16 Fakta Menarik yang Seputar Blogger dan Vlogger di Indonesia

59
6 min read

Hi Exabytes Friends! 

Kemarin pada tanggal 27 Oktober 2019 adalah Hari Blogger Nasional. Semoga blogger-blogger Indonesia terus semangat berkarya ya!

Berhubung dengan Hari Blogger Indonesia, kalian pasti tau dong Blogger di Indonesia yang menjadi inspirasi di Indonesia sudah banyak sekali seperti Kartupost, KangMasian, CosaAranda, dan masih banyak lagi.

 Tetapi, di Indonesia ini juga sedang maraknya berkembang vlogger-vlogger Indonesia yang menginspirasi seperti Raditya Dika(yang dulunya adalah seorang blogger lho), Deddy Corbuzier, Rachel Goddard, dan masih banyak lagi. 

Dua-duanya mempunyai cara yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini, mimin akan kupas satu-satu apa saja sih kelebihan dan kekurangan antara Blogger dan Vlogger? Simak terus yaa!

Mau Jadi Blogger

Kita mulai dari Blogger, Blogger adalah orang yang dimana ia yang membuat dan mengelola blog nya tersebut baik blog pribadi atau blog yang lainnya. Dengan membagikan pandangan serta perspektifnya dengan tulisan melalui blog mereka. Topik yang dibahas pu bermacam-macam ada yang membahas tentang edukasi, kesehatan, makanan, politik, dan masih banyak lagi. 

Modal Relatif Lebih Rendah.

Membuat blog tidak memerlukan peralatan dan kebutuhan yang banyak. Cukup dengan laptop, mungkin buku serta pulpen untuk menulis rangkuman artikelmu, kalian sudah bisa membuat artikel sendiri. 

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Jika kamu senang berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan menuangkannya di dalam dengan bentuk tulisan, ini akan menjadi kesempatan emas untuk kamu. Menuliskan sesuatu yang kamu kuasai dan kamu suka di blog pribadi dengan tema apapun, menarik banyak pengunjung untuk membaca artikel mu. 

Mengasah Kemampuan Kamu Dalam Menulis

Kamu bisa memulai membuat artikel dengan topik tertentu secara rutin. Semakin sering kamu menulis, maka kemampuan menulismu akan menjadi lebih baik juga. 

Dapat Menghasilkan Uang 

Menghasilkan uang melalui blog memang hasilnya tidak terlihat langsung, membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan artikel secara rutin. Jika pengunjung blog mu bertambah banyak, maka kamu akan mendapatkan pemasukan bisa berupa layanan pemasangan iklan seperti Google Adsense. 

Atau jika kamu ingin juga melakukan sambilan menjual sesuatu di website blog kamu bisa juga loh. Berjualan melalui blog ini juga membuat penjualan produk mu akan lebih sesuai dengan target pasar.

Menambah Jaringan

Membagikan hal-hal yang yang menarik dan bermanfaat di blog kamu, sesuai dengan apa yang kamu kuasai dan sukai itu menjadi sangat nilai plus untuk kamu. Apalagi jika para pembaca artikel kamu juga menyukainya, pasti mereka tertarik untuk ingin merasa lebih dekat dengan kamu dengan berkomentar di kolom komentar blog kamu.

Manfaatkan hal itu, dengan menetapkan email atau nomor telepon pengunjung sebagai persyaratan mereka sebelum menulis komentar di kolom komentar. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kontak mereka yang bisa digunakan untuk mailing list bersama para penggemarmu. 

Blog Untuk Keperluan Bisnis

Model bisnis online seperti paid promote juga bisa direalisasikan untuk menjadi sumber penghasilan atau hanya sekedar menjadi penghasilan tambahan. Dengan memberikan jasa promosi berbayar berupa review produk atau jasa di dalam blog kamu. 

Google Voice Search

Dengan perkembangan teknologi yang terus memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah Google Voice Search. Orang-orang akan menjadi lebih mudahnya dalam mencari sesuatu, termasuk dengan mencari blog yang berhubungan dengan apa yang mereka cari. 

Rendahnya Minat Baca Orang Indonesia

Angka masyarakat Indonesia yang berminat untuk membaca memang sudah sangat rendah. Bisa dikarenakan faktor lingkungan sekitar, diri sendiri yang menjauh dari kebiasaan membaca, atau keseringan lebih memilih bermain social media yang menyebabkan kurangnya rasa keinginan orang Indonesia untuk membaca. 

Ingin Serba Instan

Membaca membutuhkan waktu yang lama dan butuh kesabaran dalam membaca. Generasi sekarang lebih senang sesuatu yang lebih cepat atau instan, sedangkan proses membaca untuk mengetahui suatu hal membutuhkan proses yang memang lebih lama. 

Mau Jadi Vlogger

Vlogger adalah orang dimana ia yang membuat video yang isinya membahas konten-konten apa saja yang dikuasai dan disukai. Tidak jauh berbeda sebenarnya dengan blogger, vlogger juga membagikan pandangan serta opini mengenai sesuatu tetapi melalui video. Platform yang digunakan oleh vlogger bermacam-macam, di Indonesia Youtube masih menjadi platform favorit vlogger Indonesia 

Konsumsi Menonton Video di Indonesia Lebih Tinggi

Menurut survei Google dan Kantar TNS pada 2018 kemarin, video di Youtube ditonton oleh 53% masyarakat yang berpindah dari yang biasanya menonton televisi menjadi menonton video di Youtube. Rata-rata masyarakat Indonesia menonton video di Youtube adalah kisaran 59 menit. Artinya, kesempatan para vlogger untuk menjangkau penonton video mereka cukup tinggi dengan melalui platform vlogging seperti Youtube. 

Youtube Menyaingi Televisi

Dengan jumlah penonton Youtube yang menyaingi jumlah penonton televisi, 

sudah mulai banyak stasiun televisi yang berpindah juga ke Youtube dengan membangun channel resmi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk channel youtube mu juga ditonton masyarakat Indonesia, dengan kebebasan waktu untuk menonton maka vlog kamu bisa ditonton oleh banyak orang kapan saja, dimana saja.

Berinteraksi Lebih Dekat Dengan Viewers

Karena kamu menjelaskan apa yang ingin kamu jelaskan melalui video dengan berbicara langsung, akan membuat viewers mu merasa lebih dekat karena seperti langsung berbicara kepada mereka. Jika kamu meng-upload video secara rutin, maka rasa keterikatan atau engagement viewers kamu dengan kamu akan lebih tinggi. 

Vlog Untuk Bisnis

Saat ini sudah banyak sekali vlogger yang bekerjasama seperti Paid Promote atau Endorsement  dengan berbagai macam brand produk atau jasa dengan mempromosikan produk atau jasa mereka melalui video. Dengan memberikan review atau penjelasan tentang keunggulan-keunggulan produk atau jasa dari brand tersebut. 

Kolaborasi Dengan Vlogger Lain

Strategi kolaborasi bersama vlogger lain ini juga dapat direalisasikan untuk menambah viewers video kamu. Dengan menentukan konten yang ada hubungannya dengan konten video-video kamu, akan membuat peluang viewers yang biasa menonton di channel orang yang kamu ajak kolaborasi menonton juga video-video yang ada di channel kamu. 

Menguras Energi Dan Waktu

Dikarenakan ini vlogger menggunakan media video, maka akan banyak sekali waktu yang terkuras. Seperti memikirkan konten video terlebih dahulu, kemudian proses shooting video yang memakan banyak sekali waktu, dan proses editing video. Hal-hal tersebut akan menyita waktu yang sangat banyak untuk membuat video yang menarik dan bagus.  

Modal Relatif Lebih Mahal

Membuat vlog membutuhkan peralatan yang banyak. Jika kamu ingin vlog kamu dengan kualitas yang baik dan bagus, maka ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat video. Mulai dari kamera yang berkualitas tinggi agar gambar yang dihasilkan bagus dan menarik untuk ditonton. Tripod atau Monopod, untuk penggunaan pada ruang yang luas atau untuk menyangga kamera agar tidak gerak berlebihan, dan masih banyak lagi peralatan yang dibutuhkan. Kamu juga mungkin memerlukan tenaga lebih untuk membantu kamu misalnya dalam mengurus mengenai editing, atau untuk membuat konten. 

Dari 2 hal di atas bisa disimpulkan bahwa dari menjadi Blogger atau menjadi Vlogger ada keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Jika kamu ingin memulai sebagai blogger kamu tentunya akan bisa memulai dengan segera karena tidak diperlukan modal yang besar untuk memulai. Sama halnya dengan paket WordPress hosting exabytes Indonesia yang bisa langsung ngeblog nggak sampe Rp 50.000/bulan. Dan lebih kerennya lagi gratis domain.com! Cek aja klo nggak percaya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan sampai jumpa di artikel Exabytes selanjutnya yaaa!

Credit to : Shafira

Baca Juga  Apa Itu SSL Certificate?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here