Di era digital, penggunaan platform social media instagram sebagai media untuk berpromosi sudah ramai digunakan oleh bisnis dari lintas industri, khususnya fashion dan kuliner. Jelas saja, Instagram menawarkan berbagai privilege menarik; bebas berkreasi, tidak berbayar dan dapat digunakan kapan saja menjadikan instagram sebagai salah satu sarana pemasaran digital yang sangat populer. Tapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara menggunakan platform Instagram dengan baik. Disisi lain, persaingan di industri bisnis kuliner nampakya semakin kompetitif, dimana masing-masing brand mulai menggunakan angle foto Instagram, design layout Instagram, color palate, hingga cara menulis caption untuk memperkuat ciri khas dalam mempromosikan produknya. Untuk itu, Exabytes akan berbagi jurus jitu pemasaran bisnis kuliner melalui Instagram agar kamu tidak ketinggalan trend! Check it out!

Berikut beberapa tips bagi kamu yang akan memulai untuk memasarkan bisnis kuliner melalui instagram.

1. Pilih Nama Akun yang Unik dan Mudah Diingat.

Pastikan nama akun yang kamu gunakan tidak terlalu panjang dan gampang untuk dicari.

Usahakan untuk tidak mengganti nama akun yang sudah kamu tetapkan dan pikirkan dengan baik nama akun yang akan dijadikan nama bisnis kuliner kamu.

-“Baksogila”

-“Popcookies”

2. Biodata Lengkap dan Mudah Ditelusuri

Jangan lupa untuk melengkapi biodata yang tertera seperti: alamat email, lokasi, jam buka, kontak yang dapat dihubungi seperti no telepon,media sosial yang aktif dan sertakan link official website bisnis kuliner kamu. Kelengkapan informasi dari akun instagram bisnis kamu dapat membuat konsumen yakin bahwa akun tersebut benar dan dapat dipercaya.

Baca Juga  Trafik Mulai Tinggi? Yuk, Migrasi Server

3. Pemilihan Gambar Makanan

Usahakan makanan yang kamu foto mendapatkan angle yang tepat dengan background yang tidak terlalu rumit dan warna background yang tidak mencolok. Jika kamu tidak memiliki kamera yang memadai, kamu juga bisa menggunakan kamera handphone, tetapi kamu harus bekerja lebih ekstra dalam menentukan kualitas pencahayaan, pengeditan foto dan berusaha untuk mengambil gambar makanan yang terlihat menggiurkan. Pastikan pada saat mengedit foto, warna dari makanan harus terlihat cerah,kontras yang digunakan tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang dan jangan pernah menampilakan efek yang tersedia dari apilikasi editing kamu. Dan terakhir pengaturan feed di instagram. Agar hasilnya lebih memuaskan kamu harus menentukan feed dengan baik, bisa dengan warna yang sama ataupun konten yang sudah kamu atur.

4. Penulisan Caption

Harus memiliki data yang akurat dari bisnis kuliner kamu seperti menu-menu favorit,cita rasa,promo di hari yang ditentukan dan akan lebih baik kamu bisa bekerja sama dengan apilkasi online lainnya untuk jasa pemesanan dan pengantaran makanan. Akan lebih baik kamu juga bisa menuliskan harga ataupun paket hemat dengan harga yang lebih terjangkau dari menu makanan yang tersedia. Jangan lupa untuk menuliskan lokasi. Walaupun di bio kamu sudah tertera alamat lengkapnya, tidak ada salahnya untuk tetap mengingatkan konsumen kembali.

5. Penggunaan Hashtag

Kamu bisa mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat bahwa akun bisnis kuliner kamu telah aktif yaitu dengan menggunakan hashtag dengan konten makanan. Dari hashtag, kamu bisa menambah pengikut dan memberikan informasi lebih aktif tentang update-an terbaru dari bisnis kamu dan jangan lupa untuk tag akun kuliner yang sudah lebih dulu di kenal oleh masyarakat, karena akun tersebut juga akan membantu untuk mempromosikan bisnis kamu.

Baca Juga  7 Alasan Banyak Orang Masih Menggunakan Email

#Food #MakananIndonesia #MakananNusantara #Bakso #Igabakar #FoodDaily

6. Penggunaan Fitur Instastory

Tidak ada salahnya untuk mengupdate secara rutin di fitur ini. Kamu bisa mengatur konten apa yang akan kamu update setiap harinya seperti: pengunjung yang datang, menu favorit ataupun menu baru yang tersedia, potongan harga yang diberikan di waktu tertentu dan juga review dari pengunjung. Pastikan bisnis makanan kamu rutin untuk ikut dalam event seperti food festival. Jangan lupa untuk terus mengupdate antusias pengunjung dan situasi di event tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here