Cara Memasuki Ranking 10 Besar di Google dengan SEO

5953

Google merupakan salah satu search engine atau mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia. Ketika menginginkan sesuatu, biasanya orang-orang akan mencarinya di google terlebih dahulu. Oleh karena itulah, google ini bisa menjadi alat pemasaran yang sangat ampuh.

Jika Anda memiliki produk atau jasa, Anda bisa memasarkannya lewat artikel yang mengandung kata kunci penjualan. Jika artikel tersebut masuk ke halaman satu google atau ranking top 10 google, maka Anda bisa mendapatkan banyak traffic yang bisa menjadi penjualan.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara supaya website atau artikel yang kita tulis masuk ke rangking google? Untuk meningkatkan peringkat SEO suatu website, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan.

Cara Masuk ke Rangking 10 Google

Cara Memasuki Ranking 10 Besar di Google dengan SEO

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa strategi dasar untuk meningkatkan peringkat SEO website Anda. Dengan beberapa cara berikut ini, website Anda bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk ke ranking 10 google.

Mempelajari Algoritma Google

Hal pertama yang harus Anda ketahui disini adalah algoritma google sangat-sangat kompleks dan seringkali berubah. Meskipun Google menginformasikan pembaruan yang mereka lakukan, cara kerja dari algoritma ini masih sangat kompleks.

Namun, masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang website untuk berada di halaman pertama pada pencarian Google. Apa saja itu? Yang pertama adalah memantau pembaruan algoritma secara rutin dan menghindari hal-hal yang dilarang Google seperti keyword stuffing.

Melakukan Riset Keyword

penggunaan keyword dan mitos seputar SEO
Sumber: pixabay

Memilih kata kunci yang tepat merupakan salah satu langkah yang sangat penting dalam strategi meningkatkan SEO website. Kata kunci sendiri merupakan frasa atau hal yang dicari oleh pengguna di mesin pencarian seperti google. Berikut beberapa cara memilih kata kunci yang tepat:

  • Riset Kata Kunci: Lakukan riset kata kunci untuk menemukan makna kata kunci yang relevan dengan niche market. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci, contohnya seperti Google Keyword planner yang bisa membantu Anda mencari kata kunci yang sering dicari dan relevan dengan bisnis Anda.
  • Memahami Niche Market: Anda juga harus memahami target audiens dan apa yang mereka cari karena hal ini akan membantu Anda dalam memilih kata kunci yang tepat. Selain itu, menggunakan variasi kata kunci juga membantu Anda dalam menjangkau lebih banyak audiens.
  • Analisis Kompetitor: Menganalisis kata kunci yang digunakan oleh kompetitor bisa memberikan Anda ide atau pengetahuan tentang kata kunci apa yang efektif. Tools seperti Ahrefs dan SEMrush bisa digunakan untuk melihat kata kunci yang digunakan oleh competitor atau website lain yang mirip dengan Anda.

Membuat Konten Berkualitas

Setelah menentukan kata kunci yang relevan, langkah berikutnya adalah membuat konten yang berkualitas tinggi dan mengoptimalkannya dengan teknik SEO. Ini mencakup penggunaan kata kunci dalam judul, sub judul, paragraf pertama, dan konten secara keseluruhan.

Pastikan konten yang Anda buat itu informatif, menarik, dan memberikan nilai tambah kepada pembaca para pembaca. Selain itu, optimalkan meta deskripsi, URL, dan tag gambar untuk memaksimalkan efek SEO on-page.

Mengevaluasi Rangking Halaman

Ranking Website di Google

Cara berikutnya untuk masuk ke rangking 10 google adalah mengevaluasi sejauh mana progress website Anda. Hal ini juga berlaku untuk website yang baru dibuat atau memiliki jumlah postingan yang masih sedikit.

Salah satu tools yang bisa membantu Anda untuk meninjau progress website terkait peringkat di hasil pencarian Google adalah SERPs. Dengan SERPs ini Anda bisa memasukan kata kunci spesifik dan domain website, nantinya akan muncul peringkat website, halaman yang muncul dan rata-rata pencarian.

Waktu Loading Halaman

Google sangat memperhatikan kecepatan loading halaman ketika menentukan peringkat suatu website. Hal ini karena pengguna biasanya meninggalkan website jika halaman tersebut membutuhkan waktu loading yang lama.

Untuk meningkatkan kecepatan loading, Anda bisa memilih penyedia layanan hosting terbaik, mengkompres gambar di website dengan Content Delivery Network (CDN) dan menghapus plugin atau script yang tidak diperlukan.

Anda juga bisa melakukan tes dan analisis secara teratur menggunakan Google PageSpeed Insight untuk melihat kekurangan yang ada pada website Anda. Dengan tools ini Anda bisa memantau dan meningkatkan waktu loading website.

Upload dan Update Konten

Cara Memasuki Ranking 10 Besar di Google dengan SEO - 2025

Tips masuk ke rangking 10 mesin pencarian google berikutnya adalah dengan melakukan update content website secara teratur. Melakukan update konten merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan peringkat tinggi di Google.

Rencanakan konten secara teratur dan pastikan untuk memperbarui konten lama yang tidak relevan atau usang. Konten yang terus diperbarui menunjukkan kepada Google bahwa website Anda aktif dan memberikan nilai tambah yang berkelanjutan kepada pengguna.

Membangun Backlink

Algoritma dari search engine seperti Google memang selalu berubah dari waktu ke waktu, namun satu hal yang tidak pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Backlink ini sangat penting dalam perancangan sebuah website, kebanyakan web yang ada di halaman pertama Google memiliki backlink kuat.

Bagi yang belum tahu, Backlink adalah tautan atau link yang mengarah dari sebuah halaman web di satu domain ke halaman web di domain lain. Intinya, sebuah artikel dalam website yang di dalamnya terdapat link mengarah ke website Anda, itulah yang dinamakan backlink.

Dalam konteks SEO sendiri, backlink sangat penting karena berfungsi sebagai salah satu faktor utama yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menilai otoritas dan relevansi suatu halaman web.

Internal Link Relevan

Cara Memasuki Ranking 10 Besar di Google dengan SEO - 2025

Internal linking yang baik bisa mempermudah pengguna dalam navigasi di website Anda, selain itu membangun internal link yang relevan juga bisa memperkuat otoritas halaman tertentu di mata search engine seperti google.

Oleh karena itulah, buat link yang relevan antar halaman dan artikel, pastikan juga untuk memperbarui dan menghapus link yang rusak atau tidak relevan. Link rusak ini bisa merusak reputasi SEO website Anda.

Melakukan Audit SEO

SEO Audit merupakan proses evaluasi kesehatan SEO suatu website secara keseluruhan. Hal ini melibatkan pemeriksaan pada struktur website, kualitas backlink dan kinerja dari content. Anda bisa menggunakan tools seperti Google Search Console dan Ahfref untuk identifikasi masalah teknis.

Audit yang dilakukan secara rutin bisa membantu Anda mempertahankan peringkat dan mengidentifikasi area mana saja yang bisa meningkatkan SEO website Anda. SEO Sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu On Page dan Of Page.

SEO On-Page:

SEO On-Page mengacu pada praktik optimasi yang dilakukan di dalam website untuk membantu meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Contoh dari SEO On-Page ini adalah melakukan optimasi keyword, membuat konten berkualitas, optimasi gambar, loading website, dan sejenisnya.

SEO Off-Page:

Sedangkan SEO Off-Page mengacu pada optimasi di luar website Anda dengan tujuan meningkatkan otoritas reputasi dan relevansi domain di mesin pencarian. Untuk contohnya sendiri adalah linking building, guest blogging, backlink, dan sejenisnya.

Website Mobile Friendly

Berdasarkan data resmi dari Google, lebih dari 50% pencarian di Google berasal dari mobile device. Bahkan Google sendiri menyatakan secara jelas bahwa website yang tidak mobile friendly tidak akan atau sulit berada di peringkat atas SERP.

Untuk mengetahui apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum, Anda bisa menggunakan Google Mobile Friendly Test. Anda tinggal memasukan alamat website di kolom pencarian, setelah itu akan muncul hasilnya. Jika website tidak mobile friendly, Anda bisa melakukan dua hal berikut:

Pertama memperbaikinya lewat Mobify, bMobilized atau Duda Mobile. Kedua, jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, bisa gunakan plugin seperti Wptouch, atau ThemeKey untuk Drupal dan Responsivizer untuk Joomla.

Adaptasi Algoritma dan Pengukuran Holistik

Supaya sebuah website bisa masuk ke rangking 10 google, ada banyak hal yang harus dilakukan. Yang perlu Anda ketahui disini adalah algoritma Google selalu berubah, oleh karena itulah Anda harus selalu update terhadap algoritma yang ada dan terus memperbaiki SEO website baik itu On-Page maupun Off-Page.

Mengukur keberhasilan SEO sebuah website melibatkan lebih dari sekadar peringkat kata kunci. Namun juga melibatkan pemahaman yang holistik tentang bagaimana SEO mempengaruhi lalu lintas, konversi, pengalaman pengguna, dan keseluruhan pertumbuhan website Anda.

5 1 vote
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments