Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk

0
1235

Tahukah Anda, dalam satu hosting kita bisa menggunakan lebih dari satu domain, salah satu caranya menggunakan fitur addon domain di Plesk. Dengan cara ini bisa membantu Anda menghemat biaya dan memaksimalkan penggunaan hosting yang sudah Anda miliki, sehingga yang Anda perlukan hanya sewa domain murah dengan harga terjangkau.

Lalu bagaimana cara menambah addon domain di plesk? Jangan khawatir,  karena prosesnya sangat mudah dan cepat. Ikuti panduan sederhana yang akan kami berikan dan dalam waktu singkat, Anda sudah dapat menambahkan domain baru ke dalam akun hosting Plesk Anda.

Namun sebelum masuk ke pembahasan teknisnya, izinkan kami menjelaskan secara singkat apa itu addon domain. 

Apa itu Addon Domain?

cara menambah addon domain di plesk

Addon domain adalah fitur yang memungkinkan Anda menambahkan domain baru ke dalam akun hosting yang sudah ada, sehingga satu akun hosting dapat memiliki beberapa domain dan setiap addon domain memiliki direktori sendiri di dalam akun hosting, sehingga website yang berbeda dapat diakses melalui domain yang berbeda pula.

Agar lebih jelaskan kami berikan contoh, misalkan Anda memiliki akun hosting dengan domain utama “akularis.com” dan Anda ingin menambahkan domain lain yang bernama “laris-manis.com”. 

Nah dengan menggunakan fitur addon domain, Anda dapat menambahkan domain laris-manis.com ” ke dalam akun hosting ” akularis.com “, sehingga dapat meng-hosting dua website dengan domain yang berbeda dalam satu akun hosting yang sama.

Keren bukan?

Detail tentang addon domain bisa Anda pelajari di postingan kami sebelumnya yang membahas tentang Apa Itu Addon Domain? Berikut Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Addon Domain?

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Menambahkan addon domain sebenarnya bisa kapan saja, terutama jika Anda ingin meng-hosting lebih dari satu website dalam satu akun hosting yang sudah ada, sehingga dapat menghemat biaya dan memaksimalkan penggunaan hosting.

Namun, sebelum menambahkan addon domain, pastikan bahwa hosting Anda memiliki kapasitas yang cukup dan sumber daya yang mencukupi untuk menampung website baru. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia hosting Anda.

Customer support kami selalu stand by untuk membantu Anda yang ingin berkonsultasi tentang penggunaan WordPress hosting dan web hosting lainnya.

Cara Menambahkan Addon Domain di Plesk

Di bawah ini ada penjelasan lengkap cara menambah addon domain di Plesk, Anda bisa mengikutinya dengan sangat baik karena kami membahasnya secara step by step.

Login ke Akun Plesk

Langkah 1: Akses halaman dashboard Plesk panel melalui member area Exabytes, caranya login ke member area Exabytes.

Domain Forwarding Langkah1: Akses halaman member area Exabytes di URL billing.exabytes.co.id/clientarea.php.

Langkah 2: Setelah berhasil login ke halaman member area Exabytes, klik Services/Layanan.

Langkah 3: Di halaman member area Exabytes, klik menu Layanan.

Langkah 3: Di halaman My Product & Services, klik tombol Manage Product/Atur Produk di salah satu layanan (disini kami menggunakan layanan WP 12 Beginner).

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Selanjutnya klik Manage my hosting.

Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Nantinya akan diarahkan ke halaman Plesk Panel, tampilannya seperti di bawah ini:

Cara Menghapus Addon dan Subdomain di Plesk (Lengkap) - 2023

Temukan Fitur Addon Domain di Plesk

Menemukan fitur addon domain di Plesk sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu scrol sebentar dan temukan fitur addon domain tepat di samping add subdomain. Lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini:

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Tambahkan Addon Domain

Jika sudah menemukannya, Anda tinggal menambahkan addon domain caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Klik tombol Addon Domain.

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Langkah 2: Pilih salah satu metode pembuatan websitenya, dalam contoh ini kami memilih Uploads Files karena anggap saja kalo kami sudah menyiapkan file website sebelumnya.

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Tapi Anda bisa memilih pilihan lain misalnya saja WordPress untuk memasang CMS WordPress di addon domain atau yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Langkah 3: Di halaman Adding New Domain, isi berbagai informasi yang dibutuhkan. Contohnya seperti di bawah ini:

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Langkah 4: Tentukan juga tempat file website Anda disimpan, pengaturannya di bagian document root hosting settings.

Contoh pengisiannya seperti di bawah ini:

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Langkah 5: Jika sudah selesai, tinggal klik tombol Add Domain.

Selesai, sekarang Anda sudah memiliki addon domain di hosting domain utama Anda dan akan muncul notifikasi jika langkah-langkahnya sudah benar dan berhasil.

Menghubungkan Addon Domain dengan Web Hosting

Setelah berhasil menambahkan domain baru ke web hosting domain utama, bagaimana cara menghubungkan addon domain tersebut ke web hosting? Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini!

Langkah 1: Masuk kembali ke member area Exabytes Indonesia dan masuk ke area halaman domain.

Langkah 2: Klik Manage Nameserver domain.

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Langkah 3: Kemudian isikan nameserver seperti di bawah ini:

ns121.idcloudhosting.com

ns122.idcloudhosting.com

Ketahui Cara Menambah Addon Domain di Plesk - 2024

Setelah melakukan perubahan, jangan lupa klik tombol Change Nameserver. Jika sudah, artinya Anda berhasil menambahkan addon domain dan menghubungkannya ke web hosting yang Anda miliki.

Gunakan Addon Domain di Plesk Secara Efisien

Pada artikel ini Anda sudah belajar cara menambahkan addon domain di Plesk, cara ini akan sangat berguna jika Anda memiliki domain lebih dari satu. Agar website Anda bisa berjalan dengan sangat baik, kami menyarankan agar tidak terlalu banyak addon domain yang ditambahkan.

Karena jika terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja dari web hosting yang Anda gunakan dan membuat performa website menjadi lambat atau bahkan mengalami downtime.

Namun, jika hanya menambahkan beberapa addon domain yang sesuai dengan kapasitas hosting yang tersedia, maka hosting dapat bekerja dengan baik dan hosting bekerja secara maksimal. 

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kapasitas dan sumber daya hosting yang tersedia sebelum menambahkan addon domain, serta mempertimbangkan penggunaan addon domain secara bijak dan efisien.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments