Apa Itu Paid Traffic? Pelajari Konsep Dasar dan Manfaatnya

0
1111

Mendatangkan pengunjung ke suatu website adalah sebuah tantangan. Setiap pemilik website mungkin memiliki cara berbeda dalam melakukannya. Bagi yang ingin mendapatkan hasil yang cepat, paid traffic bisa menjadi pilihan yang juga bisa melengkapi upaya mendatangkan traffic secara organik.

Kali pertama mengenal istilah paid traffic? Sebenarnya, paid traffic bukanlah hal baru di dunia online, terutama bagi situs web yang mengejar lead dengan cepat. Ternyata, paid traffic dinilai sebagai cara efektif dalam mendapatkan pelanggan atau pembeli dengan cepat.

Paid berarti berbayar, jadi saat ingin mencapainya tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, terutama biaya dan budget iklan. Yuk kenali apa itu paid traffic lebih lanjut dari artikel ini.

Paid Traffic vs Organic Traffic

apa itu paid traffic
Sumber: iStock

Paid traffic dan organic traffic memang menjadi dua istilah yang begitu familiar bagi pengelola website. Akan tetapi, para pemula mungkin belum begitu memahami keduanya. Oleh sebab itu, mereka harus mencari tahu lebih jauh apa itu paid traffic maupun organic traffic serta perbedaan antara keduanya.

Untuk bisa memahami paid traffic maupun organic traffic dan bisa melihat apa saja yang membedakan keduanya, berikut adalah uraian lengkapnya!

Definisi Paid Traffic dan Organic Traffic

Paid traffic merupakan kunjungan situs web yang bisa kamu dapatkan secara berbayar. Artinya, setiap pengunjung yang datang ke situs web tidak melalui pencarian organik melainkan melainkan melalui iklan yang mereka klik.

Iklan tersebut bisa iklan yang mereka lihat di media sosial maupun di mesin pencari dengan mengetikkan keyword yang sesuai dengan bisnis atau produk yang kamu tawarkan. Dengan mengklik iklan tersebut, pengunjung diarahkan ke URL situs web milikmu.

Iklan yang bisa pengguna internet maupun media sosial klik merupakan praktik dari Search Engine Marketing atau SEM. Untuk bisa mendapatkan kunjungan dari paid traffic, marketer atau pebisnis harus membayar layanan iklan yang tersedia seperti Google Ads, Facebook Ads, atau lainnya.

Lalu, bagaimana dengan organic traffic? Berbeda halnya dengan paid traffic, organic traffic merupakan trafik yang didapatkan secara organik tanpa menggunakan iklan berbayar apapun. Dengan kata lain, pengunjung datang ke website melalui penelusuran organik yaitu dengan mengetikkan keyword tertentu atau nama website kamu di mesin pencari.

Untuk bisa meningkatkan jenis trafik satu ini, biasanya orang-orang akan memaksimalkan upaya optimasi berupa Search Engine Optimization (SEO).

Perbedaan Antara Paid Traffic dan Organic Traffic

apa itu paid traffic dan bedanya dengan organic traffic
Sumber: iStock

Untuk bisa membedakan paid traffic dengan organic traffic dengan mudah, kamu bisa mengingat bahwa paid traffic berasal dari pencarian berbayar sementara organic traffic dari pencarian organik. Yang membedakan keduanya adalah penggunaan cara mendapatkan trafik, dimana satu menggunakan layanan iklan dan lainnya tanpa iklan.

Apabila ingin segera mendapatkan traffic website yang tinggi, kamu bisa menggunakan jasa iklan Google Ads dari Exabytes.

Kelebihan dan Kekurangan Paid Traffic dan Organic Traffic

Sudah mulai paham  dengan penggunaan paid traffic maupun organic traffic? Agar bisa memutuskan harus menggunakan jenis traffic yang mana, tentunya kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapai. Selain itu, pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Paid Traffic

Adapun kelebihan dan kekurangan paid traffic di antaranya adalah:

Kelebihan Kekurangan
Mudah dan cepat Perlu biaya untuk memasang iklan
Memberikan hasil yang instan Tidak menambah kredibilitas dan otoritas situs web
Hasil bisa segera diukur Trafik hanya bisa didapatkan saat iklan berjalan
Menargetkan audiens dengan lebih mudah

Kelebihan dan Kekurangan Organic Traffic

Sementara kelebihan dan kekurangan dari organic traffic adalah:

Kelebihan Kekurangan
Memberikamn hasil jangka panjang dan pelanggan setia Sulit untuk melihat dan mengukur hasil
Membuat marketer lebih kreatif Hasil bergantung pada kemampuan SEO
Lebih hemat biaya karena tidak memerlukan iklan berbayar Tidak bisa mengharapkan hasil instan dan cepat
Peluang mendapatkan nilai dan kredibilitas bagi kehadiran online
Trafik bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama

 

Jika untuk mendapatkan hasil terbaik dari paid traffic adalah dengan menggunakan layanan iklan berbayar, maka kamu bisa memilih jasa SEO saat ingin berfokus dalam meningkatkan hasil dari organic traffic.

Nah, kamu bisa menggunakan layanan SEO yang tersedia di Exabytes, salah satu penyedia layanan digital marketing terkemuka di Indonesia.

Jenis-Jenis Paid Traffic

Untuk bisa memaksimalkan hasil dari paid traffic agar sesuai target yang diharapkan, ada beberapa jenis paid traffic yang bisa kamu gunakan, di antaranya adalah:

Paid Search Traffic

Paid search traffic adalah salah satu jenis paid traffic yang banyak digunakan. Caranya adalah dengan membayar iklan agar link situs web nantinya ditampilkan sebagai iklan di hasil pencarian Google. Umumnya, kita mengenal Google Ads sebagai layanan iklan berbayar mesin pencari.

Namun, ada juga Bing Ads, yaitu iklan berbayar bagi yang ingin menargetkan traffic dari mesin pencari Yahoo.

Social Media Ads Traffic

Social media traffic
Sumber: flickr

Pernah menggunakan layanan Facebook Ads? Menggunakan Facebook Ads untuk mendatangkan traffic artinya kamu memaksimalkan upaya melalui media sosial. Selain Facebook, ada juga platform media sosial lain seperti Instagram dan Twitter yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan paid traffic dari jenis kedua, yaitu social media ads traffic.

Media sosial bisa menjadi tempat yang tepat untuk beriklan dengan menargetkan audiens baru maupun pengguna setia. Agar hasil dari paid traffic lebih optimal, pilih media sosial yang lebih banyak digunakan oleh para target audiens.

Influencer Advertising

Jika dilihat dari namanya, kita bisa menyimpulkan bahwa influencer advertising adalah cara beriklan dengan melibatkan influencer, seseorang yang memiliki kekuatan untuk dapat memengaruhi target audiens atau calon konsumen. 

Influencer bisa orang yang populer, berpengetahuan luas, maupun yang banyak digandrungi oleh orang-orang sehingga memiliki banyak pengikut di berbagai akun media sosial.

Manfaat Paid Traffic

Salah satu alasan mengapa banyak marketer dan pebisnis online memilih paid traffic adalah manfaat yang bisa mereka dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat paid traffic yang mungkin tidak kamu sadari telah membantu bisnis berkembang dengan baik di dunia online:

Meningkatkan Traffic Website

Dari namanya saja, tentu kita bisa melihat kalau paid traffic berpengaruh terhadap traffic website. Salah satu manfaat paid traffic adalah meningkatkan trafik situs web. Paid traffic melalui SEM menjadis alah satu cara yang dikenal efektif dalam mendapatkan trafik karena hasilnya begitu cepat.

Akan tetapi, agar bisa mendapatkan manfaat satu ini secara maksimal, sebaiknya mulai dengan perencanaan yang matang. Pastikan biaya atau pengeluaran untuk kebutuhan beriklan tidak lebih besar dari keuntungan sehingga paid traffic bisa tetap mendatangkan profit bagi bisnis.

Memungkinkan Website Muncul di Pencarian Teratas Dengan Mudah

SEO dan SEM merupakan teknik yang paling sering digunakan agar bisa muncul di hasil pencarian teratas. Meski tidak memerlukan biaya, tetapi SEO tidak memberikan hasil instan sehingga perlu waktu untuk bisa muncul di pencarian teratas.

Agar bisa mencapai tujuan tersebut dengan mudah dan cepat, kamu bisa berfokus pada penggunaan SEM yang turut memberikan peluang yang lebih tinggi dalam mendapatkan trafik.

Meningkatkan Brand Awareness

Untuk bisa membangun brand awareness para audiens, kamu bisa memanfaatkan paid traffic dengan memilih SEM. Cara ini dianggap efektif karena bisa langsung bekerja dan memberikan hasil yang cepat.

Saat iklan muncul di peringkat pertama hasil pencarian di mesin pencari, akan semakin banyak pengguna internet yang penasaran dengan bisnis atau produk yang ditawarkan. Hal tersebut turut membangun kesadaran merek terhadap bisnis dan brand milikmu.

Membantu Mengumpulkan Data Demografi Pelanggan

Manfaat paid traffic lain yang juga bisa didapatkan adalah adanya bantuan agar dapat mengumpulkan demografi konsumen dengan lebih mudah.

Informasi tersebut mencakup banyak hal yang berhubungan dengan konsumen atau target audiens, mulai dari jenis kelamin, minat, hingga wilayah. Dengan begitu, kamu bisa menargetkan konsumen atau memperluas target audiens menggunakan data yang sudah ada.

Dapat Membantu Memasarkan Produk Atau Jasa

Salah satu tujuan membuat website adalah agar bisa digunakan sebagai media untuk pengguna internet mendapatkan produk atau jasa yang mereka cari, bukan? Dengan paid traffic atau trafik yang didapatkan secara berbayar, kamu bisa menyasar calon pelanggan potensial.

Itu artinya, paid traffic juga dapat membantu memasarkan produk atau jasa. Siapkan biaya beriklan dan cari kata kunci yang sesuai.

Cara Memulai Kampanye Paid Traffic

Sudah yakin untuk memulai kampanye paid traffic? Berikut adalah beberapa langkah dan cara dalam memulai kampanye trafik berbayar agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan dan kebutuhan:

Miliki Tujuan

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memulai kampanye paid traffic adalah menentukan tujuan. Apakah ingin membangun kehadiran online, meningkatkan kesadaran merek, atau mendapatkan penjualan? Dengan sejumlah biaya yang akan dikeluarkan, tentunya kamu harus mendapatkan return yang sesuai.

Oleh sebab itu, jangan sampai lupa dalam menentukan tujuan kampanye trafik berbayar.

Tentukan Target Audiens

Langkah selanjutnya dalam memulai kampanye paid traffic adalah memiliki target audiens. Tujuannya agar hasil menjadi lebih terarah dan terukur sehingga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Pastikan kamu sudah memiliki daftar siapa yang akan menjadi target audiens dari paid traffic, yang tentunya menjadi target pasar produk atau jasa yang kamu jual.

Persiapkan Anggaran

Selanjutnya, siapkan anggaran agar bisa membiaya iklan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Anggaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan berapa banyak jenis iklan berbayar yang akan kamu gunakan. Misalnya, apakah hanya akan menggunakan Google Ads, Facebook Ads, atau keduanya.

Pilih Platform Iklan

Dengan tujuan, target audiens, dan anggaran yang sudah kamu persiapkan dengan baik, akan lebih mudah dalam memilih platform iklan. Apabila target audiens adalah para pengguna aktif media sosial Facebook, itu artinya kamu bisa memilih untuk menggunakan Facebook Ads.

Namun, jika ingin menyasar target audiens melalui mesin pencari, Google Ads adalah pilihan yang paling tepat. Bahkan bisa juga memilih lebih dari satu platform yang sesuai dengan budget yang ada.

Buat Landing Page

Meski sudah memiliki website, sebaiknya buat landing page. Yaitu halaman khusus untuk kebutuhan marketing. Halaman tersebut adalah halaman yang pelanggan dan audiens kunjungi dengan mengklik tautan pada iklan yang mereka lihat.

Lakukan Optimasi

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan optimasi agar hasil dari paid traffic jauh lebih optimal.

Kesimpulan

Paid traffic adalah cara mendatangkan trafik website melalui iklan berbayar yang merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM). Selain Google Ads, Facebook Ads juga bisa menjadi pilihan iklan untuk menyasar target audiens yang nantinya bisa kamu ubah menjadi pengunjung website.

Paid traffic sangat bermanfaat untuk bisnis bahkan bagi mereka yang masih pemula. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan pilihan cara tepat dan cepat dalam mendatangkan trafik untuk situs web yang baru dibuatnya.

Untuk kebutuhan paid traffic, kamu bisa menggunakan layanan Google Ads maupun layanan Facebook Ads dari Exabytes yang sudah mendapatkan sertifikat ISO 27001.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments