cPanel vs WordPress Hosting: Mana yang Lebih Baik?

0
1125

Web hosting merupakan hal krusial dalam menjalankan website. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk menyimpan data website agar nantinya web tersebut dapat diakses secara online. Dalam penggunaannya, ada banyak istilah yang akan kamu jumpai, termasuk cPanel dan WordPress hosting.

Lantas apa itu cPanel dan hosting? Apa saja perbedaan cPanel vs WordPress hosting?

Dalam mengelola hosting suatu web, cPanel merupakan platform yang akan membantu mengelola hosting termasuk server, email, dan web itu sendiri. cPanel bertindak sebagai control panel yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola layanan hosting. Hingga saat ini, cPanel masih menjadi control panel yang paling populer dan banyak digunakan.

WordPress hosting juga menjadi istilah yang akan semakin sering kamu jumpai saat hendak membangun situs web terutama jika kamu memilih WordPress sebagai platform CMS yang akan dipilih untuk dapat membangun web dengan mudah.

Untuk bisa memahami baik cPanel maupun WordPress hosting, artikel ini bisa menjadi sumber atau referensi, terutama bagi pemula. Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui perbedaan cPanel dan WordPress hosting.

Apa itu cPanel?

cPanel vs WordPress hosting, mengenal apa itu cPanel
Sumber: flickr

Jika hosting merupakan layanan yang membuat suatu website bisa diakses di internet, lantas, seperti apa fungsi cPanel? Meski merupakan istilah populer di kalangan pengguna layanan hosting termasuk hosting murah, namun kita tetap akan membahas apa itu cPanel. Mungkin saja sebagian dari kamu masih belum tahu arti dari istilah satu ini.

cPanel adalah software yang membuat pengelolaan server Linux menjadi lebih mudah dan lebih ramah pengguna. Secara teknis, pengguna tidak dapat mengelola server tanpa adanya control panel terlebih bagi yang tidak memiliki pengetahuan teknis.

Oleh sebab itu, perlu control panel dan cPanel merupakan salah satu jenis control panel yang paling banyak digunakan. Melalui cPanel, kamu akan mendapatkan platform pengelolaan server dan situs web yang paling reliabel dan intuitif. Tentunya, platform satu ini hadir dengan berbagai fitur serta menawarkan dukungan pelanggan.

Fungsi cPanel

cPanel pada hosting memiliki fungsi dan peran penting karena akan dapat membantu pengguna hosting mengelola layanan hosting sesuai kebutuhannya. cPanel juga memungkinkan pengguna bisa menambahkan berbagai aplikasi yang diperlukan agar situs web memiliki performa yang lebih optimal.

Beberapa fungsi dari cPanel di antaranya adalah:

  • Melakukan backup file situs web dan membantu mengelolanya dengan mudah
  • Membuat pengaturan file serta memberikan kemudahan dalam mengelola secara cloud
  • Mengatur software dengan lebih mudah
  • Memungkinkan untuk melakukan pengaturan konfigurasi PHP dan database
  • Mengelola domain termasuk subdomain

Saat kamu yakin untuk menggunakan cPanel sebagai pilihan control panel terbaik, apakah itu artinya kamu akan memilih cPanel hosting dari Exabytes?

Apa itu WordPress Hosting?

mengenal apa itu WordPress hosting
Sumber: flickr

WordPress dikenal sebagai salah satu content management system (CMS) yang banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Bahkan, terdapat lebih dari 30 persen situs web yang dibuat menggunakan WordPress. Tentunya, persentase tersebut bisa semakin meningkat seiring dengan semakin banyak penggunanya.

Platform CMS satu ini menggunakan MySQL dan PHP yang didukung oleh para penyedia hosting. Nah, para pengguna WordPress memiliki pilihan layanan hosting yaitu WordPress hosting, seperti yang tersedia di Exabytes.

Mengapa harus memilih WordPress hosting? Selain karena penggunaan WordPress sebagai pilihan CMS, kamu juga bisa memilih layanan hosting satu ini karena beberapa hal lain, seperti:

  • Loading situs web lambat atau lama
  • Sering terjadi downtime pada web
  • Web pernah atau sering menjadi sasaran peretasan
  • Menghabiskan waktu yang lebih dalam mengoptimalkan server
  • Terjadi berbagai kendala dalam memperbarui situs web

Fungsi WordPress Hosting

Jika berbicara tentang fungsi WordPress hosting, fungsinya sebenarnya sama dengan fungsi hosting pada umumnya. Hanya saja, layanan hosting satu ini diperuntukan bagi para pengguna WordPress. Berikut adalah beberapa fungsi dari WordPress hosting:

  • Menyediakan ruang penyimpanan data situs web
  • Menentukan region situs
  • Memungkinkan situs web bisa online dan terlihat oleh pengguna internet
  • Membuat situs web menjadi lebih responsif
  • Mempermudah optimasi web sehingga menjadi semakin ramah pengguna

Perbandingan antara cPanel dan WordPress Hosting

cPanel dan WordPress hosting memiliki fitur dan fungsi masing-masing. Nah, agar bisa memahami perbandingan antara cPanel vs WordPress hosting, tentu saja kamu harus memahami fitur dan fungsi dari keduanya.

Fungsi cPanel vs WordPress Hosting

Singkatnya, cPanel berfungsi untuk mempermudah pengelolaan situs web yang ada dalam akun hosting. 

Seperti halnya cPanel, WordPress hosting juga memiliki fungsi dan fitur yang berguna untuk para penggunanya. Apa saja fungsi dan fitur tersebut?

Secara umum, fungsi hosting adalah menciptakan website dengan berbagai informasi dan dokumen terkait pengguna atau bisnis di dalamnya agar bisa ditampilkan di mesin pencari sehingga dapat diakses oleh pengunjung.

Jika dilihat dari namanya, kamu tentu bisa mengetahui dengan mudah apa sebenarnya fungsi dari WordPress hosting, yaitu menyediakan layanan hosting sesuai kebutuhan para pengguna WordPress.

Harga cPanel vs WordPress Hosting

Baik cPanel maupun WordPress hosting bisa didapatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tetapi, mana yang harganya lebih ramah kantong, cPanel atau WordPress hosting?

Di Exabytes, pelanggan bisa mendapatkan keduanya dengan harga yang berbeda. Untuk cPanel, tersedia dengan harga mulai dari Rp 9.900 hingga Rp 399.00 per bulan. Sedangkan untuk WordPress hosting, tersedia mulai dari Rp 34.900 hingga Rp 419.00 per bulan.

Info lebih lanjut bisa menghubungi atau mengakses website Exabytes.

Keuntungan Menggunakan cPanel

keuntungan menggunakan cPanel hosting
Sumber: flickr

Memang benar kalau tersedia berbagai jenis control panel. Akan tetapi, ada banyak alasan mengapa orang-orang lebih tertarik dengan cPanel. Jenis panel kontrol satu ini ternyata menawarkan berbagai keuntungan bagi para pengguna, di antaranya:

Kemudahan dalam Penggunaan

Salah satu keuntungan yang bisa pengguna dapatkan adalah kemudahan dalam penggunaan. Ya, cPanel dikenal sebagai platform yang sangat mudah digunakan dan ramah pengguna. Tidak perlu pengetahuan khusus coding sehingga hosting tetap bisa dikelola bahkan oleh pemula sekalipun.

Selain itu, cPanel juga memiliki tampilan user interface yang menarik. Jadi, pengguna bisa tertarik untuk mempelajari setiap menu yang tersedia pada dashboardnya.

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan kemudahan dalam penggunaan, tentu dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Hal ini turut menggenapi keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan cPanel dalam mengelola web hosting. Bahkan cPanel juga mudah dipelajari dan dipahami sehingga semakin efisien dalam penggunaannya.

Mempermudah Manajemen Website

cPanel berfungsi memudahkan dalam mengatur kebutuhan hosting termasuk website. Oleh sebab itu, cPanel juga menawarkan keuntungan pada pengguna sehingga mereka dapat mengelola situs web dengan lebih mudah.

Mendukung Berbagai Aplikasi dan Plugin

Aplikasi dan plugin sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah situs web, bukan? Nah, agar bisa memasang dan menggunakan aplikasi maupun plugin tanpa kendala, kamu bisa memanfaatkan dukungan dari cPanel. Hal ini juga menjadi keuntungan lain dari penggunaan cPanel sebagai platform pengelola hosting untuk web milikmu.

Meningkatkan Keamanan Website

Dengan adanya fitur backup data, cPanel turut berkontribusi dalam meningkatkan keamanan website. Tersedia juga fitur yang dapat melindungi website dari serangan yang mengancam seperti malware, virus, dan phishing.

Keuntungan Menggunakan WordPress Hosting

keuntungan menggunakan WordPress hosting
Sumber: flickr

Masih penasaran dengan perbedaan cPanel vs WordPress hosting? Setelah tadi melihat beberapa keuntungan cPanel, kini saatnya mengetahui lebih jauh apa saja keuntungan menggunakan WordPress hosting, seperti:

Kemudahan dalam Mengelola website WordPress

Dalam mengelola web, kamu memerlukan hosting. Oleh sebab itu WordPress hosting akan sangat membantu dalam mengelola web dengan memberikan kemudahan.

Meningkatkan Performa dan Keamanan Website

Dengan pilihan hosting yang tepat, dalam hal ini WordPress hosting, bukan tidak mungkin performa dan keamanan web semakin meningkat. Kedua hal tersebut akan membawa dampak baik bagi web karena akan semakin dipercaya oleh pengunjung (visitor).

Mendukung Berbagai Plugin dan Tema WordPress

WordPress menyediakan banyak plugin dan tema yang bisa pengguna pilih untuk web masing-masing. Hal tersebut semakin dipermudah dengan dukungan dari hosting yang tepat, yaitu WordPress hosting yang memang tersedia untuk para pengguna WordPress. 

Kemudahan dalam Instalasi dan Update WordPress

Keuntungan lain dari WordPress hosting yang juga bisa kamu gunakan agar semakin memahami cPanel vs WordPress hosting adalah kemudahan dalam instalasi dan update. Setiap update yang tersedia hadir dengan peningkatan dan perbaikan bug.

Apabila hosting yang kamu gunakan tidak terupdate, bukan hanya kehilangan peningkatan penting tetapi juga perbaikan bug. Itu artinya, semakin membuka risiko dan peluang terkena ancaman keamanan.

Kesimpulan

Dengan melihat perbedaan antara cPanel vs WordPress hosting, apakah sudah bisa menentukan mana yang lebih bisa memenuhi kebutuhanmu dalam membuat website untuk bisnis online? Baik cPanel maupun WordPress hosting mampu mengerti kebutuhan pelanggan dengan menyediakan fitur terbaiknya.

Jadi, apapun pilihanmu, apakah cPanel atau WordPress hosting, pastikan untuk mendapatkanya dari Exabytes. Exabytes menyediakan paket cPanel maupun WordPress hosting yang berbeda. Jadi bisa pelanggan sesuaikan dengan kebutuhan, tujuan yang ingin dicapai serta budget yang tersedia.

Masih ragu memilih Exabytes? Exabytes sudah memiliki sertifikat ISO 27001 sehingga menjadi penyedia layanan hosting yang bisa kamu percaya untuk mendapatkan layanan hosting terbaik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments