Apa Itu ChatGPT Yang Sedang Ramai Diperbincangkan Saat Ini?

0
1747

Bagi Exabytes friends yang sedang mempelajari apa itu chatgpt, artikel ini akan membahas lebih detail tentang topik ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, chatgpt tiba-tiba menjadi pusat perbincangan jejaring sosial. Platform obrolan berbasis kecerdasan buatan (AI) ini dikagumi banyak netizen karena kemampuannya menjawab pertanyaan secara otomatis, cepat, dan detail.

Chatbot GPT adalah aplikasi perangkat lunak yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan seperti manusia berdasarkan kebutuhan pengguna.

Teknologi kecerdasan buatan dapat memahami bahasa alami manusia dan menghasilkan teks tertulis yang mirip dengan keluaran manusia. Platform tersebut baru saja dirilis pada akhir bulan lalu. Namun, hanya dalam waktu seminggu, jumlah pengguna chatgpt telah mencapai lebih dari satu juta.

Menurut Reuters, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan riset dan pengembangan OpenAI yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). OpenAI sendiri didirikan oleh sejumlah investor, antara lain Sam Altman, Peter Thiel, dan Elon Musk pada 2015.

Namun, Elon mengundurkan diri dari posisinya di dewan OpenAI pada 2018.

Apa Itu ChatGPT?

apa itu chatgpt

Apa itu chatgpt? Platform yang dirilis oleh OpenAI, Chatgpt adalah perangkat lunak bahasa tujuan umum yang menggunakan teknologi untuk memprediksi frasa atau kata berikutnya dalam percakapan atau perintah teks. Secara sederhana, chatgpt adalah chatbot, sebuah program komputer berbentuk robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia.

Meski masih berupa prototipe, chatbot AI berbasis dialog ini diklaim mampu merespons bahasa alami manusia dan merespons secara otomatis. Bahkan, platform ini dianggap bisa menggantikan Google karena bisa menyelesaikan semua masalah!

Chatgpt dari OpenAI dapat menjawab pertanyaan sulit dengan jawaban yang komprehensif. Oleh karena itu, chatgpt memiliki kecerdasan yang lebih unggul dibandingkan dengan chatbot lainnya.

Lalu, Apa Itu OpenAI?

OpenAI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan, produk mereka yang terkenal adalah DALL-E dan GPT. DALL-E adalah AI yang dapat menghasilkan gambar atau lukisan dari sebuah kalimat, sedangkan untuk GPT adalah AI yang menghasilkan teks.

GPT memungkinkan AI untuk membuat teks dari puisi, artikel, tutorial hingga teks media sosial. Selain itu, kecerdasan buatan ini juga dapat memiliki pengertian umum tentang suatu perintah atau prompt.

Bagaimana Cara Mendaftar Akun ChatGPT?

Jika Exabytes friends ingin menggunakan layanan ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Berikut cara mendaftar chatgpt terlebih dahulu untuk membuat akun, lihat lebih lanjut:

daftar chatgpt
  1. Buka browser di perangkat kamu.
  2. Pergi ke chat.openai.com.
  3. Jika kamu tidak memiliki akun, kamu dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Pilih menu Sign Up.
  4. Selanjutnya, klik Create an OpenAI Account.
  5. Kamu dapat mendaftar dengan email, akun Google, atau akun Microsoft kamu.
  6. Pilih menu For Personal Use.
  7. Setelah akun berhasil dibuat, kamu dapat login dengan akun ini.
  8. Kamu sekarang dapat masuk dan menggunakan platform chatgpt.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?

Terdapat layanan chatbox di situs chatgpt yang bisa kamu gunakan secara gratis. Ada juga kolom di bagian bawah halaman utama tempat kamu mengisi pertanyaan.

chatgpt adalah

Meskipun chatbox menggunakan bahasa Inggris secara default, kamu juga dapat menulis pertanyaan dalam bahasa Indonesia. Jawaban yang diberikan akan disesuaikan agar mudah dipahami oleh pengguna.

Kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan dari berbagai sudut, seperti masalah cinta, kesehatan, teori ilmiah, kehidupan sehari-hari. Jawabannya juga akan muncul dengan cepat dalam sepersekian detik.

Demikian informasi terkait apa itu chatgpt, kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments