Berikut 10 Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger

0
1545

Hosting merupakan layanan yang diperlukan bagi mereka yang hendak membuat website atau blog. Itu artinya, blog juga perlu layanan hosting yang tepat. Nah, artikel ini akan membagikan tips memilih domain hosting untuk blogger yang pastinya sangat bermanfaat.

Mengenal Apa Itu Hosting untuk Blog?

blog hosting
Sumber: flickr

Hosting tidak hanya terbatas untuk situs web saja tetapi juga untuk blog. Sebenarnya, blog bisa memanfaatkan hosting gratis, namun tetap akan lebih baik jika menggunakan hosting berbayar. 

Kamu bisa mendapatkan hosting murah seperti yang disediakan oleh Exabytes. Jadi, tetap bisa mendapatkan sejumlah manfaat dari hosting berbayar dibandingkan menggunakan hosting gratisan. 

Lalu apa itu blog hosting? Kali pertama tahu kalau blog juga memerlukan hosting yang tepat? Blog hosting merupakan layanan hosting yang akan digunakan untuk menyimpan blog. Blog berisi beberapa script, kode program, gambar, dan video.

Ini juga menjadi alasan kenapa blogger harus memilih dan menggunakan hosting yang tepat. Website blog yang tersimpan di dalam hosting nantinya bisa diakses oleh siapa saja dari berbagai belahan dunia. Jadi, siapapun yang mencari informasi menggunakan keyword terkait bisa mengakses blog selama memiliki koneksi internet.

Apakah ini menjadi alasan kenapa sebaiknya blogger memilih domain hosting yang tepat seperti hosting Indonesia dari Exabytes?

Seperti halnya hosting untuk website, hosting untuk blog juga harus memiliki waktu loading yang cepat. Jadi, konten bisa ditampilkan di dengan segera. Dengan begitu, pengunjung atau pembaca bisa segera mendapatkan informasi yang mereka cari.

Bagi yang penasaran seberapa penting waktu loading, tentunya bisa membaca informasi alasan loading website harus cepat di artikel ini.

Mengapa Blogger Harus Memilih Jasa Hosting?

Mengapa blogger perlu hosting
Sumber: iStock)

Setelah mengetahui apa itu blog hosting, sebagian dari kamu mungkin sudah tidak sabar ingin segera memilih hosting yang tepat. Namun, sebaiknya ketahui apa saja tips memilih domain hosting untuk para blogger.

Tetapi, akan lebih baik jika blogger tahu mengapa mereka harus menggunakan jasa hosting. Berikut adalah beberapa alasan blogger harus menggunakan jasa hosting terpercaya di Indonesia:

  • Membuat website blog tampak lebih profesional
  • Hosting domain menyediakan plugin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna
  • Bebas mengatur tema blog

Tips Memilih Domain Hosting untuk Blogger

Saat memutuskan untuk lebih memilih hosting berbayar dibandingkan hosting gratisan, kira-kira layanan hosting seperti apa yang akan kamu pilih? Atau mungkin masih bingung dalam menentukan pilihan?

Nah, kamu bisa mencoba tips memilih domain hosting untuk blogger. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Perlu tips karena ini kali pertama memilih hosting untuk website blog? Yuk intip beberapa tips memilih domain hosting untuk blogger berikut ini:

Tentukan Resource yang Diperlukan

Salah satu hal yang perlu blogger perhatikan dalam memilih hosting adalah resource. Itulah kenapa banyak yang menyarankan blogger untuk menentukan resource agar sesuai dengan yang diperlukan. Tips memilih domain hosting untuk blogger satu ini tidak boleh kamu lewatkan ya!

Blog dengan jenis berbeda mungkin memerlukan resource yang berbeda pula. Misalnya, blog pribadi hadir dengan catatan berbentuk teks atau blog travelling yang berisi banyak foto lokasi wisata. 

Karena kebutuhan yang berbeda itulah, blogger harus bisa memilih resource yang sesuai dengan kebutuhan blog masing-masing. Dalam memilih hosting khusus blog, jangan hanya berfokus pada storage atau ruang penyimpanan saja. Perhatikan juga bandwidth yang akan kamu dapatkan dari hosting yang dipilih.

Lebih banyak bandwidth tentu lebih baik agar blog nantinya bisa diakses oleh lebih banyak orang. Intip artikel ini untuk mengetahui lebih jauh tentang bandwidth pada web hosting.

Pilih Lokasi Server

lokasi server
Sumber: iStock

Tips memilih domain hosting untuk blogger yang selanjutnya adalah memilih lokasi server. Layaknya toko yang berlokasi di tempat yang strategis, server juga terdiri dari lokasi berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Jadi, pengguna hosting bisa memilih apakah lokasi server di Amerika Serikat, Hongkong, atau Singapura yang lebih tepat untuk mereka.

Bagaimana cara menentukan lokasi server yang tepat untuk blog? Sebagai gambaran, apabila blog yang kamu kelola dibuat dengan konten berbahasa Indonesia, itu artinya pembaca yang kamu targetkan adalah orang Indonesia, bukan?

Jika demikian, akan lebih baik untuk memilih server yang berlokasi di Indonesia. Lokasi server akan berpengaruh pada kecepatan akses blog. Selain itu, akan lebih mudah bagi para blogger untuk mendapatkan layanan atau bantuan saat terjadi masalah pada website terkait penggunaan hosting.

Pelajari dan Pahami Fitur yang Diberikan

Seperti halnya website, blog juga harus memiliki performa yang optimal. Hal tersebut juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau pembaca yang membuat blog kamu berbeda dari blog serupa lainnya.

Oleh sebab itu, pilihlah hosting yang hadir dengan banyak manfaat. Jadi, pelajari dan pahami fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan termasuk kemudahan dalam penggunaan, keamanan, dan kecepatan akses blog.

Ada berbagai fitur yang bisa kamu pertimbangkan, seperti fitur anti spam, fitur optimalisasi, fitur anti virus, atau fitur-fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut akan sangat berguna bagi domain hosting yang kamu pilih untuk blog.

Hindari kesalahan dalam memilih hosting dengan membaca artikel satu ini. Meskipun hosting untuk blog tetapi, sebagai klien atau pengguna, kamu berhak mendapatkan layanan hosting berkualitas dari penyedia terpercaya.

Pertimbangkan Harga

Harga selalu menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih produk atau jasa, termasuk domain hosting untuk blog. Tips memilih domain hosting untuk blogger kali ini berkaitan dengan harga. Dimana para blogger bisa mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh para penyedia hosting.

Sudah menyiapkan budget untuk layanan hosting untuk blog? Sebaiknya jangan tergesa-gesa dalam menentukan pilihan hosting. Coba cari tahu harga hosting dan bandingkan antara 3 hingga 5 penyedia. Tujuannya untuk mendapatkan harga terbaik yang paling sesuai dengan budget yang tersedia. 

Meski demikian, kamu tidak boleh mengabaikan hal penting lain dalam memilih blog hosting. Jadi, jangan hanya berfokus pada harga hosting saja agar tidak salah pilih hosting.

Pilih yang Menawarkan Metode Pembayaran Beragam

Siapa yang tidak suka kemudahan termasuk dalam hal pembayaran layanan hosting. Selain mempertimbangkan harga paket hosting, baik harga pembelian baru maupun perpanjangan, pilihan metode pembayaran juga harus kamu perhatikan.

Kamu bisa memilih penyedia hosting yang menawarkan berbagai metode pembayaran. Sehingga akan memudahkan dalam mendapatkan layanan hosting dengan segera. Kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kemudahan pembayaran dalam membeli hosting.

Dapatkan Dukungan Pelanggan 24/7

tips memilih domain hosting untuk blogger, layanan pelanggan 24 jam
Sumber: flickr

Masih perlu tips memilih domain hosting untuk blogger? Terlepas dari apapun layanan hosting yang akan dipilih, rasanya tips memilih domain hosting untuk blogger satu ini juga akan sangat bermanfaat.

Pada dasarnya, setiap pengguna hosting baik pemilik atau pengelola website maupun blogger ingin tetap bisa menggunakan layanan hosting tanpa kendala. Akan tetapi, terkadang ada beberapa hal yang diluar kendali.

Itulah kenapa penting bagi para blogger untuk mendapatkan dukungan pelanggan 24/7 dari penyedia layanan hosting. Dengan begitu, blogger bisa mendapatkan bantuan agar kendala atau masalah yang terjadi bisa segera teratasi. Sehingga blog mereka bisa kembali diakses oleh para pembaca atau pengguna internet.

Perhatikan Kredibilitas Penyedia Hosting

Sesulit apa sih memilih penyedia hosting yang kredibel? Padahal kredibilitas penyedia hosting untuk blogger juga tidak kalah penting untuk kamu perhatikan. 

Cari tahu berapa lama penyedia hosting sudah menawarkan layanan hosting terbaiknya. Kamu juga bisa mempertimbangkan popularitas penyedia tersebut. Dalam hal pelayanan, pertimbangkan penyedia hosting yang memberikan respon cepat setiap kali kamu menghubungi mereka meski hanya sekedar untuk bertanya seputar harga hosting.

Cek Uptime Server

Hosting murah memang menarik, tetapi bagaimana dengan uptime server dari layanan hosting tersebut? Cek uptime server sebelum memutuskan membeli hosting untuk blog. Mengapa? Hal tersebut akan berpengaruh pada aksesibilitas blog kamu di kemudian hari.

Server yang bermasalah akan merugikan blogger dimana blog mereka tidak dapat diakses oleh para pembaca atau penikmat informasi yang kamu bagikan di blog. Blogger pemula bisa mulai mengenal uptime server sebelum memilih layanan hosting tentunya.

Jangan Lupa Lihat dan Baca Ulasan dari Pelanggan

tips memilih domain hosting untuk blogger dengan melihat rating dan review
Sumber: flickr

Kredibilitas menjadi salah satu poin penting dalam memilih hosting. Hal tersebut juga berhubungan dengan tanggapan, kepuasan, dan pengalaman pengguna atau klien sebelumnya. Apabila kamu ingin mendapatkan tips memilih domain hosting untuk blogger, jangan lupa untuk melihat dan membaca ulasan dari para pelanggan.

Ulasan tersebut bisa kamu temukan secara online yang juga biasanya disertai dengan rating yang pengguna berikan.

Pilih Hosting yang Mendukung Script yang Digunakan

Tips memilih domain hosting untuk blogger yang terakhir adalah memilih hosting yang mendukung script yang digunakan. Apabila kali ini kamu ingin membuat blog menggunakan coding sendiri, perhatikan dukungan bahasa pemrograman dari layanan hosting yang akan dipilih.

Beberapa hosting mungkin memiliki batasan dalam hal dukungan bahasa pemrograman. Script yang paling banyak dan umum didukung oleh hampir semua hosting adalah CMS WordPress.

Dimana Harus Beli Hosting untuk Blog?

Setelah tahu cara memilih hosting terbaik dengan tips memilih domain hosting untuk blogger, permasalahan selanjutnya adalah dimana bisa menemukan hosting yang tepat. Dimana kamu akan membeli blog hosting? Penyedia hosting mana yang akan dipercaya? Exabytes hadir dengan berbagai layanan hosting termasuk hosting murah yang pastinya sesuai dengan budget para blogger.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments