Cara Membeli Domain Dengan Budget Terbatas: Tips dan Trik

0
1064

Domain merupakan salah satu hal penting dalam membangun website. Domain juga akan menjadi representasi sebuah bisnis yang dapat membangun kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan. Oleh sebab itu, perlu perhatian khusus dalam memilihnya.

Namun, apabila memiliki budget terbatas, bagaimana cara membeli domain dengan budget terbatas? Apakah hanya tersedia pilihan domain murah? Memiliki budget terbatas bukan berarti hilang kesempatan untuk bisa mendapatkan domain impian dan sesuai kebutuhan bisnis.

Jadi, sebaiknya tarik nafas sejenak dan baca artikel satu ini ya Exabytes friends.

Berapa Harga Domain?

harga domain
Sumber: iStock

Apabila sama sekali belum mengantongi cara membeli domain dengan budget terbatas, mengapa tidak terlebih dahulu mencari tahu kisaran harga domain? Berapa banyak biaya untuk mendapatkan domain bergantung pada beberapa hal. Salah satunya adalah ekstensi domain dan registrar pilihanmu.

Selain tersedianya domain murah, ada juga domain premium yang harganya lebih mahal dari beberapa pilihan domain lain. Akan lebih baik untuk mengecek harga domain di Exabytes untuk mendapatkan gambaran harga atau biaya domain yang perlu kamu persiapkan untuk situs web bisnismu.

Faktor yang Memengaruhi Harga Domain

faktor yang memengaruhi harga domain
Sumber: iStock

Agar bisa mendapatkan cara membeli domain dengan budget terbatas, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal ini. Dalam hal harga domain, mulai dari domain murah hingga domain premium, ada beberapa faktor yang memengaruhi harga domain pilihanmu, di antaranya adalah:

Popularitas Nama Domain

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap harga domain adalah popularitas nama domain. Semakin popular nama domain, semakin mahal pula harganya. Jadi, pembeli harus menyiapkan sejumlah dana agar bisa mendapatkan domain pilihannya.

Tipe Domain

Hal penting lain yang turut memengaruhi perbedaan harga antara nama domain satu dengan lainnya adalah tipe domain itu sendiri. Ekstensi domain tertentu mungkin lebih populer dibandingkan ekstensi lain. Alhasil, harganya juga menjadi lebih mahal.

Registrar

Tahukah kamu? Beberapa registrar bahkan mengenakan biaya yang lebih mahal dari lainnya. Artinya, registrar tertentu menawarkan domain dengan harga yang lebih tinggi dari para kompetitornya.

Panjangnya Nama Domain

Panjang pendeknya nama domain juga menjadikan nama domain hadir dengan harga bervariasi. Biasanya, nama domain yang pendek ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan nama domain yang panjang.

Ketersediaan Nama Domain

Nah, ini juga menjadi hal penting lain yang perlu kamu ketahui selain mendapatkan cara membeli domain dengan budget terbatas. Dimana nama domain yang sudah dibeli atau dimiliki oleh pihak lain hadir dengan harga yang lebih tinggi.

Apabila kali ini kamu lebih berfokus pada domain murah agar bisa mendapatkan domain sesuai budget, segera hubungi Exabytes sekarang juga.

Cara Membeli Domain Dengan Budget Terbatas

cara membeli domain dengan budget terbatas
Sumber: iStock

Berikut adalah beberapa cara membeli domain dengan budget terbatas yang pas untukmu:

Jangan Hanya Fokus pada Satu Ekstensi Saja

Bagi yang sedang mencari cara membeli domain dengan budget terbatas, coba pertimbangkan tips dan trik satu ini. Seperti yang kita ketahui kalau domain.COM merupakan salah satu ekstensi domain yang begitu populer. Oleh sebab itu, banyak domain yang sudah tidak tersedia atau masih tersedia dengan harga yang lebih mahal.

Jadi, apabila kamu membeli domain namun memiliki budget yang terbatas, sebaiknya jangan hanya fokus pada ekstensi domain.COM saja. Saat ini, kamu bahkan bisa memilih ekstensi domain unik yang dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis online dan website.

Saat mengecek ketersediaan dan harga domain, kamu bisa melihat beberapa alternatif nama domain dengan ekstensi domain berbeda. Apabila merasa kalau ekstensi domain tersebut sesuai dengan tujuan dan ekspektasi, tidak ada salahnya untuk memilih nama domain tersebut.

Meski tidak bisa mendapatkan domain dengan ekstensi domain populer, kamu tetap memiliki peluang untuk melakukan brand awareness dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Yang terpenting adalah memilih ekstensi domain yang sesuai dengan jenis situs yang akan dibangun.

Beli Domain dari Penyedia Terpercaya

Cara membeli domain dengan budget terbatas yang selanjutnya berkaitan dengan reputasi penyedia domain. Singkatnya, kamu bisa membeli domain dari penyedia domain dengan reputasi baik dan pengalaman di bidangnya.

Penyedia domain terpercaya menjadi pilihan banyak pihak dan kalangan dalam mendapatkan nama domain yang pas. Sehingga mereka umumnya menyediakan berbagai pilihan domain, termasuk domain murah.

Domain murah bukan berarti tidak berkualitas, akan tetapi domain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengelola atau pemilik situs web. Apabila ingin mendapatkan domain dengan harga yang terjangkau, coba hubungi Exabytes dan tanyakan domain mana yang paling cocok sesuai preferensi dan budget yang kamu punya.

Pertimbangkan dan Bandingkan Harga Domain

Dalam memilih domain maupun layanan lain untuk membangun website, harga menjadi faktor penting yang tidak boleh luput dari pertimbangan, bukan? Nah, bagi yang penasaran dengan cara membeli domain dengan budget terbatas, cari tahu dan kemudian bandingkan harga domain.

Perbandingan bisa kamu lakukan dengan mengecek harga domain di beberapa penyedia. Kemudian, pilih mana yang menawarkan harga lebih murah namun tetap memberikan kualitas, fitur, dan keuntungan yang dapat memenuhi kebutuhanmu.

Lakukan Brainstorming Sebelum Mulai Mencari Domain

Brainstorming akan membantumu menemukan nama domain yang pas. Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan tools, yaitu domain name generator. Tools tersebut akan memberikan beberapa referensi nama domain sesuai dengan kata kunci yang pengguna ketikkan.

Beli Nama Domain Minimal Dua Tahun

Masih memikirkan cara membeli domain dengan budget terbatas? Pernah terpikir untuk membeli nama domain minimal dua tahun? Biasanya, penyedia domain menawarkan harga yang lebih murah untuk langganan domain yang lebih lama. Jadi, daripada mendaftarkan nama domain hanya untuk satu tahun, pertimbangkan untuk mendaftarkan domain minimal dua tahun atau lebih.

Mengapa? Selain kesempatan untuk mendapatkan harga domain yang lebih murah, hal tersebut juga akan dapat menghemat waktu dan tenaga. Ya, kamu tidak perlu khawatir lupa memperpanjang nama domain setiap tahun. Jadi, tidak akan ada kata lupa karena memang domain dibeli dalam jangka waktu lama.

Juga memberikan manfaat dari segi SEO atau Search Engine Optimization. Google akan sangat menghargai komitmen pemilik domain dengan ranking yang lebih tinggi. Tentunya, tidak baik untuk melewatkan kesempatan tersebut, bukan?

Miliki Beberapa Alternatif Nama Domain

Seperti halnya ekstensi domain yang mungkin tidak tersedia untuk nama domain pilihanmu, nama domain yang kamu inginkan juga mungkin sudah dimiliki pihak lain. Oleh sebab itu, persiapkan diri dengan beberapa alternatif nama domain.

Apabila salah satu nama domain yang kamu inginkan tidak tersedia, kamu masih punya beberapa alternatif nama domain lain. Tentunya sesuai dengan nama bisnis atau website yang hendak kamu kelola karena pemilihan nama domain tersebut sudah melalui persiapan yang matang.

Sewa vs Beli Domain

Tidak sedikit perusahaan dan pebisnis yang menyewa berbagai kebutuhan bisnisnya guna mengurangi biaya. Hal tersebut juga bisa terjadi pada nama domain. Misalnya, nama domain incaranmu sudah tidak tersedia namun belum digunakan untuk suatu website, kamu bisa mencoba menghubungi pemilik domain untuk menyewanya.

Meski terdengar asing namun tidak ada salahnya untuk mencoba tips satu ini. Terlebih jika hendak menggunakan domain untuk situs web yang akan digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke website utama.

Perpanjang Nama Domain Lebih Awal

Cara membeli domain dengan budget terbatas yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah memutuskan untuk memperpanjang nama domain lebih awal sebelum tanggal expired. Tidak sedikit registrar yang menawarkan potongan harga bagi klien yang memperpanjang domain lebih awal.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. Jadi, jangan biarkan domain expired, segera perpanjangan domain beberapa hari atau minggu sebelum tanggal expired.

Kesimpulan

Sudah yakin untuk memilih nama domain dengan tips, trik, dan cara membeli domain dengan budget terbatas yang kamu punya? Karena domain memiliki peranan penting bagi keberlangsungan bisnis online yang hadir melalui website, pastikan untuk tidak tergesa-gesa dalam memilih domain yang tepat.

Meski memiliki dana terbatas, domain impian tetap bisa kamu dapatkan apabila memiliki cara dan trik yang tepat. Cek harga domain dan beli domain di Exabytes sekarang juga ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments