi, perlu banget untuk memahami dengan baik caranya mengatur uang, nih. Mau dari generasi boomers sampai milenial, semuanya harus bisa mengatur uang dong!

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

Sayangnya, masih banyak orang yang belum juga paham dan menyadari pentingnya mengatur keuangan. Nggak semua orang juga bisa mengelola keuangan dengan baik dan rutin, pas nerima gaji banyak, orang malah merasa tergoda untuk membelanjakan semuanya, tanpa mikir dua kali. Alih alih menabung dan investasi, uangnya sudah habis dipakai untuk barang yang nilainya belum tentu akan naik di masa depan. Padahal, mengelola keuangan ini penting loh agar keuangan kamu di masa depan dapat terjamin dengan baik.

Memang sih, mengatur keuangan itu susah-susah gampang. Soalnya mengatur keuangan ini nggak cuma memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran aja, tapi kita juga harus belajar gimana cara keduanya bisa berjalan seimbang. 

Jadi, kali ini Exabytes akan berbagi sedikit tips untuk mengelola keuangan yang bisa kamu jadikan inspirasi.Namun, sebelum beralih ke tipsnya, alangkah baiknya kalau kita lebih dulu cari tahu kenapa sih kita harus mulai mengelola keuangan? Yuk, sama-sama cari jawaban dari pertanyaan diatas!

Pentingnya Mengelola Keuangan

Buat kamu yang baru mau memulai untuk mengelola keuangan, pasti butuh alasan kan biar semakin yakin kenapa sih harus mengelola keuangan. Kalau nggak ada alasan penting, males banget deh buat mengelola keuangan, mendingan uangnya dipakai untuk hal lain, daripada disimpan tanpa adanya alasan jelas. Nah, makanya disini Exabytes mau kasih tau kalian apa aja sih pentingnya menjaga dan mengatur keuangan kamu! 

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

1. Ada Dana Darurat

Alasan yang pertama adalah kita jadi punya dana darurat! Nah, dana darurat ini apa sih? Dana darurat itu adalah dana yang bisa kamu gunakan untuk hal-hal mendesak yang tidak bisa kamu atasi hanya dengan keuangan normal (anggaran tetap), jadi dana ini digunakan tanpa ada jadwal yang pasti dan sifatnya juga darurat.

Kita nggak bisa memprediksi masa depan, hal apapun bisa terjadi dengan sekejap mata. Kalau kata pepatah sih “sedia payung sebelum hujan”. Jadi dengan adanya dana darurat ini, kita bisa selalu siap kalau ada kejadian yang sifatnya tiba-tiba. Penting banget loh, guys. Sebab kondisi darurat ini bisa terjadi kapan aja, misalnya biaya pengobatan ketika kita jatuh sakit, tiba tiba di PHK sama perusahaan, atau parahnya kaya sekarang ini, pandemi virus corona di seluruh negara yang menghalangi banyak orang mencari nafkah seperti biasa.

Dengan adanya dana darurat ini, kamu nggak perlu pusing keleyengan lagi deh pas hal hal tidak terduga itu terjadi, karena kamu sudah punya cadangan uang yang bisa selalu kamu gunakan. Nggak perlu pusing dua kali kan?

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

2. Mewujudkan Tujuan Hidup

Pasti dalam hidup ini, semua orang punya goals masing masing yang ingin dicapai. Ada yang ingin membeli rumah, membeli mobil keren, membeli smartphone keluaran terbaru, menikah dan lainnya. Semua hal ini bisa dicapai dengan hal yang dari tadi kita omongin, yaitu uang. 

Dengan perencanaan keuangan yang tepat, seperti contohnya menghemat dan menabung, niscaya semua tujuan yang ingin kamu capai pasti bisa terlaksana secara pelan pelan, kok! Tapi, tetap ingat ya, nggak ada hal yang instan, jadi tetap harus sabar untuk mewujudkan tujuan hidup kamu ini sembari mengelola keuangan kamu.

Baca Juga  7 Kesalahan Finansial Yang Harus Kamu Hindari

3. Membiasakan Hidup Teratur

Ini salah satu alasan yang mungkin emang nggak kamu dapatkan secara langsung dan berbentuk fisik, seperti dana darurat diatas. Tapi, hal ini cukup membantu banget untuk seseorang yang ingin merubah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk ini contoh paling umumnya adalah boros. Mengumpulkan uang memang jauh lebih susah dibandingkan menghabiskannya. Untuk bisa mendapatkan uang yang banyak, kamu pasti harus bekerja ekstra, tapi kalau misalkan mau habisin uang, cukup deh kamu ke mall, ngiterin seharian, tanpa usaha dan tanpa mikir, blam, udah deh uang itu bakalan habis dengan cepat. 

Jadi, kesimpulannya hidup teratur ini susah-susah gampang juga, guys. Dengan membiasakan diri dalam mengatur keuangan, pasti semua orang juga akan terbiasa untuk hidup teratur. Inget ya, hemat bukan berarti pelit sama diri sendiri sampai-sampai kamu nggak membeli barang kebutuhan. 

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

4. Meninggalkan Warisan 

Kita nggak akan pernah tahu apa yang bakalan terjadi masa depan, termasuk besok. Seandainya kamu meninggal besok, ada warisan finansial apa yang kamu tinggalkan buat keluarga kamu? Apakah itu investasi, emas dan juga jumlah uang yang banyak? Apa malah kamu menyusahkan seluruh anggota keluarga kamu dengan hutang kamu, nih? 

Dengan pintar mengelola keuangan, tentu kamu udah bisa proyeksi masa depan dengan menyiapkan segala hal yang akan terjadi. So, jangan sampai sudah kehilangan kamu, keluarga juga harus menanggung berat hutang kamu, ya!

5. Meminimalisir Risiko Keuangan

Semakin banyak uang yang kamu miliki, semakin banyak juga nih risiko atas situasi keuangan kamu! Dengan pintar mengelola keuangan, pasti risiko itu akan semakin sedikit, kok! Kalau kamu menabung dan berinvestasi, kekayaan kamu pasti akan semakin besar!  

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

6. Mandiri Secara Finansial

Salah satu bagian terbaik dari pintar mengelola keuangan adalah kebebasan ini contohnya kita bisa untuk melakukan hal apapun yang kita inginkan, kapanpun juga. 

Tetapi, semakin sedikit jumlah kekayaan kamu dan semakin banyak hutang yang kamu peroleh, semakin sedikit loh kebebasan yang bisa kamu miliki. Dengan punya aset yang lumayan, kamu nggak perlu deh untuk numpang atau menghutang pada orang. Dengan kebebasan finansial ini lah kamu bisa ngelakuin apapun yang kamu mau, beli apapun asal dalam batas wajar ya, guys

Nah, diatas itu alasan penting buat kamu, kenapa sih harus mengelola keuangan dengan baik. Udah paham kan kenapa? Makanya, sekarang juga atur keuangan kamu, yuk! Eits, tapi buat kamu yang nggak ada pengalaman dalam hal ini, Exabytes bakalan bagi tipsnya kok, yuk lihat di bawah ini!

Tips Mengatur Keuangan

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

Seperti yang dari tadi udah disebutkan, keuangan ini penting, pake banget. Nggak cuma diri kamu aja, bahkan sampai ke keluarga, loh! No matter usia kamu berapa, cara kamu mengelola uang bakalan berefek banget dan bertahan lama, entah positif apa negatif pada orang orang kesayangan kamu.

Jadi, demi kebaikan semua orang, yuk sama sama kita belajar gimana caranya mengatur keuangan dengan baik. Kalau kamu ngerasa susah banget buat mengatur keuangan, tenang aja kamu gak sendirian kok. Di artikel ini bakalan sharing gimana cara mudah untuk mengatur keuangan! Ada banyak cara untuk menghemat uang yang gak gitu susah, kok. 

Nah, di bawah ini sudah Exabytes rangkum beberapa tips dan cara menarik yang bisa kamu jadikan inspirasi buat mengatur uang kamu, nih! Yuk, disimak!

Menabung

Nah, cara pertama untuk mengelola keuangan pastinya adalah coba untuk menabung uang yang diperoleh dengan membuat aturan tersendiri. Salah satu tips penting buat nabung itu, make sure kamu tau berapa banyak nilai uang yang dimiliki, kebutuhan dan keinginan kamu apa aja, intinya kamu udah harus aware sama keuangan kamu sendiri. Setelah itu, sistem menabung bisa sesuai preferensi kamu, kok! Gak usah ikutan orang lain karena kebutuhan semua orang itu beda.

Buat kamu mungkin yang pengen dapet inspirasi cara menabung, Exabytes merekomendasikan cara yang gampang, nih! Kalian bisa pertimbangkan untuk menggunakan aturan 50/20/30 untuk menabung. Aturan 50/20/30 menyatakan bahwa lima puluh persen dari penghasilan kamu bisa digunakan untuk keperluan pokok seperti uang sewa rumah dan makanan, dua puluh persen bisa ditabung, dan tiga puluh persen digunakan untuk pengeluaran pribadi, seperti hiburan. Tapi, balik lagi ke kebutuhan ya, guys! Bisa juga kalian buat angka sendiri kok, menabung itu nggak ada salah dan benar! 

Baca Juga  7 Kesalahan Finansial Yang Harus Kamu Hindari

Catat Keuangan

Pernah kan habis gajian, kok tiba-tiba uangnya habis ya? Perasaan nggak beli banyak deh? Kalo udah kaya gini, pusing deh. Nah, jadi satu cara biar hemat dan juga irit, coba deh selalu catat pengeluaran kamu. Nggak cuma pengeluaran sih, pemasukan juga harus dicatat. Udah banyak kok aplikasi sekarang yang bisa bantu kamu untuk mencatat keuangan kamu. 

Dengan cara ini, kamu bisa track keuangan, nggak kaget lagi uangnya keluar kemana karena ada data lengkapnya! Selain itu, kamu juga bisa liat pemasukan kamu seberapa besar apabila dibandingin sama pengeluarannya. Jadi, bisa gak kalap lagi nih! 

Ikut Asuransi

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

Ikut asuransi pun bisa menjadi sarana yang tepat sebagai bentuk pengelolaan keuangan, loh. Udah banyak asuransi yang tersedia, mulai dari kesehatan, pendidikan sampai asuransi pensiun. Dengan asuransi ini, berarti kita udah mempersiapkan keuangan nih, jika suatu waktu ada terjadi hal yang darurat dan tidak diinginkan karena dana darurat saja belum tentu cukup, guys

Dengan adanya asuransi yang terjamin, kita nggak perlu lagi khawatir berlebih kalau ada situasi yang tiba-tiba! Secara nggak langsung juga kita udah menyiapkan masa depan yang lebih baik dengan asuransi!

Hindari Hutang

Yuk, biasakan diri untuk nggak menghutang. Bayar hutang kamu setiap bulannya, jangan biarin menumpuk. Jika mungkin, hindari hutang in the first place, jadi nggak perlu deh kebanyakan mikirin hutang yang nggak ada habisnya! Dengan cara ini, kamu juga bisa meminimalisir risiko, loh!

Buat Planning

Seperti alasan yang tadi disebutkan diatas, manusia pasti punya tujuan dalam hidupnya. Dengan menuliskan dan mencatat apa yang kamu mau, ini bakalan mendorong rasa semangat buat menabung dan menghemat nih. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjangnya, ya! Hal ini bisa memotivasi kamu untuk terus menabung, loh karena ada sesuatu yang ingin dicapai.

Pikir Ulang

Ketika kamu ingin melakukan pembelian besar, pikirkan dulu secara matang-matang. Catat apa itu dan berapa biayanya, dan tentukan waktunya, seperti contoh jangka waktunya seminggu dan dalam seminggu kamu masih merasa perlu, belilah.

6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya - 2021

Berbagi 

Zaman sekarang ini memang banyak banget entertainment online ya, mulai dari Netflix sampai Spotify, nah salah satu cara buat hemat, coba deh ajukan sharing, bisa sama teman atau keluarga. Dua aplikasi di atas sendiri udah ada kok pilihan buat family sharing! Jadi, lebih hemat deh tapi masih bisa banget nikmatin hiburannya!

Menggunakan Amplop

Kalau pake uang non tunai, pas belanja tuh nggak berasa. Tiba tiba aja udah habis. Nah, kalau belanja pakai uang tunai, kita jadi lebih sadar dan ‘berasa’ sama apa yang kita keluarkan buat mendapatkan barang itu. Salah satu cara yang banyak orang pakai itu sih ‘Envelope Budgeting’ dimana kita bisa membagikan uang tunai ke dalam amplop yang beda beda sesuai sama kategori yang kita buat, jadi kita bisa lebih terorganisir deh dan udah ada budget sendiri biar nggak boros.

Nggak ada yang namanya kaya dalam semalam, kuncinya adalah bersabar. Kita harus terus berusaha dan konsisten! Meskipun kamu mungkin nggak bisa merombak semua kebiasaan belanja dalam semalam, tapi dengan waktu dan konsistensi siapa pun dapat belajar bagaimana menyisihkan uang, kok.

Inget ya guys, menghemat itu pangkal kaya! Ada pepatah yang mengatakan, “lebih besar pasak daripada tiang”, yang berarti lebih besar pengeluaran dibanding pemasukan, duh jangan sampe deh terjadi hal kaya gitu, kalau hal ini sampai terjadi bisa menimbulkan defisit keuangan, loh! Maka dari itu, yuk mulai sekarang sama-sama belajar buat mengelola keuangan!

Credits : Derisna Waisa

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan