Mengenal Afiliasi Pemasaran: Cara Kerja dan Keuntungannya

46
Mengenal Afiliasi Pemasaran
7 min read

Revolusi internet telah memberi banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Mencari informasi lebih cepat, berkomunikasi lebih mudah sampai berbelanja lebih hemat dapat dilakukan lewat internet. Bahkan, bukan hanya kegiatan yang bersifat konsumerisme saja, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat internet lho.

Jangan salah paham, penghasilan tambahan tidak selalu berarti bekerja part time dengan keahlian khusus atau melakukan multi level marketing. Ada kesempatan lain yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa terikat waktu, kontrak kerja atau target.

Kamu bisa mulai melakukan afiliasi pemasaran atau program afiliasi untuk mendapatkan pasif income. Masih merasa asing dengan istilah ini? Jangan khawatir, kamu bisa mempelajari lebih dulu apa yang dimaksud dengan afiliasi pemasaran, apa saja keuntungannya dan bagaimana cara kerjanya pada artikel berikut ini.

Apa itu Afiliasi Pemasaran?

Afiliasi adalah sebuah hubungan antara dua pihak yang saling bekerja sama namun masing-masing pihak berdiri sendiri dan tidak saling bergantung. Dengan kata lain, apabila salah satu pihak berhenti menjadi afiliasi maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi eksistensi pihak lainnya.

Maka program afiliasi adalah kegiatan memasarkan produk suatu perusahaan dan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut. Afiliasi marketing tidak terikat kontrak kerja, sehingga kamu bisa menjadi afiliasi dari berbagai perusahaan. Kamu juga bisa mengatur sendiri jam kerja maupun income yang kamu dapatkan. Kebebasan dalam bisnis afiliasi ini sangat cocok bagi kamu yang memerlukan penghasilan tambahan dengan waktu yang fleksibel.

Cara Kerja Afiliasi Pemasaran

Sebelum mulai mencari perusahaan mana saja yang membuka program afiliasi, ada baiknya kamu lebih dulu memahami bagaimana cara kerja afiliasi marketing. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menentukan strategi dan target marketmu. Dalam afiliasi pemasaran ada tiga pihak yang perlu kamu ketahui yaitu :

Penjual

Penjual adalah perusahaan yang memiliki produk dan membuka program afiliasi. Mereka bertanggung jawab atas produk yang dijual, menyediakan layanan purna jual dan berbagai aspek lain yang mendukung sebuah bisnis berjalan.

Pemasar

Pemasar afiliasi adalah pihak yang mempromosikan produk penjual agar pelanggan tertarik dan mau membeli produk tersebut. Pemasar afiliasi tidak terikat target tertentu dan tidak bertanggung jawab atas kualitas produk maupun layanan sales dari produk yang dijual.

Pelanggan

Pelanggan adalah orang yang membeli produk yang dipasarkan oleh pemasar afiliasi. Pelanggan merupakan bagian penting dalam proses afiliasi pemasaran, karena keputusan pembelian ada ditangan mereka. Pelanggan akan tetap mendapatkan produk mereka sesuai standar tanpa terpengaruh apapun dari program afiliasi marketing.

Pemasar akan mendapatkan link afiliasi atau link referal yang dapat mereka bagikan pada sosial media, blog atau channel youtube mereka. Link referral ini akan mengarahkan pelanggan pada halaman produk yang dipromosikan. Nantinya, pemasar akan mendapatkan komisi atau reward dari penjual sesuai dengan konversi yang ditentukan.

pemasaran afiliasi atau program afiliasi model
Alur kerja afiliasi pemasaran (Source: Shutterstock Images)

Konversi sendiri adalah syarat yang ditentukan oleh penjual dalam memberikan komisi. Konversi penjualan misalnya, pemasar hanya akan mendapatkan komisi apabila pembeli yang mengikuti link referal melakukan pembelian. Syarat konversi ini bisa bervariasi, per-click, per-sales maupun per-lead tergantung tujuan masing-masing perusahaan.

Keuntungan Afiliasi Pemasaran

Setelah memahami cara kerja afiliasi pemasaran, mungkin kamu masih ragu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Ada beberapa keuntungan afiliasi yang bisa kamu simak berikut ini.

Hemat Biaya

Program afiliasi tidak memiliki biaya pendaftaran atau biaya keanggotaan. Kamu dapat bergabung dan langsung menjalankan program afiliasi. Biaya yang mungkin kamu perlukan adalah untuk membeli kuota internet atau menjalankan strategi yang kamu susun.

Mulai afiliasi pemasaran
Memulai afiliasi pemasaran tidak memerlukan biaya yang besar (Source: Shutterstock Images)

Tidak Ada Target Penjualan

Program afiliasi pemasaran tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan penjual. Sehingga kamu juga tidak harus memenuhi target tertentu. Kamu bisa mengatur sendiri target yang ingin dicapai. Dalam beberapa program afiliasi mungkin ada nominal tertentu untuk mencairkan komisi, namun ketentuan ini bukanlah target melainkan prosedur untuk mempermudah proses pembayaran.

Reward Berdasarkan Performa

Keuntungan afiliasi yang lain adalah tidak adanya batasan penghasilan yang bisa kamu peroleh. Karena reward yang diberikan berdasarkan performa, maka sebanyak apapun konversi yang dihasilkan akan tetap dihitung tanpa batasan. Hal ini memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang tinggi lewat afiliasi marketing.

menikmati hasil afiliasi pemasaran
Waktu fleksibel adalah salah satu keuntungan bisnis afiliasi marketing (Source: Shutterstock Images)

Waktu Fleksibel

Afiliasi marketing menggunakan link referal yang otomatis akan menghitung reward setiap ada konversi yang berhasil. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk memantau link referal. Kamu bisa fokus untuk menyebarkan link afiliasi dan menyusun strategi agar banyak orang yang tertarik untuk mengikuti tautan yang kamu bagikan. Selain itu karena dilakukan secara online kamu juga tidak punya batasan waktu tertentu untuk bekerja, kamu bisa membagikan link kapan saja dan dimana saja.

Efisien dan Bebas Layanan After Sales

Meskipun memberikan keuntungan besar namun belanja online juga lekat dengan berbagai komplain. Produk tidak sesuai, warna dan ukuran salah maupun ketidakpuasan lainnya bisa menjadi bumerang bagi pengiklan. Namun, jangan khawatir dalam afiliasi marketing kamu tidak perlu memusingkan atas hal tersebut.

Mengenal Afiliasi Pemasaran: Cara Kerja dan Keuntungannya - 2021
Layanan aftersales di urus langsung oleh penjual dalam afiliasi marketing (Source: Shutterstock Images)

Tugasmu hanyalah memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan produk penjual melalui link referal. Pihak penjual akan mengurus komplain yang mungkin muncul dan hal tersebut tidak akan mempengaruhi komisi yang kamu dapatkan.

Contoh Afiliasi Pemasaran

Setelah memahami cara kerja dan apa saja keuntungan afiliasi pemasaran, sekarang kamu bisa mulai mencari perusahaan apa saja yang membuka program afiliasi. Sebelum terburu-buru menentukan pilihan, kamu sebaiknya melakukan research terlebih dulu terkait ketentuan, sistem pembayaran maupun produk apa yang dijual.

Dengan begitu kamu bisa lebih yakin dan merasa aman karena sudah mengerti apa yang harus kamu lakukan dan apa yang akan kamu dapatkan. Beberapa contoh afiliasi pemasaran yang populer di Indonesia adalah :

Shopee

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan marketplace yang satu ini, iklan shopee sudah sering mendominasi berbagai media. Produk-produk yang dijual juga sangat banyak dan beragam. Nah, shopee membuka program afiliasi yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih sendiri produk apa yang ingin kamu promosikan selama masih termasuk kategori yang mereka tentukan.

Tiket.com

Selain kategori consumer goods, ada juga tiket.com yang membuka program afiliasi untuk kebutuhan travel. Bila kamu merasa ini merupakan bidang yang menarik, kamu bisa mengunjungi website mereka untuk melihat syarat, ketentuan dan cara registrasinya.

Exabytes Indonesia

Exabytes adalah penyedia layanan hosting yang sudah berpengalaman selama lebih dari 18 tahun. Sebagai penyedia layanan Cloud terkemuka di asia tenggara, Exabytes memberikan jaminan server tercepat, dipercaya oleh 140.000 pengguna diseluruh dunia serta didukung bantuan teknis profesional 24 jam penuh. Exabytes adalah brand terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Mengenal Afiliasi Pemasaran: Cara Kerja dan Keuntungannya - 2021
Program Afiliasi Exabytes Indonesia

Exabytes juga membuka program afiliasi yang memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa memperoleh rasio pembayaran tinggi dan tidak terbatas dengan menjadi partner afiliasi Exabytes. Berbeda dengan program afiliasi lainnya, kamu bisa melacak performa dan penghasilan dengan mudah serta akurat.

Program afiliasi ini juga didukung oleh tim support berdedikasi yang siap menjawab pertanyaanmu. Selain itu waktu pembayaran juga cepat, kamu bisa menerima komisi terakumulasi di awal bulan. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama untuk memperoleh bayaran atas hasil kerjamu.

Kesimpulan

Afiliasi adalah salah satu cara mendapatkan pasif income yang menarik. Dengan waktu yang fleksibel dan resiko yang minim, keuntungan afiliasi dapat kamu peroleh dengan maksimal. Selain beberapa contoh afiliasi diatas tentunya masih banyak perusahaan lain yang melakukan bisnis afiliasi.

Namun, bila kamu tidak punya banyak waktu untuk mencari dan memiliki ketertarikan di bidang teknologi, Program Afiliasi Exabytes bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Yuk, segera registrasi dan dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments