Apa itu Value? Pengertian, Jenis dan Contohnya

0
731

Apakah kamu sering mendengar istilah value? Mungkin saja kamu masih bertanya-tanya terkait apa arti dari kata ini. Nah, daripada makin penasaran, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Ketika kamu bertanya apa itu value? Maka singkatnya yaitu Value atau nilai merupakan hal yang sering ditemui di berbagai aspek kehidupan, baik dari setiap individu maupun organisasi. Value juga dapat dijadikan sebuah pedoman dalam menjalankan hidup yang baik, seperti mengambil nilai-nilai penting yang dapat diterapkan dalam keseharian.

Apa itu Value? Inilah Pengertian Value

apa itu value

Exabytes Friends, yuk cari tahu apa arti dari value atau nilai. Nah, dalam konteks ini, value merujuk pada prinsip atau kepercayaan yang menjadi dasar perbuatan dan pengambilan keputusan dari setiap individu.

Value adalah evaluasi tentang pribadi masing-masing sebagai manusia dalam bertindak atau mengambil keputusan. Maka, value dapat diartikan sebagai sebuah acuan ideal bagi individu dalam bertindak dan berinteraksi dengan sekitarnya.

Value menjadi dasar etika atau nilai-nilai yang diyakini mampu untuk mengatur sifat setiap individu. Dengan nilai ini, seseorang akan merasa berharga dan layak.

Apa itu Value? Inilah Jenis-jenis dan Contohnya

apa itu value

Terdapat sejumlah jenis dari value yang ada dalam kehidupan, baik value diri maupun value yang ada dalam suatu pasar produk. Penasaran ada apa saja? Yuk, catat di bawah ini!

Berikut ini merupakan sejumlah value yang ada pada diri seseorang:

Value Sosial

Value sosial merupakan nilai yang dapat timbul dari komunitas atau masyarakat. Nah, value yang satu ini penting untuk ditaati oleh setiap individu karena manusia hidup secara sosial.

Contoh dari nilai sosial atau social value adalah adanya kerukunan dalam bermasyarakat. Kerukunan dan solidaritas menunjukkan komitmen untuk menolong sesama dan saling bersosialisasi antar masyarakat.

Selain itu, dalam dunia bisnis value sosial juga dapat berhubungan dengan bagaimana suatu produk atau tindakan mencerminkan nilai-nilai masyarakat. Contohnya, produk yang ramah lingkungan dapat memberikan value sosial kepada konsumennya, seperti dalam menggunakan maupun membuang produk tersebut.

Apa itu Value: Value Personal

Selanjutnya, value yang satu ini merupakan nilai yang semestinya dapat diaplikasikan oleh setiap orang, tapi berbeda-beda dalam kemampuan dalam mengaplikasikannya.

Contoh dari value ini yaitu kedisiplinan diri, konsistensi, simpati, empati, dan kemampuan untuk menghargai serta menghormati orang lain.

Karakter baik, disiplin, dan empati merupakan sejumlah contoh dari personal value yang mesti dimiliki oleh seseorang. Personal value atau nilai personal ini akan terus berkembang sesuai pengalaman dalam menerapkannya, sehingga capaian pada tiap orang tidak sama.

Value Moral

Nilai moral atau moral value merupakan hal-hal atau nilai-nilai yang seseorang taati dan yakini untuk mendapatkan kebahagiaan melalui sifat-sifat baik. Setiap individu semestinya sudah mendapatkan nilai atau value ini sejak dini, sehingga dapat terus menerapkannya hingga dewasa.

Contoh dari value ini yaitu kejujuran, kebaikan, sopan santun atau tata krama, dan lain sebagainya. Seperti misalnya anak muda dapat menghormati orang yang lebih tua dari dirinya.

Apa itu Value: Value Spiritual

Value ini merupakan suatu nilai yang dilakukan dan dipatuhi oleh individu sesuai dengan kepercayaannya. Value ini tentunya tidak berwujud, tapi setiap individu yang memiliki value ini maka memiliki pedoman atau arah yang jelas dalam menjalankan kehidupannya.

Contoh dari spiritual value yaitu keimanan dan ketakwaan. Apabila hal ini dibiasakan sejak dini, maka seseorang akan memiliki nilai atau jati diri yang kokoh dalam hidupnya.

Nah, berikutnya yaitu jenis-jenis value yang ada pada suatu produk. Di antaranya yaitu:

Apa itu Value: Value Fungsional

Value fungsional berkaitan dengan manfaat praktis yang diberikan oleh suatu produk atau layanan. Misalnya, sebuah smartphone dapat memberikan value fungsional melalui fitur-fitur canggihnya. Bahkan saat ini setiap produk smartphone menawarkan keunggulan masing-masing dengan setiap fitur yang dimilikinya.

Value Emosional

Value yang satu ini lebih menekankan pada koneksi emosional dan pengalaman yang diberikan oleh suatu produk atau layanan. Mungkin kamu lebih memilih untuk membeli merek tertentu karena mengaitkan nilai emosional dengan merek tersebut.

Contohnya, kamu memiliki karakter yang hemat dan nggak senang dengan smartphone yang baterainya cepat habis, maka kamu lebih memilih untuk membeli produk smartphone yang memiliki daya baterai lama.

Apa itu Value: Value Ekonomis

Value ekonomis berkaitan dengan keuntungan finansial atau penghematan yang diperoleh dari suatu tindakan atau keputusan. Ini bisa berupa diskon, promosi, atau efisiensi pengeluaran.

Kesimpulan

Value memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan arah hidup seseorang. Memahami jenis-jenis value dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dapat membawa manfaat yang signifikan.

Jenis-jenis value terdapat pada setiap individu dengan capaian atau paramater yang berbeda-beda. Selan itu, value juga terdapat pada setiap produk yang ada di pasaran, yang mana dapat mempengaruhi perilaku individu dalam memilih atau membeli produk tersebut.

Anda pemilik bisnis UMKM yang ingin mengembangkan toko online Anda? Bisa banget, nih, untuk membeli layanan pembuatan desain toko online dari Exabytes dan nikmati segala keuntungannya.

Ingin jadi reseller Exabytes? Yuk, simak apa itu reseller dan bagaimana cara jadi reseller Exabytes!